Tengok 7 Perbedaan HP POCO F5 dan POCO X5 5G

Masyarakat yang tidak sabar menunggu seri lanjutan dari POCO F4, kini penantian sudah berakhir. Kini ada POCO F5 yang dirilis pada 27 Juni 2023 di Indonesia, memiliki spesifikasi dewa yang mengiurkan dari segi performa, desain, layar, kamera, serta konektivitas.

Karena berada di bawah naungan POCO “F” series, kualitas dan harganya pun memang mencirikan HP kelas atas banget. Ini agak kontras dengan POCO X5 5G yang duluan rilis pada Februari 2023, lantaran punya spesifikasi di bawahnya tapi juga dengan harga yang lebih terjangkau pula.

Tak diragukan lagi, kedua smartphone ini menjadi perbincangan hangat di kalangan penggiat gadget. Khususnya para mobile gamer yang tidak sabar menggunakan HP POCO untuk memainkan gim favorit mereka dengan nyaman.

Dalam artikel ini, Tim Xiaomi akan membahas perbedaan POCO F5 dan POCO X5 5G. Manakah di antara keduanya yang lebih sesuai dengan preferensi Kamu? Simak sampai tuntas ulasan berikut ini.

Spesifikasi POCO F5

Tengok 7 Perbedaan HP POCO F5 dan POCO X5 5G

  • Layar AMOLED 6.67 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2
  • RAM 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal 256 GB
  • Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Kelebihan & Kekurangan   Baca di sini

Spesifikasi POCO X5 5G

Tengok 7 Perbedaan HP POCO F5 dan POCO X5 5G

  • Layar AMOLED 6.67 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 695
  • RAM 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB
  • Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Kelebihan & Kekurangan   Baca di sini

Perbedaan POCO F5 dan POCO X5 5G

Soal kualitas dan value, seri POCO memang tak ada habisnya. Bahkan tidak jarang POCO ditakuti brand lain karena dianggap “merusak harga pasar”. Penasaran dengan duo smartphone POCO ini? Inilah perbedaan POCO F5 dan POCO X5 5G.

1. Desain Bodi BerbedaTengok 7 Perbedaan HP POCO F5 dan POCO X5 5G

POCO F5 kali ini mengusung desain yang lebih fresh dari biasanya. menyisakan tampilan yang bersih dan mulus dengan hanya menampilkan tiga bulatan kamera di pojok kiri atas dan logo POCO di kiri bawah.

Ketiga kameranya ini terbagi jadi dua bulatan besar yang disusun secara vertikal, serta satu kamera bulatan kecil + LED Flash di sebelah kanan.

Bahan material yang digunakan bodi belakangnya adalah plastik polikarbonat. Jadi dalam hal ini, ia tidak berbeda dengan POCO F4 yang diluncurkan setahun sebelumnya.

Pada bagian depan, kita dapat menyaksikan layar dengan bezel tipis di seluruh empat sisinya. Memberikan kesan simetris. Layar tersebut sudah dipasangkan dengan Goriila Glass 5.

Tengok 7 Perbedaan HP POCO F5 dan POCO X5 5G

Lalu bagaimana dengan POCO X5 5G? Rupanya ia masih setia dengan aksen visual khas POCO. Di bodi belakangnya, terdapat bilah yang extend dari modul kamera, Dan seperti biasa, elemen visual ini menampung nama brand POCO di dalamnya.

Karena keduanya memiliki ukuran layar yang sama, tidak ada perbedaan yang signifikan dari segi dimensinya. Sementara POCO F5 punya ketebalan 7,9 mm, POCO X5 5G hadir dengan ketebalan 8 mm.

Begitu pun dengan bobotnya yang hanya terpaut 8 gram – 181 gram pada POCO F5 dan 189 gram pada POCO X5 5G.

2. Snapdragon 7+ Gen 2 vs Snapdragon 695

Pemilihan chipset Snapdragon 7+ Gen 2 di POCO F5 sungguh sebuah fakta yang menyegarkan. Snapdragon 7+ Gen 2 dibuat pada fabrikasi 4 nm, yakni besaran transistor yang sama dengan SoC flagship keluaran 2023. Jadi, chipset ini tidak akan banyak memakan baterai ponsel.

