Kelebihan & Kekurangan Redmi A2

Hadir sebagai suksesor dari Redmi A1, HP Redmi A2 bisa jadi pilihan untuk Kamu. Terlebih bila Kamu sedang mencari HP di kelas harga terjangkau. HP ini hadir dengan spesifikasi dan fitur khas lini ponsel entry-level. Salah satunya adalah sistem operasi Android Go.

Tentu, HP ini menarik untuk dibahas meski tak banyak ubahan yang dihadirkan. Redmi A2 setidaknya menyuguhkan performa yang oke di kelasnya, berkat kehadiran chipset kelas entri teranyar dari MediaTek.

Kira-kira apa saja yang jadi kelebihan dan kekurangan Redmi A2? Simak spesifikasi dari HP Redmi A2 yang hadir dengan desain minimalis modern ini.

Spesifikasi Redmi A2

Kelebihan & Kekurangan Redmi A2

  • Layar IPS LCD 6.52 inci
  • Chipset MediaTek Helio G36
  • RAM 2 GB, 3 GB
  • Memori Internal 32 GB
  • Kamera 8 MP (wide) 0.3 MP (depth)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Redmi A2

Selain tawarkan chipset baru, ada beberapa aspek lain yang jadi kelebihan Redmi A2. Berikut daftarnya.

1. Layar IPS LCD yang Cukup Luas untuk Kelas Harganya

Redmi A2 masih pakai layar berdimensi 6.52 inci dengan resolusi 720 x 1600 pada aspek rasio 20:9. Layarnya sudah menggunakan panel IPS LCD. Meski resolusinya masih HD+, layar Redmi A2 mampu memberikan tampilan yang oke untuk HP di kelasnya.

Serupa dengan Redmi A1, tingkat kecerahan layarnya mencapai 400 nit. Jadi, Kamu bisa mengandalkan sektor layar HP ini meski sedang beraktivitas di bawah terik matahari.

Redmi A2 hadir dengan rasio bodi-ke-layar 81.00%. Sudah tentu, bezel di setiap sisi depannya ini tipis. Layarnya hadir dengan waterdrop notch. Poni seperti ini memang tergolong jadul, tapi juga memberi kesan luas pada layar HP ini.

Dengan sektor layar yang dibawa, Redmi A2 masih nyaman untuk digunakan bermain game dan nonton film favorit Kamu.

2. Tawarkan Android Go Edition yang Lebih Ramah Spek

Sama dengan pendahulunya, Redmi A1 membawa sistem operasi Android Go. HP ini pun tak menggunakan MIUI seperti HP Redmi atau Xiaomi lainnya. Google mengklaim Android Go mampu suguhkan performa 30% lebih kencang ketika membuka aplikasi.

Di sistem operasi ini, Kamu masih bisa menikmati fitur dan aplikasi bawaan Google, tapi dalam versi yang lebih ringan. Contohnya adalah Google Go, Gallery Go, Assistant Go, Google Play Services, Find My Device, hingga fitur untuk menerjemahkan teks melalui Google Lens.

Sayangnya, Kamu tak dapat menggunakan fitur picture-in-picture atau PIP di Android Go. Fitur ini biasanya membantu untuk menjalankan video atau musik di latar belakang. J

adi, Kamu tak perlu menutup jendela video kalau mau membuka aplikasi lain. Walau begitu, kehadiran Android Go di Redmi A2 jadi kelebihan tersendiri. Terlebih, ketidakhadiran MIUI membuat HP tak dibanjiri oleh bloatware yang mengganggu.

Tenang, masih ada kabar baik lainnya. Xiaomi menjamin keamanan perangkat dengan menghadirkan layanan software update hingga 2 tahun sejak masa pemakaian Redmi A2.

3. Desain Kece dengan Tekstur Kulit Imitasi

Redmi A2 masih mengusung desain yang sama dengan Redmi A1. Desainnya kece dan minimalis meninggalkan kesan wah saat tim Carisinyal menatap bodi HP ini. Bagian bodi belakangnya memang masih pakai lapisan polikarbonat.

Namun, kehadiran tekstur ala kulit imitasi bikin HP-nya terkesan mahal. Tekstur ini juga mampu mengurangi bekas sidik jari yang menempel di bagian bodinya.

Redmi A2 hadir dengan bobot seberat 192 gram. Dimensinya ada di angka 164.9 mm (panjang) dan 76.8 mm (lebar). Ketebalan HP ini mencapai 9.1 mm. Bodi Redmi A2 memang tidak begitu tipis dan ringan, tapi masih nyaman saat digenggam.

Redmi A2 tersedia dalam dua varian warna yang berbeda: Black dan Light Blue. Kamu bisa memilih warna HP-nya sesuai keinginan. Dua-duanya tetap akan membuat Kamu tampil lebih kece.

4. Baterai 5.000 mAh yang Cukup Awet

Baterai berkapasitas besar dan awet jadi hal wajib dalam smartphone masa kini. Hal ini diamini oleh Xiaomi dengan menghadirkan baterai 5.000 mAh pada Redmi A2.

Redmi A2 mengusung port pengisian daya microUSB yang mendukung pengecasan 10 W. Xiaomi mengklaim baterai HP ini mampu bertahan seharian.

Dengan kapasitas baterai ini, Redmi A2 mampu menjajal berbagai aktivitas. Sebut saja seperti menonton video selama 19 jam, menelepon selama lebih dari 24 jam, dan membaca selama kurang lebih 33 jam.

5. Hadir dengan 3-Card Slot

Redmi A2 mengusung kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang tak terlalu besar. Untungnya, Redmi A2 menawarkan tiga slot terpisah. Salah satunya ada slot untuk microSD.

