Perbedaan Xiaomi Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9C

Setelah mendapat kepercayaan Mi Fans dengan Redmi 8 pada tahun 2019, kini Xiaomi kembali meluncurkan seri Redmi berikutnya yang diberi nama Redmi 9. Seri ini diperuntukkan bagi pengguna yang menginginkan ponsel dengan spesifikasi berkualitas teknis namun tidak terlalu mahal karena memiliki harga dibawah Rp. 1 jutaan saja.

Seri Redmi 9 ini hadir dengan tiga varian yang bisa Kamu pilih sesuai dengan ketersediaan dana dan kebutuhan, yakni Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9C. Mau tahu apa saja yang membedakan ketiga ponsel ini? Berikut Kami sajikan spesifikasi dan perbedaan di antara ketiganya.

Perbedaan Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9C

1. Layar

Perbedaan Xiaomi Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9CTidak banyak yang berbeda dari ketiga ponsel ini dari segi layar, masing-masing memiliki panel IPS LCD berukuran 6,53 inci dengan desain poni tetesan air.

Bedanya, layar pada Redmi 9 lebih unggul dengan menghadirkan resolusi Full HD+ (1080 x 2340 piksel) sementara Redmi 9C dan 9A hanya menghadirkan HD+ saja, atau lebih tepatnya 720 x 1600 piksel.

Laman GSM Arena juga menyatakan kalau layar Redmi 9 sudah dilapisi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3 sehingga membuatnya lebih tahan terhadap goresan ataupun benturan.

2. Chipset

Untuk Kamu yang ingin bermain game dengan budget ringan, seri Redmi 9 bisa menawarkan performa yang cukup handal pada harga yang ditawarkannya. Tapi, masing-masing dari tiga ponsel ini menggunakan chipset yang berbeda-beda.

Redmi 9 berhasil menjadi pemenang sebagai ponsel berperforma tertinggi dibandingkan dua ponsel lain. Hal ini karena ia sudah mengandalkan Helio G80 (12 nm) dengan GPU Mali G52 MC2 untuk mengangkat game kesukaan Kamu ataupun menjalankan perintah modern lainnya.

Redmi 9C yang speknya berada sedikit di bawah Redmi 9 dibekali chipset Helio G35 (12 nm) yang berbalutkan pengolah grafis bernama PowerVR GE8320 berkecepatan 680 MHz.

Sementara itu, Redmi 9A hanya memiliki Helio G25 (12 nm) sebagai chipset andalannya.

Perbandingan performa ketiganya pun tentu beragam. Helio G80 milik Redmi 9 berhasil meraih skor AnTuTu v8 sebesar 202.551 poin. Ini adalah angka yang lebih besar dari Snapdragon 665 yang menghadirkan skor 146.550 poin.

Umumnya, Snapdragon 665 dimiliki oleh ponsel 2 jutaan ke atas seperti vivo Y50, OPPO A52, dan masih banyak lagi ponsel lainnya.

Sementara untuk Helio G35 milik Redmi 9C, hasil benchmark yang didapat adalah 110.405. Angka ini tentunya lebih besar dari Redmi 9A dengan Helio G25 yang hanya meraih skor 91.394.

3. Kamera

Perbedaan Xiaomi Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9C

Selain chipset yang digunakan, Xiaomi juga memberikan kombinasi kamera yang berbeda-beda pada tiga ponsel seri Redmi 9. Seperti yang bisa ditebak, Redmi 9 tentu lebih unggul dengan menghadirkan quad camera yang terdiri dari kamera utama 13 MP, sensor ultra lebar 8 MP, sensor makro 5 MP, dan terakhir sensor 2 MP untuk menghadirkan gambar bokeh atau efek kedalaman.

Xiaomi melakukan “pemangkasan” besar-besaran untuk Redmi 9A dengan hanya menghadirkan single camera di ponsel ini, yakni kamera berkekuatan 13 MP.

Selain itu, Redmi 9C yang memang lebih unggul dari 9A namun masih di bawah Redmi 9 menawarkan tiga kamera beresolusikan 13 MP, 5 MP (makro), dan 2 MP (kedalaman).

