Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 versi 4G LTE

Xiaomi akhirnya kembali merilis HP terbarunya di Redmi Note Series pada akhir Maret 2023. Kehadiran HP seri ini cukup dinanti oleh masyarakat Indonesia, terutama para pencinta produk Xiaomi alias Mi Fans.

Pasalnya, Redmi Note Series ini sering menawarkan berbagai fitur dan spesifikasi unggul dengan harga yang masih terjangkau.

Kali ini, Xiaomi merilis seri terbarunya yaitu Xiaomi Redmi Note 12 Series. Salah satu model yang hadir untuk seri kali ini adalah Redmi Note 12 atau Redmi Note 12 4G LTE.

Meski begitu, kemampuan dan spesifikasinya tidak jauh berbeda dari model lain. Sebagai model paling bawah, tentu HP ini dijual dengan harga yang paling murah. Nah, kira-kira, apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Redmi Note 12 ini? Yuk simak dibawah ini.

Spesifikasi Redmi Note 12

 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 versi 4G LTE

  • Layar AMOLED 6.67 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 685
  • RAM 4 GB, 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB
  • Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Kelebihan dan Kekurangan   Baca di sini

Kelebihan Redmi Note 12

Terdapat beberapa kelebihan dari Redmi Note 12 yang mesti dipertimbangkan. Mulai dari kemampuan layar, spesifikasi kamera unggulan, hingga kelengkapan lainnya.

Bahkan, Xiaomi sendiri menyebut bahwa Redmi Note 12 Series ini sebagai Jawara Tanpa Batas. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silakan simak beberapa daftar berikut ini.

1. Desain Menarik dan Tersertifikasi Tahan Cipratan Air dan Debu

 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 versi 4G LTE

Desain bodi dari Redmi Note 12 ini dibuat lebih datar di bagian bodi dan rame-nya. Namun, desain bodi datar ini justru kurang disenangi untuk sebagian orang. Sebab, bodi datar ini dinilai tidak lebih nyaman untuk digenggam daripada bodi lengkung. Apalagi jika sudut-sudutnya terkesan tajam.

Untungnya, Redmi Note 12 ini memiliki sudut yang sedikit melengkung di tiap frame-nya. Sehingga, akan sedikit lebih nyaman ketika digenggam.

HP ini juga menjadi salah satu HP Redmi Note dengan bodi yang cukup tipis. Dimensi yang dimilikinya adalah 165,66 x 75,96 x 7,85 mm dengan bobot 183,5 gram.

Masih sama seperti seri-seri sebelumnya, Redmi Note 12 juga sudah dibekali sertifikasi IP53. Sertifikasi ini membuatnya sudah cukup tahan terhadap debu dan cipratan air.

Beralih ke bagian depan, Redmi Note 12 ini memiliki tampilan yang biasa-biasa saja. Notch sebagai tempat kamera selfie-nya mengusung desain punch hole dengan bezel tipis.

2. Peningkatan Sektor Layar Dibanding Redmi Note 11

HP ini hadir dengan panel AMOLED berukuran 6,67 inci. Ukuran layar tersebut cukup luas bahkan terlihat luas berkat ukuran bezel-nya yang cukup tipis.

Rasio layar ke bodi yang dihasilkannya bahkan mencapai angka 85,3 persen. Meski ukurannya yang luas, tidak membuat resolusi layarnya menurun, tetapi masih di Full HD Plus atau 1080 x 2400 piksel.

Salah satu fitur pendukung layar yang ditingkatkan di Redmi Note 12 ini adalah refresh rate. Sebelumnya, Redmi Note 11 hanya didukung refresh rate 90 Hz saja. Berbeda dengan Redmi Note 12 yang sudah didukung refresh rate 120 Hz dengan touch sampling rate 240 Hz.

Hal yang perlu dipahami, meski mendukung refresh rate 120 Hz, fiturnya tidak adaptif. Artinya, Redmi Note 12 tidak punya fitur untuk mengubah refresh rate dari 60 Hz ke 120 Hz atau sebaliknya secara otomatis.

Terlepas dari itu, layar Redmi Note 12 ini memiliki berbagai fitur pendukung lain yang cukup menarik. Mulai dari kecerahan layar puncak hingga 1200 nit, DCI-P3, scratch resistant, hingga perlindungan dari Corning Gorilla Glass 3.

3. Sektor Kamera Oke, Kamera Ultrawide Tidak Dihilangkan

Redmi Note 12 masih mengusung tiga kamera di bagian belakang dengan susunan cukup lengkap. Kamera tersebut disimpan di sebuah modul dengan sedikit lebih besar.

Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1. Sensor kamera ini berukuran 1/2.,76 inci dan mampu menghasilkan piksel berukuran 0,64 µm. Sayangnya, kamera utamanya ini belum dibekali teknologi OIS, tetapi hanya PDAF saja.

Hal menarik dari sektor kamera ini adalah masih adanya kamera ultrawide 8 MP (f/2.2). Kamera ini mampu menghasilkan sudut pKamung cukup luas yaitu 120 derajat.

Sensor kamera ini berukuran 1/4 inci dan mampu menghasilkan piksel berukuran 1,12 µm. Sementara untuk kamera terakhirnya adalah kamera makro 2 MP (f/2.4).

Hal yang cukup disayangkan di sektor kamera ini adalah tidak adanya peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan, kualitas perekaman video Redmi Note 12 juga masih mentok di 1080p dengan 30 fps.

Masih sama seperti pendahulunya yaitu Redmi Note 11. Sama halnya dengan kamera depan yang hanya beresolusi 13 MP (f/2.5) saja.

4. Performa Oke untuk Harian

Untuk performanya, Redmi Note 12 4G mengKamulkan chipset Snapdragon 685. Chipset dengan proses manufaktur 6 nm ditenagai oleh prosesor octa-core. Prosesor tersebut terdiri dari empat core Cortex A73 dengan frekuensi 2,8 GHz untuk performa, serta empat core Cortex A53 dengan frekuensi 1,9 GHz untuk efisiensinya.

Selain itu, dalam pengujian GeekBench 5, Snapdragon 685 ini masih berada sedikit di arasnya. Adapun skor yang didapat adalah 374 untuk single-core dan 1600 untuk multi-core. Sedangkan Snapdragon 680 hanya 371 untuk single-core dan 1544 untuk multi-core.

Di situs Nanoreview, terdapat juga hasil benchmark berbagai macam game populer untuk Snapdragon 680. Hasilnya cukup stabil dengan 59 fps kualitas Medium untuk PUBG Mobile, hingga 54 fps kualitas Ultra untuk Mobile Legends.

Dengan begitu, Snapdragon 685 dari Redmi Note 12 ini harusnya bisa menjalankan game tersebut dengan lebih lancar dan stabil.

5. Sensor Lengkap, Ada Hardware Gyro dan Proximity

Redmi Note 12 ini memiliki kelengkapan yang cukup baik soal sensor dan konektivitas. Salah satu sensor yang cukup dicari keberadaannya adalah sensor gyroscope hardware.

Sensor ini berfungsi untuk menjaga arah dan navigasi yang sesuai dengan pergerakan. Dengan kata lain, Kamu bisa merasakan perubahan arah atau akselerasi sudut rotasi dengan hanya menggerakkan HP saja.

Sensor ini cukup dicari terutama untuk Kamu yang suka bermain game racing atau perang seperti PUBG Mobile, Call Of Duty, dan sebagainya.

Selain itu, terdapat sensor lainnya, misalnya sensor fingerprint yang disimpan di samping di dalam tombol power, akselerometer, cahaya, proksimitas, dan kompas.

Tidak hanya sensor saja, Redmi Note 12 juga memiliki konektivitas yang cukup lengkap. Adapun konektivitas tersebut terdiri dari NFC, WiFi dual-band 802.11 a/b/g/n/ac atau WiFi 5, Bluetooth 5.0, USB Type-C 2.0, hingga USB On-The-Go. Bahkan, HP ini juga dibekali fitur Infrared seperti HP Xiaomi lain untuk menjadikannya sebagai remot.

Selain itu, Redmi Note 12 juga masih mempertahankan port audio jack dan FM Radio. Fitur-fitur ini tergolong kecil tetapi tergolong cukup berarti kehadirannya untuk beberapa pengguna.

6. Daya Tahan Baterai Pengisian Cepat yang Oke

Setelah mengetahui berbagai keunggulan dari setiap sektornya, kurang lengkap jika HP ini tidak dibekali baterai yang awet. Karena itu, Redmi Note 12 ini sudah dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Jenis baterai yang digunakan adalah Li-Polymer, standar baterai untuk sebuah HP.

Tidak soal kapasitas saja, Redmi Note 12 juga turut menyematkan fitur pendukung untuk pengisian dayanya. Fitur ini sebenarnya masih sama seperti pendahulunya yaitu Redmi Note 11 yaitu fast charging 33 W. Fitur ini mampu mengisi daya hingga 100 persen dalam waktu kurang lebih 60 menit saja.

7. Ada Varian RAM 8 GB, Harga Masih di bawah Rp3 juta

Pasalnya, Redmi Note 12 punya opsi RAM 8 GB yang tentunya bisa membuat pengalaman multitasking lebih menyenangkan. Menariknya, Redmi Note 12 juga sudah mendukung penambahan RAM virtual sampai 8 GB.