Jadi, Kamu masih bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan memori eksternal hingga 1 TB. Kehadiran memori eksternal tentu akan sangat membantu Kamu dalam menyimpan file dengan ukuran besar.

Selain slot untuk microSD, ada pula dua slot khusus untuk kartu SIM. Dengan begini, Kamu dapat memakai dua nomor berbeda di HP yang sama. Praktis, Kamu tak perlu menggunakan kartu SIM dan microSD secara bergantian.

6. Chipset yang Sedikit Lebih Baik Dibanding Sebelumnya

Redmi A2 mengusung chipset kelas entri dari MediaTek, yakni Helio G36. Kehadiran chipset ini seolah jadi angin segar. Chipset ini didukung dengan MediaTek HyperEngine 2.0 Lite yang terdiri dari Networking dan Resource Management Engine 2.0.

Dikutip dari laman resmi MediaTek, kedua teknologi ini dinilai sanggup menyuguhkan opsi konektivitas yang lebih baik, dan membantu perangkat agar dapat menjalankan game dengan lebih lama.

MediaTek Helio G36 juga menghadirkan improvements di sektor kamera. Salah satunya adalah fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang mampu menghasilkan foto berkualitas.

Berdasarkan hasil uji YouTuber Rincon Tecnologico, Redmi A2 dengan MediaTek Helio G36 meraih skor AnTuTu sebanyak 105.106. Jangan harap HP ini bisa dipakai untuk melibas game berat seperti PUBG Mobile atau Genshin Impact dengan lancar.

7. Hasil Foto Memuaskan di Kelasnya

Redmi A2 masih mengusung sektor kamera yang sama dengan pendahulunya. Di bagian belakang bodi ada dual camera yang berisikan sensor wide-angle 8 MP dengan bukaan f/2.0. Lalu, ada pula lensa kamera 0.08 MP untuk sensor kedalaman (depth sensor).

Fitur tambahan pada kameranya juga tak jauh berbeda. Ada LED Flash dan juga HDR saja. Tidak tersedia fitur spesial seperti mode malam, pro atau panorama. Kabar baiknya, masih ada mode portrait, short video dan juga time-lapse yang bisa Kamu coba.

HP ini mendukung perekaman video dengan dua resolusi berbeda, yakni 720p dan 1080p. Sayang, keduanya tak mendukung frame rate lebih dari 30fps. HP ini belum dibekali dengan fitur stabilisasi apa pun. Jadi, sudah pasti hasil rekaman videonya bakal shaky.

Di bagian depan, ada kamera berukuran 5 MP pada bukaan f/2.2 yang masih bisa diandalkan untuk swafoto dan video call.

Kekurangan Redmi A2

Dibalik kelebihan, sudah pasti terdapat beberapa kekurangan. Redmi A2 pun tak luput dari hal ini. Lantas, apa saja yang jadi turn offs dari Redmi A2?

1. Tanpa Sensor Sidik Jari

Sensor pemindai sidik jari alias fingerpint sudah jadi fitur yang umum dan krusial. Termasuk pada HP di lini kelas bawah. Kehadiran sensor ini mampu memberi keamanan ekstra pada HP. Apalagi bila perangkat yang Kamu punya banyak menyimpan hal penting. Tentu, Kamu tak ingin HP dibuka secara sembarangan oleh orang lain.

Sayang, Redmi A2 tak mengusung fitur penting ini. Padahal, sudah banyak sekali HP di kelasnya yang memiliki fitur pemindai sidik jari, bahkan face unlock sekali pun. Sebagai contoh, ada Infinix Smart 6 dan Infinix Hot 12i yang sudah punya sensor sidik jari.

2. RAM Terasa Kurang untuk 2023

Memiliki HP dengan RAM 2 atau 3 GB seperti Redmi A2 memang terasa kagok. Kegiatan multitasking tak dapat dilibas dengan baik, sehingga bisa mengganggu aktivitas harian Kamu.

Meski ada fitur ekstensi RAM hingga 2 GB, tetap saja kapasitasnya masih dirasa kurang untuk masa kini.

Dengan kapasitas RAM kecil, kemungkinan akan ada kendala tertentu yang Kamu alami saat menjalankan aplikasi di HP.

3. Minim Sensor + Tidak Mendukung WiFi Dual Band

Redmi A2 hanya didukung dengan sensor akselerometer saja. Tidak ada sensor kompas dan giroskop di HP ini. Hal ini menjadikan HP Redmi A2 tidak cocok untuk Kamu yang bekerja dengan mengandalkan Google Maps.

Protokol WiFi Redmi A2 juga hanya dapat terhubung dengan pita jaringan 2,4 GHz saja. Ini akan menjadi bermasalah saat Kamu harus memakai konektivitas WiFi dengan frekuensi di atasnya. Koneksi WiFi-nya pun bisa tak terdeteksi oleh perangkat Kamu.

Kesimpulan

Redmi A2 memang bukan jawara di lini HP 1 jutaan. Masih ada HP seperti Samsung Galaxy A04 yang bisa Kamu pilih. Apalagi bila Kamu membutuhkan HP dengan sensor sidik jari dan kelengkapan sensor yang oke.

Tampaknya, Redmi A2 juga kurang pas buat Kamu yang senang memainkan game berkinerja tinggi. Batasan HP dengan harga terjangkau ini ada di sini. Ia hanya mampu menjajal aktivitas ringan saja. Jadi, kalau Kamu mencari HP gaming murah, Redmi A2 bukan pilihan tepat.

Namun, kalau Kamu mencari HP dengan kamera oke di harga 1 jutaan, Redmi A2 bisa dipertimbangkan. Bagaimana, Kamu tertarik untuk membawa pulang Redmi A2?

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News