Kenali 6 Perbedaan Xiaomi Pad 5 dan Xiaomi Pad 6 Berikut ini!

Xiaomi telah meluncurkan dua tablet terbarunya di kuartal kedua tahun 2023, yaitu Xiaomi Pad 6 dan Xiaomi Pad 6 Pro. Di antara keduanya, Xiaomi Pad 6 memiliki harga lebih terjangkau dengan spesifikasi yang dipangkas. Tapi, ia tetap menawarkan serangkaian keunggulan di kelas harganya.

Kilas balik ke dua tahun sebelumnya yaitu 2021, Xiaomi telah meluncurkan Xiaomi Pad 5 yang menjadi pendahulunya. Mengingat peluncuran Xiaomi Pad 6 ini melewati celah satu tahun, sebagian publik dibuat penasaran atas peningkatan apa saja yang ditawarkannya.

Ada kalanya generasi baru justru memangkas fitur yang sudah ada di sebelumnya. Ada juga kasus di mana hampir keseluruhan aspek mendapatkan peningkatan tanpa adanya pengorbanan di aspek tertentu.

Jadi, Xiaomi Pad 6 termasuk yang mana? Simak lebih lanjut untuk mengetahui perbedaan Xiaomi Pad 5 dan Xiaomi Pad 6.

Spesifikasi Xiaomi Pad 5

Kenali 6 Perbedaan Xiaomi Pad 5 dan Xiaomi Pad 6 Berikut ini

  • Layar IPS LCD 11 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 860
  • RAM 6 GB
  • Memori Internal 256 GB
  • Kamera 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 8720 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Xiaomi Pad 6

Kenali 6 Perbedaan Xiaomi Pad 5 dan Xiaomi Pad 6 Berikut ini

  • Layar IPS LCD 11 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 870
  • RAM 8 GB
  • Memori Internal 256 GB
  • Kamera 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 8840 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Xiaomi Pad 5 dan Pad 6

Tanpa mengetahui perbedaan antara dua produk yang diincar, menentukan pilihan jadi terasa sulit. Tenang, Tim Xiaomi akan membantu Kamu dengan cara memaparkan poin-poin perbedaan berikut ini.

1. Snapdragon 860 vs. Snapdragon 870

Xiaomi Pad 6 mendapatkan sebuah upgrade performa ketimbang generasi sebelumnya. Di dalam tablet keluaran tahun 2023 tersebut, terdapat chipset Snapdragon 870 (7 nm) yang merupakan peningkatan dari Snapdragon 865 Plus.

Mirip-mirip dengan Xiaomi Pad 5 yang menggunakan Snapdragon 860, kali ini chipset adalah peningkatan dari Snapdragon 855+. Kedua tablet ini sama-sama gunakan Snapdragon 8 series, yang berarti keduanya punya performa gegas di kelas premium. Bahkan, Snapdragon 870 pernah digunakan HP gaming flagship bernama Black Shark 4

Lebih lanjut lagi, Snapdragon 860 yang mengotaki Xiaomi Pad 5 menggunakan satu unit prime core Kryo 485 Prime (Cortex A76) dengan frekuensi 2.96 GHz, tiga inti performa Kryo 485 Gold (Cortex A76) berkekuatan 2.42 GHz, serta empat unit Kryo 485 Silver (Cortex A55) dengan kinerja 1.8 GHz.

Terdapat juga kartu Adreno 640 (675 MHz) yang sanggup mengoptimalkan pengalaman grafis saat bermain gim. Secara kinerja grafis, clock speed Snapdragon 860 rupanya lebih besar dari Snapdragon 870.

Kekuatan dari Snapdragon 870 sungguh tampak bersinar, meraih skor AnTuTu v9 sebesar 712.928 poin sementara Snapdragon 860 mencetak angka 570.222 poin, dihimpun dari Nano Review. Di standar tahun 2023 saat Xiaomi Pad 6 dirilis, kedua kinerja tersebut menempatkan tablet pada kelas menengah ke atas.

Xiaomi Pad 5 nyatanya bisa digunakan untuk bermain Genshin Impact tanpa kendala, sekalipun pada pengaturan grafis Highest. Ditunjukkan pada video lctfix.net kalau tablet mencapai frame rate stabil di angka 30 FPS.

Secara logika, Snapdragon 870 pada Xiaomi Pad 6 yang lebih kuat tentu bisa meraih performa gaming yang lebih baik lagi dari itu. Sayangnya kami belum menemukan hasil temuan pengujiannya saat artikel ini ditulis per Mei 2023.

2. Layar Beda Sedikit

Di bagian layar, tablet Xiaomi Pad 5 dibekali dengan panel IPS LCD berukuran 11 inci. Ini juga merupakan spesifikasi yang sama dengan Xiaomi Pad 6. Bedanya, Xiaomi Pad 5 hanya memiliki refresh rate 120 Hz sedangkan Xiaomi Pad 6 mendukung 144 Hz.

Ini sungguh selaras dengan niat Xiaomi dalam menjadikan Xiaomi Pad 6 sebagai tablet gaming, karena laju yang lebih tinggi dapat membuat pergerakan di layar semakin mulus. Ditambah lagi resolusi layar Xiaomi Pad 6 juga lebih tinggi yaitu 1800 x 2800 piksel. Beda dengan Xiaomi Pad 5 dengan resolusi 1600 x 2560 piksel.

