Tips Instal Android Di PC Dengan Emulator

Setiap hari selalu ada aplikasi serta game baru yang bermunculan untuk sistem operasi Android.

Sayangnya, kita tidak selalu bisa mencoba aplikasi dan game baru tersebut karena keterbatasan perangkat yang kita miliki. Akan tetapi, kita tetap bisa mengakalinya dengan cara instal Android di PC menggunakan emulator.

Ya, emulator Android merupakan solusi paling tepat untuk mengatasi keterbatasan memori atau spesifikasi pada perangkat Android kita.

Dengan emulator ini kita bisa mencoba berbagai macam aplikasi ataupun game terbaru di perangkat PC ataupun laptop.

Macam-Macam Android Emulator Untuk PC

Saat ini terdapat banyak aplikasi emulator Android yang bisa Kamu coba. Meskipun fiturnya tidak sama persis dengan perangkat Android sesungguhnya, namun setidaknya kita bisa menjalankan berbagai aplikasi dan game di dalamnya.

Berikut adalah beberapa program emulator Android yang bisa dijalankan di komputer:

  • BlueStacks

BlueStacks App Player merupakan program emulator Android yang paling banyak digunakan saat ini. Program yang sudah ada sejak bulan Oktober 2011 ini telah memiliki pengguna lebih dari 50 juta. Emulator BlueStacks ini akan menghadirkan tampilan tablet di layar PC Kamu.

Hampir semua aplikasi Android dapat berjalan dengan baik pada program BlueStacks ini. BlueStacks akan secara otomatis mengubah konfigurasi emulatornya sesuai dengan kebutuhan spesifikasi dari aplikasi yang dijalankan.

Untuk beberapa aplikasi dan game tertentu, Kamu juga bisanya dituntut untuk memiliki spesifikasi komputer yang mumpuni untuk menjalankannya dengan lancar.

Selain dapat mengunduh aplikasi di Google Play Store, Kamu juga bisa memilih aplikasi yang ingin dijalankan pada BlueStacks melalui tampilan menu awalnya secara langsung.

Dengan begitu, Kamu tidak perlu repot untuk mencari aplikasi dan game ke situs lainnya. Program emulator BlueStacks ini dapat digunakan pada komputer dengan sistem operasi Windows XP, Vista, 7, 8, dan Mac OS X.

  • YouWaveTips Instal Android Di PC Dengan Emulator

Jika Kamu sering menggunakan perangkat tablet, maka emulator YouWave ini sangat direkomendasikan untuk Kamu . Ya, YouWave hadir dengan tampilan dan fungsi seperti tablet sesungguhnya.

Sayangnya, untuk menggunakan YouWave ini Kamu harus membeli lisensinya terlebih dahulu. Namun Kamu tetap bisa mencobanyak terlebih dahulu secara gratis selama 10 hari.

YouWave sendiri hadir dengan dua versi yang berbeda yakni yaitu Basic Edition dan Home Edition. Basic Edition merupakan emulator yang menggunakan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread.

Sedangkan Home Edition sudah menjalankan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich dengan fitur yang lebih lengkap.

Untuk cara instal Android di PC menggunakan YouWave, Kamu dapat mengunduh berbagai aplikasinya secara langsung melalui Play Store.

Selain itu YouWave juga mendukung toko aplikasi lainnya seperti 1 Mobile dan Appoke Market. Kamu juga dapat menginstal aplikasi berformat APK yang diunduh dari situs semacam Getjar, Slideme, dan lainnya.

  • Android-x86

Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya yang hanya bisa dijalankan di dalam sistem operasi PC, Android-x86 dapat dijalankan layaknya sistem operasi PC itu sendiri.

Ya, Kamu dapat menjalankan Android-x86 dengan melakukan booting dari flashdisk ataupun menginstalnya langsung sebagai sistem operasi di PC Kamu .

Jika tidak ingin melakukan dua cara di atas, Kamu tetap bisa menjalankannya dengan menggunakan program VirtualBox.

Berbagai versi sistem operasi Android sudah disediakan untuk Android-x86 ini, mulai dari yang lawas hingga OS Android 4.4 KitKat.

  • Jar of Beans

Program emulator aplikasi Android untuk PC selanjutnya adalah Jar of Beans. Program Jar of Beans ini merupakan emulator Android yang bersifat portable sehingga Kamu tidak perlu repot menginstalnya jika ingin menggunakannya.

