Simak Baik-baik Perbedaan Xiaomi 11T dan Xiaomi 12T

Sekan belum puas akan jajaran produk seri Xiaomi 12, Xiaomi kembali menghadirkan produk HP flagship baru bernama Xiaomi 12T. Hadirnya produk ini sekaligus menggantikan varian lama Xiaomi 11T yang dirilis setahun lalu. Tentu, ponsel ini masih mengandalkan sektor kamera yang memang jadi Kamulan seri T.

Menariknya, Xiaomi menghadirkan sejumlah peningkatan agar ponsel ini kian optimal. Hal ini terlihat dari spesifikasi layar yang kini memakai resolusi lebih tinggi.

Selain itu, Xiaomi juga menggunakan chipset yang lebih baru agar kinerja HP ini kian maksimal untuk berbagai aktivitas.

Tentu akan menarik membahas Xiaomi 11T dan Xiaomi 12T karena memang memiliki spesifikasi yang cukup mendekati. Yang pasti, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan Xiaomi 11T dan Xiaomi 12T.

Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi Xiaomi 11T

Simak Baik-baik Perbedaan Xiaomi 11T dan Xiaomi 12T

  • Layar AMOLED 6.67 inci
  • Chipset MediaTek Dimensity 1200
  • RAM 8 GB
  • Memori Internal 256 GB
  • Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (telephoto macro)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Xiaomi 12T

Simak Baik-baik Perbedaan Xiaomi 11T dan Xiaomi 12T

  • Layar AMOLED 6.66 inci
  • Chipset MediaTek Dimensity 8100-Ultra
  • RAM 8 GB
  • Memori Internal 256 GB
  • Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Xiaomi 11T dan Xiaomi 12T

Setelah Kamu membaca spesifikasi dari kedua model Xiaomi 11T dan 12T di atas, tentunya rasa penasaran mulai muncul di benak Kaamu tentang perbedaan lain dari kedua perangkat tersebut.

Tenang, hanya di Xiaomi Kamu akan mendapatkan jawaban soal perbedaan kedua smartphone ini. Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

1. Desain Sama-sama Premium

Simak Baik-baik Perbedaan Xiaomi 11T dan Xiaomi 12T

Xiaomi seri T memang hadir sebagai varian flagship dengan harga yang lebih terjangkau. Walaupun demikian, Xiaomi 11T dan Xiaomi 12T hadir dengan desain yang tetap mewah meski terdapat perbedaan desain.

Kedua ponsel memiliki dua lengkung bodi di sisi kiri dan kanan mirip seri Xiaomi 12 reguler. Pengurangan lengkung tersebut dimaksudkan agar risiko layar mengalami salah sentuh dapat dikurangi.

Desain bodi ini membuat genggaman tangan Kamu pada kedua HP terasa lebih nyaman dan terasa mewah dengan permukaan halus di seluruh sisi bodinya.

Untuk bagian depan, kedua HP kelas premium ini menggunakan desain layar dan desain kamera depan yang sama. Xiaomi masih menggunakan desain kamera depan model punch hole.

Perbedaan justru muncul di bagian modul kamera belakang. Dalam Xiaomi 11T, terdapat modul kamera berbentuk persegi panjang berwarna gelap dengan model kamera yang berjejer ke bawah.

Sementara itu, modul kamera belakang Xiaomi 12T memiliki empat partisi yang diisi oleh masing-masing lensa kamera dan lampu flash.Tiap-tiap partisi hanya dipisahkan oleh garis.

Simak Baik-baik Perbedaan Xiaomi 11T dan Xiaomi 12T

Berlanjut ke dimensi kedua ponsel. Xiaomi 11T dan Xiaomi 12T memiliki dimensi yang sedikit berbeda. Untuk Xiaomi 12T berukuran 163.1 x 75.9 x 8.6 mm dengan bobot 202 gram. Sementara Xiaomi 11T berukuran 164.1 x 76.9 x 8.8 mm dengan bobot 203 gram. Keduanya memang tampak bongsor, tapi sebenarnya ramping.

Untuk memberikan rasa aman, Xiaomi menghadirkan sistem keamanan sidik jari yang akurat dan cepat, Xiaomi menaruh pemindai sidik jari di atas layar untuk Xiaomi 12T dan pemindai sidik jari di samping menyatu dengan tombol power untuk Xiaomi 11T.

Tidak lupa, kedua HP Xiaomi ini sudah mendukung sertifikasi IP53 sehingga HP dapat digunakan di kondisi luar ruangan tanpa takut terciprat air.

