Memahami Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6 Pro

Xiaomi telah resmi meluncurkan lini produk tablet berikutnya yang bernama Xiaomi Pad 6 Pro pada April 2023. Tablet ini dipasarkan pada rentang harga menengah, dan difokuskan untuk memberikan pengalaman performa terbaik di kelasnya.

Sebagai salah satu brand yang sering mengutamakan kinerja, Xiaomi Pad 6 Pro pun dirancang dengan SoC Snapdragon 8+ Gen 1. Berbagai hal unik lainnya turut membuat tablet ini kian menggiurkan, seperti bodi premium yang kokoh dan mewah, layar dengan penampilan mulus, konektivitas unggul, dan masih banyak lagi.

Melihat dari spesifikasinya, tampaknya Xiaomi menargetkan kaum muda-mudi kreatif dan berjiwa produktif sebagai pangsa pasarnya.

Tidak heran, di dalam tablet memang sudah tersedia fitur-fitur produktivitas agar pengguna bisa bekerja di mana saja secara menyenangkan. Mau tahu lebih banyak lagi? simak poin-poin kelebihan dan kekurangan berikut ini ya.

Spesifikasi Xiaomi Pad 6 Pro

Memahami Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6 Pro

  • Layar IPS LCD 11 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
  • RAM 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal 256 GB, 512 GB
  • Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
  • Baterai Li-Po 8600 mAh

Spesifikasi selegkapnya…

Kelebihan Xiaomi Pad 6 Pro

Aktivitas apa pun akan lebih menyenangkan jika dilakukan pada perangkat yang memadai. Oleh karena itu, Xiaomi Pad 6 Pro pun hadir untuk meningkatkan pengalaman pengguna, baik saat bekerja maupun bermain. Simak beberapa kelebihannya berikut ini.

1. Performa Berkelas setara HP Flagship, Punya SoC Snapdragon 8+ Gen 1

Performa Xiaomi Pad 6 Pro tidak hanya lancar untuk pekerjaan ringan sehari-hari, melainkan untuk aktivitas berat juga. Di dalamnya, tersemat chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang menjadi salah satu SoC smartphone flagship paling oke di tahun 2022.

Xiaomi Pad 6 Pro juga dilengkapi dengan RAM LPDDR5 dan penyimpanan internal berjenis UFS 3.1, memberikan kecepatan tinggi saat loading gim dan aplikasi dan juga berpindah-pindah jendela aktif. Tidak lupa, tablet kelas atas ini juga memiliki sistem pendingin terdedikasi untuk meningkatkan performa.

Tersemat pula kartu pengolah grafis (GPU) Adreno 730 yang siap untuk membuat pengalaman gaming jadi semakin lancar dan menyenangkan. Laman resmi Xiaomi Pad 6 Pro menyebutkan kalau Genshin Impact bisa dimainkan pada frame rate rata-rata di 58,7 FPS.

Bukan untuk diragukan lagi, Xiaomi Pad 6 Pro sungguh dirancang untuk berikan performa terbaik untuk menghindari lagging dan stutter pada aktivitas gaming.

2. Layar 11 Inci dengan Refresh Rate 144 Hz

Xiaomi Pad 6 Pro disuguhkan dengan panel layar IPS LCD, masih sama dengan Xiaomi Pad 5 Pro yang jadi pendahulunya. Tablet yang dirilis pada tahun 2023 ini namun memiliki berbagai peningkatan kualitas.

Contohnya seperti meningkatnya laju penyegaran (refresh rate) dari 120 Hz menjadi 144 Hz, semakin mendukung pengalaman visual saat bermain face-paced game. Selain itu, layar berukuran 11.0 inci ini juga alami peningkatan resolusi menjadi 2,8K alias 1800 x 2880 piksel.

Tentu saja sertifikasi HDR10 dan Dolby Vision masih disuguhkan pada Xiaomi Pad 6 Pro, memastikan konten HDR bisa menampilkan rentang dinamis yang luas. Adapun pada aspek rasionya adalah 16:10 pada tingkat kerapatan piksel 309 ppi (pixel per inch).

Xiaomi menyematkan teknologi MEMC yang menjadi kompensator dinamis. Ini akan meningkatkan frame rate kondisi awal pada sebuah video agar bisa terlihat lebih mulus.

Mendukung tampilan 1 miliar warna, layar tersebut berada pada gamut DCI P3 dan melalui proses kalibrasi warna yang cukup ketat. Dikatakan, Xiaomi telah mengatur agar warna tampilan layar tablet konsisten dengan layar Xiaomi 13 Ultra dan Xiaomi TV.

