Tips Melacak iPhone, iPad, dan Macbook yang Hilang

Melacak iPhone, iPad, atau Macbook yang hilang dan dicuri bukanlah perkara yang sulit karena Apple sudah membenamkan fitur tersebut di dalam perangkat-perangkatnya.

Tidak hanya melacak, Kamu juga kini dapat mengunci hingga menghapus semua data yang ada di dalamnya.

Fitur tersebut bernama “Find My iPhone / iPad / Mac” yang ada di setiap perangkat Apple terbaru.

Oleh karena itu pastikan Kamu sudah mengaktifkan fitur ini, karena jika tidak, maka Kamu tidak dapat melacak perangkat Kamu yang hilang tersebut.

Find My iPhone sendiri merupakan layanan berbasis awan khusus bagi perangkat buatan Apple.

Jika perangkat Kamu hilang, Kamu dapat melacaknya melalui browser dengan login menggunakan Apple ID. Kamu juga dapat menginstal aplikasi Find My iPhone di App Store untuk melacaknya melalui perangkat Apple lain.

Kamu juga tidak perlu khawatir si pencuri akan memutuskan hubungan perangkat Kamu dari iCloud, mematikan fitur Find My iPhone, atau menghapus data di perangkat Kamu.

Pasalnya pada sistem operasi iOS7 ke atas terdapat sebuah fitur bernama Activation Lock yang akan mencegah berbagai macam tindakan tersebut tanpa password Apple ID.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melacak iPhone, iPad, dan Macbook yang hilang serta untuk mengontrol berbagai macam aktivitas yang dilakukannya seperti dikutip dari trendblog.net:

1. Login ke iCloud dan jalankan “Find My iPhone”

Tips Melacak iPhone, iPad, dan Macbook yang Hilang

Bukalah situs icloud.com kemudian login menggunakan Apple ID Kamu . Ketika sudah masuk Kamu akan melihat dashboard iCloud dengan berbagai macam ikon.

Klik ikon “Find My iPhone” yang berada di barisan kedua ikon-ikon tersebut. Sekarang Kamu akan melihat tampilan Find My iPhone beserta sebuah peta.

2. Pilih perangkat kamu yang hilang dan mulailah melacak

Klik opsi drop-down “All Devices” di bagian atas dan pilihlah perangkat Kamu yang hilang tersebut.

Proses pelacakan kemudian akan segera dimulai dan akan memakan waktu beberapa saat tergantung dari koneksi internet dan faktor lainnya. Jika proses tracking tersebut berhasil, maka Kamu akan melihat lokasinya di peta.

Sekarang Kamu dapat mulai menyalakan nada dering, mengaktifkan “Lost Mode”, ataupun menghapus semua data yang ada di dalamnya.

Namun ingat, jadikanlah opsi menghapus data sebagai pilihan terakhir karena setelah itu fitur Find My iPhone tidak akan berfungsi lagi.

Mengaktifkan Lost Mode akan mengunci perangkat Kamu dengan password dan akan menampilkan pesan beserta nomor telepon yang dapat dihubungi.

Fitur ini sangat berguna jika smartphone Kamu hilang sehingga orang yang menemukannya bisa mengembalikannya kepada Kamu.

Fitur Lost Mode juga akan mengaktifkan layanan lokasi di iPhone dan iPad secara otomatis jika sebelumnya layanan tersebut tidak aktif.

Dengan begitu Kamu tidak perlu khawatir jika belum mengaktifkan layanan tersebut sebelumnya karena fitur Lost Mode akan terus memantau lokasi dari perangkat Kamu .

Itulah langkah-langkah mudah untuk melacak berbagai perangkat Apple Kamu yang hilang. Sebagai catatan, perangkat yang hilang tersebut harus menyala dan terhubung ke internet.

Jika tidak terhubung ke internet melalui jaringan operator ataupun Wi-Fi, maka fitur Find My iPhone tersebut tidak dapat digunakan.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News