2. Perbedaan Sedikit di Tampilan

Dalam layar Xiaomi 11T, HP flagship ini menggunakan layar berukuran 6,73 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Layar ini sudah dibekali panel AMOLED, teknologi Dolby Vision dan HDR10+, sehingga tampilan gambar dan video lebih jelas dan warna yang akurat.

Penggunaan panel AMOLED membuat refresh rate 120Hz bisa lebih dinamis. Selain itu, panel jenis ini memiliki tingkat penyesuaian cepat dan akurat. Tidak hanya itu, keunggulan panel jenis ini juga menghasilkan tampilan yang jernih dan lebih halus.

Mengenai tingkat kecerahan, Xiaomi 11T diklaim mampu mencapai tingkat kecerahan puncak 1000 nits. Soal kedalaman warna, Xiaomi 11T disebut mampu menampilkan ragam warna 1 miliar warna lebih. Jumlah tersebut cukup mengesankan karena membuat layar HP bisa menampilkan warna yang lebih akurat.

Sementara itu, Xiaomi 12T hadir dengan spesifikasi layar yang meningkat. Meski sama-sama menggunakan layar berukuran 6,67 inci, Xiaomi menghadirkan resolusi layar yang lebih tinggi, yakni 1220 x 2712 piksel.

Menariknya, Xiaomi menggunakan panel baru bernama CrystalRes AMOLED dengan kecerahan layar 1200 nits. Penggunaan resolusi yang lebih tinggi dan panel ini membuat detail layar sangat nyaman di mata.

Layar ini juga sudah dibekali teknologi Dolby Vision, DCI-P3, DeltaE 1.8, dan HDR10+, sehingga tampilan gambar dan video lebih jelas dan warna yang akurat. Xiaomi juga sudah menambahkan refresh rate 120 Hz dan touch sampling 480 Hz sehingga tampilan animasi lebih halus dan responsif.

Tidak lupa, untuk melindungi layar dari goresan, Xiaomi menggunakan anti gores Gorilla Glass 5 di Xiaomi 12T dan Gorilla Glass Victus di Xiaomi 11T.

3. Snapdragon vc Dimensity

Menengok Xiaomi 11T menggunakan chipset Mediatek Dimensity 1200. Dimensity 1200 dibuat dengan fabrikasi 6nm. Prosesor octa-core ini terdiri dari 1 buah core Cortex A78 berkecepatan 3 GHz, 3 buah core Cortex A78 berkecepatan 2,6 GHz dan 4 buah core Cortex A55 2.0 GHz.

Untuk spesifikasi lainnya, chipset kelas atas ini masih mengusung spesifikasi yang tak berbeda jauh dengan chipset premium lainnya, seperti adanya dukungan RAM hingga 16 GB, GPU Mali G77 MC9, hingga teknologi HyperEngine. Tentu chipset ini juga sudah mendukung konektivitas 5G dual SIM.

Beralih ke dapur pacu Xiaomi 12T. Kamu akan menemukan chipset berbeda, yakni MediaTek Dimensity 8100 Ultra. MediaTek Dimensity 8100 Ultra sendiri merupakan chipset kelas premium yang mendukung kemampuan 5G.

Ini merupakan chipset fabrikasi 5 nm yang memiliki delapan inti yang terdiri dari empat core Cortex A78 berkecepatan 2,85 GHz dan empat core cortex A55 berkecepatan 2.0 GHz sebagai penghemat daya.

Untuk komponen lainnya, ada GPU ARM Mali-G610 MC6. GPU ini diklaim mengalami peningkatan performa karena adanya prosesor AI generasi 5. Terpasang juga teknologi HyperEngine 5.0 serta Networking Engine jaringan 5G guna memastikan game dan jaringan kian lancar.

Untuk penggunaan RAM, kedua HP Xiaomi ini kabarnya sama-sama menggunakan RAM LPDDR5 sebesar 8 GB dengan memori 128 GB dan 256 GB. Sayangnya, HP ini tidak memiliki slot microSD.

4. Perbedaan Sedikit di Xiaomi

Sebagai ponsel fotografi, Xiaomi menghadirkan kamera utama yang berkualitas termasuk menggunakan resolusi tinggi. Untuk Xiaomi 11T dan 12T memakai kamera utama 108 MP.

