3 Tips Menggabungkan File PDF Menjadi Satu Dengan Cepat

Portable Document atau yang biasa dengan PDF adalah berkas dalam sebuah format yang dikembangkan oleh Adobe Systems untuk keperluan pengiriman dokumen secara digital.

Format PDF akan menampilkan file 2D yang sudah mencakup teks, gambar, atau grafik vektor 2D.

Dewasa ini, PDF adalah format file yang sangat umum digunakan. Berbagai ebook dan dokumen digital sudah menggunakan format ini. Bahkan berbagai dokumen resmi juga kini mulai beralih dari format word ke format PDF.

Sayangnya, tidak seperti dokumen word yang bisa kita ubah dengan mudah, dokumen PDF hanya bisa diedit dengan menggunakan sofrtware khusus, termasuk untuk memperkecil dan menggabungkannya menjadi satu dokumen.

Maka dari itu, kali ini Xiaomi akan mengulas beberapa cara menggabungkan file PDF. Kira-kira menggunakan metode apa saja? Bisakah menggabungkan file PDF tanpa software? Semua jawabannya ada di ulasan berikut ini, ya!

1. Cara Menggabungkan PDF dengan Software Desktop

3 Tips Menggabungkan File PDF Menjadi Satu Dengan Cepat

Cara untuk menggabungkan file PDF yang pertama adalah dengan menggunakan software yang dapat diunduh dan diinstal di komputer atau PC milik Kamu.

Ya, ada banyak software gratis dan berbayar yang bisa Kamu pilih untuk mengedit dan menggabungkan file PDF menjadi satu sesuai kebutuhan.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami ingin membagikan informasi seputar cara menggabungkan PDF dengan software desktop.

Sebagai contoh, kami menggunakan salah satu software gratis yang dapat diunduh melalui Microsoft Store.

Software tersebut bernama Merge PDF Free. Berikut langkah-langkah yang bisa Kamu ikuti untuk menggabungkan file PDF:

  • Unduh aplikasi penggabung/penyunting file PDF yang tersedia di internet. Sesuai yang telah kami sampaikan, di sini kami akan menggunakan software Merge PDF Free
  • Install aplikasi atau program tersebut dan tunggu sampai proses instalasi selesai
  • Buka aplikasinya, lalu pilih file PDF yang ingin digabungkan dengan cara menekan tombol “Add PDF Files”
  • Setelah file-nya dipilih dan berhasil terunggah ke aplikasi, tekan tombol “Merge PDF Files” untuk menggabungkan file PDF-nya
  • Tunggu hingga proses penggabungan selesai dan simpan file yang telah digabungkan ke komputer Kamu.

Nah, bagaimana? Sangat mudah, bukan? Oh iya, biasanya software yang gratis memiliki kekurangannya tersendiri, lho. Jika Kamu memiliki budget lebih, tidak ada salahnya untuk mencoba membeli software berbayar seperti Adobe Acrobat Pro.

Dalam software berbayar seperti ini, biasanya fitur yang ditawarkan terbilang lengkap dibanding yang gratisan. Biasanya, Kamu tak hanya dapat menggabungkan file PDF, tetapi juga mengkonversinya ke format lain.

Namun, bila budget Kamu terbatas dan tidak terlalu memerlukan fitur lain selain menggabungkan PDF, tidak salah pula untuk memilih software gratis.

2. Menggabungkan PDF dengan Aplikasi HP

Nah, untuk Kamu yang ingin menggabungkan file PDF dengan lebih praktis, cara ini dapat diterapkan. Ya, Kamu dapat menggabungkan beberapa file PDF yang berbeda dengan aplikasi yang ada di ponsel Android.

