Harus Tahu 7 Perbedaan POCO C50 dan POCO C55

Pada Februari 2023, POCO secara resmi meluncurkan produk terbarunya untuk seri entry-level yaitu POCO C55. Produk ini diluncurkan di India.

Sebelum meluncur POCO C55, POCO India juga sudah hadirkan POCO C50. Baik POCO C55 maupun C50 merupakan HP yang ditujukan untuk pasar entry-level.

Sebagai HP yang berada di kelas entry-level, tentu harga yang ditawarkan juga sangat murah. Meski begitu, kemampuannya tetap harus diperhatikan.

Lantas, apa saja kira-kira perbedaan antara kedua HP entry-level terbaru dari POCO ini? Kali ini, tim Xiaomi sudah menyiapkan beberapa perbedaan dari POCO C50 dan POCO C55. Maka dari itu, simak artikel ini sampai habis, ya.

Spesifikasi POCO C50

Harus Tahu 7 Perbedaan POCO C50 dan POCO C55

  • Layar IPS LCD 6.52 inci
  • Chipset MediaTek Helio A22
  • RAM 2 GB, 3 GB
  • Memori Internal 32 GB
  • Kamera 8 MP (wide) 0.8 MP (depth)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi POCO C55

Harus Tahu 7 Perbedaan POCO C50 dan POCO C55

  • Layar IPS LCD 6.71 inci
  • Chipset MediaTek Helio G85
  • RAM 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal 64 GB, 128 GB
  • Kamera 50 MP (wide) 0.8 MP (depth)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan POCO C50 dan POCO C55

Setelah melihat sekilas spesifikasi dari masing-masing produk, terlihat beberapa perbedaan yang dimiliki oleh keduanya.

Mulai dari desain, chipset yang digunakan, hingga spesifikasi kamera yang dimilikinya. Nah, jika Kamu masih penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut, silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. Desain dan Tampilan

Harus Tahu 7 Perbedaan POCO C50 dan POCO C55

Jika Kamu sering mengikuti perkembangan HP dari brand Xiaomi, mungkin Kamu akan merasa familier dengan desain dari POCO C50 ini.

Benar, desain yang dimiliki oleh POCO C50 ini mirip dengan desain dari Xiaomi Redmi A1 Plus. Bahkan, tidak hanya tampilannya saja, spesifikasi yang dimilikinya tidak jauh berbeda.

Soal desain dan tampilannya, POCO C50 ini benar-benar mirip dengan Redmi A1 Plus. Bisa dibilang bahwa POCO C50 hanya mengganti nama “Redmi” di bagian belakang menjadi “POCO”. Bagian bodi belakangnya dirancang menggunakan material Leather-like Texture yang memiliki tekstur unik layaknya sebuah kulit.

Kemudian terdapat modul kamera berbentuk persegi dengan sudut yang melengkung. Di dalam modul tersebut terdapat dua buah kamera yang disambungkan dengan warna dasar hitam. Sebagai pelengkap, terdapat lampu LED Flash di dalam modul dan pemindai sidik jari di tengah bodi.

Tidak jauh berbeda dari POCO C50, POCO C55 juga dikabarkan sebagai rebranded dari produk Xiaomi lainnya. Agaknya, sebagian besar produk POCO C Series ini berisi produk Xiaomi yang berganti nama. Untuk POCO C55 ini dikabarkan menjadi rebranded dari Xiaomi Redmi 12C.

Bodi bagian belakangnya juga dibuat lebih bertekstur, mirip seperti POCO C50. Di bagian tengahnya terdapat gari vertikal dengan desain jahitan.

Baik POCO C50 atau POCO C55, keduanya memiliki bobot yang sama yaitu 192 gram. Namun, dimensinya berbeda yaitu POCO C50 dengan 164,9 x 76,8 x 9,1 mm dan POCO C55 dengan 168,8 x 76,4 x 8,8 mm. Menariknya, kedua HP ini juga diklaim mampu tahan terhadap debu dan percikan air.