Bedanya, Xiaomi memakai ukuran sensor 1/1.52 inci pada 11T dan sensor 1/1.67 pada 12T. Kedua kamera hadir dengan bukaan f/1.7 untuk Xiaomi 12T dan bukaan f/1.8, serta autofokus PDAF OIS di Xiaomi 12T dan PDAF saja di Xiaomi 11T.

Untuk kamera ultra-wide, Xiaomi 11T ini menggunakan kamera 8 MP dengan bukaan f/2.2 dan sudut 120 derajat. Untuk kamera ketiga, Xiaomi mengKamulkan kamera telephoto makro 5 MP dengan bukaan f/2.4 50mm AF.

Sementara itu kamera ultra-wide, Xiaomi 12T ini menggunakan kamera 8 MP dengan bukaan f/2.2 dan sudut 120 derajat. Untuk kamera makro, Xiaomi masih mengKamulkan kamera 2 MP.

Beralih ke kamera depan, resolusi pada kamera selfie-nya mengalami peningkatan dibanding Xiaomi 11T yang hanya 16 MP f/2.5. Kini, kamera selfie ponsel flagship 12T memiliki resolusi 20 MP dengan bukaan f/2.2.

Perihal perekaman video, resolusi 4K 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama Xiaomi 12T maupun 11T. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi Full HD 30 fps.

5. Beda di Teknologi Pengisian Daya

Untuk penggunaan harian, Xiaomi memakai kapasitas baterai yang standar yakni 5000 mAh. Menariknya meski kapasitasnya biasa saja, Xiaomi malah menghadirkan dukungan pengisian cepat yang lebih tinggi.

Benar saja, Kedua HP Xiaomi memperoleh dukungan pengisian cepat yang cukup besar, yakni 67W untuk 11T dan 120W untuk 12T. Fitur ini diklaim mampu membuat pengisian baterai dari kosong sampai penuh hanya memerlukan waktu 36 menit saja di Xiaomi 11T.

Teknologi pengisian cepat 120W juga disematkan pada Xiaomi 12T. Namun, pengisian baterai dari kondisi 0 sampai 100 persen butuh waktu sedikit lebih lama, yakni 19 menit.

6. Sistem Operasi

Xiaomi 11T sendiri dibekali sistem operasi Android 11 dengan balutan software antarmuka MIUI 12.5. Sedangkan Xiaomi 12T memakai sistem Android 12 dengan MIUI 13.

Ada begitu banyak fitur dimiliki antarmuka ini, baik untuk sekadar mengubah penampilan maupun optimasi performa. Hal menarik lagi soal software HP ini adalah jaminan peningkatan sistem operasi selama tiga kali dan patch keamanan selama tiga tahun.

Sayangnya, pengalaman ponsel premium pada software HP ini masih kurang. Penyebabnya karena ada cukup banyak bloatware (aplikasi prainstal) dan munculnya notifikasi yang tidak diharapkan dari bloatware tersebut.

7. Speaker

Guna menghadirkan pengalaman hiburan yang seru dan mengesankan, Xiaomi sudah menghadirkan speaker stereo dalam seri T ini. Speaker dengan konfigurasi stereo tersebut sudah disokong oleh teknologi dari DOLBY Atmos untuk memaksimalkan kualitas suara yang prima.

Speaker utama Xiaomi ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas menyatu dengan earpiece. Penempatan speaker juga cukup baik alhasil suara yang dihasilkan seakan menyebar. Dengan teknologi yang diusung ini, suara yang dihasilkan terdengar cukup lantang dan jernih.

Kesimpulan

Xiaomi 11T dan Xiaomi 12T merupakan HP flagship yang hadir dengan daya tarik kamera. Menariknya, Xiaomi 12T tidak hanya hadir dengan desain yang lebih segar. Ponsel ini juga didukung layar, chipset dan sistem pengisian baterai yang lebih baik.

Dari sisi dapur pacu, Xiaomi 12T juga unggul karena memiliki chipset lebih baru dan memiliki kecepatan yang lebih baik. Sayangnya, kedua HP tidak memiliki slot microSD untuk memori tambahan.

Di bagian kamera, Xiaomi memang masih menghadirkan resolusi kamera yang sama. Namun, Xiaomi menambahkan fitur OIS pada Xiaomi 12T. Selain itu, Xiaomi 12T juga memiliki sistem pengisian daya yang lebih cepat.

Bagaimanapun Xiaomi 11T dan Xiaomi 12T merupakan salah satu opsi menarik yang punya kemampuan prima di sektor kamera. Bagaimana menurut Kamu, lebih suka dengan Xiaomi 11T atau Xiaomi 12T ?

 

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News