Home » Review » Review Samsung Galaxy A23: HP Andalan di Segmen 3 Jutaan

Review Samsung Galaxy A23: HP Andalan di Segmen 3 Jutaan

xiaomi.co.idSamsung baru saja menghadirkan Galaxy A23 sebagai smartphone andalan mereka di segmen harga 3 jutaan. Di momen Ramadhan menjelang Lebaran, kehadirannya cukup tepat.

Hp Samsung terbaru ini didesain dengan spesifikasi yang pas untuk segmen menengah ke bawah. Kamera, layar, prosesor, dan baterai adalah aspek yang coba dipoles sebaik mungkin oleh vendor.

Kami telah mengadakan unit review Samsung Galaxy A23 untuk mendalami spesifikasinya. Intip juga kelebihan dan kekurangannya. Ayo, kita mulai saja.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A23

Tinjau Samsung Galaxy A23

Samsung meluncurkan produknya secara agresif untuk mengerem pergerakan para pesaingnya. Menerapkan strategi terbaik mulai dari penetapan harga hingga spesifikasi yang paling sesuai dengan pasar.

Hasilnya adalah Samsung Galaxy A23. Seri ini dikemas dalam kotak tipis. Paket penjualannya tidak dibuat khusus, mungkin untuk menekan biaya produksi.

ulasan samsung galaxy a23

Saat kami membuka kotak, kami mendapatkan satu set standar komponen paket penjualan. Satu unit Samsung Galaxy A23, adaptor, kabel USB type-C, quick guide book, kartu garansi, dan bundling starter pack IM3.

Nah itu dia isi box penjualannya, sekarang mari kita mulai review Samsung Galaxy A23.

Rencana Tubuh

Menelusuri sektor desain, eksterior unit review Samsung Galaxy A23 yang kami pegang didesain minimalis. Mengandalkan warna senada, Hitam cenderung mendekati abu-abu gelap.

Desainnya masih khas Samsung kelas menengah ke bawah, dibuat ergonomis dan ramping, tidak terlalu menonjolkan gaya yang berlebihan. Hanya standar tapi masih terlihat cukup bagus. Panel kamera berbentuk persegi.

Simak :   Ulasan ROG Zephyrus M16 (GU603Z): Peningkatan yang Canggih

Bahan bodi glossy terbuat dari plastik polikarbonat padat. Punggung terasa kokoh saat kita tap. Hanya saja, permukaannya licin saat dipegang dan mudah kotor dengan sidik jari.

harga samsung galaxy a23

Perhatian kami beralih ke panel depan. Layar sentuhnya menyematkan Infinity V di mana kamera terletak di dahi layar. Tidak ada sertifikasi IP67 yang melindunginya dari air dan debu, jadi jangan main-main dengan air.

Untuk atributnya, ponsel Samsung terbaru ini menyematkan tombol volume dan power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari yang terletak di sisi kanan bodi.

Sedangkan posisi SIM tray diletakkan di sisi kiri. Kita bisa memasang dua slot nano SIM dan satu slot kartu microSD.

Di bagian atas terselip mikrofon sekunder. Kemudian di bagian bodi bawah kita akan menemukan port audio 3,5 mm, mikrofon, port USB Type-C, dan speaker.

Layar

Spesifikasi Samsung Galaxy A23

Layarnya lebar, mengedepankan diagonal 6,6 inci. Sangat cocok untuk Anda yang suka menonton film dan bermain game. Resolusinya juga Full HD+, sehingga gambar terlihat natural dan tajam.

Unit review Samsung Galaxy A23 ini mengandalkan panel LCD PLS. Kecerahan dan kualitas gambar layarnya memang tidak sebagus AMOLED, namun tetap nyaman dipandang mata.

Sayangnya, tampilan di layar sedikit berkurang saat berhadapan dengan sinar matahari langsung. Namun sebagai kompensasinya, smartphone ini menawarkan kecepatan refresh adaptif hingga 90 Hz.

Hal ini membuat gerakan layar menjadi lebih halus, gerakan yang ditampilkan lebih halus dan terlihat natural. Memberikan pengalaman visual yang menjanjikan.

Tidak apa-apa untuk menonton Youtube atau Netflix berkat dukungan sertifikasi Widevine L1. Refresh rate yang tinggi ini cocok untuk bermain game.

pertunjukan

kinerja

Samsung Galaxy A23 diperkuat dengan chipset Snapdragon 680. Di sisi ini, SoC yang disematkan bisa memberikan jaminan performa. Cukup cepat dan mampu menangani aktivitas multi-tasking dengan baik.

Simak :   Ulasan Acer Predator Helios 300: Disuntikkan dengan Intel Core i7 dan RTX 3070

Bagi pecinta game kasual seperti Mobile Legends hingga yang agak berat seperti PUBG Mobile, performa gaming dijamin aman. Kualitas dan kinerja grafisnya bagus. Lancar, tidak ada lag atau cegukan.

Selanjutnya unit review Samsung Galaxy A23 dipersenjatai dengan RAM 6GB dengan dukungan RAM Plus hingga 6GB. Soal memori, Samsung membenamkan memori internal dengan storage 128GB. Dapat diperluas hingga 1TB berkat hadirnya slot microSD.

