Mengorek 6 Perbedaan POCO F3 dan POCO F4

Hadirnya ponsel POCO di pasar tanah air memang langsung menarik banyak perhatian pengguna gadget. Pasalnya HP Android POCO terkenal memiliki spesifikasi lengkap dengan harga yang terjangkau. Nah, di tahun 2022 ini, POCO kembali menghadirkan salah satu ponsel mid-range terbaru yakni POCO F4.

HP yang dirilis pada juni 2022 ini diklaim mengalami peningkatan untuk melanjutkan kesuksesan seri sebelumnya, POCO F3. Peningkatan yang jelas terasa tentu penggunaan chipset yang kian memiliki performa kencang di kelas mid-range. Selain itu, POCO F4 juga sudah dibekali fitur penstabil di sektor kamera utamanya.

POCO F3 cukup sukses dipasaran berkat desan bodinya yang estetik dan tangguh di segala kondisi. Selain itu, HP Android 5G ini juga sudah memiliki speaker stereo keren dan baterai yang awet.

Untuk memahami lebih lanjut tentang kecanggihan teknologi dan fitur yang ditawarkan POCO F3, kamu bisa baca dulu spesifikasinya berikut ini.

Spesifikasi POCO F3Mengorek 6 Perbedaan POCO F3 dan POCO F4

  • Layar AMOLED 6.67 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 870
  • RAM 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB
  • Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
  • Baterai Li-Po 4520 mAh

Spesifikasi selengkapnhya…

Spesifikasi POCO F4

Mengorek 6 Perbedaan POCO F3 dan POCO F4

  • Layar AMOLED 6.67 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 870
  • RAM 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB
  • Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
  • Baterai Li-Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnhya…

Perbedaan POCO F3 dan POCO F4

Setelah kamu membaca spesifikasi dari kedua model POCO F series diatas, tentunya rasa penasaran mulai muncul di benakmu tentang perbedaan dari kedua perangkat tersebut.

Tenang, hanya di Xiaomi kamu akan mendapatkan jawaban soal perbedaan kedua smartphone ini. Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

1. Desain Rangka Melengkung Versus Flat

Mengorek 6 Perbedaan POCO F3 dan POCO F4

Xiaomi kembali menghadirkan desain yang lebih segar dan estetik dibanding seri sebelumnya. Dalam POCO F3, desainnya cukup elegan dengan bezel tipis dan kamera punch-hole. Kamera depan ini hanya 2,76 mm dan diklaim sebagai salah satu kamera depan diameter terkecil.

HP ini menggunakan rangka samping melengkung berbahan plastik yang kokoh. Rangka ini memberikan pengalaman yang menyenangkan ketika tangan mencengkram ponsel.

Menengok ke bagian bodi belakang, kamu akan menemukan modul kamera model terbaru yang berbeda dengan modul kamera ponsel Android kebanyakan. Modul kamera si ponsel berbentuk oval panjang vertikal. Untuk bodi belakang menggunakan material kaca Gorilla Glass 5.

Yang menjadi perbedaan antara kedua HP POCO ini ialah desain modul kamera dan desain rangka. POCO F4 menggunakan modul kamera yang lebih luas dengan bentuk persegi panjang dengan dua tingkatan.

Di desain bodi dan rangka, POCO F4 menggunakan konsep flat atau datar. Bentuk ini memang menjadi tren di tahun 2022 ini sehingga ponsel nampak lebih minimalis dan tegas.

Untuk dimensi, POCO F4 memiliki ukuran bodi yang lebih ringkas yakni163,2 x 76 x 7,7 mm dengan bobot 195 gram. Sedangkan POCO F3 memiliki dimensi yang lebih besar yakni 163,7 x 76,4 x 7,8 mm dengan berat 196 gram. Tentu untuk penggunaan harian POCO F4 memiliki dimensi yang nyaman di tangan.

Meski demikian, karena bentuk bodinya yang flat, POCO F4 akan tampak lebih tebal daripada POCO F3 ketika digenggam. Untuk bodi belakang POCO F4 kembali menggunakan bodi berbahan polikarbonat, termasuk rangka.

2. Chipset Sama, Tetapi Sistem Pendinginan Berbeda

Kedua HP POCO ini menggunakan chipset atau SoC yang sama yakni Qualcomm Snapdragon 870. Chipset ini dipertahankan karena chipset ini memiliki performa yang lebih stabil ketimbang chipset keluaran terbaru seperti Snapdragon 888 atau Snapdragon 8 Gen 1.

Pada dapur pacu POCO F3 dan POCO F4, chipset fabrikasi 7nm ini didukung RAM 6 GB atau 8 GB dan memori internal 128 GB atau 256 GB berjenis UFS 3.1.

Yang membedakan antara dapur pacu POCO F3 dan POCO F4 ialah sistem pendinginan di POCO F4 yang tiga kali lebih luas dibanding POCO F3. Teknologi pendingin yang bernama LiquidCool Technology 2.0 ini terdiri dari tujuh lembar grafit peredam panas dan tempeng pendingin vapor chamber seluas 3112 mm persegi.

