4 Tips Mudah Mempercepat Download Dengan IDM

IDM atau Internet Download Manager merupakan sebuah program download accelerator yang paling banyak digunakan saat ini. Program ini mampu mengunduh berbagai macam file di internet dengan sangat cepat.

Meskipun sudah lebih cepat dibanding program lainnya, kecepatannya masih bisa bertambah lagi jika Kamu mengikuti cara mempercepat download dengan IDM berikut ini.

Ya, kali ini Xiaomi akan mengulas beberapa tips dan trik untuk mempercepat proses download menggunakan IDM. Selain trik untuk mempercepat, kami juga akan mengulas berbagai macam trik lainnya yang mungkin belum Kamu ketahui.

Cara Download Dengan IDM

Adapun 4 Tips Mudah Mempercepat Download Dengan IDM. Yuk simak selengkapnya di artikel ini.

Sebelum lebih jauh mengulas tips dan triknya, mari kita bahas terlebih dahulu cara download file menggunakan IDM. Terdapat 2 cara yang dapat Kamu lakukan untuk mengunduh file menggunakan IDM yaitu secara otomatis dan manual.

1. Otomatis

Setelah selesai diinstal, IDM akan secara otomatis melakukan intergrasi dengan berbagai browser yang ada di komputer Kamu . Dengan integrasi ini maka setiap kali Kamu meng-klik link download, maka proses download akan secara otomatis dilakukan melalui IDM dan bukan melalui browser.

Proses download otomatis ini hanya berlaku untuk jenis file yang sudah didukung oleh IDM. Untuk menambah jenis file yang didukung, Kamu bisa mengaturnya di Downloads – Options – File Types, lalu tambah ekstensi file tersebut.

Jika terdapat file yang tidak ingin diunduh menggunakan IDM, Kamu dapat mengklik link download tersebut sembari menekan tombol ALT.

Jika Kamu tidak ingin IDM terintegrasi dengan browser, cukup klik Downloads – Options – General, lalu hilangkan ceklis pada browser yang sudah terintegrasi.

2. Manual

Jika terdapat masalah antara IDM dan browser sehingga Kamu tidak bisa mengunduh file secaara otomatis, maka Kamu tetap bisa menggunakan cara manual.

Cara yang paling mudah adalah dengan menyalin link download lalu meletakkannya pada opsi “Add URL” di IDM untuk memulai proses pengunduhan.

Cara lainnya yang juga cukup mudah adalah dengan men-drag link dari browser kemudian menaruhnya langsung di aplikasi IDM.

Kamu juga dapat menggunakan klik kanan dan pilih opsi “Download with IDM” pada link download file untuk mengunduhnya menggunakan IDM.

Cara Mempercepat Download IDM

Meskipun sebenarnya mendownload menggunakan IDM sudah lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan browser, namun ternyata masih ada cara untuk membuatnya lebih cepat lagi.

Cara mempercepat download dengan IDM ini juga cukup mudah dan hanya memerlukan beberapa langkah saja, yaitu:

  1. Buka program Internet Download Manager (IDM).
  2. Klik Downloads – Options.
  3. Buka tab Connections kemudian ubah Connection Type/Speed menjadi High Speed.
  4. Ubah juga “Max Connection Number” yang ada di bawahnya menjadi 32.
  5. Klik OK.

Sekarang cobalah untuk mengecek perubahan kecepatan yang terjadi pada IDM Kamu. Jika setelah merubah pengaturan ini terdapat masalah ketika mengunduh dari situs tertentu, cobalah untuk mengubah “Max Connection Number” kembali ke angka 8.

Mendownload Video Dengan IDM

Adapun 4 Tips Mudah Mempercepat Download Dengan IDM. Yuk simak selengkapnya di artikel ini.

IDM merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk mendownload video dari internet. Tidak hanya YouTube, namun hampir semua situs yang menyediakan layanan video streaming dapat dengan mudah didownload videonya dengan IDM.

Fitur download video ini hanya dapat berjalan jika Kamu sudah melakukan integrasi IDM dengan browser.

