Review Perbedaan Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro

Pada Oktober 2022, Xiaomi merilis HP flagship yang sekali lagi menarik perhatian publik yakni Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro. Sepak terjang ponsel flagship Xiaomi ini pun diklaim lebih baik dari Xiaomi 12 yang dirilis sebelumnya.

Apalagi dalam seri terbaru ini, Xiaomi menghadirkan sejumlah ubahan termasuk di sektor kamera yang kian berkualitas dan harga yang lebih terjangkau dibanding ponsel flagship lainnya.

Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro menarik untuk dibahas perbedaannya bukan hanya karena memiliki spesifikasi yang sama kuat di sektor kamera. Namun, juga karena kedua ponsel ditujukan untuk segmentasi yang sama.

Lalu, apa perbedaan keduanya?

Yang pasti, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro. Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi Xiaomi 12T

Review Perbedaan Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro

  • Layar AMOLED 6.66 inci
  • Chipset MediaTek Dimensity 8100-Ultra
  • RAM 8 GB
  • Memori Internal 256 GB
  • Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Xiaomi 12T Pro

Review Perbedaan Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro

  • Layar AMOLED 6.66 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
  • RAM 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB
  • Kamera 200 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro

Xiaomi Seri T biasanya dirilis dengan harga yang lebih terjangkau daripada versi originalnya. Dalam seri ini, Xiaomi hadirkan ubahan pada sisi layar, kamera dan pengisian cepat dibanding seri Xiaomi 12. Nah, biar lebih jelas, Kamu bisa menyimak seluruh perbedaan kedua ponsel pada poin-poin berikut ini.

1. Konsep Desain Bodi yang Sedikit Mirip

Review Perbedaan Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro

Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro memiliki desain yang sama cantik dan mirip dengan saudaranya Xiaomi 12. Yang membedakan ialah adanya perbedaan bagian modul kamera Xiaomi 12T series.

Perbedaan muncul dalam hal warna di modul kamera utama. Bila dalam seri Xiaomi 12, seluruh partisi tersebut memiliki kelir sama, menyesuaikan warna penutup belakang. Pada seri T, justru bagian kamera utama memiliki warna yang hitam.

Membahas desain bodi, ponsel flagship ini memiliki dua lengkung bodi, sedangkan bezel layarnya tipis dan simetris. Sama seperti Xiaomi 12, lengkungan itu hanya ada di sisi kiri dan kanan.

Penempatan lengkung tersebut dimaksudkan agar risiko layar mengalami salah sentuh dapat dikurangi. Lebih lanjut, beberapa pernak-pernik kedua ponsel juga terlihat sama.

Masih sama dengan seri Xiaomi 12 lainnya, untuk Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro menggunakan kamera depan yang ditempatkan pada sisi tengah atas layar model punch hole. Penempatan kamera ini diharapkan dapat membuat hasil kamera depan lebih baik dari pada posisi di pojok layar.

Menengok bagian dimensi kedua ponsel, Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro, hadir dengan dimensi 163.1 x 75.9 x 8.6 mm berikut bobot 202 gram untuk seri 12T dan bobot 205 gram untuk seri 12T Pro. Dengan desain yang cukup ramping, HP Xiaomi ini tidak akan membuat tanganmu lelah.

Xiaomi juga menghadirkan pilihan warna bodi yang sama yakni Hitam, Silver dan Biru.

2. Sedikit Berbeda di Sektor Layar

Untuk layar, Kedua HP Flagship ini menggunakan layar berukuran 6,67 inci dengan resolusi tinggi 1220 x 2712 piksel. Penggunaan resolusi yang lebih tinggi membuat detail layar sangat nyaman di mata. Apalagi, Xiaomi menggunakan panel baru bernama CrystalRes AMOLED.

Kedua layar ini juga sudah dibekali teknologi Dolby Vision, DCI-P3, DeltaE 1.8, dan HDR10+ sehingga tampilan gambar dan video lebih jelas dan warna yang akurat. Xiaomi juga sudah menambahkan refresh rate 120 Hz dan touch sampling 480 Hz sehingga tampilan animasi lebih halus dan responsif.