Qualcomm menyebut Snapdragon 7+ Gen 2 memiliki peningkatan performa grafis sebanyak 2x lipat dan 50 persen kemampuan CPU dibanding Snapdragon 7 Gen 1. Adapun pada peningkatan efisiensinya mencapai hingga 13 persen pada sejumlah skenario.

Kemampuan AI di Snapdragon 7+ Gen 2 juga mengalami peningkatan performa hingga 2x lipat serta peningkatan efisiensi daya per watt sebanyak 40 persen.

Nah, kini beralih ke saudaranya yang tidak kalah menarik yaitu POCO X5 5G. Smartphone yang berorientasi pada budget tersebut ditopang oleh SoC Snapdragon 695.

Alasan di balik popularitas Snapdragon 695 adalah ia menjadi SoC 600 series pertama yang menggunakan jaringan seluler 5G. Selain itu, fabrikasinya yang sekecil 6 nm juga membuatnya mampu mempertahankan daya dengan baik di kelas entry to mid.

POCO F5 memiliki skor AnTuTu v9 mencapai 948 ribu poin, menurut database di situs Nano Review. Di sisi lain, POCO X5 5G hanya menawarkan skor AnTuTu v9 di angka 406 ribuan.

3. Tipe Storage UFS 3.1 vs 2.2

POCO F5 dan POCO X5 5G juga memiliki perbedaan mengenai jenis storage (memori internal) yang mereka gunakan. Karena seri “F” sudah masuk ke ranah flagship dari POCO, tentu saja POCO F5 sudah dibekali dengan UFS 3.1.

Sedangkan POCO X5 5G yang dilepas ke pasar harga terjangkau mengusung jenis UFS 2.2. Sedikit informasi, UFS adalah singkatan dari “Universal Flash Storage” yang merupakan teknologi penyimpanan pada benda elektronik seperti ponsel dan tablet.

UFS 3.1 pada POCO F5 misalnya, mampu melakukan loading gim dan aplikasi jauh lebih cepat dari UFS 2.2 pada POCO X5 5G. Sehingga wajar jika performa gim juga jadi meningkat.

Perbedaan versi storage ini juga akan terasa ketika menyalin data, di mana POCO F5 mampu menyelesaikannya jauh lebih cepat dibanding POCO X5 5G.

POCO F5 terdiri atas varian memori 256 GB UFS 3.1 dengan opsi ram 8 GB dan 12 GB (LPDDR5). Sementara, POCO X5 5G hadir dengan opsi memori 128 GB dan 256 GB UFS 2.2 dengan RAM 6 GB dan 8 GB LPDDR4X.

4. Triple Camera 64 MP vs 48 MP

Baik POCO F5 maupun POCO X5 5G sama-sama sajikan konfigurasi triple camera yang menarik di kelasnya, kendati dengan fitur dan resolusi berbeda.

Pada POCO F5, tersemat kamera utama OmniVision OV64B40 berkekuatan 64 MP (f/1.8) dengan ukuran sensor 1/2 inci dan PDAF. Kamera ini sudah terpasang dengan fitur OIS.

Sementara itu, POCO X5 5G memiliki resolusi 48 MP f/1.8 (OmniVision OV48B) pada kamera utamanya. Namun yang satu ini tidak menyediakan OIS. POCO F5 dan X5 sama-sama memiliki kamera 8 MP ultrawide dan 2 MP makro sebagai kamera pendampingnya.

Pada kemampuan perekaman video, POCO F5 jelas lebih unggul karena mendukung resolusi 4K di 30 FPS. Selain itu POCO F5 juga bisa merekam hingga 60 FPS pada resolusi Full HD+ (1080p).

Dengan kamera tersebut POCO F5 bisa menghasilkan rekaman video dengan ketajaman lebih baik untuk keperluan editing, serta mampu tampilkan pergeseran animasi yang lebih mulus.