Melihat layar terlalu lama bisa menjadi hal yang melelahkan, ini umum terjadi karena layar mengeluarkan emisi cahaya biru.

Karena layar tablet ini mengusung dua sertifikasi dari TUV Rheinland, emisi cahaya biru bisa diminimalisir. Tersedia juga teknologi layar DC Dimming yang bisa membuat temperatur warna pada layar mengikuti kondisi cahaya di sekitar.

3. Desain Menawan dengan Build Quality yang Premium

Memahami Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6 Pro

Xiaomi Pad 6 Pro yang dirancang dengan bahan material aluminium pada back cover dan frame. Lalu pada bagian layar, dilapisi dengan Gorilla Glass 3 agar lebih awet terhadap goresan.

Terasa mahal di tangan, Xiaomi Pad 6 Pro akan memberikan vibe sensasi kemewahan setiap digunakan. Belum lagi bahan aluminium terbilang lebih kokoh dibandingkan bahan material lain yang lebih umum, misalnya plastik polikarbonat.

Look atau tampilan dari tablet ini juga bisa dibilang kece. Tidak banyak neko-neko, sisi belakang terlihat begitu rapi dan bersih tanpa banyak aksen visual.

Yang cukup menarik perhatian adalah bentukan modul kameranya yang unik. Tablet menyajikan modul berbentuk persegi yang menunjukkan keberadaan dua kamera dan satu lampu LED Flash.

Terdapat setidaknya tiga buah opsi warna untuk varian yang rilis di Cina, yaitu black, far mountain blue, dan gold. Ketebalan tablet ini juga layak diacungi jempol karena hanya setipis 6,51 mm.

Mudah diselip di tas. Lalu pada bobotnya, Xiaomi Pad 6 Pro begitu nyaman digunakan lama-lama karena hanya seringan 490 gram.

4. Memerhatikan Sisi Kamera, Bisa Rekam 4K 60 FPS

Tidak banyak tablet yang memerhatikan unsur fotografi. Wajar, karena kebanyakan orang akan menggunakan smartphone ketimbang tablet untuk mengabadikan momen. Namun, untuk alasan apa pun, Xiaomi tidak segan membubuhkan konfigurasi kamera yang matang pada tablet ini.

Di belakangnya ada dua kamera. Kamera utamanya menggunakan Samsung S5KJN1 pada resolusi 50 MP yang berjalan pada quad bayer.

Kamera ini dapat menyatukan empat piksel berdekatan untuk membentuk satu piksel besar. Gunanya untuk menyerap lebih banyak cahaya agar detail foto yang dihasilkan lebih banyak lagi.

Pada kamera keduanya adalah depth sensor 2 MP yang punya fungsi penting dalam hasilkan efek bokeh berkualitas pada gambar. Xiaomi Pad 6 Pro juga tentunya bisa digunakan untuk selfie dan video call, menggunakan kamera depan 20 MP berjenis Sony IMX59.

kamera Xiaomi Pad 6 Pro juga dirancang agar bisa hasilkan rekaman video dengan ketajaman tinggi. Sebab, ia support terhadap resolusi hingga 4K di 60 FPS. Berkat resolusi dan frame rate yang tinggi, hasil video jadi lebih mudah diedit dan diunggah ke medsos tanpa membuat kualitasnya menurun drastis.

Kamera depan pada tablet ini alami peningkatan cukup drastis. Tidak hanya resolusi yang lebih besar, melainkan juga kini bisa merekam vlog pada frame rate 60 FPS di 1080p.

5. Punya Fitur Konektivitas Serba Unggul

Xiaomi Pad 6 Pro memamerkan protokol Wi-Fi 6E yang punya kecepatan lebih tinggi dibanding Wi-Fi 5 konvensional.

Bahkan perangkat ini sudah mendukung pita jaringan 6 GHz, berbeda dengan Wi-Fi 6 biasa yang hanya dapat terhubung ke up to 5 GHz. Ini tentu dapat membuat aktivitas harian jadi lebih cepat, seperti streaming tanpa buffering, pengunduhan file lebih lancar, video call tanpa delay, dan lain sebagainya.

Perangkat ini juga mendukung port USB Type-C 3.2 yang tergolong salah satu paling unggul di industri smartphone dan tablet. Yang semula USB Type-C 2.0 hanya mendukung transfer rate hingga 480 Mbps, maka kini USB-C 3.2 mendukung hingga 5 Gbps.

Kabar menariknya lagi, port USB tersebut mendukung display out sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan extend layar ke monitor eksternal.

Terdapat juga peningkatan dari versi Bluetooth dibandingkan generasi pendahulu, yakni dari Bluetooth 5.2 menjadi 5.3. Meski bedanya tidak terlalu signifikan, tapi pengguna bisa merasakan pengalaman TWS dan aksesoris nirkabel yang lebih baik lagi.