2. Kemampuan Layar

Beralih ke kemampuan layarnya, keduanya menggunakan panel sama yaitu IPS LCD, tetapi kemampuan berbeda. Kedua layar ini sudah mampu mencapai resolusi HD Plus. Hanya saja, POCO C50 memiliki ukuran 6,52 inci dengan kecerahan layar 400 nit.

Sementara itu, POCO C55 tampil dengan ukuran layar lebih besar 6,71 inci. Kecerahan yang dimilikinya sudah lebih tinggi yaitu mencapai 534 nit.

Perbedaan lainnya terdapat pada pelindung kaca yang digunakan. POCO C50 menggunakan Corning Gorilla Glass, sedangkan POCO C55 menggunakan Panda Glass.

Soal kemulusan pergerakan, kedua HP ini dibekali refresh rate 60 Hz. Sebagai HP yang berada di kelas entry-level, ukuran tersebut masih bisa diwajarkan.

3. MediaTek Helio A22 vs Helio G85

Perbedaan lain yang dimiliki oleh POCO C50 dan POCO C55 adalah chipset yang digunakan. Di atas kertas, POCO C55 memiliki performa yang lebih unggul dengan MediaTek Helio G85. Chipset ini juga digunakan oleh Redmi 12C yang memperkuat bahwa HP ini merupakan sebuah rebranded.

MediaTek Helio G85 ini ditenagai oleh prosesor octa-core yang terdiri dari dua core Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam core Cortex A55 (1,8 GHz). Untuk mengoptimalkan performa yang dihasilkan, chipset ini didukung oleh GPU Mali-G52 MC2.

Sementara itu, POCO C50 menggunakan chipset turunan dari Redmi A1 Plus yaitu MediaTek Helio A22. Chipset ini tidak sepertinya tidak terlalu cocok digunakan untuk bermain game secara konsisten. Sebab chipset ini mengusung CPU quad-core dengan Cortex A53 (2,0 GHz).

Untuk pengolahan grafisnya, chipset Helio A22 tersebut didukung oleh GPU PowerVR GE8320.

4. Kapasitas RAM Lebih Luas

Tidak hanya chipset saja, POCO C55 juga jelas lebih unggul soal kapasitas RAM dan penyimpanan. Hal ini juga yang membuatnya memiliki performa yang bisa lebih diandalkan. POCO C55 ini dibekali dengan dua varian RAM yaitu 4 GB dan 6 GB.

Meski terlihat kecil, Kamu masih bisa memperluasnya menggunakan fitur RAM Extension. Kamu bisa memilih kapasitas RAM yang akan ditambahkan mulai dari 2 GB, 3 GB, hingga 5 GB. Dengan memanfaatkan fitur ini, Kamu bisa mendapatkan kapasitas RAM hingga 11 GB.

Berbeda dari POCO C55, POCO C50 memiliki kapasitas RAM dan penyimpanan internal lebih kecil. Kapasitas RAM yang ditawarkannya mulai dari 2 GB dan 3 GB.

Sedangkan untuk penyimpanan internalnya hanya 32 GB saja. Meski begitu, Kamu tetap ditawari slot khusus untuk microSD agar kapasitas penyimpanan bisa lebih diperluas.

Sebagai HP POCO, tidak lengkap jika tidak dibekali kapasitas baterai yang besar. Maka dari itu, kedua HP ini dibekali kapasitas baterai hingga 5000 mAh. Kapasitas ini membuatnya memiliki ketahanan baik dalam penggunaan sehari-hari.

5. Android 12 (Go edition) vs Android 12

Alih-alih menggunakan sistem operasi Android 12 versi standar, POCO C50 justru menggunakan Android 12 (Go edition). Sistem operasi ini memiliki usia yang lebih baru dibanding versi standar.

Sistem operasi yang diumumkan Google pada Desember 2021 ini didesain khusus untuk HP entry-level. Bisa dibilang, versi Go edition ini lebih ringan dibandingkan versi standar, tetapi memiliki fitur yang tidak jauh berbeda.

