Perlu Kamu Ketahui Cara Memilih Web Hosting Terbaik

Web hosting merupakan salah satu elemen yang sangat penting bagi Kamu yang ingin memiliki sebuah website.

Web hosting yang bagus akan memberikan kenyamanan bagi Kamu selaku konsumen dan juga bagi para pengunjung website Kamu.

Saat ini terdapat banyak penyedia web hosting di Indonesia yang menawarkan layanannya dengan aneka harga dan fitur yang bervariasi.

Saking banyaknya, terkadang kita bingung untuk menentukan web hosting mana yang cocok untuk digunakan.

Maka dari itu kali ini Xiaomi akan mengulas beberapa tips memilih web hosting bagi Kamu yang sedang kebingungan memilih web hosting terbaik di Indonesia. Apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya.

Server yang Cepat dan Handal

Memilih web hosting dengan server yang cepat dan handal merupakan syarat mutlak yang harus Kamu lakukan. Dengan server yang cepat, maka para pengunjung akan dapat membuka website Kamu dengan singkat.

Mereka tidak perlu lagi menunggu waktu loading yang lama. Tidak jarang para pengunjung akan meninggalkan website tersebut jika bosan menunggu waktu loading-nya.

Selain kecepatan, server tersebut juga harus memiliki waktu uptime yang tinggi. Jika servernya sering mengalami down, maka Kamu akan kehilangan banyak calon pengunjung potensial.

Terlebih jika website tersebut down di jam-jam sibuk, maka secara otomatis traffic harian Kamu akan menurun secara drastis.

Kapasitas Penyimpanan yang Besar

Perlu Kamu Ketahui Cara Memilih Web Hosting Terbaik

Kapasitas penyimpanan menjadi poin selanjutnya yang harus Kamu perhatikan. Pastikan web hosting yang Kamu pilih menyediakan kapasitas penyimpanan yang pas untuk website Kamu.

Jangan sampai terlalu kecil karena Kamu harus repot mengupgrade-nya di kemudian hari dan jangan pula terlalu besar agar tidak membuang-buang biaya.

Maka dari itu, tentukanlah kapasitas yang sesuai untuk website Kamu, apakah itu untuk blogging, toko online, forum, dan sebagainya.

Jika ada yang menawarkan penyimpanan di SSD, maka hal tersebut juga layak untuk dipertimbangkan karena SSD memiliki performa yang jauh lebih baik dibandingkan dengan hard disk drive konvensional.

Bandwith yang Sesuai

Sama seperti poin di atas, Kamu juga harus menentukan bandwidth yang sesuai dengan kebutuhan website Kamu. Jangan sampai bandwidth tersebut habis di tengah bulan sehingga website Kamu tidak bisa diakses lagi.

Jika sudah begitu, maka secara otomatis Kamu harus membeli bandwidth tambahan agar website tersebut bisa diakses lagi.

Maka dari itu, pilihlah web hosting yang menyediakan bandwidth yang besar dan mencukupi kebutuhan website Kamu.

Jika Kamu yang menawarkan bandwidth unlimited, maka hal tersebut jauh lebih baik karena Kamu tidak perlu lagi memikirkan masalah bandwidth ini.

Harga yang Sesuai

Tips memilih web hosting yang selanjutnya adalah dengan menentukan harga yang sesuai. Di sini saya tidak mengatakan harga yang murah karena harga murah belum tentu kualitasnya baik.

Yang harus Kamu pilih adalah web hosting yang memiliki kualitas dan fitur terbaik namun paketnya ditawarkan dengan harga yang sesuai dan terjangkau.

Customer Support

Perlu Kamu Ketahui Cara Memilih Web Hosting Terbaik

Kualitas web hosting yang bagus belum lengkap tanpa adanya pelayanan customer support yang mumpuni.

Maka dari itu, pilihlah web hosting dengan customer support yang siap siaga selama 24 jam untuk membantu mengatasi permasalahan pada website Kamu.

Jika Kamu berniat memindahkan website dari satu web hosting ke yang lainnya, maka pastikan web hosting Kamu membantu proses migrasinya.

Beberapa web hosting Indonesia seperti domainesia.com bahkan menawarkan bantuan migrasi tanpa biaya tambahan sepeser pun.

Nah, itulah dia 5 tips memilih web hosting yang harus Kamu perhatikan jika ingin membangun sebuah website baru. Pastikan Kamu memilih web hosting yang tepat agar para pengunjung selalu merasa nyaman ketika mengunjunginya.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News