6. Baterai Jumbo dengan Fast Charging 67 W

Kapasitas baterai 8.600 mAh pada sebuah tablet masih layak dianggap besar, walau pun pesaingnya rata-rata juga menggunakan kapasitas yang tidak jauh berbeda. Di sisi lain, fast charging 67 W di tablet ini benar-benar sulit disaingi.

Protokol pengisian daya yang didukung perangkat ini adalah USB Power Delivery 3.0 dan Quick Charge 4. Xiaomi menyebutkan tablet bisa terisi fully charged dari kosong dalam waktu 1 jam.

Sedangkan untuk ketahanan baterainya, Xiaomi Pad 6 Pro disebutkan bisa bertahan hingga 47,9 jam dalam kondisi stand by mode, 12 jam pemutaran video, 16 jam browsing internet, dan hingga 120 jam dalam pemutaran musik.

7. Speaker dengan Suara Mantap

Xiaomi Pad 6 Pro yang mengusung quad speaker alias hanya empat. Entah keputusan apa yang mendorong Xiaomi menurunkan jumlah speaker, tapi yang penting, hasil suaranya tetap terdengar bagus dan enak didengar.

Suara bass-nya terdengar jelas, suara dengan frekuensi sedang juga dapat diperdengarkan dengan baik, jernih, dan jelas. Xiaomi Pad 6 Pro bisa menjadi sarana hiburan yang menyenangkan. Mendengarkan podcast di tablet ini juga akan terasa nyaman, sekalipun tanpa menggunakan earphone (tablet tidak sediakan 3.5 mm jack audio port).

Kekurangan Xiaomi Pad 6 Pro

Setelah dibuat terpukau dengan kelebihan-kelebihan tadi, kini waktunya mengenali Xiaomi Pad 6 Pro dari sisi sebelahnya. Ya, tablet ini memiliki beberapa hal yang mesti jadi perhatian sebelum membeli, yakni sebagai berikut.

1. Tanpa Jaringan Seluler

Jika sebelumnya Xiaomi Pad 5 Pro hadir dengan varian jaringan seluler, kini Xiaomi Pad 6 Pro berbeda. Ya, tablet generasi selanjutnya ini hanya memiliki varian jaringan Wi-Fi, atau yang biasa disebut Wi-Fi only.

Keberadaan support terhadap kartu SIM tentu akan membantu pengguna mengakses internet di mana pun dan kapan pun. Sayang, Kamu hanya bisa menghubungkan tablet di lokasi yang ada Wi-Fi-nya.

2. Tanpa Slot Memori Eksternal

Satu hal yang membuat penyimpanan di tablet ini terasa cepat boros adalah absennya slot memori eksternal. Xiaomi Pad 6 Pro sendiri memiliki tiga tingkatan kapasitas memori yaitu 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Untungnya, setiap opsi memberikan space cukup luas untuk menampung banyak aplikasi.

Tapi masalahnya, Kamu harus repot-repot memindahkan file dari tablet lama ke tablet baru. Beda halnya jika tablet memiliki slot memori eksternal, Kamu tinggal perlu pindahkan kartu microSD ke tablet baru untuk memindahkan semua file dengan praktis.

Kesimpulan

Xiaomi Pad 6 Pro tersedia di pasar Cina dalam harga 2.700 yuan atau sekitar Rp5,7 jutaan. Di harga tersebut, Kamu sudah dapat merasakan tablet gaming yang sekaligus cocok untuk fotografi dan videografi.

Bahkan tablet ini sudah mendukung display out yang pastinya akan sangat membantu dalam produktivitas. Tinggal tambahkan aksesoris keyboard, dan Xiaomi Pad 6 Pro pun sudah bisa dijadikan sebagai laptop cadangan.

Belum lagi adanya konektivitas Wi-Fi 6E sungguh mendukung ekosistem Smart Home. Meski banyak perangkat yang terhubung ke Wi-Fi yang sama, jaringan akan tetap ngebut dan stabil. Tapi ini tergantung faktor lainnya juga, seperti ISP dan router yang digunakan.

Penggunaan Xiaomi Pad 6 Pro yang versatile dan serba bisa membuatnya jadi salah satu kandidat tablet terbaik di kelas Rp5 jutaan. Tahun 2023 merupakan persaingan yang cukup ketat untuk tablet, karena ada beberapa kompetitor seperti OnePlus Pad dan Huawei MatePad 11 2023 yang turut dirilis. Jadi, tunggu apalagi? Tertarik bawa pulang Xiaomi Pad 6 Pro?

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News