Yuk, Kenali Kelebihan & Kekurangan Redmi 8A Pro

Embel-embel nama “Pro” biasanya disematkan pada produk ponsel di kelas harga menengah dan produk ponsel kelas atas. Hal berbeda terjadi dengan Redmi 8A Pro, sebuah ponsel di kelas harga murah atau entry-level.

Embel-embel “Pro” mensyaratkan kalau ponsel ini istimewa. Padahal harganya ada di Rp1 jutaan. Embel-embel “Pro” sendiri menegaskan kalau Redmi 8A Pro merupakan ponsel yang memiliki spesifikasi lebih baik dari saudaranya, Redmi 8A, Satu hal lagi, di luar, Redmi 8A Pro sebenarnya memiliki nama lain, yakni, Redmi 8A Dual.

Pertanyaannya sekarang, apakah Redmi 8A Pro ini memang terasa lebih “Pro” dibandingkan saudaranya? Untuk menjawabnya, mari simak kelebihan dan kekurangan Redmi 8A yang telah Kami susun berikut ini.

Spesifikasi Redmi 8A Pro

Yuk, Kenali Kelebihan & Kekurangan Redmi 8A Pro

  • Rilis: April 2020
  • Layar: IPS LCD, 6,22 inci, HD+
  • Chipset: Snapdragon 439
  • GPU: Adreno 505
  • RAM: 2 GB dan 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Redmi 8A Pro

Apa saja yang kelebihan ditawarkan oleh Redmi 8A Pro? Untuk mengetahuinya, mari simak berbagai kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh Redmi 8A Pro berikut ini!

1. Kamera yang Oke di Kelasnya

Yuk, Kenali Kelebihan & Kekurangan Redmi 8A Pro

Redmi 8A Pro datang dua kamera di bagian belakang. Kedua kamera ini terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera untuk efek kedalaman 2 MP. Kamera utama 13 MP di ponsel ini hadir dengan bukaan f/2.2 dan sudah mendukung PDAF.

Hadirnya kamera efek kedalaman atau depht menjadi pembeda tersendiri antara Redmi 8A Pro dan Redmi 8A.

Channel Youtube Phone Stein, mengatakan kalau hasil tangkapan ponsel ini tergolong layak. Tentu layak untuk di kelas harganya.

Hasil fotonya bisa dikatakan bagus ketika menangkap gambar di kondisi terang. Hanya saja, jangan berharap hasil kameranya memiliki detail dan dynamic range yang baik.

Bisa disimpulkan, hasil tangkapan kamera ponsel ini tergolong bagus untuk kelas harganya. Bahkan, menurut Phone Stein, hasil rekaman video dari ponsel ini juga termasuk oke.

2. Desain yang Bagus

Ponsel ini sendiri menawarkan dimensi 156.5 x 75.4 x 9.4 mm dan bobot 188 gram ini. Desainnya masih berbahan plastik yang dibangun dengan desain yang solid sehingga membuat ponsel ini tergolong oke.

Tampilannya tergolong oke, mirip seperti saudaranya. Hanya saja garis desain dari Redmi 8A Pro terasa lebih premium. Xiaomi menyebut desain ponsel ini dengan Aura X Grip Design.

Desain yang dihadirkan memang tergolong menarik. Apalagi Redmi 8A Pro datang dengan tiga model cantik, yakni: Sea Blue, Sky White, dan Midnight Grey.

3. Daya Tahan Baterai yang Lama

Redmi 8A Pro memiliki kapasitas baterai yang sama dengan Redmi 8A. Kapasitas baterai yang ditawarkan oleh ponsel ini adalah 5.000 mAh.

Menurut channel AD Review, daya tahan baterai ponsel ini bisa bertahan sampai 2 harian dengan penggunaan tes kamera, main media sosial, dan main gim. Dengan penggunaan tersebut, baterainya juga masih sisa.

4. USB Type-C dan Fast Charging 18W

Redmi 8A Pro sudah mendukung USB Type-C, sama seperti saudaranya, Redmi 8A dan Redmi 8. Hadirnya port USB Type-C di ponsel ini, menambah daftar ponsel Rp1 jutaan yang telah memiliki port USB Type-C.

Selain itu, Redmi 8A Pro mendukung teknologi pengisian cepat alias fast charging 18W. Dengan teknologi ini, baterai Redmi 8A dapat terisi dengan cepat.

Hanya saja, charger yang digunakan tentunya harus charger 18W. Sementara di kotak penjualan, Redmi 8A Pro hanya menghadirkan charger 10W .

