6 Perbedaan POCO C55 dan realme C55 NFC

Pada Maret 2023, realme meluncurkan HP terbarunya untuk lini realme C Series yaitu realme C55 NFC. HP ini ditujukan untuk kelas HP entry-level dengan harga yang lebih terjangkau.

Sebelumnya, POCO juga ikut meluncurkan HP terbarunya pada Februari 2023. Menariknya, HP ini memiliki nama yang mirip dengan realme C55 NFC yaitu POCO C55. Bahkan, POCO C55 ini juga turut bersaing di kelas HP entry-level dengan harga yang lebih terjangkau.

Saat artikel ini tayang, realme C55 NFC sudah hadir di Indonesia. Sementara POCO C55 baru rilis di India. Namun, POCO C55 kemungkinan bakal rilis resmi di Indonesia. Karena itu, menarik melihat persaingan kedua HP yang punya nama seri yang sama.

Lantas, bagaimana dengan spesifikasi dan kemampuannya? Bisa dibilang, kedua HP ini memiliki kemampuan yang cukup menarik.

Jika dibandingkan, mana yang lebih unggul di antara keduanya? Untuk menjawab pertanyaan itu, tim Xiaomi sudah menyiapkan beberapa perbedaan antara POCO C55 dan realme C55 NFC. Simak artikel ini sampai habis, ya.

Spesifikasi POCO C55

6 Perbedaan POCO C55 dan realme C55 NFC

  • Layar IPS LCD 6.71 inci
  • Chipset MediaTek Helio G85
  • RAM 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal 64 GB, 128 GB
  • Kamera 50 MP (wide) 0.8 MP (depth)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi realme C55 NFC

6 Perbedaan POCO C55 dan realme C55 NFC

  • Layar IPS LCD 6.72 inci
  • Chipset MediaTek Helio G88
  • RAM 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB
  • Kamera 64 MP (wide) 2 MP (monochrome)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan POCO C55 dan realme C55 NFC

Setelah melihat spesifikasi dari masing-masing HP, keduanya mampu bersaing di kelasnya. Lalu, mana yang lebih unggul, apakah POCO C55 atau realme C55 NFC? Untuk menjawab pertanyaan itu, silakan simak beberapa daftar perbedaannya berikut ini.

1. MediaTek Helio G88 vs Helio G85

Keduanya sama-sama menggunakan chipset dari MediaTek, tetapi berbeda jenis. POCO C55 mengandalkan chipset MediaTek Helio G85. Sedangkan ralme C55 NFC ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G88.

Meski chipset yang disematkan ini berbeda, keduanya memiliki arsitektur CPU yang sama. Baik Helio G88 atau Helio G85, keduanya sama-sama memiliki arsitektur prosesor octa-core. Terdiri dari dua core Cortex A75 dengan frekuensi 2 GHz untuk performa, serta enam core Cortex A55 dengan 1,8 GHz untuk efisiensi.

Bahkan, chipset yang memiliki fabrikasi 12 nm ini didukung oleh kartu pengolah grafis yang sama. Keduanya dibekali GPU Mali G52 MC2. GPU ini memiliki frekuensi sama yaitu 1000 MHz.

Lantas, apakah dengan sistem arsitektur yang sama ini membuat keduanya memiliki performa sama? Agar lebih jelas, Mari kita simak hasil pengujian sintetis dari kedua chipset ini secara langsung.

Merujuk pada hasil pengujian yang dilakukan oleh Nanoreview, keduanya mendapatkan skor AnTuTu 9 yang benar-benar dekat.

Jika dilihat persentasenya, Helio G85 justru lebih tinggi sekitar 3 persen. Adapun skornya yaitu 238.625 untuk Helio G85, sedangkan Helio G88 mendapatkan skor 231.933.

POCO C55 ini hadir dengan kapasitas RAM mulai dari 4/6 GB yang didukung oleh fitur Turbo RAM. Kamu bisa memperluas kapasitasnya hingga 11 GB–untuk varian 6 GB.

Kemudian untuk memori internalnya yaitu 64/128 GB. HP ini juga menyediakan slot microSD untuk memperluasnya hingga 1 TB.