3. Sistem Kamera POCO F4 Lebih Canggih karena OIS

Sebagai sebuah smartphone mid-range untuk gaming, POCO F3 dibekali modul kamera belakang yang unik. Dalam modul ini sekilas tampak ada 4 lingkaran lensa. Namun, ternyata satu lensa kecil merupakan mikrofon.

Untuk kamera utama POCO F3, Xiaomi memasang sensor 48 MP SONY IMX 582 dengan bukaan f/1.8, dilengkapi autofokus. Lalu kamera ultrawide-nya memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.4, ada juga kamera makro berukuran 5 MP sensor Samsung.

Terakhir mengenai kamera selfie, POCO F3 menghadirkan kamera resolusi 20 MP (f/2.2) dan memiliki sensor Samsung ISOCELL Plus.

Perihal perekaman video, resolusi 4K 30 fps dengan fitur EIS adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi Full HD 30 fps.

Beralih ke kamera POCO F4. Hadir dengan modul kamera yang lebih kekinian, HP ini sama mengusung tiga kamera belakang ditambah lampu flash. Komposisi kameranya ialah kamera utama 64 MP bukaan f/1.79, kamera ultrawide 8 MP dan kamera macro 2 MP.

Hal yang menarik dalam kamera POCO F4 ialah adanya fitur penstabil gambar berbasis optik atau OIS. Selain itu, untuk sensor, POCO menggunakan sensor OmniVision. Untuk kamera depan terpasang kamera 20 MP f/2.45 dengan sensor SONY.

Dengan peningkatan yang dihadirkan, kamera ini bisa merekam video 4K 60 fps. Selain itu, hasil kamera HP Android terbaru ini cukup memuaskan, detail, dan rentang dinamisnya cukup luas.

4. Fast Charging POCO F4 Lebih Ngebut

POCO F3 punya baterai 4520 mAh. Sedangkan, bekal baterai POCO F4 berkapasitas 4500 mAh.

Guna mendukung pengisian daya baterai, Xiaomi juga sudah menghadirkan fitur fast charging. POCO F4 sudah mendukung fast charging 67W. Sayangnya untuk POCO F3 hanya dibekali fitur fast charging 33W.

Menariknya, POCO menjanjikan bahwa HP akan terisi penuh dari 0-100% hanya dalam waktu 38 menit saja di POCO F4. Sedangkan POCO F3 butuh waktu 56 menit dari 0-100%.

5. Sistem Operasi dan Konektivitas

Dibagian sistem operasi, POCO F3 masih menggunakan sistem Android 11 dengan balutan MIUI 12. Sementara POCO F4 sudah menggunakan sistem Android 12 dengan balutan MIUI 13.

Guna mendukung multimedia, POCO F3 dibekali speaker ganda. Untuk urusan Bluetooth, menggunakan Bluetooth versi 5.1. Sedangkan, POCO F4 sudah menggunakan Bluetooth 5.2 dan stereo speaker dengan Dolby Atmos. Kedua HP Android Xiaomi ini juga sudah mendukung fitur 5G.

6. Harga Rilis Beda Tipis

Untuk kamu yang mengidamkan POCO F3, kamu harus menyiapkan dana Rp.5.000.000 untuk RAM 6 GB dan memori 128 GB. Untuk kamu yang mengincar RAM 8 dan memori 256 GB, siapkan dana Rp5.500.000.

Sedangkan Untuk POCO F4 RAM 6 GB dan memori 128 GB bisa dibeli seharga Rp5.200.000. Terakhir untuk kamu yang mencari RAM 8 GB dan memori 256 GB seharga Rp5.700.000.

Kesimpulan

Secara keseluruhan POCO F3 mengalami peningkatan yang signifikan dari suksesornya. Berdasarkan rangkuman diatas, tampak POCO F3 hadir dengan keunggulan aspek desain yang lebih keren, baterai awet hingga kamera yang lumayan jelas dan detail. HP ini juga kian menarik dimiliki karena sudah dilengkapi speaker stereo dan sistem operasi Android 11.

Untuk POCO F4 juga memiliki keunggulan yang sama kuat. Seperti desain yang lebih kekinian, kamera resolusi tinggi dan pengisian baterai yang cepat. Tidak lupa, HP Android 5G ini juga dibekali konektivitas yang lengkap termasuk NFC.

Sayangnya, kedua HP masih memiliki kelemahan, yakni POCO F3 tidak memiliki slot memori dan jack audio. Sementara itu, POCO F4 memiliki desain bodi samping yang kurang nyaman digenggam dan kemampuan kamera kurang baik di kondisi cahaya minim.

Dengan selisih harga 200rban, POCO F4 masih menjadi yang terbaik meski saat ini bukan termasuk flagship killer.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News