Yuk Baca, 6 Perbedaan Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12 Pro (Dimensity)

Xiaomi kembali menghadirkan jajaran ponsel flagship di tahun 2022 ini. Menarknya, dalam jajaran produknya, Xiaomi memiliki produk Xiaomi 12 Pro yang ternyata hadir dalam dua versi chipset yang berbeda yakni Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dan Mediatek Dimensity 9000+.

Chipset Snapdragon 8 Gen 1 ini dipilih karena kinerja CPU di Snapdragon 8 Gen 1 ini lebih baik dan meningkat 20% dari CPU sebelumnya. Tidak hanya itu, Chipset ini juga bisa menghemat daya 30% lebih baik daripada Snapdragon 888.

Sementara itu, performa chipset Mediatek kini tidak bisa lagi diremehkan begitu saja. Pasalnya berkat teknologi yang terus dikembangkan, performa chipset Mediatek semakin sejajar dengan performa chipset Qualcomm.

Perbedaan Chipset ini memang bukan tanpa alasan. Pasalnya, smartphone dengan chipset Mediatek biasanya lebih murah harganya dibanding smartphone dengan chipset Qualcomm. Sehingga Xiaomi 12 Pro versi Mediatek memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding versi Qualcomm.

Nah, apakah hanya perbedaan harga jual yang dikejar Xiaomi dalam dua produk ini? Biar lebih jelas, simak sejumlah perbedaan Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12 Pro (Dimensity) dibawah ini.

Spesifikasi Xiaomi 12 Pro

Yuk Baca, 6 Perbedaan Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12 Pro (Dimensity)

  • Layar LTPO AMOLED 6.73 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
  • RAM 12 GB
  • Memori Internal 256 GB
  • Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 50 MP (telephoto)
  • Baterai Li-Po 4600 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Xiaomi 12 Pro (Dimensity)

Yuk Baca, 6 Perbedaan Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12 Pro (Dimensity)

 

  • Layar LTPO2 AMOLED 6.73 inci
  • Chipset MediaTek Dimensity 9000+
  • RAM 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB
  • Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (telephoto macro)
  • Baterai Li-Po 5160 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12 Pro (Dimensity)

Setelah kamu membaca spesifikasi dari kedua model Xiaomi 12 Pro diatas, tentunya rasa penasaran mulai muncul di benakmu tentang perbedaan lain dari kedua perangkat tersebut.

Tenang, hanya di Xiaomi kamu akan mendapatkan jawaban soal perbedaan kedua smartphone ini. Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

1. Teknologi Layar Versi Dimensity Lebih Up to Date

Xiaomi kembali menghadirkan desain yang lebih segar dan estetik dalam dua HP Xiaomi 12 Pro ini. Meski berbeda chipset, kedua ponsel ini memiliki desain yang sama. Untuk layar, HP flagship ini menggunakan layar berukuran 6,73 inci dengan resolusi 1440 x 3200 piksel.

Layar ini sudah dibekali teknologi Dolby Vision dan HDR10+ sehingga tampilan gambar dan video lebih jelas dan warna yang akurat. Perbedaan justru nampak dibagian panel layar. Xiaomi 12 Pro versi chipset Qualcomm memakai panel LTPO AMOLED.

Sementara itu, versi Mediatek memakai panel LTPO2 AMOLED. Penggunaan teknologi LTPO membuat refresh rate lebih dinamis. Selain itu, panel jenis ini memiliki tingkat penyesuaian cepat dan akurat. Tidak hanya itu, keunggulan panel jenis ini juga menghasilkan tampilan yang jernih dan lebih halus.

2. Snapdragon 8 Gen 1 Versus Dimensity 9000+

Kedua HP Xiaomi 12 Pro ini menggunakan chipset yang berbeda yakni SoC Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dan Mediatek DImensity 9000+. Chipset ini dipilih karena chipset ini memiliki performa yang kencang ketimbang chipset keluaran terbaru lainnya.