Di sisi lain, realme C55 NFC tidak ingin kalah. HP ini menawarkan kapasitas RAM 6/8 GB dengan fitur DRE. Kamu bisa memperluasnya hingga 16 GB–jika mengambil varian 8 GB. Kemudian untuk memori internalnya yaitu 128/256 GB yang bisa diperluas hingga 1 TB melalui microSD.

2. Kemampuan Layar Luas yang Menarik

POCO C55 mengusung layar berukuran 6,71 inci menggunakan panel IPS LCD. Sedangkan realme C55 NFC hadir dengan ukuran layar 6,72 inci menggunakan panel sama yaitu IPS LCD. Bagaimana dengan kemampuannya?

Bisa dibilang, realme C55 NFC ini memiliki kemampuan yang sedikit lebih unggul soal layar. Pasalnya, layarnya ini sudah didukung refresh rate hingga 90 Hz. Bahkan, resolusi layarnya pun sudah mencapai Full HD Plus atau 1080 x 2400 piksel dengan kerapatan 391 ppi.

Layarnya juga sudah mendukung kecerahan layar hingga 680 nit. Hal ini membuat realme C55 NFC ini oke digunakan di luar ruangan. Untuk kebutuhan menonton, HP ini memiliki desain bezel yang lebih tipis dengan rasio layar ke bodi hingga 91,4 persen.

Di sisi lain, POCO C55 ini hadir dengan tingkat refresh rate 60 Hz dengan touch sampling rate 120 Hz. Selain itu, resolusi yang dimilikinya hanya sampai HD Plus atau 720 x 1600 piksel. Kerapatannya pun hanya mencapai angka 268 ppi saja.

Soal desain, POCO C55 ini memiliki bezel yang lebih tebal. Rasio layar ke bodinya hanya berada di 82,6 persen saja. Bahkan, HP ini masih menggunakan desain waterdrop untuk notch atau modul kamera depan, sedangkan realme C55 NFC dengan punch hole yang lebih canggih.

3. Fitur dan Kelengkapan Sensor

Sebelumnya sempat disinggung bahwa notch punch hole dari realme C55 NFC ini hadir dengan fitur yang lebih canggih. Ukuran punch hole tersebut akan berubah bentuk dengan melebar sesuai dengan aktivitas. Perubahan tersebut terjadi ketika sedang mengisi daya, peringatan baterai lemah, penggunaan data, dan jarak langkah kaki.

Meski perubahan yang terjadi baru sedikit, pihak realme mengabarkan bahwa fitur ini akan terus update dan memiliki fungsi yang lebih banyak. Hal ini tentu saja cukup menarik, sebab realme C55 NFC ini menjadi HP Android pertama yang dibekali fitur seperti ini.

Selain itu, realme C55 NFC ini juga tentu saja hadir dengan dukungan NFC di dalamnya. Sedangkan POCO C55 tidak dibekali fitur NFC. Padahal, fungsi dari fitur NFC ini semakin dibutuhkan oleh para penggunanya.

Nah, untuk kelengkapan sensornya, keduanya dibekali sensor yang cukup lengkap. POCO C55 ini sudah hadir dengan sensor pemindai sidik jari yang berada di belakang. Tepatnya di dalam modul kamera di bagian tengah.

Sedangkan realme C55 NFC menyimpan sensor pemindainya pada tombol power di samping. Hal ini membuat tampilan bodi belakangnya lebih bersih.

Realme C55 NFC ini juga dibekali sensor akselerometer, cahaya, proksimitas, gyroscope (virtual), dan kompas. Sedangkan POCO C55 dilengkapi sensor yang sama yiatu akselerometer, cahaya, proksimitas (virtual), dan gyroscope.

4. Konfigurasi Kamera Unggulan

POCO C55 ini hadir dengan dua kamera di bagian belakang dan satu di bagian depan.Di bagian belakangnya terdapat kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera depth 0,08 MP. Sedangkan di depannya hanya 5 MP saja.

Dengan dukungan AI camera, HP ini sebenarnya mampu menghasilkan gambar yang cukup baik. Terdapat beberapa fitur pendukung yang disematkan seperti portrait mode, night mode, hingga dukungan HDR.

