Mengilik Kelebihan & Kekurangan Redmi Note 12 Pro 4G LTE

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 Pro 4G yang secara resmi telah masuk ke Indonesia dengan harga kelas menengah. Perangkat ini menjadi penerus dari generasi sebelumnya Redmi Note 11 Pro 4G yang minim peningkatan.

Secara spesifikasi Redmi Note 12 Pro 4G terlihat mirip dengan pendahulunya. Mulai dari layar, performa, kamera hingga baterainya.

Meski begitu, perangkat ini masih bisa bersaing dengan beberapa vendor lain di kelas harganya. Spesifikasinya masih terbilang mumpuni untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dan bermain game.

Redmi Note 12 Pro 4G membawa sejumlah kekurangan yang harus dipertimbangkan oleh calon konsumen. Agar tidak salah beli, sebaiknya simak ulasan kami berikut ini.

Sebelum membaca artikel lebih lanjut, sebaiknya melihat spesifikasi Redmi Note 12 Pro 4G terlebih dahulu. Bagi Kamu yang penasaran, di bawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan Redmi Note 12 Pro 4G.

Spesifikasi Redmi Note 12 Pro

Mengilik Kelebihan & Kekurangan Redmi Note 12 Pro 4G LTE

  • Layar AMOLED 6.67 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 732G
  • RAM 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB
  • Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Redmi Note 12 Pro

Redmi Note 12 Pro datang sebagai sebuah penegasan seperti apa seharusnya sebuah smartphone kelas menengah premium di tengah minimnya fitur HP yang rilis di 2021 dan 2022. Berikut poin kelebihannya.

1. Dukungan Pengisian Cepat 67 Watt

Guna menemani aktivitas para pengguna, Redmi Note 12 Pro 4G juga sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas sebesar 5.000 mAh yang sudah menjadi standar ponsel masa kini. Kamu pun tak perlu takut perangkat tersebut akan cepat kehabisan daya saat digunakan seharian penuh.

Terlebih lagi apabila terpaksa melakukan pengisian daya, Redmi Note 12 Pro 4G juga sudah membawa dukungan 67W Turbo Charge.

Teknologi ini mampu mempersingkat prosesnya sehingga tak perlu waktu lama agar perangkat dapat digunakan kembali.

2. Speaker yang Oke dan Sensor yang Lengkap

Mengilik Kelebihan & Kekurangan Redmi Note 12 Pro 4G LTE

Bunyi yang dikeluarkan oleh HP ini tergolong lantang dan elemen bass-nya terdengar meski samar-samar. Karena memiliki sertifikasi Hi-Res, Redmi Note 12 Pro juga bisa menyetel audio beresolusi tinggi 24-bit/192kHz.

Selanjutnya, untuk masalah sensor, tidak ada satu pun yang terlewat di Redmi Note 12 Pro. Akselerometer, cahaya, giroskop, kompas (elektronik) ada. Sensor infra merah khas HP Xiaomi pun ada. Jangan lupa bahwa HP ini juga sudah mendukung NFC.

Hal yang menarik, Redmi Note 12 Pro juga mengadopsi dinamo getar yaitu Z-axis linear vibration motor (LVM). LVM – yang punya prinsip kerja memproduksi getaran berdasarkan gerakan dinamo naik-turun – menawarkan vibrasi lebih baik dan umur lebih panjang ketimbang dinamo getar ERM.

Kehadiran Z-axis linear ini menjadi nilai plus mengingat banyak HP di kelas menengah era 2021 sampai 2022, tidak punya fitur ini.

3. Layar Tetap Keren, Ada Dolby Vision

Redmi Note 12 Pro 4G termasuk salah satu ponsel yang bisa dipertimbangkan saat kita gemar mengonsumsi konten multimedia. Perangkat menengah tersebut soalnya sudah membawa layar dengan spesifikasi yang dapat memanjakan mata.

Di samping sudah memakai panel AMOLED yang mendukung tingkat kecerahan sampai 1.100 nit, layar miliknya pun mempunyai refresh rate hingga 120Hz. Ini mengartikan bahwa ponsel tersebut bakalan mampu menampilkan konten dengan animasi yang lebih mengalir sehingga terlihat lebih mulus.

Layar yang digunakan oleh Redmi Note 12 Pro 4G apalagi juga mendukung Dolby Vision. Bagi kamu yang belum tahu, teknologi ini dirancang untuk membantu meningkatkan kualitas visual pada sebuah panel dengan mengolah kecerahan, warna, maupun ketajaman konten.

4. Adanya IP53 dan Corning Gorilla Glass 5

Nilai jual Redmi Note 12 Pro jadi lebih menarik. Pasalnya, layar HP ini sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5. Pelindung Corning Gorilla Glass 5 juga tersemat di bodi belakang Redmi Note 12 Pro.

Fitur ini memang hadir di Redmi Note 10 Pro yang memang punya desain totalitas. Ini membuat Redmi Note 12 Pro juga punya “ruh” yang sama. Termasuk kehadiran tetap adanya sertifikasi tahan percikan air dan debu IP53 yang membuat Kamu kini tak perlu khawatir ketika gerimis hujan mengenai si ponsel.