5. Layar yang Cerah dengan Corning Gorilla Glass 5

Redmi 8A Pro datang dengan layar IPS LCD 6,22 inci. Dimensi layar ini serupa dengan Redmi 8A. Bahkan, resolusi layar dan spesifikasi layar lainnya serupa dengan Redmi 8A, yakni 720 x 1520 piksel, rasio layar 19:9, dan kerapatan layar 270 ppi.

Layar dari Redmi 8A Pro sendiri tergolong cerah. Serupa dengan tingkat cerah yang ditawarkan oleh Redmi 8A. Hal ini karena kedua ponsel ini diklaim sama-sama menawarkan tingkat kecerahan 400 nits.

Redmi 8A Pro juga dibekali dengan pelindung layar, serupa dengan Redmi 8A. Pelindung layar tersebut adalah Corning Gorilla Glass 5. Tentu dengan hadirnya pelindung Corning Gorilla Glass, membuat sektor layar di ponsel ini jadi satu kelebihan tersendiri.

6. Performa Tergolong Oke di Kelasnya

Redmi 8A Pro hadir dengan chipset Snapdragon 439. Chipset ini didesain dengan proses fabrikasi 12nm.

Dengan angka Antutu 90 ribuan, ponsel ini jelas tidak menawarkan performa gim yang kencang. Hanya kategori cukup bisa memainkan gim dengan pengaturan grafis rendah. Jelas, untuk penggunaan sehari-hari, performa dari ponsel ini masih cukup mumpuni.

Di kelas harganya, performa dari Redmi 8A Pro masih bisa diterima. Apalagi jika dikombinasikan dengan RAM 3 GB. Di pasar Indonesia, Redmi 8A Pro hadir dengan model RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Ada juga varian RAM 2 GB dengan memori internal 32 GB yang harganya sedikit lebih murah.

7. Tahan Cipratan Air

Kelebihan lain dari Redmi 8A Pro adalah fitur terhadap cipratan air. Fitur ini sebenarnya bukan fitur istimewa karena Redmi 8A juga memiliki fitur yang sama. Tetapi mempertahankan fitur ini di versi Pro yang harganya tetap di kelas Rp1 jutaan, tentu patut diapresiasi.

Kekurangan Redmi 8A

Setelah mengetahui kelebihan dari Redmi 8A Pro, selanjutnya mari bahas kekurangan dari Redmi 8A Pro. Setidaknya ada tiga poin kekurangan dari Redmi 8A? Berikut rinciannya.

1. Tidak Ada LED Notifikasi

Poin mengecewakan dari Redmi 8A Pro adalah tidak adanya LED notifikasi. Fitur ini memang tergolong sederhana tetapi fitur ini merupakan salah satu fitur yang sangat dibutuhkan.

Kenapa? Karena dengan adanya LED notifikasi, pengguna tidak perlu repot-repot membuka beranda atau menu ponsel untuk sekadar mengecek ada chat atau e-mail masuk.

2. Tidak Ada Infrared

Redmi 8A Pro adalah salah satu ponsel yang tidak mendukung infrared. Padahal, banyak HP dari Xiaomi yang mendukung fitur ini. Redmi 8A juga tidak mendukung infrared dan seharusnya versi Pro ini menghadirkan fitur infrared.

3. Tidak Ada Fingerprint

Jika tidak menghadirkan fitur Infrared, alangkah bagusnya jika Redmi 8A Pro dibekali sensor sidik jari. Memang ada sensor pengenalan wajah tetapi hal ini membuat Redmi 8A Pro sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Redmi 8A.

Kesimpulan

Redmi 8A Pro pada dasarnya adalah sebuah ponsel Redmi 8A dengan peningkatan yang minor. Embel-embel “Pro” di ponsel ini tidak terasa seperti “Pro” karena peningkatan paling menonjol hanya dari sisi hadirnya dua kamera belakang dan desain yang sedikit yang berbeda.

Spesifikasi lainnya, tidak ada hal yang terlalu istimewa yang ditawarkan oleh Redmi 8A Pro. Namun, di kelas harga Rp1 jutaan, Redmi 8A Pro tentu layak dipilih jika dibandingkan Redmi 8A.

Lalu, bagaimana jika dibandingkan Redmi 8? Redmi 8 lebih unggul di sensor kamera dengan bukaan yang lebih baik dan hadirnya sensor sidik jari. Berminat meminang Redmi 8A Pro?

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News