Jangan Salah Pilih! Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO X3 Pro

Beberapa waktu yang lalu sobat gadget dihebohkan brand Xiaomi dengan rilisnya smartphone POCO X3 NFC. Tak lama berselang, Xiaomi lagi-lagi memberi kejutan. Brand ini mengeluarkan model smartphone terbarunya, yakni POCO X3 Pro.

Meski spesifikasi keseluruhannya tetap sama, kedua smartphone ini memiliki beberapa perbedaan. Nah, bagi Kamu yang sedang mempertimbangkan salah satunya, sebelum membeli sebaiknya kenali dulu keduanya. Jadi, Kamu tahu mana yang paling tepat untuk Kamu.Berikut informasinya !

Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO X3 Pro

1. Kompetisi Lapisan Pelindung

Jangan Salah Pilih! Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO X3 Pro

Mulai dari tampilan, desain, sampai bodi kedua ponsel garapan Xiaomi ini begitu selaras hampir tanpa celah. Bobot keduanya mencapai 215 gram dengan dimensi 165.3 x 76.8 x 9.4 mm, terbilang gemuk dan besar.

Untuk layarnya berukuran 6.67 inci dengan rasio layar-ke-bodi 84,6%, luas nan lega yang sangat mendukung aktivitas bermain game atau menonton video.

Berpanel IPS LCD, kedua model POCO tersebut pula memiliki laju penyegaran berkecepatan 120Hz, HDR10, dan tingkat kecerahan mencapai 450 nits. Sementara, kerapatan pikselnya berada di angka 395 ppi. Keduanya berhasil menggenggam sertifikasi IP53, yang berarti perangkat tersebut mampu bertahan dari semburan debu dan cipratan air.

Lalu, yang membedakan POCO X3 NFC dan POCO X3 Pro yakni lapisan pelindung yang diusungnya. POCO X3 memutuskan memakai lapisan dari Gorilla Glass 5.

Sedangkan POCO X3 Pro menggunakan selimut pelindung dari Gorilla Glass 6. Dalam hal ini, bisa dikatakan POCO X3 Pro lebih unggul dan layarnya 2x lebih kuat akan goresan daripada milik POCO X3 NFC.

2. Diracik di Dapur Pacu Berbeda

Sebelum Kamu membeli, Kamu harus mengetahui perbedaan POCO X3 NFC dan POCO X3 Pro. Simak selengkapnya disini.

POCO X3 NFC menggunakan sistem operasi yang merupakan paduan dari berbagai fitur. Ada Android 10 Smart Reply, Live Caption, Focus Mode, Sound Amplifier, Sharing Wi-Fi, dan lain-lain.

Sedangkan, POCO X3 Pro mengalami pembaruan sistem operasi dengan memakai Android 11. Pada sistem operasi yang lebih muktahir tersebut, pengguna bisa mengecap beraneka fitur teranyar mulai dari emoji baru, pengawasan media, notifikasi prioritas, akses ke mini game, hingga melihat riwayat notifikasi.

Perbedaan lainnya juga bisa dilihat pada POCO X3 NFC yang menggunakan chipset Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G (8 nm) sebagai dapur pacunya. Di bagian CPU, smartphone ini menggunakan Octa-core 2 Kryo 470 Gold yang berjalan pada 2.3 GHz, serta 6 Kryo 470 Silver 1.8 GHz. Kartu grafisnya sendiri adalah Adreno 618.

Nah, POCO X3 Pro, chipsetnya Qualcomm Snapdragon 860 (7 nm), dengan CPU Octa-core Kryo 485 Gold di frekuensi 2.96 GHz; 3 Kryo 485 Gold 2.42 GHz; serta 4 Kryo 485 Silver 1.78 GHz. Kartu grafisnya adalah Adreno 640.