Program ini juga bisa didapatkan secara gratis sehingga cocok bagi Kamu yang sekadar mencoba-coba emulator Android.

  • AndroidSDK

AndroidSDK merupakan aplikasi emulator resmi yang dikeluarkan oleh Google. Aplikasi ini cukup rumit untuk digunakan karena memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap.

Tidak hanya sebagai emulator saja, AndroidSDK juga biasa digunakan oleh para pengembang dan produsen ponsel untuk melakukan pengetesan aplikasi dan sistem yang mereka buat.

Karena kerumitannya tersebut, aplikasi ini sangat tidak disarankan bagi para pemula, apalagi jika Kamu hanya ingin mencoba fitur emulatornya saja.

Namun jika Kamu ingin menguasai pemrograman Android secara lebih lanjut, maka AndroidSDK menjadi aplikasi pertama yang harus Kamu kuasai.

Cara Menggunakan BlueStacks

Dari berbagai macam aplikasi emulator di atas, BlueStacks merupakan aplikasi yang paling mudah digunakan.

Namun karena BlueStacks akan secara otomatis menyesuaikan spesifikasi untuk setiap aplikasi, maka kita juga harus memiliki PC atau laptop yang mumpuni untuk menjalankannya. Berikut adalah kebutuhan spesifikasi dari BlueStacks:

  • Processor 1 GHz atau lebih.
  • RAM 2 GB atau lebih.
  • Kapasitas hard disk minimum 800 MB.
  • OS Windows XP, Vista, 7, 8 (32 dan 64 bit).

Pastikan Kamu memiliki komputer yang sudah memenuhi spesifikasi tersebut. Jika tidak, beberapa aplikasi atau game yang Kamu mainkan akan berjalan kurang lancar alias nge-lag.

Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, mari kita simak langkah-langkah untuk menginstal BlueStacks di PC:

  • Download BlueStacks

Pertama-tama, tentunya Kamu harus mengunduh aplikasi BlueStacks App Player terlebih dahulu. Silahkan unduh aplikasinya di sini.

  • Install

Setelah proses pengunduhan selesai, klik file installer untuk mulai memasang aplikasi BlueStacks ini. Klik “Continue” pada jendela pertama untuk melanjutkan. Pada jendela selanjutnya, ceklis opsi App Store access dan App Notification agar BlueStacks dapat bekerja secara maksimal.

Setelah itu klik tombol “Install”. Proses instalasi kemudian akan berjalan selama beberapa waktu tergantung dari spesifikasi komputer yang Kamu gunakan.

  • Instal Aplikasi AndroidTips Instal Android Di PC Dengan Emulator

Setelah proses instalasi selesai, kini Kamu dapat mulai menginstal berbagai macam aplikasi dan game Android yang Kamu inginkan.

Caranya, klik search bar di sebelah kanan atas kemudian ketik nama aplikasi atau game tersebut. Setelah hasilnya muncul, klik tombol “Install”.

Setelah itu, Kamu akan diberikan pilihan dari toko aplikasi mana Kamu ingin mengunduhnya, apakah 1Mobile, GetJar, Amazon Apps Store, atau Google Play Store.

Kamu dapat langsung mengunduh aplikasi dari 1 Mobile dan GetJar, sedangkan untuk Amazon dan Google Play Kamu harus sign-in terlebih dahulu dengan akun yang Kamu miliki.

Pilihlah salah satu toko tersebut kemudian klik tombol “Install”. Setelah proses instalasi selesai, Kamu kini dapat menjalankan aplikasi dan game tersebut secara langsung di PC.

Kamu juga dapat mengakses semua aplikasi dan game Android yang telah diinstal di BlueStacks melalui menu “My Apps”

Jika Kamu memiliki PC atau laptop dengan layar sentuh, maka Kamu akan benar-benar merasa seperti menggunakan tablet ketika mengoperasikan emulator BlueStacks ini.

Terlebih, emulator ini juga menampilkan tombol softkey di bagian bawah layar seperti layaknya tablet sungguhan.

Itulah cara muda menginstal dan menjalankan aplikasi Android untuk PC dengan bantuan emulator. Dengan emulator tersebut, kini Kamu dapat mencoba berbagai macam aplikasi populer semacam Path dan BBM di PC tanpa perlu memiliki smartphone atau tablet Android. Selamat mencoba cara instal Android di PC.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News