Jika merujuk pada pengujian langsung yang dilakukan oleh Amit Rahi dari Gadget to Use. Kamera belakang POCO C55 ini memang mampu menghasilkan gambar yang oke di luar ruangan.

Namun, kualitasnya akan menurun ketika digunakan di dalam ruangan. Apalagi kamera depannya yang dianggap biasa-biasa saja.

Sementara itu, realme C55 NFC ini hadir dengan resolusi kamera utama yang lebih tinggi yaitu 64 MP (f/1.7). Bahkan, sensor kamera dan software-nya menjadi yang paling canggih di kelasnya, maka dari itu kamera ini diberi nama Champion of camera. Kemudian dilengkapi dengan kamera depth atau lensa B&W 2 MP (f/2.4) dan LED flash.

Kamera belakangnya ini juga dilengkapi berbagai fitur dan software unggulan. Salah satunya adalah 64 MP Mode, Easy Stunner dengan sensor lebih besar, Easy Night Shots, hingga Easy Oomph. Sebagai informasi, fitur Easy Oomph ini mampu memburamkan latar belakang dengan cantik.

Sedangkan untuk kamera depannya terdapat kamera selfie 8 MP (f/2.2) dengan Fixed Focus. Untuk videografi atau perekaman videonya sudah mencapai kualitas 1080p dengan 60 fps untuk kamera belakang. Namun, untuk kamera depannya hanya 1080p dengan 30 fps, sama dengan POCO C55.

5. Ketahanan Bodi dan Fast Charging

6 Perbedaan POCO C55 dan realme C55 NFC

POCO C55 ini dirancang menggunakan material eco Leather premium yang menarik. Hal ini membuatnya memiliki ketahanan yang tangguh karena adanya sertifikasi IP. Hal ini membuat POCO C55 menjadi salah satu HP murah yang dibekali sertifikasi IP.

Nah, sertifikasi yang disematkan adalah IP52. Dengan adanya sertifikasi IP tersebut, POCO C55 ini mampu bertahan dari percikan air dan debu.

Dengan begitu, Kamu bisa dengan lebih tenang meski HP ini terkena gerimis kecil. Hal ini juga menjadi salah satu keunggulannya, sebab realme C55 NFC ini belum memiliki sertifikasi IP.

Namun di sisi lain, realme C55 NFC bisa dibilang lebih unggul soal fitur fast charging. Pasalnya, HP ini dibekali fitur fast charging hingga 33 W.

Dengan begitu, realme C55 NFC ini menjadi salah satu HP murah dengan kecepatan pengisian daya cukup baik. Menurut klaimnya, HP ini mampu mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu 29 menit saja.

Cukup jauh berbeda dengan POCO C55, karena hanya dibekali fitur pengisian daya 10 W. Meski begitu, keduanya sama-sama dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh.

6. Harga dan Ketersediaan

POCO C55 ini baru diluncurkan untuk pasar India yaitu pada Februari 2023. Kabarnya, HP ini juga bakal diluncurkan untuk pasar Indonesia, tetapi untuk waktunya belum ditentukan. POCO C55 ini hadir dengan tiga varian warna yaitu Forest Green, Power Black, dan Cool Blue.

Untuk harganya, POCO C55 ini masih sangat terjangkau. Di India, untuk varian RAM 4 GB dengan internal 64 GB dijual dengan harga 9.499 Rupee atau sekitar Rp1,7 jutaan. Sedangkan untuk varian RAM 6 GB dan internal 128 GB dijual dengan harga 10.999 Rupee atau sekitar Rp2 jutaan saja.

Sementara itu, realme C55 NFC telah hadir untuk pasar Indonesia pada Maret 2023. HP ini hadir dengan sambutan yang cukup baik berkat kualitasnya. realme C55 NFC ini tampil menarik dengan membawa dua varian warna yaitu Rainy Night dan Sunshower.

Untuk harganya, realme C55 NFC dijual dengan harga Rp2,3 jutaan saja untuk varian RAM 6 GB dan internal 128 GB. Sedangkan untuk varian RAM 8 GB dan internal 256 GB dijual dengan harga Rp2,8 jutaan.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News