Perbedaan muncul pada sisi kecerahan layar, dimana Xiaomi 12T hanya memiliki kecerahan puncak 900 nits dan pada Xiaomi 12T Pro 1200 nits.

Tidak lupa, untuk melindungi layar dari goresan, Xiaomi menggunakan anti gores Gorilla Glass 5.

3. Pertarungan Cip Flagship

Xiaomi 12 mengandalkan chipset Snapdragon 8 Gen 1 sebagai otaknya. Penerus chipset tersebut adalah Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang terpasang pada mainboard Xiaomi 12T Pro.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 chipset ini dirancang dengan proses fabrikasi 4 nm. Terdapat delapan core CPU yang dikandung Snapdragon 8 plus Gen 1. Seluruhnya terbagi dalam tiga klaster yang mengalami sejumlah peningkatan.

Klaster super diisi satu core Kryo Prime 3.2 GHz (berbasis Cortex-X2). Klaster performanya berupa tiga core Kryo Gold 2.75 GHz (berbasis Cortex-A710). Terakhir ada empat core Kryo Silver (berbasis Cortex-A510) 11,8 Ghz yang masuk dalam klaster efisiensi.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 dipilih karena memiliki keunggulan kecepatan CPU dan GPU lebih cepat 10 % dibanding Snapdragon 8 Gen 1. Selain itu, konsumsi daya juga lebih hemat hingga 30% dan performa kecerdasan buatan (AI) yang 20% lebih baik.

Sementara itu, Xiaomi 12T mengusung chipset yang berbeda, yakni MediaTek Dimensity 8100 Ultra. Meski bukan cip Dimensity 9000 series, Dimensity 8100 Ultra menawarkan performa flagship.

Sebuah chipset kelas premium yang mendukung kemampuan 5G.

Cip ini dibangun dengan proses fabrikasi 5 nm. Di dalamnya terdapat delapan inti yang terdiri dari empat core Cortex A78 berkecepatan 2,85 Ghz dan empat core cortex A55 berkecepatan 2.0 Ghz sebagai penghemat daya.

Untuk komponen lainnya, ada GPU ARM Mali-G610 MC6. GPU ini diklaim mengalami peningkatan performa karena adanya prosesor AI generasi 5. Terpasang juga teknologi HyperEngine 5.0 serta Networking Engine jaringan 5G guna memastikan game dan jaringan kian lancar.

Untuk penggunaan RAM, kedua HP Xiaomi ini kabarnya sama-sama menggunakan RAM LPDDR5 sebesar 8 GB. Untuk varian Pro akan ada pilihan RAM 12 GB.

4. Kamera Masih menawarkan Kualitas Kelas Atas

Konfigurasi kamera yang digunakan Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro tidak berbeda jauh dengan seri Xiaomi 12. Keduanya memakai tiga kamera belakang yang terdiri atas kamera utama, kamera ultrawide, dan kamera makro. Dari ketiga kamera tersebut ada dua yang spesifikasinya berbeda, yakni kamera utama dan kamera ultrawide.

Xiaomi sadar bahwa ukuran megapiksel menjadi hal krusial dalam menghasilkan foto berkualitas.

Mereka pun menghadirkan megapiksel kamera utama yang lebih besar dalam Xiaomi 12T series ini. Untuk Xiaomi 12T memakai kamera utama 108 MP dan 12T Pro memakai kamera utama 200 MP.

Xiaomi memakai ukuran sensor 1/1.67 inci pada 12T dan sensor 1/1.22 pada 12T Pro. Kedua kamera hadir dengan bukaan f/1,7, 24 mm, serta autofokus PDAF OIS.

Untuk kamera ultrawide, Xiaomi 12T series ini menggunakan kamera 8 MP dengan bukaan f/2.2 dan sudut 120 derajat. Untuk kamera makro, Xiaomi masih mengandalkan kamera 2 MP.

Beralih ke kamera depan, resolusi pada kamera selfie-nya mengalami peningkatan dibanding Xiaomi 11T. Kini kamera selfie kedua ponsel flagship ini memiliki resolusi 20 MP dengan bukaan f/2.2.

5. Beda di Pengisian Cepat dan Daya Tahan Baterai

Ukuran bodi Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro memang cukup standar ponsel saat ini. Hal ini berimbas pada kapasitas baterai yang tak banyak berubah yakni 5.000 mAh.