Kedua ponsel canggih ini dibekali dengan ruang penyimpanan yang luas. POCO X3 NFC mendapatkan jatah RAM 6 GB dan 8 GB, dengan memori internal berkapasitas 128 GB berteknologi UFS 2.1. Sedangkan, POCO X3 Pro menyuguhkan beberapa kombinasi berkapasitas 6/128 GB, 8/128 GB, dan 8/256GB dengan memakai teknologi UFS 3.1

3. Renggangnya Pengaturan Kamera

Jangan Salah Pilih! Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO X3 Pro

kamera utama milik POCO X3 NFC telah membenamkan empat lensa yang terdiri dari 64 MP ber-aperture f/1.8 untuk lensa wide, 13 MP yang bukannya f/2.2 sebagai lensa ultrawide, dan masing-masing 2 MP berdiafragma f/2.4 digunakan pada lensa makro serta kedalaman. Kamera utamanya semakin hebat dengan pemanfaatan fitur HDR, panorama, dan Dual-LED flash.

Nah, POCO X3 Pro ternyata mempunyai konfigurasi kamera utama lebih kecil yakni 48 MP yang bukaan lensanya f/1.8 untuk sensor wide, 8 MP berdiafragma f/2.2 pada sensor ultrawide, dan sepasang 2 MP yang memiliki aperture f/2.4 dipasang ada sensor makro juga kedalaman.

Menyoal keahlian merekam, kedua perangkat ini mempersembahkan teknologi gyro-EIS, 4K@30fps, dan 720p@960fps. Namun, terdapat perbedaan kecil pada satu resolusi yakni POCO X3 NFC memasangkan 1080p@30/120fps, sedangkan POCO X3 Pro menambahkan satu buah frame berukuran 60fps.

4. Persaingan pada Aspek Konektivitas

Dalam aspek konektivitas terdapat tiga perbedaan antara lain pemakaian sistem navigasi, teknologi Bluetooth, dan NFC. Pada sistem navigasi POCO X3 NFC dimeriahkan oleh GPS yang berasal dari A-GPS, GLONASS, dan BDS. Di lain sisi, POCO X3 Pro menambahkan GPS asal Uni Eropa yakni GALILEO yang diklaim lebih akurat.

Untuk teknologi Bluetooth, POCO X3 Pro mentok pada versi 5.0 yang maksimal kecepatan komunikasinya sampai 2 MBps.

Sedangkan POCO X3 NFC mampu bertahan dan bangga dengan pemakaian Bluetooth 5.1 yang diklaim punya jangkauan lebih luas hingga 240 meter, transfer data lebih cepat dari 2 MBps, dan konsumsi dayanya lebih irit.

Sebagai ponsel menengah dan masa kini, kedua ponsel ini menyajikan fitur NFC yang salah satu kegunaanya mampu melakukan transaksi secara digital atau non-tunai.

Seperti namanya, POCO X3 NFC dilengkapi fitur canggih ini yang bisa digunakan di manapun. Sedangkan, fitur NFC milik POCO X3 Pro hanya tersedia atau dipakai tergantung regional saja.

5. Perbedaan-perbedaan Lainnya

Perbedaan lainnya adalah warna yang ditawarkan. Calon pengguna POCO X3 NFC bisa memilih dua varian warna yaitu Cobalt Blue dan Shadow Gray. Sedangkan, POCO X3 Pro menawarkan lebih banyak warna mulai dari Phantom Black, Frost Blue, dan Metal Bronze.

Kemudian soal harga juga berbeda. POCO X3 NFC dibanderol sekitar Rp3,49 juta. Nah POCO X3 dihargai Rp4,2 juta, untuk tipe dengan memori 6/128 GB. Memori yang lebih tinggi tentu jauh lebih mahal.

Inilah 5 perbedaan POCO X3 NFC dan POCO X3 Pro. Keduanya mempunyai kelebihan masing-masing. Tentunya bagi Kamu yang sedang mempertimbangkan harus jeli dan teliti dalam memilih, karena perbedaan harga yang signifikan bisa menjadi patokan. Pastikan Kamu memilih yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Kamu.

 

 

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News