Untuk mendownload video YouTube Kamu hanya tinggal membuka video tersebut di browser kemudian tombol download akan segera muncul di sebelah kanan atas video tersebut.

Kamu dapat memilih format video beserta resolusi yang ingin diunduh. Di sana juga akan ditampilkan berapa ukuran dari masing-masing jenis video tersebut.

Cara mendownload video dari situs lainnya seperti Dailymotion, Vimeo, dan Metacafe juga sama seperti mendownload dari YouTube, namun tombol download biasanya terletak di pojok kiri bawah layar.

Cara Download Torrent Dengan IDM

Malas mendownload Torrent karena prosesnya lama dan lambat? Kini Kamu juga dapat mengunduh file torrent dengan menggunakan IDM.

Trik ini sebenarnya tidak langsung mengunduh file tersebut menggunakan IDM, melainkan menggunakan situs pengunduh Torrent terlebih dahulu.

Pertama-tama Kamu harus memiliki file Torrent yang ingin Kamu unduh. Setelah itu upload file tersebut ke situs pengunduh Torrent. Terakhir, download file dari situs tersebut menggunakan IDM.

Cara ini dianggap lebih efisien dibanding harus mengunduhnya secara langsung melalui BitTorrenyt atau uTorrent. Berikut adalah daftar situs pengunduh Torrent yang bisa Kamu coba:

1. Zbigz

Zbigz adalah situs pengunduh Torrent yang paling terkenal saat ini. Kamu dapat mengunduh file Torrent dengan ukuran di bawah 1 Gb secara gratis.

Jika ingin mengunduh file berukuran lebih dari 1 GB maka Kamu harus mendaftar menjadi anggota premium. Selain itu, kecepatan download untuk pengguna gratis juga dibatasi hanya 150 KBps saja.

2. Putdrive

Putdrive merupakan layanan penyimpanan awan pertama di dunia yang mendukung pengunduhan torrent. Putdrive juga menyediakan fitur anonymous sehingga IP adress Kamu tidak akan diketahui ketika mengunduh torrent.

Selain itu, tidak ada batasan kecepatan bagi pengguna gratis yang ingin mengunduh file dari layanan Putdrive ini.

3. Boxopus

Boxopus merupakan website lainnya yang dapat digunakan untuk mengunduh torrent melalui IDM.

Cukup upload file torrent atau magnet link ke situs ini maka Kamu dapat langsung mengunduhnya menggunakan IDM atau menyimpannya di Dropbox.

Boxopus juga mendukung streaming video dan musik sehingga Kamu bisa menonton atau mendengarkannya secara langsung di situs ini.

4. TorrentHandler

TorrentHandler dapat mengunduh torrent secara langsung melalui IDM tanpa batas kuota dan kecepatan.

Server situs ini biasanya memerlukan waktu untuk mengunduhnya sehingga Kamu dapat meninggalkannya dan melakukan aktivitas lain terlebih dahulu. Jika proses pengunduhan telah selesai, Kamu akan diberitahu melalui email.

5. Filestream

Situs yang terakhir dan layak untuk dicoba adalah Filestream. Situs ini dapat digunakan untuk mengunduh torrent hingga kapasitas 1 GB untuk pengguna gratis. Jika ingin menambah kuotanya, Kamu harus berlangganan paket premium.

Aplikasi Download Selain IDM

Meskipun dibekali dengan berbagai fitur yang mumpuni, namun IDM merupakan aplikasi berbayar. Kamu hanya bisa menggunakannya secara gratis selama 30 hari.

Kamu bisa mendownload crack untuk IDM tersebut agar bisa digunakan selamanya, namun hal tersebut sangat riskan terkena virus atau malware.

Nah jika Kamu menginginkan aplikasi alternatif dari IDM yang dapat digunakan secara gratis, maka Kamu dapat mencoba aplikasi EagleGet Downloader. Selain menawarkan pengunduhan file dengan cepat, software tersebut juga dapat mengunduh video dari internet secara langsung.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News