Intip Kelebihan dan Kekurangan Tablet Redmi Pad SE

Redmi Pad SE rilis di Indonesia pada awal September 2023, ia sekaligus menjadi pelengkap dari Redmi Pad reguler yang sebelumnya sudah rilis duluan di Tanah Air pada 2022

Redmi Pad SE juga menjadi produk tablet Xiaomi termurah, membawakan serangkaian fitur canggih tanpa mengharuskan pengguna merogoh kocek terlalu dalam.

Desainnya yang ciamik dan modern dibalut dengan performa kencang, saya rasa Redmi Pad SE tidak perlu effort besar untuk menarik perhatian warga. Mau tahu seluk-beluknya lebih dalam? Simak berikut ini.

Spesifikasi Redmi Pad SE

Intip Kelebihan dan Kekurangan Tablet Redmi Pad SE

  • Layar IPS LCD 11 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 680
  • RAM 4 GB
  • Memori Internal 128 GB
  • Kamera 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 8000 mAh
  • Kelebihan & Kekurangan  Baca di sini

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Redmi Pad SE

Redmi Pad SE punya segudang kelebihan yang membuat tablet ini sungguh layak di harga entri. Terutama untuk penggunaan harian, produktivitas, bermain gim, dan menonton film. Yuk, simak penjabaran kelebihannya di bawah ini!

1. Menggunakan Chipset Snapdragon 680

Redmi Pad SE disematkan dengan Snapdragon 680 yang memiliki kinerja yang tergolong unggul setidaknya jika dibandingkan dengan Helio G85 yang jadi pesaingnya di harga sama.

Sejumlah fitur gaming turut hadir pada Snapdragon 680, seperti Game Jank Reducer dan Q-Sync. Dua fitur ini dipercaya dapat meningkatkan performa dan pengalaman gaming secara keseluruhan.

2. Layar 11 Inci, Punya Refresh Rate 90 Hz

Redmi Pad SE hadir dengan panel IPS LCD berukuran 11,0 inci pada resolusi WUXGA+ (1200 x 1920 piksel). Ukuran ini sedikit lebih besar dari Redmi Pad reguler yaitu 10,61 inci.

Layar Redmi Pad SE berada dalam aspek rasio 16:10 sehingga dapat menampilkan work area lebih luas ketimbang 16:9 konvensional tanpa mengharuskan pengguna banyak-banyak scrolling.

3. Baterai 8.000 mAh

Redmi Pad SE dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar di kelas harga entri, yakni 8.000 mAh untuk mendukung layarnya yang lebar.

Xiaomi mengklaim bahwa perangkat tablet entry-level ini dapat bertahan hingga 21 jam pemutaran video tanpa henti atau hingga 12 jam pada penggunaan gaming.

4. Kamera Selfie Cocok untuk Online Meeting

Konfigurasi kamera di Redmi Pad SE tergolong sederhana, walau sebenarnya tidak beda jauh dengan Redmi Pad biasa yang harganya lebih tinggi.

Di bodi belakang kameranya 8 MP dan kamera depan mengusung resolusi 5 MP (menurun dari yang awalnya 8 MP pada Redmi Pad), serta mengusung fungsi ultrawide.

5. Ada Jack Audio Port 3.5 mm

Kelebihan Redmi Pad SE ini berarti earphone kabel yang biasa kamu gunakan di HP kini bisa digunakan juga di tablet tersebut.

Jek ini berguna saat kamu hendak menghubungkan mikrofon eksternal pada tablet demi keperluan membuat konten.

Selain itu, terdapat juga slot microSD yang memungkinkan pengguna menyelipkan memori eksternal pada tablet, menambah kapasitas storage secara keseluruhan.

6. Bodi Kokoh Berbahan Metal

Tablet Redmi Pad SE menyajikan desain unibodi aluminium yang punya ketahanan berlebih ketimbang plastik yang biasa dimiliki tablet entry-level lainnya.

Perangkat dengan bahan aluminium biasanya hanya dimiliki ponsel atau tablet dengan rentang harga lebih tinggi.

7. Ram dan Storage Lega

Tablet ini dikemas dengan kapasitas storage 128 GB serta RAM hingga 8 GB. Ini sudah lebih dari cukup untuk menginstal apa pun kamu inginkan dalam sebuah tablet.

8. Ada 4 Stereo Speaker Dobly Atmos

Redmi Pad SE tidak hanya dibekali dengan port jek audio 3.5 mm, melainkan juga speaker stereo berkualitas sebanyak empat buah. Satu pasang terletak di atas bawah, dan sepasang lagi ada di atas, jika tablet digunakan dalam posisi portrait.

Kekurangan Redmi Pad SE

Kendati punya fitur dan benefit yang melimpah, Redmi Pad SE masih jatuh dari kata sempurna. Ini dikarenakan tablet memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya kalah saing ketimbang beberapa rivalnya. Di bawah ini adalah penjabaran kekurangannya.

1. Tanpa Jaringan Seluler

Redmi Pad SE hanya tersedia dalam varian Wi-Fi only pada protokol Wi-Fi 5 dual band. Jadi untuk Kamu yang ingin senantiasa membuat tablet terhubung dengan internet di mana pun Kamu berada, sebaiknya pilih tablet lain. Sebab, Redmi Pad SE tidak menyediakan jaringan seluler.

2. Tidak Pakai GPS, Penurunan Jenis Storage

Satu kekurangan yang cukup disayangkan pada tablet ini adalah tidak menggunakan fitur positioning sama sekali. Ini juga menjadi kekurangan yang dimiliki pada Redmi Pad reguler, sehingga pengguna tidak dapat mengetahui lokasi pengguna pada Maps.

Dalam hal ini, Redmi Pad SE kalah saing dengan Huawei MatePad SE yang sudah menyertakan GPS, GLONSASS, dan BDS sebagai fitur positioning-nya.

Ada pun kekurangan lain pada Redmi Pad SE adalah jenis storage-nya yang hanya eMMC 5.1, bukan UFS 2.2 seperti pada Redmi Pad biasa.

3. Dibanding Redmi Pad, Performaa Game Kalah Saing

Redmi Pad yang rilis di 2022 dibekali Heli G99. Chip Helio G99 adalah cip 4G terkencang untuk kelas menengah.

Karena itu, Redmi Pad tergolong cocok untuk bermain game. Redmi Pad SE justru hadir dengan cip 4G yang biasa saja.

Bukan jelek, namun kurang cocok untuk bermain game berat. Permainan seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact sebenarnya bisa dimainkan, asalkan pada pengaturan grafis yang disesuaikan.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News