Sebagai HP dengan spesifikasi menegah ke bawah, tentu perlu perawatan yang lebih apik. Dengan versi Go edition ini, POCO C50 menjadi lebih optimal berkat fitur-fitur yang ditawarkan.

Salah satunya adalah fitur menidurkan aplikasi otomatis dalam waktu tertentu. Dengan adanya fitur ini, penggunaan RAM menjadi lebih ringan dan baterai lebih awet.

Ada juga fitur optimalisasi aplikasi yang mampu meningkatkan performa aplikasi hingga 30 persen lebih cepat. Hal ini tentu cukup membantu HP kelas entry-level, mengingat spesifikasinya yang berada di kelas menengah ke bawah.

6. Spesifikasi Kamera 50 MP

Satu hal yang membuat POCO C55 ini menjadi lebih menarik adalah sektor kameranya. Dengan harga yang murah, HP ini menawarkan kemampuan kamera yang cukup menarik. Di bagian belakangnya, terdapat dua buah kamera dengan kamera utama hingga 50 MP (f/1.8).

Kamera utama tersebut sudah didukung sensor PDAF yang membuatnya mampu menghasilkan gambar lebih baik. Kemudian kamera lainnya adalah depth dengan 0,08 MP sebagai pelengkap.

Kemudian untuk kamera selfie-nya 5 MP. Kamera POCO C55 ini dibantu oleh fitur HDR untuk menghasilkan gambar yang lebih jernih.

Sementara itu, POCO C50 ini juga hadir dengan dua kamera di bagian belakang. Hanya saja, kamera tersebut terdiri dari kamera utama 8 MP (f/2.0) dan kamera depth 0,08 MP.

Untuk membantu memotret dalam keadaan gelap, HP ini dibekali dual-LED flash dan HDR. Kemudian untuk kamera depannya masih sama dengan 5 MP.

Sebagai informasi, kedua HP ini sudah mampu menghasilkan rekaman video di kualitas 1080p dengan 30 fps. Kualitas tersebut sudah cukup baik untuk HP entry-level seperti ini.

7. Harga dan Ketersediaan

POCO C50 ini diluncurkan terlebih dahulu pada Januari 2023. HP ini hadir dengan dua pilihan warna yaitu Country Green dan Royal Blue. Untuk harganya, POCO C50 ini dijual dengan harga 6.499 Rupee atau sekitar Rp1,2 jutaan untuk varian penyimpanan 2/32 GB.

Sedangkan untuk varian 3/32 GB dijual dengan harga 7.299 Rupee atau sekitar Rp1,3 jutaan saja.

Menyusul POCO C50, POCO C55 ini diluncurkan pada Februari 2023. HP ini hadir dengan tiga pilihan warna yaitu Cool Blue, Power Black, dan Forest Green.

Sedangkan untuk harganya yaitu 9.499 Rupee atau sekitar Rp1,7 jutaan untuk varian 4/64 GB. Untuk varian 6/128 GB dijual dengan harga 10.999 Rupee atau sekitar Rp2 jutaan saja.

Kesimpulan

Kedua HP POCO terbaru ini dikabarkan sebagai rebranding dari produk Xiaomi. Baik POCO C50 atau POCO C55, keduanya dibanderol dengan harga yang sangat murah yaitu berada di angka Rp1 jutaan saja. Hal itu cukup wajar sebab keduanya memang diluncurkan sebagai HP kelas entry-level.

Meski dibanderol dengan harga murah, keduanya tetap memiliki spesifikasi yang cukup menarik. POCO C50 hadir dengan desain bertekstur unik dan sistem operasi yang lebih ringan.

Sementara POCO C55 hadir dengan layar lebih cerah, chipset lebih tangguh, dan kamera 50 MP.

Bagaimana, apakah Kamu lebih tertarik dengan POCO C50 atau POCO C55?

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News