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 merupakan chip mobile 5G ini dibuat dengan konfigurasi octa-core. Konfigurasi prosesor octa core yang kuat terdiri dari satu unit Cortex X2 (3,0 GHz) sebagai inti high performance, tiga core Cortex A710 (2,5 Ghz) dan empat unit Cortex A510 (1.8 GHz) sebagai inti hemat daya.

Tak lupa, chipset fabrikasi 4nm ini didukung RAM 8 GB atau 12 GB dan memori internal 128 GB, 256 GB, dan 512 GB berjenis UFS 3.1.

Sementara itu, Mediatek Dimensity 9000+ merupakan chipset kelas premium yang mendukung kemampuan 5G. Ini merupakan chipset fabrikasi 4 nm yang memiliki delapan inti yak terdiri dari sebuah core Cortex X2 berkecepatan 3,2 Ghz, tiga core Cortex A710 berkecepatan 2,85 Ghz dan empat core Cortex A510 berkecepatan 1.8 Ghz sebagai penghemat daya.

Ada juga dukungan RAM 8 GB atau 12 GB dan memori penyimpanan UFS 3.1 sebesar 128 GB atau 256 GB. Untuk versi Qualcomm tersedia pilihan RAM 8 GB dengan memori 256 GB, sedangkan di Mediatek tidak.

Lantas manakah yang memiliki performa terbaik? Bila merujuk pada hasil AnTuTu, Xiaomi 12 Pro versi Qualcomm mencetak skor 905.226. Sedang Xiaomi 12 Pro versi Dimensity memiliki skor 1.041.416 . Dari angka tersebut, jelas versi Dimensity 9000+ memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan HP lainnya.

3. Konfigurasi Kamera dan Kemampuannya

Yuk Baca, 6 Perbedaan Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12 Pro (Dimensity)

Sebagai sebuah smartphone flagship untuk harian, Xiaomi 12 Pro dibekali modul kamera belakang yang elegan dan khas. Dalam modul ini sekilas tampak ada 3 lingkaran lensa dengan metal ring.

Untuk kamera utama 12 Pro versi Qualcomm, Xiaomi memasang sensor Sony IMX 707 50 MP dengan bukaan f/1.9, dilengkapi Dual PIXEL PDAF dan OIS.

Lalu kamera ultrawide-nya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan f/2.2, ada juga kamera telephoto berukuran 50 MP 48mm PDAF 2x Optical ZOOM. Perihal perekaman video, resolusi 8K 24 fps dengan fitur OIS adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan.

Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi Full HD 30 fps.

Beralih ke kamera Xiaomi 12 Pro versi SoC Mediatek. Hadir dengan modul kamera yang sama, HP ini juga mengusung tiga kamera belakang ditambah lampu flash. Komposisi kameranya ialah kamera utama sensor SONY IMX 50 MP bukaan f/1.9 Dual PIXEL PDAF dan OIS, kamera ultrawide 13 MP f/2.4 dan kamera macro 5 MP AF.

Untuk kamera depan, kedua HP Xiaomi terbaru ini sudah terpasang kamera 32 MP f/2.5 dengan sensor mumpuni untuk selfie di berbagai kondisi cahaya.

Dengan peningkatan yang dihadirkan, kamera ini bisa merekam video 4K 60 fps. Selain itu, hasil kamera HP Android terbaru ini cukup memuaskan, detail dan dinamis.

4. Kapasitas Baterai dan Kemampuan Fast Charging

Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12 Pro (Dimensity) ternyata memiliki perbedaan baterai dan sistem pengisian cepat. Untuk kapasitas baterai, kedua HP Android flagship ini berbeda. Dimana versi chipset Qualcomm dibekali 4600 mAh. Sedangkan, bekal baterai versi chipset Mediatek berkapasitas 5160 mAh.