Apakah dengan RAM besar lantas harganya tinggi? Ternyata tidak, Semua varian Redmi Note 12 dijual di bawah Rp3 juta. Varian RAM 8 GB dijual dengan harga Rp2.999.000. Namun, jika ingin lebih murah, ada juga varian RAM 6 GB yang dibanderol sebesar Rp2.799.000 serta varian RAM 4 GB yang hanya Rp2.599.000.

Kekurangan Redmi Note 12

Setelah berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Redmi Note 12 ini. Terdapat beberapa kekurangan yang juga dimiliki oleh HP ini. Kekurangan-kekurangan ini bisa Kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika hendak membelinya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, silakan simak beberapa kekurangan Redmi Note 12 berikut ini.

1. Perekaman Video Terbatas di 1080p 30fps

Kekurangan yang dimiliki Redmi Note 12 di sektor kamera ini terletak pada videografinya. Pasalnya, baik kamera depan atau kamera belakang, keduanya hanya mampu merekam di kualitas 1080p dengan 30 fps saja.

Kualitas perekaman video kameranya ini masih sama seperti pendahulunya yaitu Redmi Note 11. Hal ini patut lebih diperhatikan, karena bahkan Redmi Note 10 dengan kamera utama 48 MP pun sudah mencapai kualitas video 4K dengan 30 fps.

2. MIUI yang Ada Iklan

Kekurangan terakhir yang selalu menjadi pertimbangan ketika membeli produk Xiaomi adalah adanya iklan dari MIUI. Tidak hanya Redmi Note 12 saja, bahkan generasi-generasi sebelumnya pun memiliki kekurangan yang sama.

Bisa dibilang adanya iklan di MIUI ini malah sudah diwajarkan oleh beberapa pengguna Xiaomi.

Sebab, keberadaan iklan ini tidak sembarang atau tanpa adanya tujuan. Salah satu alasan MIUI dari Xiaomi masih memiliki iklan adalah untuk menekan harga dari produk tersebut.

Jadi, jika Kamu menyukai produk Xiaomi karena harganya yang murah, Kamu harus menerima keberadaan iklan di MIUI.

Meski begitu, bukan berarti iklan-iklan tersebut tidak bisa dihilangkan atau dihapus. Iklan-iklan ini biasanya muncul dari beberapa aplikasi bawaan, seperti browser, pemutar video, pemutar musik, tema, dan berbagai aplikasi bawaan dari Xiaomi.

3. Penggunaan untuk Gaming Kurang Maksimal

Meski oke digunakan untuk kebutuhan multitasking, Snapdragon 685 di Redmi Note 12 bukanlah cip yang bisa diKamulkan untuk main gim berat. Untuk main gim tetap bisa, hanya saja bakal berkompromi dengan ketidakstabilan fps. Terlebih untuk gim berat semacam Genshin Impact.

Bisa dibilang, performa Redmi Note 12 bukan yang optimal untuk penggunaan main gim secara konstan.

Kesimpulan

Redmi Note 12 menjadi salah satu HP dari Redmi Note Series yang cukup menarik. Apalagi, seri ini sudah cukup lama tidak mengeluarkan produk terbarunya. Meski tidak dibekali jaringan 5G, Redmi Note 4G ini sudah cukup baik dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.

Hal itu diperoleh dari chipset Snapdragon 685 yang digunakannya. Selain itu, Kamu juga dibuat lebih nyaman selama penggunaan oleh kemampuan layarnya yang imersif.

Redmi Note 12 ini sudah dibekali panel AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus. Yang lebih menarik adalah refresh rate yang dimilikinya cukup tinggi yaitu 120 Hz.

Sektor kamera yang disematkannya juga sudah cukup lengkap termasuk kamera ultrawide. Sedangkan untuk kameranya masih menggunakan resolusi 50 MP, sama seperti pendahulunya Redmi Note 11.

Sayangnya, kualitas perekaman videonya masih mentok di 1080p dengan 30 fps saja. Tidak jauh lebih baik dari Redmi Note 10 yang mampu mencapai 4K dengan 30 fps.

Soal kelengkapan, Redmi Note Series ini memang cukup diKamulkan. Mulai dari kelengkapan port atau lubang, sensor, hingga konektivitas. Bahkan, iklan dari MIUI yang digunakan juga masih tetap dibawa oleh HP Xiaomi satu ini. Jadi, apakah Kamu tertarik untuk membeli Redmi Note 12 sebagai salah satu HP Redmi Note Series ini?

 

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News