Tak hanya kamera belakang, kamera depannya pun berbeda. Lensa selfie milik Redmi 9 yang berkekuatan 8 MP lebih unggul ketimbang Redmi 9A dan 9C yang hanya menawarkan lensa 5 MP.

Meski begitu, ketiga ponsel ini sama-sama mampu mengambil video 1080p dengan frame rate 30 FPS serta dihadirkan dengan mode HDR.

4. Charging Port

Perbedaan selanjutnya terletak pada charging port yang terletak di bawah ketiga ponsel ini. Redmi 9A dan 9C yang harganya lebih murah kebagian mendapatkan port microUSB 2.0. Port pengecasan ini memang sangat umum di segmen harga 1 jutaan.

Akan tetapi, walaupun Redmi 9 masih termasuk pada kategori ponsel 1 jutaan, ponsel yang satu ini sudah dibekali tipe pengecasan USB Tipe-C yang tidak hanya lebih unggul dari segi kenyamanan, melainkan juga memiliki tingkat kecepatan transfer data lebih baik saat dihubungkan ke PC ataupun USB OTG.

5 Ketersediaan Sensor Sidik Jari

Namun sayangnya Xiaomi tidak menghadirkan sensor ini pada keseluruhan produk seri Redmi 9. Ponsel yang menghadirkan fingerprint scanner adalah Redmi 9 dan Redmi 9C saja, sehingga Kamu tidak akan menemukan sensor tersebut pada Redmi 9A. Baik Redmi 9 dan 9C sama-sama menampilkan sensor di bagian belakang bodi.

Sebagai informasi, ketiganya masih sama-sama menghadirkan metode pembukaan kunci layar menggunakan Face Unlock ID sebagai alternatif.

6. Desain Bodi Belakang

Perbedaan Xiaomi Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9CDaya tarik ponsel tidak hanya terdapat pada spesifikasinya saja melainkan juga tampilan luarnya. Untuk seri Redmi 9 sendiri, ketiga anggotanya punya masing-masing varian warna yang unik.

Contohnya saja seperti Redmi 9 yang menghadirkan tiga varian warna yakni Sunset Purple, Ocean Green, serta Carbon Grey. Ketiga warna ini dihadirkan dengan polos bergradasi dan berbalutkan empat kamera belakang yang disusun vertikal di tengah.

Kamu akan menemukan tampilan desain belakang yang berbeda pada Redmi 9C dengan modul kameranya yang diposisikan pada pojok kiri atas, bersamaan dengan lampu flash.

Yang uniknya lagi, Redmi 9C hadir dengan pilihan warna Sunset Orange yang membuatnya mirip seperti varian oranye pada ponsel OPPO Find X2 Pro.

Terakhir, ada Redmi 9A yang juga meletakkan kameranya di pojok kiri atas dengan varian warna Granite Gray, Peacock Green, dan Sky Blue.

7. Fast Charging

Pasalnya, cukup jarang ponsel di harga 1 jutaan dihadirkan dengan fast charging. Sama halnya seperti Redmi 9A dan Redmi 9C yang hanya mengandalkan pengecasan 10 W saja.

Namun siapa sangka, rupanya Redmi 9 hadir dengan dukungan fast charging 18 W yang tentunya bisa mempersingkat waktu pengecasan. Pengisian 18 W ini mungkin akan terasa kurang cepat untuk mengisi daya baterai 5.000 mAh.

Tapi untuk seukuran ponsel di rentang harga entry-level, kehadiran fast charging ini sungguh layak diapresiasi.

Simpulan

Kedatangan Xiaomi Redmi 9 menjadi bukti bahwa brand raksasa asal Tiongkok ini tak bosan-bosannya memperkenalkan produk kelas menengah dengan spesifikasi lebih unggul.

Bahkan dengan setengah hati, Xiaomi telah merilis tiga varian ponsel dengan harga berbeda di antara ketiga varian tersebut. Hal ini memudahkan para penggemar Xiaomi untuk memilih ponsel yang lebih murah dan sesuai dengan budget.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News