Adapun pada tingkat kerapatan pikselnya, lagi-lagi Xiaomi Pad 6 jadi pemenang dengan angka 309 ppi alih-alih 274 ppi pada Xiaomi Pad 5. Meski keduanya belum gunakan AMOLED, jelas terlihat kalau Xiaomi Pad 6 punya layar yang lebih baik dari sisi ketajaman dan kemulusan.

Kedua tablet sama-sama mendukung sertifikasi HDR10 dan Dolby Vision, serta mampu tampilkan hingga 1 miliar warna.

3. Ada Peningkatan di Sektor Kamera

Keduanya menggunakan kamera utama beresolusi 13 MP. Bedanya, Xiaomi Pad 5 memiliki apertur f/2.0 sedangkan Xiaomi Pad 6 punya bukaan f/2.2.

Xiaomi Pad 6 juga disebutkan mendukung fitur PDAF agar bisa berpindah-pindah fokus dengan instan, cepat, dan akurat.

Sementara pada bagian depannya, dua tablet ini sama-sama gunakan kamera selfie 8 MP. Lagi-lagi dengan perbedaan apertur yang sama seperti kamera belakangnya.

Peningkatan kamera sungguh terasa pada Xiaomi Pad 6, yakni ketika tablet digunakan untuk merekam video. Pasalnya, sang generasi penerus ini mendukung 60 FPS di resolusi 1080p.

Sebelumnya, Xiaomi Pad 5 hanya dukung 30 FPS saja. Jika perlu video dengan resolusi lebih tajam, kamera dua tablet tersebut juga mendukung 4K di 30 FPS.

Pada intinya, Xiaomi Pad 6 akan memiliki kemampuan fotografi yang tidak beda jauh dengan Xiaomi Pad 5. Namun, kemampuan videografinya akan terasa meningkat, terlebih jika Kamu berniat menjadi kreator konten.

4. Konektivitas

Xiaomi Pad 5 hadir dengan sejumlah fitur konektivitas unggul, seperti Wi-Fi 5 dual band, Bluetooth 5.0, dan port USB Type-C. Konektivitas ini lebih ditingkatkan lagi pada Xiaomi Pad 6 yang kini memiliki Bluetooth 5.2 dan juga Wi-Fi 6.

Dengan versi yang lebih modern, Xiaomi Pad 6 sanggup menawarkan latensi lebih rendah saat gunakan aksesoris TWS, serta memiliki kecepatan lebih tinggi dan stabil saat terhubung ke Wi-Fi.

Seolah tidak cukup, Xiaomi Pad 6 juga memiliki USB Type-C 3.2 beserta konektor aksesoris. Port ini bisa juga digunakan sebagai display out, yakni untuk melakukan extend isi layar ke monitor eksternal.

Yang perlu diperhatikan, kedua tablet ini tidak memiliki versi jaringan seluler. Satu-satunya varian yang tersedia adalah Wi-Fi only, sehingga tidak dapat disambungkan dengan kartu SIM. Bukan cuma itu, slot untuk menampung memori eksternal juga tidak disediakan.

5. Desain Bodi

Kenali 6 Perbedaan Xiaomi Pad 5 dan Xiaomi Pad 6 Berikut ini

Dengan berbagai peningkatan yang dihadirkan Xiaomi Pad 6, wajar berasumsi beratnya pun semakin bertambah. Tapi rupanya tidak, karena justru tablet ini punya bobot lebih ringan dari sebelumnya, yaitu 490 gram alih-alih 511 gram.

Agar memiliki sensasi sentuhan yang lebih premium, Xiaomi Pad 6 juga dikemas dengan bahan material aluminium pada bagian belakang dan juga bingkainya. Ini berbeda dengan Xiaomi Pad 5 yang hanya gunakan aluminium sebagai bahan frame, sedangkan bodi belakangnya gunakan plastik.

Secara tampilan, modul kamera Xiaomi Pad 5 tampak lebih youthful dan dinamis, menggunakan konsep bentuk rounded edge yang membuat kameranya berbentuk seperti pil. Tablet ini hadir dalam varian warna Cosmic Gray, Pearl White, dan juga Green.

Sedangkan, Xiaomi Pad 6 hadirkan modul dengan tampilan yang lebih sophisticated dan terkesan mewah. Perihal dimensi, Xiaomi Pad 6 juga lebih tipis di angka 6,5 mm alih-alih 6,9 mm (Xiaomi Pad 5).

6. Harga Rilis

Pada awal penjualan perdananya di Indonesia pada tanggal 28 September 2021, Xiaomi Pad 5 dibanderol dengan harga Rp4.999.000,-. Sedangkan, harga penjualan Xiaomi Pad 6 di pasar Cina pada April 2023 adalah 2.000 yuan alias sekitar Rp4,2 jutaan.

Harga Xiaomi Pad 6 bisa saja berubah jika sudah masuk Indonesia secara resmi. Namun, perbedaan harga tersebut kemungkinan tidak akan terpaut jauh dengan versi Cina.

Kesimpulan

Sudah bisa dipastikan kalau Xiaomi Pad 6 adalah opsi yang lebih direkomendasikan ketimbang “kakak”-nya, Xiaomi Pad 5. Mulai dari layar, performa, konektivitas, hingga kamera, Xiaomi Pad 6 mendapatkan peningkatan di hampir semua sektor.

Tidak ada alasan untuk memilih Xiaomi Pad 5 yang sudah dua tahun lebih tua, kecuali jika memang Kamu mutlak tidak menyukai desain pada Xiaomi Pad 6. Jadi, mau pilih yang mana?

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News