Ditambah lagi tersedia fitur stabilisasi gyro-EIS agar video tetap stabil walau merekam sambil berjalan atau berlari.

Beralih ke bagian depannya, POCO F5 dikemas dengan kamera 16 MP untuk keperluan selfie, vlogging, serta online meeting. Resolusi tersebut lebih besar dari POCO X5 5G yang berkekuatan 13 MP.

Yang membuat POCO F5 begitu layak dilirik, kamera depannya mampu rekam hingga 60 FPS di saat POCO X5 5G hanya dukung 30 FPS.

5. Wifi 6 vs Wifi 5

Kini POCO F5 pun sudah dibekali Wi-Fi 6 yang kecepatannya tetap stabil meski router sudah terhubung dengan banyak perangkat sekaligus.

Ini cukup kontras dengan POCO X5 5G yang masih mendukung versi Wi-Fi 5 dual band. Kedua seri POCO ini sama-sama bisa terhubung dengan frekuensi jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz.

Bedanya, Wi-Fi memiliki kecepatan maksimal hingga 9,6 Gbps sementara Wi-Fi 5 hanya mendukung hingga 3,5 Gbps.

Tidak cuman Wi-Fi, POCO F5 juga memiliki Bluetooth 5.3 yang lebih unggul dari Bluetooth 5.0 pada POCO X3. Pengguna bisa merasakan delay lebih rendah saat memasangkan TWS ke POCO F5, serta mampu mempertahankan baterai lebih baik lagi.

Duo POCO series juga telah mengusung ragam konektivitas lain seperti NFC, infrared blaster, serta USB Type-C 2.0 yang mendukung antarmuka OTG (on-the-go).

Fitur keamanan kedua HP ini meliputi face ID untuk mendeteksi wajah, serta sensor sidik jari di samping (side-mounted fingerprint).

6. Fast Charging 67 W vs 33 W

Kapasitas baterai yang tersedia pada POCO F5 dan POCO X5 5G adalah 5.000 mAh. Selain karena baterainya yang besar, keduanya mampu bertahan hingga seharian penuh berkat chipset dan panel layar AMOLED yang hemat daya.

POCO F5 namun mengusung daya fast charging 67 W yang lebih tinggi dari POCO X5 5G pada daya 33 W. Secara otomatis, POCO F5 juga membutuhkan waktu lebih sebentar untuk dicas sampai penuh ketimbang POCO X5 5G.

Yang jadi pertanyaan, seberapa jauh perbedaan kecepatan keduanya? Kalau dilihat dari ulasan GSM Arena, POCO F5 hanya makan waktu 47 menit untuk diisi dari kosong hingga full charge.

Sedangkan untuk proses yang sama, POCO X5 5G memerlukan waktu lebih banyak yaitu 1 jam 6 menit.

7. Harga Rilis

Hingga saat artikel ini ditulis, POCO F5 belum dirilis secara resmi di Indonesia, sehingga harga rilisnya belum diketahui. Akan tetapi, jika menilik dari harga di pasar global, POCO F5 dibanderol dengan harga rilis mulai dari 379 dolar AS atau sekitar Rp5,6 jutaan.

Sementara itu, POCO X5 5G yang sudah rilis di Tanah Air pada 24 Februari 2023 memiliki harga Rp3.499.000,- (RAM 6 GB/128 GB) dan Rp3.999.000,- (RAM 8 GB/256 GB).

Ringkasan

Demikian yang bisa dilaporkan mengenai HP POCO F5 dan POCO X5 5G, dua smartphone bernilai tinggi dengan harga yang begitu kompetitif. Pengguna bisa memilih POCO F5 jika punya budget berlebih dan menginginkan spesifikasi lebih gahar.

Sementara itu bagi pengguna yang sekadar butuh HP bagus untuk keperluan sehari-hari, POCO X5 5G juga layak didapatkan.

Keduanya punya performa yang unggul, baterai yang tahan lama, serta kemampuan kamera yang baik di masing-masing kelas harganya.

 

 

 

 

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News