10 Tips Mengembalikan File Terhapus Secara Permanen di Laptop

Seringkali kita menjadi marah dan panik ketika data penting yang ada dikomputer terhapus secara tidak sengaja. Padahal cara mengembalikan file yang terhapus tersebut tidaklah terlalu sulit.

Pasalnya saat ini sudah terdapat banyak software yang dapat mengambalikan data ynag terhapus secara otomatis.

Namun sebelum Kamu menggunakan berbagai program tersebut, terdapat beberapa persyaratan yang wajib untuk Kamu penuhi.

Persyaratan ini akan menjamin file yang sudah terhapus tersebut akan kembali dalam kondisi baik. Berikut adalah beberapa syaratnya:

  • Jangan menambah data baru di drive tempat data tersebut di hapus.
  • Jangan menginstal program apapun di drive tersebut.
  • Jangan menyimpan file yang telah direcover ke drive tersebut.

Ketika syarat tersebut sangatlah penting agar file yang ingin dikembalikan tersebut bisa kembali dengan selamat.

Pasalnya jika kita menyimpan data baru di drive tersebut, maka dikhawatirkan file yang terhapus tersebut akan ‘tertimpa’ oleh file baru sehingga menjadi rusak dan bahkan tidak bisa dikembalikan sama sekali.

10 Aplikasi File Recovery Terbaik

Nah, setelah Kamu memenuhi syarat di atas, kini saatnya Kamu memilih aplikasi file recovery terbaik yang dapat mengembalikan data Kamu.

Beberapa aplikasi ini memiliki kelebihan untuk jenis file tertentu. Pastikan Kamu memilih aplikasi yang benar-benar cocok untuk kebutuhan.

1. EaseUS Data Recovery

10 Tips Mengembalikan File Terhapus Secara Permanen di Laptop

Software yang bisa Kamu andalkan untuk mengembalikan file yang terhapus adalah EaseUS Data Recovery Wizard. EaseUS Data Recovery tidak hanya bisa memulihkan data yang hilang di PC atau laptop saja, namun juga di perangkat removable lainnya.

Selain mampu mencari file yang terhapus, EaseUS Data Recovery Wizard ini juga mampu untuk melakukan backup data-data yang ada pada PC Kamu.

Bahkan, Kamu juga bisa mengembalikan e-mail yang sudah terhapus dengan menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard.

software ini juga dilengkapi dengan fitur scanning yang fleksible, dan mampu memulihkan lebih dari 1000 tipe format file mulai dari gambar, video, audio, dukumen, dan format file yang lainnya.

Dengan kapasitas recovery data yang mencapai hingga 2 GB, Kamu bisa menginstall aplikasi ini di Windows 10/8.1/8/7/Vista/XP. Dan untuk kapasitas recovery unlimited, Kamu bisa mengunduh versi pro atau pro+ WIN PE dari software ini.

Jadi jika sewaktu-waktu file penting Kamu hilang akibat terhapus, terformat, partisi rusak, virus, dan lain-lain, Kamu hanya perlu mengingat bahwa ada software EaseUS Data Recovery yang mumpuni.

2. Recuva

Recuva juga merupakan aplikasi yang cocok bagi pemula karen menyediakan wizard yang akan membimbing selama proses pengembalian file.

Berbagai format disk juga sudah didukungnya, seperti FAT, exFAT, dan NTFS. Aplikasi ini juga akan memberikan preview untuk file berjenis gambar.

Recuva menyediakan fitur Advanced Mode untuk proses pencarian yang lebih detail meskipun sedikit lebih lambat.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghapus file secara permanen jika di dalamnya terdapat data yang penting. Menariknya, Recuva juga tersedia dalam versi portable sehingga Kamu tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu.

3. Disk Drill

Disk Drill merupakan aplikasi file recovery terbaik yang bisa Kamu coba. Aplikasi ini dapat menyelamatkan file yang terhapus karena berbagai alasan, mulai dari kerusakan partisi, listrik yang mati secara tiba-tiba, serangan virus, kerusakan sistem, hingga hal sepele seperti menghapus Recycle Bin secara tidak sengaja.

Disk Drill mendukung berbagai system penyimpanan seperti NTFS, FAT32, EXT, HFS+, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya hard disk yang ada di dalam PC saja, Kamu juga bisa melakukan recovery dari perangkat eksternal semacam flashdisk, SD card, ataupun hard disk eksternal.

Fitur menarik lainnya yang terdapat pada aplikasi ini adalah Recovery Vault. Fitur ini akan menyimpan database dari berbagai file yang Kamu hapus sehingga Kamu bisa mengembalikan file tersebut dengan mudah jika membutuhkannya kembali.

Dengan fitur ini, Kamu tidak perlu khawatir lagi jika tidak sengaja menghapus file yang sangat penting.

4. Stellar Phoenix

10 Tips Mengembalikan File Terhapus Secara Permanen di Laptop

Salah satu cara mengembalikan file yang terhapus dengan mudah adalah menggunakan aplikasi Stellar Phoenix. Aplikasi ini dapat mengembalikan data yang terhapus dari satu folder secara sekaligus ataupun mengembalikan file tertentu saja.

Tidak hanya mengembalikan data dari hard disk, Stellar Phoenix juga dapat mengembalikan dari USB drive, CD, DVD, dan SD card.

Stellar Phoenix dapat mengembalikan file berjenis dokumen, gambar, musik, dan video. File arsip semacam ZIP dan database juga bisa dikembalikan dengan baik.

