Simak Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 NFC

Kehadiran Poco X3 NFC membuat segmen smartphone kelas menengah terguncang. Dilihat dari spesifikasinya, merek ini muncul dengan paket yang sangat lengkap.

Dengan desain dan sensor kamera yang lebih hebat, merek ini tentu akan menarik lebih banyak perhatian dari pengguna.

Namun demikian, sama halnya seperti perangkat elektronik lainnya, di setiap produk smartphone pun pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja kelebihan dan kekurangan Poco X3 NFC?Simak jawabannya berikut.

Kelebihan POCO X3 NFC

1. Performa Chipset yang Bertenaga

Simak Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 NFC

Kamu akan merasakan kepuasan maksimal menggunakan chipset Snapdragon 732G yang bertenaga. Chipset ini menggunakan fabrikasi 8 nm dan POCO X3 NFC adalah HP pertama yang menggunakan Snapdragon 732G.

Chipset ini tentunya juga didukung dengan RAM dan memori internal yang mumpuni, mempunyai pilihan kapasitas 64 GB atau 128 GB UFS 2.1 dan RAM 6 GB/8 GB LPDDR4X. Selain itu, POCO X3 NFC juga menghadirkan sistem operasi MIUI 12 berbasiskan Android 10 yang sangat mulus untuk dijalankan.

2. Refresh Rate 120 Hz

Kamu akan dimanjakan dengan layar dengan teknologi refresh rate 120 Hz. Saat melakukan scrolling, menonton video, dan memainkan game (yang mendukung 120 Hz), pergerakkan pada layar akan terasa lebih smooth dan licin.

Kualitas layar ini juga didukung dengan ukuran panel IPS LCD berkualitas, yakni 6,67 inci Full HD Plus. Yang lebih mengesankan lagi, layar POCO X3 NFC juga sudah memenuhi standar HDR10, dijamin kualitas layar yang Kamu terima merupakan yang terbaik.

Untuk menjaga agar layar tidak mudah retak, telah disediakan juga Corning Gorilla Glass 5 yang bisa menjaga bodi layar dari goresan ataupun saat terjatuh.

3. Ketahanan Baterai Memukau + Fast Charging Unggul

Smartphone yang satu ini memiliki kapasitas baterai sebesar 5.160 mAh yang bisa bertahan lama pada mode 120Hz. Jika Kamu gemar bermain game, baterai POCO X3 NFC hanya berkurang dari angka 100% menjadi 95% saat dipakai bermain selama 17 menit 24 detik.

GSM Arena juga mencatat kalau POCO X3 NFC punya ketahanan baterai yang bisa diandalkan, dengan durasi telepon selama 33 jam, melakukan browsing selama 17 jam lebih, atau pemutaran video selama 14 jam. Lumayan bukan? Dengan kata lain, dengan baterai sebesar ini, Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di HP Kamu.

4. Speaker Stereo Berkualitas

Untuk menambah immersion di kala bermain game atau menonton film aksi, POCO X3 NFC juga menyuguhkan dual stereo speaker yang menghasilkan suara dengan lantang dan keras.

Kehadiran speaker ini juga didukung oleh sertifikasi Hi-Res Audio, sehingga kualitas suara yang didapatkan membuat Kamu serasa berada di dalam studio.

GSM Arena menyebut kualitas suaranya ini sangat cocok untuk memperdengarkan suara nge-bass dan nada-nada tinggi, memiliki tingkat kekerasan suara -25,3 LUFS.

5. Konektivitas Serba Ada

Tidak seperti smartphone pada umumnya, smartphone yang satu ini punya fitur IR blaster. Fitur ini bisa membuat Poco X3 NFC sebagai sebuah remote TV, AC ataupun perangkat elektronik lainnya.

Selain itu, perangkat juga dihadirkan dengan lubang 3,5 mm audio supaya tidak perlu membeli earphone TWS. Adapun fitur FM Radio miliknya membuat pengguna bisa mendengarkan radio walau tanpa memakai headset.

6. Kehadiran Sertifikasi IP53

Memangnya ada HP di rentang harga Rp3 jutaan yang sudah tahan air dan debu? Tentu ada, POCO X3 NFC ini buktinya.

Walau begitu, jangan mengharapkan perangkat bisa tahan saat dibawa ke kolam renang ya! Soalnya, IP rating yang dimilikinya hanyalah IP53, sehingga hanya tahan dari serangan percikan air saja. Misalnya saat terkena air hujan, ataupun ketumpahan tetesan air minum.

7. Kemampuan Fotografi Cukup Bagus di Siang Hari

Simak Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 NFC

POCO X3 NFC juga punya keunggulan di sektor fotografi. Perangkat ini mengusung sensor Sony IMX686, Sensor ini memiliki resolusi 64 MP dengan bukaan f/1.9, ditemani oleh sensor ultra lebar 13 MP dengan sudut keluasan 119 derajat, dan dua lensa 2 MP pada fungsi makro dan sensor kedalaman.

Beragam mode pun bisa Anda pilih melalui menu kameranya, seperti mode Pro, mode ultra lebar, mode makro, HDR, dan penggunaan filter. Karena tidak ada lensa telefoto, POCO X3 NFC hanya bisa melakukan zoom digital sebanyak 2x. Yuk intip beberapa hasil sampel foto berikut!

Simak Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 NFC

Simak Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 NFC

Kekurangan POCO X3 NFC

1. Rancang Bangun Bodi yang “Bulky”

Simak Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 NFC

POCO X3 NFC sayangnya memiliki dimensi bodi yang sangat bongsor sehingga bisa menyulitkan pengguna saat menaruhnya di dalam kantong celana.

Dimensi yang dimiliki perangkat ini sebesar 165,3 x 76,8 mm, dengan ketebalan sebesar 9,4 mm.

Sementara itu, hal ini diperparah dengan bobotnya yang mencapai hingga 215 gram, menjadikan POCO X3 NFC sebagai salah satu ponsel yang sangat bulky. Ini bisa mengurangi kenyamanan saat digenggam dalam waktu yang lama, karena lama-lama akan membuat tangan cepat pegal karena beratnya.

2. Fotografi Malam Hari Kurang Bagus

Simak Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 NFC

kamera POCO X3 NFC terbilang bagus,tapi sayangnya tidak pada saat kondisi malam hari. Fitur mode malamnya bahkan hanya tersedia pada lensa utamanya saja dan tidak pada lensa ultra lebar.

Selain itu, walaupun mode malamnya tampak bagus dari segi pencahayaan, terlihat banyak detil yang hilang. Ini tentunya bukanlah kualitas mode malam terbaik yang dimiliki ponsel segmen menengah.

 

 

 

 

 

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News