5. Cip Lama tapi Masih Mumpuni

Snapdragon 732G sebagai dapur pacu atau SoC (System on Chip) di Redmi Note 12 Pro. Pasalnya, Snapdragon 723G adalah cip yang populer dipakai dipakai di 2020 atau awal 2021.

Di 2023, sudah jarang yang memakai cip Snapdragon 732G, atau malah tidak ada. Namun, bukan berarti cip ini jelek yah. Bisa dibilang, Snapdragon 732G merupakan cip kelas menengah yang oke. Hanya saja proses fabrikasinya masih memakai 8 nm, bukan 6 nm seperti halnya Snapdragon 695 5G.

Untuk performa nyatanya, Redmi Note 12 Pro punya performa yang unggul di kelasnya. Youtuber Izzi Boye meyakini hal tersebut. Ia mengatakan kalau Redmi Note 12 Pro punya performa yang solid secara keseluruhan.

6. Kamera Mumpuni

Yang tak boleh dilewatkan, Redmi Note 12 Pro 4G juga menawarkan sistem kamera yang mumpuni sebagai salah satu keunggulannya. Ponsel kelas menengah tersebut soalnya sudah mengemas sensor Samsung ISOCELL HM2 yang mempunyai resolusi hingga 108MP.

Sensor utama kamera Redmi Note 12 Pro 4G ini tentu dapat diandalkan untuk menangani berbagai macam proses pengambilan gambar.

Perangkat tersebut apalagi juga membawa sistem multilensa dengan lensa sudut lebar 8MP, makro 2MP, dan kedalaman 2MP sebagai tambahan.

Berbekal sistem kamera ini, Redmi Note 12 Pro 4G tak hanya menawarkan hasil pengambilan foto yang lebih baik.

Perangkat tersebut pun bisa menghasilkan video dengan resolusi tinggi hingga 4K @30fps berkat ISP (Image Signal Processor) dari chipset-nya.

Kekurangan Redmi Note 12 Pro

Kesempurnaan adalah suatu kemustahilan yang letaknya ada di alam pikiran. Segala produk bikinan manusia pasti punya kekurangan. Hanya, kekurangan itu bisa saja Kamu maklumi, tapi bisa saja tidak. Karena itu, mari simak kekurangan yang ada di Redmi Note 12 Pro.

1. Sekadar Refresh Desain yang Tidak Berkesan

Karena berulang-ulang menyebut kalau Redmi Note 12 Pro adalah “jelmaan” Redmi Note 10 Pro, maka sudah sepantasnya untuk tidak mengapresiasi ponsel ini secara keseluruhan.

Setidaknya, menurut pandangan saya, Redmi Note 12 Pro hanya punya desain yang agak beda saja dibanding Redmi Note 10 Pro.

Selebihnya masih sama. Kalaupun ada kelebihan paling hanya di sisi kehadiran Dolby Vision dan pengisian cepat 67 watt. Selebihnya cukup serupa. Desain yang dihadirkan juga tidak benar-benar baru dan cenderung membosankan.

2. Masih Memakai Android 11 yang Usang di 2023

Hal yang disayangkan, Redmi Note 12 Pro justru masih memakai Android 11, tipe Android yang umum hadir saat Redmi Note 10 Pro keluar.

Meski menawarkan MIUI 13, ternyata, Redmi Note 12 Pro masih berbasi Android 11, bukan Android baru di 2023, yakni Android 13. Memang bakal ada update 2 tahun untuk HP ini.

Hanya saja, apakah update ini sebatas 2 kali update? Atau justru update 2 tahun yang membuat sistem operasi bisa dapat pembaruan sampai 2 tahun kedepan, yang artinya bisa lebih dari Android 13?

Tentu hanya waktu yang menjawabnya. Sektor ini sangat disayangkan, apalagi para pengguna HP ini juga harus berkompromi dengan kehadiran iklan

3. Untuk Kelas Harganya Seharusnya Sudah 5G

Redmi Note 12 Pro yang dijual resmi di Indonesia hadir dengan dua varian. Varian pertama adalah RAM 6 GB dengan storage 128 GB. Harga varian ini adalah Rp3.399.000.

Sementara varian kedua adalah RAM 6 GB dengan storage 256 GB yang dibanderol dengan harga Rp3.899.000.

Kesimpulan

Redmi Note 12 Pro bisa dibilang memberikan standar yang baik untuk sektor kamera bagi HP kelas menengah. Mengingat di kelas menengah jarang ada yang punya kemampuan rekaman kamera seperti Redmi Note 12 Pro. Setidaknya untuk 2022 dan 2023.

Sayangnya, Redmi Note 12 Pro ini jadi kurang menarik karena hanya mendaur ulang produk lama dengan tambahan fitur sedikit. Tampaknya, Xiaomi masih punya stock chipset Snapdragon 732G sehingga mereka meracik kembali produk lama dengan tambahan sedikit fitur.

Kalau yang memang butuh pada kemampuan kamera, Redmi Note 12 Pro bisa jadi pilihan oke.

Namun, jika butuh HP yang oke secara keseluruhan, dan dapat pembaruan sistem yang lebih baru, Redmi Note 12 Pro bukanlah pilih oke. Terlebih HP ini hanya mendukung jaringan 4G.

 

 

 

 

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News