Untuk versi Pro-nya, Kamu juga bisa melakukan kloning hard disk untuk melakukan proses pengembalian data secara lebih aman.

5. R-Studio

Haram hukumnya melewatkan R-studio jika kita sedang membicarakan aplikasi file recovery terbaik.

Ya, R-Studio merupakan aplikasi yang sangat mumpuni dan cocok untuk digunakan oleh siapa saja. Kamu dapat melakukan pencarian file secara sederhana ataupun secara kompleks layaknya para ahli komputer.

Dengan R-Studio ini Kamu bisa mencari berbagai jenis file yang terhapus lalu mengembalikannya hanya dengan beberapa klik saja.

Selain mengembalikan data dari hard disk, Kamu juga bisa mengembalikan data dari perangkat yang terhubung ke PC seperti flash disk dan hard disk eksternal.

Jika file yang ditemukan sudah dalam keadaan rusak, Kamu tetap bisa memperbaikinya dengan text-and-hexadecimal editor jika Kamu menguasainya.

Bahkan jika OS Windows komputer Kamu rusak, Kamu tetap bisa melakukan recovery dengan menjalankan R-Studio lewat bootable USB drive.

6. Data Rescue PC

Beberapa aplikasi file recovery biasanya hanya bekerja maksimal pada PC dan hard disk versi modern. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku untuk aplikasi Data Rescue PC.

Ya, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengembalikan file dari hard disk ‘jadul’ sekalipun.

Tidak hanya hard disk, namun Data Rescue PC juga bisa menyelamatkan file dari berbagai komponen PC jadul lainnya seperti floppy disk.

Sama seperti R-Studio, dengan aplikasi ini Kamu dapat membuat kloningan data dari berbagai komponen jadul tersebut.

Tidak cukup sampai di situ, Data Rescue PC juga dapat berjalan pada hampir semua versi Windows; mulai dari Windows 3.1 hingga Windows 8.1. Data Rescue PC juga dapat berjalan pada MS-DOS untuk mengembalikan file jika OS Windows yang digunakan mengalami kerusakan.

7. Pandora Recovery

Pandora Recovery merupakan aplikasi yang sangat cocok bagi para pemula. Pasalnya, aplikasi ini menggunakan wizard untuk memandu proses pengembalian data.

Wizard tersebut akan membimbing Kamu pada setiap tahapnya, seperti pengecekan recycle bin, pemilihan metode recovery, dan lainnya.

Pandora sendiri menawarkan 3 jenis mode recovery. Yang pertama Kamu pencarian file dan folder secara manual, pencarian berdasarkan nama, ukuran, atau jenis file, sedangkan yang terakhir menggunakan mode deep scan.

Mode deep scan merupakan metode yang terbaik untuk menemukan data yang sudah rusak dan sulit diidentifikasi.

8. Wise Data Recovery

Sama seperti Pandora, Wise Data Recovery juga merupakan aplikasi yang mudah digunakan. Tampilannya sangat sederhana yakni berupa kolom pencarian, tombol pencarian, serta tombol untuk mengembalikan data.

Aplikasi ini sangatlah cocok bagi pengguna yang belum pernah melakukan data recovery sebelumnya.

Aplikasi Wise Data Recovery ini bisa digunakan bagi pengguna Windows 7/8/ dan juga windows Vista dengan 32 bit atau 64 bit. Bahkan pengguna Mac pun juga bisa menggunakan aplikasi ini lho.

Juga, Wise Data Recovery menyediakan berbagai macam bahasa seperti bahasa Inggris, Arab, Latin, Belanda , Cina, dan masih banyak lagi.

9. ArtPlus Digital Photo Recovery

ArtPlus Digital Photo Recovery agak sedikit berbeda dibandingkan dengan aplikasi lainnya, pasalnya aplikasi ini dikhususkan untuk mengembalikan file berjenis foto, video, dan audio dari memory card.

Aplikasi ini tentunya sangat cocok bagi pengguna Android, Windows Phone, serta iPhone.

Untuk menghindari kerusakan memory card, aplikasi ini juga dapat membuat replika datanya yang berbentuk virtual image.

Dengan virtual image tersebut Kamu dapat melakukan recovery di dalam PC tanpa perlu menghubungkan memory card-nya.

10. Undelete 360

10 Tips Mengembalikan File Terhapus Secara Permanen di Laptop

Sama seperti aplikasi lainnya, Undelete 360 juga mampu mengembalikan berbagai jenis file yang terhapus seperti foto, video, PDF, dan lainnya.

Prosesnya juga berlangsung cukup cepat dan mampu mengembalikan file dengan sempurna seperti sedia kala. Sayangnya, aplikasi ini memiliki banyak iklan dan penawaran yang cukup mengganggu kenyamanan.

Meskipun begitu, aplikasi Undelete 360 ini diklaim mampu untuk mengembalikan file yang hilang di Hardisk, kamera digital, bahkan flashdisk.

Juga, Kamu bisa menemukan dan mengembalikan setiap foto yang hilang dalam smartphone Kamu. Cukup lengkap bukan?

Itulah cara mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan berbagai aplikasi file recovery terbaik saat ini. selama hard disk Kamu masih berjalan dengan baik, maka data-data di dalamnya masih bisa di selamatkan.

Namun jika hard disk Kamu terkenal bad sector, maka lebih baik untuk mengikuti panduan reparasinya terlebih dahulu di artikel sebelumnya. Selamat mencoba!

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News