Asyiknya, antarmuka smartphone ini sudah mengadopsi One UI 4.1. Mendukung personalisasi tema, tampilan dengan ikon besar dan menarik.

tolok ukur

Hasil tes dengan aplikasi benchmark mencatat skor sebagai berikut: Antutu Bechmark menang 272.482. Sementara itu, Geekbench mencetak 382 untuk Single-core dan 1645 untuk Multi-core.

Kamera Samsung Galaxy A23

kamera samsung a23

Di sektor fotografi, unit review Samsung Galaxy A23 dibekali Quad Camera. Sensor utama memiliki resolusi 50MP yang didukung oleh OIS. Lalu ada kamera ultrawide 5 MP, lensa makro 2 MP, dan depth sensor.

Foto-foto tersebut didukung oleh Quad Bayer sehingga dapat menangkap banyak cahaya. Lumayan untuk memotret di kondisi minim cahaya. Banyak filter yang disematkan mulai dari roof, shadow, monstera, dan palm tree.

foto mode

Untuk perekaman video, kamera Galaxy A23 didukung dengan Optical Image Stabilization (OIS) yang membuat foto dan video menjadi lebih stabil. Hasilnya, hasil rekaman menjadi lebih jernih dan tajam.

Kamera smartphone ini dapat merekam video dari resolusi 720p, 1080p pada frame rate 30fps. Juga dapat merekam slow-mo.

hasil kamera
mobil mode
hasil kamera 1
Mode Potret
hasil kamera 2
Mode malam
hasil kamera 3
mode mobil
hasil kamera 5
Makro
hasil kamera 6
Kamera selfie & selfie bokeh

Fitur lainnya

Salah satu fitur andalan Galaxy A23 adalah NFC. Lakukan pembayaran tanpa kartu. Pengisian uang elektronik juga lebih mudah tanpa harus ke ATM.
Seri ini juga didukung oleh sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power. Respon terhadap sentuhan cepat. Ada juga fasilitas seperti face unlock.

Simak :   Review Acer Aspire Vero National Geographic Edition

Baterai Samsung Galaxy A23

Soal baterai, Samsung tidak mau kendor dan berusaha memberikan yang terbaik. Unit review Samsung Galaxy A23 yang kami uji membenamkan kapasitas 5000mAh.

Baterai internal 5.000 mAh cukup kuat untuk mendukung Adaptive Power Saving Mode yang mampu bertahan seharian. Untuk pengisian daya, sudah mendukung Pengisian Super Cepat 25W.

Harga Samsung Galaxy A23

Dijual seharga 3 jutaan, Galaxy A23 merupakan smartphone kelas menengah di entry level. Pengguna bisa mendapatkannya langsung di toko online dan gerai fisik dengan harga Rp 3.499.000 (6GB/128GB).

Untuk pilihan warna, Galaxy A23 tersedia dalam warna kontemporer Black, Blue, dan Peach.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A23

Vendor selalu berusaha menghadirkan smartphone terbaik untuk pasar. Namun, di satu sisi, kita masih akan menemukan kelebihan dan kekurangan, termasuk Samsung Galaxy A23.

Untuk dukungan kamera, Quad Camera 50MP lengkap dengan Optical Image Stabilizer (OIS) menjadi keunggulannya. Juga hadirnya Snapdragon 680 membuatnya lebih andal dan stabil saat dioperasikan.

Keunggulan lainnya adalah dari segi fasilitas dimana HP Samsung ini memiliki NFC dan menggunakan baterai berkapasitas 5000mAh.

Kekurangan Galaxy A23 adalah material bodinya masih terlihat standar, hanya dibalut plastik polikarbonat. Desainnya ‘biasa’. Tak hanya itu, meski layarnya 90Hz, panelnya hanya seperti LCD PLS, jadi tidak menendang.

Spesifikasi Samsung Galaxy A23 :

Dimensi dan berat 165,4 x 76,9 x 8,44 mm
Berat 195 gram
Layar LCD 6,6 inci Invinity-V, resolusi FUll HD Plus (2.408 x 1.080 piksel), kecepatan refresh 60 Hz
Chipset Qualcomm Snapdragon 680 (6 nm) CPU 2,4 GHz
RAM dan penyimpanan 6 GB / 128 GB
SIM dan microSD Dual nano SIM, microSD hingga 1 TB
Kamera belakang kamera utama 50 MP (f/1.8, PDAF) Kamera ultrawide 5 MP (f/2.2) Kamera depth sensor 2 MP (f/2.4) Kamera makro 2 MP (f/2.4)
Kamera depan 8MP (f / 2.2)
Sistem operasi dan UI Android 12, OneUI 4.1
Baterai 5.000 mAh, Pengisian Super Cepat 25 watt
Lebih banyak fitur Sensor sidik jari terintegrasi tombol power (side-mounted), NFC, colokan audio 3.5mm, slot microSD, USB Type-C
Warna Hitam, Biru, Persik
Harga Rp3,5 juta