Salah satu aplikasi penyedia jasa penggabungan PDF di ponsel Android adalah A1 Office Apps dengan PDF Maker, Viewer and Converter-nya. Berikut langkah-langkah menggabungkan PDF di Android dengan aplikasi ini:

  • Unduh aplikasi PDF Maker, Viewer and Converter di sini.
  • Setelah selesai diunduh, buka aplikasi dan pilih menu “Tools”. JIka Kamu pertama kali menggunakan aplikasi ini, akan ada permintaan izin akses untuk dokumen di ponsel. Kamu dapat mengizinkan aplikasi untuk mengakses seluruh dokumen di ponsel, atau langsung melewati tahap perizinan akses ini.
  • Jika sudah, akan ada menu opsi penyuntingan PDF yang bisa dipilih. Untuk menggabungkan file, klik ikon bertuliskan “Merge PDF”.
  • Selanjutnya, aplikasi akan membawa Kamu ke halaman penggabungan file. Pilih “Select Files” untuk memilih dokumen yang ingin digabungkan.
  • Jangan lupa pilih lokasi penyimpanan file dengan mengklik tombol “Choose” di bagian kanan bawah, lalu tentukan folder penyimpanan file sesuai kebutuhan.
  • Kalau sudah, silakan klik tombol “Merge files” untuk menggabungkan dokumen PDF.
  • Tunggu hingga proses selesai dan beri nama file yang sudah digabungkan, kemudian simpan di ponsel Kamu dengan cara mengklik OK.

Karena ini adalah aplikasi yang dapat digunakan secara gratis, tentu akan ada banyak iklan yang tampil saat Kamu menggunakan aplikasi ini untuk menggabungkan file PDF.

Jika Kamu ingin menggunakan aplikasi lain di ponsel Android, jangan khawatir akan kebingungan, ya karena hampir seluruh aplikasi menerapkan tata cara penggabungan file yang serupa dengan langkah-langkah yang kami terangkan di atas.

3. Cara Menggabungkan PDF Menggunakan Layanan Online

Selain menggunakan software dekstop dan ponsel, cara menggabungkan file PDF lain yang dapat dilakukan adalah melalui situs penyunting PDF secara online.

Tentu, ada banyak sekali situs seperti ini yang bisa Kamu temukan di internet. Salah satu di antaranya adalah smallpdf.com.

3 Tips Menggabungkan File PDF Menjadi Satu Dengan Cepat

Kali ini, kami akan menginformasikan pada Kamu bagaimana cara membuat file PDF melalui situs tersebut. Berikut adalah cara membuat PDF melalui situs ini:

  • Masuk ke browser yang Kamu di komputer Kamu, lalu kunjungi link ini
  • Setelah halaman situs tampil, pilih opsi “Gabung” atau “Merge”
  • Pilih dokumen yang ingin digabungkan, klik dan tahan pada dokumen tersebut, lalu seret berkas ke jendela berwarna ungu bertuliskan “Drop PDF Here” atau “Seret PDF ke sini” yang ada di laman situs tersebut. Tunggu hingga berkas berhasil diunggah
  • Pilih “Gabungkan file”
  • Sunting berkas Kamu sesuai dengan urutan yang diinginkan
  • Apabila Kamu sudah selesai merapikan dokumen sesuai dengan urutan, klik tombol “Merge PDF!” atau “Gabung PDF!” yang ada di bagian bawah.
  • Jika ingin menyimpan file di komputer Kamu, download file yang Kamu buat tersebut.

Selain tersedia dalam versi gratis, di situs ini juga ada layanan pro yang memungkinkan Kamu untuk menggabungkan file PDF berdasarkan halamannya, bukan hanya menggabungkan dua file secara langsung.

Selain smallpdf.com, Kamu tentu bisa memilih situs lain yang sesuai dengan preferensi.

Nah, itulah beberapa cara menggabungkan file PDF yang dapat Kamu terapkan dengan mudah. Kamu bisa memilih cara yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan masing-masing, ya.

Menggabungkan beberapa file PDF sangat berguna untuk merapikan file-file yang berantakan di hard disk PC atau laptop, serta penyimpanan ponsel meskipun ukurannya akan bertambah besar.

Terlebih bila Kamu tidak memakai memori penyimpanan eksternal di ponsel Android Kamu. Jika Kamu memiliki rekomendasi aplikasi Android, software, atau situs penyunting PDF yang oke, silakan bagikan kepada pembaca Xiaomi lainnya melalui kolom komentar di bawah.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News