Karena kapasitasnya biasa saja, Xiaomi justru menghadirkan kelebihan di sektor pengisian cepat. Kedua HP Xiaomi ini sudah mendukung pengisian cepat 120W. Fitur ini diklaim mampu membuat pengisian baterai dari kosong sampai penuh hanya memerlukan waktu 19 menit saja.

Meski tampak sama, kedua HP memiliki performa yang berbeda karena beda chipset. Hal ini tampak dari uji coba yang dilakukan GSMArena. Berdasarkan pengujian tersebut, Xiaomi 12T mampu bertahan lebih lama untuk browsing selama 13 jam 31 menit.

Sedangkan Xiaomi 12T Pro hanya mampu bertahan 11 jam 6 menit untuk browsing.

6. Speaker dan Konektivitas

Untuk Kamu yang sedang menentukan satu diantara kedua HP XIaomi 12 series ini, sebaiknya kamu memperhatikan juga detail audio. Untungnya, Xiaomi sudah menghadirkan speaker stereo dalam seri ini.

Bedanya dalam Xiaomi 12T Pro, Speaker dengan konfigurasi stereo sudah disokong oleh teknologi dari Harman Kardon untuk memaksimalkan kualitas suara yang prima. Sedangkan Xiaomi 12T menggunakan teknologi dari Dolby Atmos.

Speaker utama Xiaomi 12T dan 12T Pro ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas menyatu dengan earpiece. Penempatan speaker juga cukup baik alhasil suara yang dihasilkan seakan menyebar.

Kamu pun dapat lebih puas menikmati multimedia atau bermain game di HP Android 5G ini. Dengan teknologi yang diusung ini, suara yang dihasilkan terdengar cukup lantang dan jernih.

Beranjak ke bagian konektivitas. Jenis konektivitas yang didukung kedua ponsel mirip-mirip saja. Jaringan seluler 5G, Wifi 6, dan NFC sudah didukung. Namun, generasi Bluetooth yang bisa didukung kedua ponsel sedikit berbeda.

Xiaomi 12T mendukung bluetooth 5.3. Sedangkan Xiaomi 12T Pro mendukung bluetooth 5.2.

7. Memori Penyimpanan

Xiaomi menjadi salah satu produsen yang menghadirkan memori penyimpanan tipe UFS 3.1 yang cukup besar dalam kedua produknya ini. Untuk Xiaomi 12T maupun 12T Pro sudah dilengkapi memori penyimpanan 128 GB atau 256 GB.

Sayangnya, Xiaomi tidak menghadirkan tambahan memori melalui slot microSD. Alhasil, Kamu harus puas dengan pilihan memori internal yang tersedia.

Kesimpulan

Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro merupakan HP flagship yang ditujukan untuk para pengguna gadget yang gemar fotografi. Hal tersebut tampak dari penggunaan kamera utama yang kini memakai resolusi besar dimana Xiaomi 12T 108 MP dan 12T Pro 200 MP..

Namun, bukan itu saja keunggulan dua HP ini. Xiaomi juga sudah menghadirkan layar AMOLED dengan resolusi tinggi. Selain itu, Xiaomi juga menambahkan fitur fast charging 120W yang lebih baik agar HP bisa cepat digunakan ketika batu habis.

Perbedaan mencolok ada di bagian chipset. Xiaomi 12T hadir dengan chipset MediaTek Dimensity 8100 ultra dan Xiaomi 12T Pro memakai Snapdragon 8 Plus Gen1.

Dari perbedaan kamera utama dan chipset inilah, tampak jelas Xiaomi 12T Pro merupakan varian yang lebih tinggi. Di Eropa sendiri, Xiaomi 12T Pro dipasarkan seharga 11,3 juta untuk RAM 8 GB dan memori 128 GB. Sedangkan Xiaomi 12T dipasarkan 9 Juta untuk varian yang sama.

Bagaimanapun Xiaomi 12T dan Xiaomi 12T Pro merupakan salah satu opsi menarik yang punya kemampuan prima di sektor layar dan kamera. Bagaimana menurut kamu, lebih suka dengan Xiaomi 12T atau Xiaomi 12T Pro?

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News