Home » Review » Review Samsung Galaxy A03s: Jutaan Ponsel Dengan Sensor Sidik Jari

Review Samsung Galaxy A03s: Jutaan Ponsel Dengan Sensor Sidik Jari

xiaomi.co.idSamsung masih mempercayakan segmen bawah ke beberapa produk andalannya. Samsung Galaxy A03s merupakan salah satu seri yang masih diburu pasar karena mampu mengakomodir kebutuhan konsumen.

Vendor optimistis keberadaan smartphone dengan harga sejutaan bisa mewakili kebutuhan pokok sehari-hari. Kebetulan di meja redaksi ada unit review Samsung Galaxy A03s yang akan kami uji. Ayo buktikan kemampuan perangkat ini!

Tinjau samsung Galaxy A03s

Samsung menegaskan bahwa keluarga Seri A03 adalah solusi pilihan untuk smartphone dengan memori dan baterai besar, serta layar besar. Juga menyisipkan keunggulan seperti sensor sidik jari di kelas harga jutaan.

Nah, ulasan Samsung Galaxy A03s ini akan memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang smartphone ini, baik kelebihan maupun kekurangannya. Seperti biasa, sebelum memulai, kita unbox dulu paket penjualannya. Ayo!

samsung galaxy a03s

Soal karton, Samsung sengaja memangkas biaya produksi untuk meringankan beban konsumen, sehingga harga jualnya lebih murah. Tak heran, jika kardus atau boks hanya terbuat dari karton tipis.

Selanjutnya dalam paket penjualannya kita akan menemukan adaptor biasa, kabel USB Type-C, quick manual, kartu garansi dan SIM ejector. Selain itu, Samsung menyisipkan kartu perdana Smartfren yang dibundel khusus untuk perangkat ini.

Desain Tubuh & Layar

spesifikasi samsung galaxy a03s

Secara desain, sebenarnya tidak ada elemen khusus yang bisa dihadirkan. Tampilannya biasa saja ala seri entry level pada umumnya dengan eksterior berbahan plastik polikarbonat.

Untungnya, built quality-nya bagus, menghadirkan hasil akhir matte yang dipadukan dengan desain kurva. Lekukan bodi memudahkan tangan untuk digenggam, dengan permukaan yang kasar sehingga tidak mudah terpeleset saat digenggam.

Komponen yang disematkan pada bodi Galaxy A03s mulai dari tombol volume dan power di sisi kanan. Kemudian di sisi kiri terdapat SIM tray dengan tiga slot untuk 2 SIM card dan 1 microSD. Untuk segmen bawah, Samsung menyisipkan port audio 3.5mm, port USB Type-C, lubang mic dan speaker.

desain tubuh

Bagian belakang terlihat polos dan sederhana dengan modul kamera persegi panjang yang ditempatkan di sudut kiri atas. Di dalam modul dilapisi dengan tiga sensor kamera memanjang di sisi kiri, serta flash terpisah di sisi kanan.

Simak :   Monitor Melengkung Terbaik 2022 - xiaomi.co.id

Pada panel depan terdapat layar berukuran besar dengan teknologi PLS LCD dengan diagonal 6,5 inci yang didukung resolusi HD+. Layar sentuh dengan layar Infinity V ini memiliki lekukan berbentuk V yang disematkan kamera selfie.

Soal pengalaman, panel sentuhnya cukup nyaman untuk disentuh dan halus. Layarnya juga cukup lebar, bagus untuk streaming atau bermain game. Sayangnya, menurut kami bezelnya masih agak lebar dengan dagu yang lebar di bagian bawah.

Catatan terakhir kami, saat digunakan di bawah terik matahari, tampilan panel sentuh sulit dilihat dan kurang optimal meski kecerahan disetel ke level maksimal.

Performa dan Kamera

kamera samsung galaxy a03s

Unit review Samsung Galaxy A03s mengandalkan antarmuka One UI 3.1 yang berjalan di platform Android 11. Tampilannya khas Samsung dengan kustomisasi yang sederhana namun efisien.

Ada sejumlah aplikasi default Samsung yang terpasang di antarmuka ini, termasuk beberapa aplikasi pihak ketiga. Namun menurut kami masih wajar dan tidak membebani kinerja.

Selanjutnya Samsung menancapkan Mediatek Helio P35 sebagai dapur pacu. Chipset ini dirancang melalui proses fabrikasi 12 nm dengan dukungan delapan core berbasis Cortex-A53 dengan clock speed 2.3GHz. Kemudian untuk mengakomodir pemrosesan grafis, disematkan GPU PowerVR GE8320 (680 MHz).

Kombinasi CPU dan GPU ini mampu menangani tugas ringan dan aktivitas kasual dengan sempurna. Browsing, multimedia, game standar dapat beroperasi dengan baik dan lancar.

Namun ketika kita masuk ke dalam aktivitas yang berat, misalnya bermain game dengan grafis tinggi seperti PUBG Mobile atau Asphalt 9, gangguan kecil seperti lag akan mulai muncul.

Masuk ke sektor kamera, unit review Samsung Galaxy A03s memiliki tiga sensor di bodi belakangnya. Mengusung kamera utama 13MP, f/2.2; kamera makro 2MP, f/2.4 dan kamera kedalaman 2 MP, f/2.4. Sementara di area depan, tersemat kamera selfie beresolusi 5MP, f/2.2.

