Tutorial Membuat dan Menggunakan Akun Twitter Baru

Selain Facebook, Twitter merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat indonesia saat ini. Situs micro-blogging ini memang cukup sederhana dan mudah untuk digunakan.

Jika Kamu belum memiliki akun di situs jejaring sosial ini, berikut Xiaomi akan mengulas secara lengkap langkah-langkah membuat akun Twitter baru.

Langkah 1

Bukalah situs Twitter, kemudian isilah kolom pendaftaran yang terdapat di sebelah kanan bawah dengan nama, alamat email, dan kata sandi. Setelah itu klik tombol “Daftar ke Twitter”. jika Kamu belum memiliki alamat email, silahkan baca tutorial membuat email Gmail dan Yahoo Mail di sini.

Langkah 2

Di halaman selanjutnya Kamu harus memilih nama pengguna yang akan digunakan. Sangat disarankan untuk memilih nama pengguna yang pendek saja agar tidak menghabiskan jatah karakter ketika menulis tweet baru.

Pasalnya, Twitter hanya mengizinkan pengguna untuk menulis tweet dengan maksimal 140 karakter. Setelah itu, klik tombol “Buat akun saya”.

Langkah 3

Selanjutnya Kamu akan diperkenalkan dengan berbagai macam fitur Twitter. Yang pertama Kamu harus mengikuti 5 akun Twitter lain. Kemudian Kamu juga akan ditawarkan untuk mengikuti berbagai macam akun Twitter lain dari berbagai kategori.

Setelah itu Kamu dapat mencari teman di kontak email Kamu yang sudah bergabung di Twitter. Kamu dapat melewati semua langkah ini dengan mengklik tombol “Lewati” yang terdapat di sebelah kiri bawah.

Langkah 4

Unggahlah foto profil Kamu dengan ukuran maksimal 700 kb. Isi juga kolom Bio yang mendeskripsikan diri Kamu secara singkat seperti pekerjaan, hobi, dan lainnya.

Langkah 5

Lakukan verifikasi email dengan cara membuka email yang dikirim oleh Twitter ke alamat email Kamu . Klik tombol “Konfirmasi akun Kamu sekarang” atau klik tautan yang ada di bawahnya.

Langkah 6

Selamat! Akun Twitter baru Kamu telah berhasil dibuat. Cara di atas juga tidak jauh berbeda jika Kamu mendaftarkan akun baru Twitter lewat hp atau tablet.

Kini Kamu dapat mulai berinteraksi dengan teman lama atau teman baru Kamu di Twitter. Kamu juga dapat mengatur tampilan serta berbagai macam hal lainnya di menu pengaturan.

Selain dapat digunakan langsung di website versi dekstop atau versi mobile, Twitter juga biasanya digunakan dengan aplikasi client khusus seperti Tweetcaster, Tweetdeck, Ubersocial, dan lainnya.

Jika Kamu belum begitu familiar dengan istilah-istilah di Twitter, berikut kami akan memberikan sedikit penjelasannya :

Tweet

Tweet merupakan elemen utama dari Twitter yang dapat digunakan untuk update status seperti di Facebook.

Membalas tweet dari pengguna lain, dan masih banyak lagi. Jumlah tweet pada Twitter dibatasi hingga maksimal 140 karakter saja.

Retweet

Retweet merupakan sebuah cara untuk membagikan ulang tweet yang dibuat oleh pengguna lain. Terdapat dua jenis retweet, yang pertama adalah retweet langsung tanpa memberikan komentar. Retweet jenis ini hanya bisa digunakan untuk tweet dari akun Twitter yang tidak digembok alias diproteksi.

Jenis retweet yang selanjutnya adalah retweet dengan memberikan komentar terhadap tweet tersebut. Retweet jenis ini menyertakan “RT” di depan tweet yang ingin di-retweet.

Sayangnya fitur retweet ini hanya terdapat pada aplikasi client Twitter seperti Tweetdeck, Tweetcaster, dan lainnya.

Mention

Mention merupakan cara untuk menyebut seseorang dengan menggunakan simbol @ di depan nama pengguna yang ingin disebut.

Pengguna yang di-mention akan diberi tahu sehingga dapat membalas mention yang Kamu berikan tersebut.

Jika Kamu menaruh mention ini di depan tweet Kamu , maka hanya Kamu , orang yang di-mention, serta pengguna yang memgikuti Kamu berdua saja yang bisa melihatnya.

Namun jika Kamu menaruh mention tersebut di tengah atau di belakang tweet, maka semua follower Kamu akan dapat melihatnya.

Direct Message (DM)

Direct message merupakan pesan rahasia antara dua pengguna saja. Pesan ini juga tetap dibatasi maksimal 140 karakter saja. Kamu dapat mengatur apakah ingin menerima direct message dari orang yang Kamu ikuti saja atau dari semua orang.

Hashtag (#)

Hashtag digunakan untuk menandai topik pembicaraan tertentu, seperti #Ramadhan, #HappyBirthday, dan lainnya. Hashtag ini dapat diklik untuk kemudian Kamu akan dibawa kepada tweet dari pengguna lain yang menggunakan hashtag serupa meskipun pengguna tersebut tidak Kamu ikuti.

Trending Topic

Trending topik merupakan topik pembicaraan yang sedang hangat dibicarakan di Twitter. Trending topic dapat dibagi berdasarkan wilayah atau waktu tertentu. Selain itu, terdapat pula trending topic dunia yang dikenal dengan istilah Trending Topic World Wide (TTWW).

Upload Foto dan Video

Tidak seperti Facebook yang dapat digunakan untuk mengunggah foto dan kemudian memasukannya ke dalam sebuah album, Kamu hanya dapat mengunggah foto atau video dalam sebuah tweet saja.

Untuk mengunggahnya Kamu hanya tinggal mengklik tombol tambahkan foto ketika menulis tweet baru. Selain itu, Kamu juga bisa langsung menaruh link dari situs penyimpanan foto dan video pihak ketiga.

Itulah beberapa tips dasar mengenai cara menggunakan Twitter bagi para pemula. Jika Kamu memiliki pertanyaan lain mengenai hal yang belum dipahami, silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar di bawah ini.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News