Guna mendukung pengisian daya baterai, Xiaomi juga sudah menghadirkan fitur fast charging. Uniknya meski Xiaomi 12 Pro versi chipset Qualcomm memiliki baterai lebih kecil, justru sudah mendukung fast charging 120 W. Sayangnya untuk versi chipset Mediatek hanya dibekali fitur fast charging 67 W.

Dengan Fast charging 120 W, Xiaomi menjanjikan bahwa HP akan terisi penuh dari 0-100% hanya dalam waktu 18 menit saja di Xiaomi 12 Pro dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

5. Jumlah Speaker dan Konektivitas

Untuk kamu yang sedang menentukan satu diantara kedua HP XIaomi 12 series ini, sebaiknya kamu memperhatikan juga detail audio. Untungnya, Xiaomi sudah menghadirkan speaker stereo dalam seri ini.

Speaker dengan konfigurasi stereo sudah disokong oleh teknologi dari Harman Kardon dan Dolby Atmos untuk memaksimalkan kualitas suara yang prima. Uniknya, dalam Xiaomi 12 Pro dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1, Xiaomi memasang 4 buah speaker yang artinya merupakan dual stereo speaker.

Speaker utama note Xiaomi 12 Pro ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas, menyatu dengan earpiece.

Penempatan speaker juga cukup baik alhasil suara yang dihasilkan seakan menyebar. Kamu pun dapat lebih puas menikmati multimedia atau bermain game di HP Android 5G ini.

Dengan teknologi yang diusung ini, suara yang dihasilkan terdengar cukup lantang dan jernih. Adapun Xiaomi 12Pro (Dimensity) juga mengusung speaker stereo, tetapi jumlahnya hanya dua.

Beranjak ke bagian konektivitas, kedua HP Xiaomi ini sudah mendukung jaringan 5G. Untuk konektivitas lain sudah terpasang WiFi 6 dual band serta fitur NFC tergantung wilayah pemasaran.

Yang berbeda ialah Xiaomi 12 Pro baru mendukung Bluetooth 5.2 sedangkan Xiaomi 12 Pro versi (Dimensity) sudah mendukung Bluetooth 5.3.

6. Harga dan Ketersediaan

Untuk kamu yang mengidamkan Xiaomi 12 Pro, kamu harus menyiapkan dana Rp12.900.000 untuk RAM 12 GB dan memori 256 GB. Sementara itu, untuk Xiaomi 12 Pro (Dimensity) masih dipasarkan di Tiongkok saja.

Harga Xiaomi 12 Pro (Dimensity) varian 8/128 GB di Tiongkok adalah 3.999 yuan (setara Rp8,8 juta). Sedangkan varian 12/256 GB dihargai 4.499 yuan (setara Rp9,9 juta). Dari sini, diketahui bahwa harga Xiaomi 12 Pro versi Snapdragon lebih mahal.

Kesimpulan

Xiaomi 12 Pro menjadi salah satu produk ponsel flagship Xiaomi yang dilirik calon konsumen. Hal ini disebabkan, smartphone ini memiliki kualitas layar, speaker, mesin dan kamera yang mumpuni.

Menariknya, di pasar Tiongkok, Xiaomi juga merilis Xiaomi 12 Pro dengan mesin Mediatek Dimensity 9000+. Spesifikasi yang dihadirkan ternyata berbeda dengan varian global yang memakai mesin Snapdragon 8 plus Gen 1.

Versi Mediatek mengalami penurunan spesifikasi di bagian kamera. Walaupun demikian, versi ini memiliki panel layar yang lebih baik dan kapasitas baterai yang lebih besar.

Sayangnya, hingga kini belum ada tanda dari Xiaomi akan melepas varian chipset Mediatek ke pasar global, termasuk masuk resmi ke Indonesia. Kalaupun dilepas ke pasar global, bisa dipastikan harga HP Xiaomi ini akan lebih murah dibanding versi chipset Qualcomm.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News