Simak :   Review POCO M4 Pro 4G: HP Dengan Spek Maksimal

Lalu soal perekaman video, kamera perangkat ini mampu menghasilkan konten dengan resolusi maksimal Full HD (1080p) pada 30fps. Cukup layak untuk perangkat entry-level dalam jutaan.

Hasil fotonya tidak bisa dikatakan istimewa namun tetap menjanjikan. Pada kondisi outdoor dengan cahaya yang cukup hasilnya tetap memuaskan dengan detail, ketajaman dan kecerahan yang baik. Untuk kondisi low light, kita harus memahami bahwa kualitasnya terganggu oleh noise dan penurunan piksel.

Hasil Kamera:

hasil kamera
hasil kamera 2
hasil kamera 3
hasil kamera 4
hasil kamera 5
hasil kamera 6
7 hasil kamera

Fitur lainnya

Galaxy A03s ini membawa beberapa keunggulan yang bisa ditonjolkan. Salah satunya adalah sensor sidik jari. Sebagai seri di segmen harga jutaan, fasilitas ini memberikan opsi keamanan yang lebih lengkap bagi konsumen entry level.

Performa sensor sidik jari ini juga cukup baik. Karena dapat dengan cepat merespon sentuhan saat membuka kunci ponsel. Selain sensor sidik jari, untuk membuka kunci layar terdapat fasilitas lain seperti pengenalan wajah atau face unlock, PIN atau pola.

Unit review Samsung Galaxy A03s juga dibekali USB Type-C alias lebih canggih dari beberapa kompetitor seri entry level yang masih mengandalkan micro USB. Setidaknya kemampuan port reversibel membuatnya lebih awet.

Di sektor audio, pihak vendor membenamkan Dolby Atmos guna meningkatkan kualitas suara. Output audio yang menyembur dari perangkat ini juga relatif menendang dan dapat diandalkan.

Memori dan Baterai

harga samsung galaxy a03s

Untuk segmen entry level dengan harga satu jutaan, fasilitas memori yang ditawarkan Samsung Galaxy A03s masih bisa dibilang ‘layak’. Kami menganggap kehadiran RAM 3GB dan memori internal 32GB sudah cukup untuk kebutuhan dasar pengguna.

Hanya saja, gamer mungkin akan sedikit terganggu dengan minimnya RAM. Solusinya harus pintar memilah aplikasi penting. Di sisi lain, bagi mereka yang sangat membutuhkan ruang penyimpanan tambahan, vendor sengaja menyematkan slot microSD yang bisa dimuati dengan kapasitas hingga 1TB.

Bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, Samsung Galaxy A03s akan sangat membantu. Smartphone ini dibekali dengan baterai 5000mAh. Daya tahan baterainya cukup memuaskan, bisa mencapai lebih dari sehari untuk pemakaian normal.

Simak :   Review Realme C35: Flaship Desain Entry-Level!

Tetapi ada sorotan di sisi pengisian daya. Unit ulasan Galaxy A03 yang kami uji mendukung pengisian cepat 15W. Sayangnya, pengisi daya bawaan hanya memiliki output 7,8W (5V, 1,55A). Jadi saat diuji, pengisian membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mengisi daya dari nol hingga penuh.

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy A03s

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy A03s

Kesimpulannya, kami membahas beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A03s. Harus diakui ada beberapa hal tentang Samsung Galaxy A03s yang sangat kami hargai.

Keunggulan utama Samsung A03s terletak pada baterainya. Seri ini mengusung baterai berkapasitas jumbo 5000mAh yang sangat cocok untuk orang dengan mobilitas tinggi. Bahkan, smartphone bisa bertahan lebih dari sehari.

Selain itu, ukuran layarnya yang besar cocok untuk pecinta streaming film atau gamer. Kameranya masih bisa diandalkan untuk ukuran segmen entry level. Tak ketinggalan sensor sidik jari yang menjadi nilai tambah seri sejuta ini.

Di sisi lain kami menemukan beberapa minor atau hal-hal yang kami anggap kurang pada perangkat ini. Antara lain, resolusi layarnya masih HD+ dan material bodi serta desainnya standar saja.

Selebihnya, kami menganggap aspek lain cukup andal dan bisa bersaing dengan kompetitor.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A03s :

  • Layar: PLS LCD, 6,5 inci, 102,0 cm2 (~81,8% rasio layar-ke-tubuh)
  • Resolusi Layar: 720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (~ 270 ppi density)
  • Chipset: MediaTek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • CPU: Octa-core (4×2,35 GHz Cortex-A53 & 4×1,8 GHz Cortex-A53)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 2GB / 3GB / 4GB
  • Memori Internal: 32GB / 64GB
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/2.2, (wide), AF + 2 MP, f/2.4, (macro) + 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Depan: 5 MP, f/2.2
  • Bluetooth: 5.0, A2DP
  • Sensor: Sidik Jari (dipasang di samping), akselerometer, kedekatan
  • Baterai: Li-Po 5.000 mAh, non-removable (fast charging 15W)
  • Harga: Mulai dari Rp1,5 juta