Inilah Penyebab Hp Xiaomi Ngelag dan Cara Mengatasinya

HP Xiaomi ngelag ketika sedang digunakan? Pasti sangat mengganggu bukan? HP ngelag adalah indikasi bahwa ada yang tidak beres dengan perangkatmu. Dan lagi, kalau dibiarkan dikhawatirkan akan muncul kerusakan yang lebih parah di kemudian hari.

Sebenarnya HP ngelang bisa diatasi dengan cara melepas baterai. Namun, bagaimana jika HP tersebut menggunakan baterai tanam? Tentu perlu cara lain untuk mengatasinya.

Nah, jika kamu mengalami hal tersebut jangan buru-buru dibawa ke pusat servis ya. Kami akan menjelaskan cara untuk mengatasi HP Ngelag yang praktis. Jadi, yuk disimak penjelasannya.

Penyebab HP Xiaomi Ngelag

Adanya aplikasi-aplikasi yang fungsinya beragam dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, ponsel menjadi semakin tak bisa dilepaskan dari manusia.

Namun, semakin mudahnya memasang sebuah aplikasi menyebabkan HP dapat mengalami kelebihan kapasitas.

Hal ini menyebabkan ponsel mengalami gangguan dan ngelag. Berikut penyebab hp Xiaomi lemot dan cara mengatasinya supaya bisa ngebut kembali ketika dioperasikan.

1. Overload RAM

Inilah Penyebab Hp Xiaomi Ngelag dan Cara Mengatasinya

Kondisi ini terjadi ketika Kamu membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Hal ini membuat RAM di ponsel Kamu kelebihan beban sehingga menyebabkan HP ngelag dan tidak bisa dioperasikan.

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah. Kamu hanya harus membuka satu aplikasi dan menutup aplikasi tersebut ketika sudah selesai digunakan sebelum kamu membuka satu aplikasi baru.

2. Memori Internal Penuh

Inilah Penyebab Hp Xiaomi Ngelag dan Cara Mengatasinya

 

Pasti kamu pernah mengalami kebingungan memilih file mana yang harus kamu hapus dan mana yang bisa kamu pertahankan saat kamu menerima notifikasi memori internal pada HPmu sudah hampir melebihi menyentuh batas kapasitas.

Kebingungan akan bertambah kalau HP mulai mengalami Ngelag. Memori internal yang sudah menyimpan banyak file adalah salah satu penyebab HP menjadi Ngelag dan tidak bisa digunakan.

Supaya HPmu tidak mengalami hal tersebut coba pindahkan file ke memori eksternal yang bisa menampung data lebih besar. Dengan begitu perangkat lunak di dalam HPmu bisa bekerja normal tanpa terbebani dengan banyaknya file yang tersimpan pada memori internal HP.

3. Adanya Virus yang Mengganggu Sistem

Inilah Penyebab Hp Xiaomi Ngelag dan Cara Mengatasinya

Untuk memulihkan perangkat yang terinfeksi virus, kamu bisa menggunakan perangkat lunak antivirus. Jika perangkatmu mulai mengalami Ngelag disebabkan oleh virus, kamu bisa men-download antivirus untuk mengatasinya. Antivirus akan membantu membersihkan virus-virus yang menyebabkan performa HPmu kembali seperti semula.

4. Adanya Tumpukan Cache

Inilah Penyebab Hp Xiaomi Ngelag dan Cara Mengatasinya

Kamu pasti pernah menghapus histori pada peramban. Ketika kamu akan membersihkan histori pasti ada kalimat pertanyaan “Bersihkan cache?”. Cache adalah sebuah proses yang digunakan oleh mesin pencari dan aplikasi untuk menyimpan informasi data sementara.

Terlalu banyak cache yang ada di dalam memori internal akan membuat HP menjadi Ngelag. Oleh sebab itu, kamu perlu membersihkan cache pada HPmu secara rutin agar tumpukan cache tidak membebani kinerja HPmu.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi yang Ngelag

Setelah mengetahui sejumlah penyebab hp Xiaomi ngelag, berikut ada beberapa cara mengatasinya yang bisa Kamu coba.

1. Mematikan Paksa Ponsel Xiaomi

Cara berikut ini memang terbilang cukup radikal, namun tidak jarang kita terpaksa mematikan paksa ponsel karena satu dan hal lainnya. Pasalnya kita tidak bisa mengoperasikan HP yang Ngelag. Apalagi pada HP dengan baterai tanam. Simak langkah-langkahnya.

  • Tekan tombol power selama mungkin sampai ponselmu mati sendiri.
  • Tunggu sekitar 5 atau 7 menit.
  • Nyalakan kembali ponsel Xiaomi.

2. Melakukan Restart HP

Cara berikutnya untuk mengatasi ponsel Xiaomi yang Ngelag adalah dengan cara me-restart ponsel. Cara ini cukup mudah dan tidak seradikal cara pertama. Nah, langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Tekan tombol power dan tombol volume down (-) secara bersamaan selama kurang lebih 10 detik.
  • Tunggu sampai ponsel me-restart sendirinya. Biasanya proses dalam waktu 10-15 detik HP akan mati.
  • Setiap tipe Xiaomi mungkin saja mempunyai cara yang berbeda untuk melakukan proses restart. Jika
  • cara kedua tidak berhasil, kamu bisa coba cara lain yaitu dengan tombol power dan volume (+).

3. Pancing ke Mode Fastboot

Cara lain untuk mengatasi ponsel Xiaomi yang Ngelag adalah dengan cara memancing ponsel Xiaomi ke mode Fastboot. Kamu dapat menuju mode Fastboot dengan langkah–langkah ini.

  • Tekan power dan tombol volume (-). Tunggu hingga ponsel mati lalu masuk ke mode Fastboot.
  • Ketika sedang masuk ke mode Fastboot ini akan muncul gambar Android.
  • Tekan tombol power sampai ponsel memalukan restart.
  • Pada versi lain tombol power dan volume (+) dapat digunakan untuk masuk pada mode Fastboot.

Demikian penjelasan sederhana mengenai cara mengatasi HP Xiaomi Ngelag. Semoga informasi ini bisa menjadi solusi saat HPmu tiba-tiba tidak bisa diapa-apakan alias Ngelag. Jika intensitas Ngelag terlalu sering, sebaiknya kamu segera mencari bantuan tenaga profesional.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News