Menilik 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 Pro Plus

Redmi Note Series merupakan salah satu seri andalan yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh konsumen. Pasalnya, HP seri ini menawarkan spesifikasi yang mantap dengan harga wajar. Pada November 2022, generasi ke-12 seri ini hadir ke hadapan publik. Adalah deretan HP Redmi Note 12 Series.

Disebut deretan karena ada lebih dari satu ponsel dalam seri tersebut. Namun, yang akan dibahas dalam artikel ini khusus Redmi Note 12 Pro+ (bisa ditulis juga Redmi Note 12 Pro Plus). Satu hal yang menjadi sorotan dari HP ini adalah adanya OIS alias penstabil gambar berbasis optik.

Inilah kali pertama dalam sejarah sebuah ponsel Redmi Note Series mempunyai OIS. Fitur ini disematkan pada kamera utama sang ponsel yang beresolusi 200 MP. Resolusi sebesar itu juga baru kali pertama hadir buat Redmi Note Series.

Untuk Kamu yang ingin tahu selengkapnya mengenai seluk-beluk ponsel ini, berikut Tim Xiaomi beberkan spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Xiaomi 13 Pro.

Spesifikasi Redmi Note 12 Pro Plus

Menilik 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 Pro Plus

  • Layar Flow AMOLED 6.67 inci
  • Chipset MediaTek Dimensity 1080
  • RAM 8 GB
  • Memori Internal 256 GB
  • Kamera 200 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Redmi Note 12 Pro Plus

Tingkatan Redmi Note 12 Pro Plus sudah naik dibanding para pendahulunya. Statusnya kini menjadi ponsel kelas menengah premium yang menghadirkan beberapa fitur kelas atas. Apakah fitur tersebut masuk dalam kelebihan si ponsel? Temukan jawabannya di bawah ini.

1. Desain Elegan dan Enak Digenggam

Menilik 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 Pro Plus

Redmi mengubah bahasa desain Redmi Note 12 Plus menjadi lebih rapi dan simpel. Frame alias rangka Redmi Note 12 Pro Plus masih menggunakan bentuk flat (datar). Frame ini terbuat dari bahan aluminium.

Namun, bagian penutup belakangnya dibuat melengkung ke dalam. Adanya sisi lengkung pada penutup belakang berbahan kaca tersebut tentu akan memberi kenyamanan ketika ponsel digenggam.

Adapun Redmi Note 12 Pro Plus memiliki dimensi 162,9 x 76 x 8,98 mm dengan bobot 208,4 gram. Tersedia pilihan warna hitam, putih, biru, dan hijau edisi Yibo. Seluruhnya menggunakan polesan matte sehingga tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

2. Ada IP Rating

Redmi Note 12 Pro+ mengantongi sertifikasi IP53. Sertifikasi yang sama juga dimiliki HP Redmi Note 11 Series.

Dengan demikian, HP ini mempertahankan apa yang sudah bagus di generasi terdahulu. Adanya IP53 menjadi jaminan bahwa Redmi Note 12 Pro+ akan baik-baik saja saat terkena percikan air, dan kemasukan sedikit debu.

Percikan air itu seperti rintik-rintik hujan, semburan dari sprayer, dan tetesan air dari sprinkle yang biasanya ada di taman.

3. Layar dengan Warna yang Lebih Alami

Redmi Note 12 Pro+ memakai layar dengan diagonal 6,67 inci. Panelnya adalah OLED dan resolusinya Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Layar ini lebih keren daripada layar Redmi Note 11 Pro+. Alasannya, tingkat kecerahan di lingkungan outdoor lebih tinggi yakni 900 nit.

Tingkat kecerahannya 200 nit lebih tinggi daripada layar Redmi Note 11 Pro+. Lalu layar Redmi Note 12 Pro+ mampu menampilkan 1 miliar warna. Ia pun sudah mendukung pemutaran konten HDR10+ dan konten dengan format Dolby Vision.

Kemudian, layar Redmi Note 12 Pro+ sudah mendukung refresh rate hingga 120 Hz. Pengalaman bernavigasi terasa smooth berkat refresh rate tinggi. Adhikari pun mengaku tidak menjumpai adanya kegagapan saat melakukan usapan secara cepat di layar si ponsel.

4. Speaker Stereo yang Bagus

Suara keluaran speaker Redmi Note 12 Pro+ dipuji oleh beberapa penguji. Bagi Adhikari, suara yang dikeluarkan speaker Redmi Note 12 Pro+ mantap dan detail.

Secara khusus, ia memuji suara pada frekuensi menengah yang familier disebut suara vokal. Keluaran suara yang bagus dari si ponsel hadir berkat konfigurasinya yang sudah stereo alias ganda.

Benar, ada dua speaker yang dipasang di HP ini. Speaker utamanya ada di sisi bawah, sedangkan speaker keduanya menyatu dengan earpiece.

5. Performa Kencang, Bodi Tetap Adem

Redmi Note 12 Pro+ memasrahkan dapur pacu pada SoC atau chipset MediaTek Dimensity 1080. SoC kelas menengah ini pada dasarnya sama seperti Dimensity 920.

Pasalnya, komponen yang dikandung dan cara pembuatannya sama. Hanya saja, clock speed core performanya ditingkatkan.

Di dalam dapur pacu Redmi Note 12 Pro+, Dimensity 1080 disokong oleh RAM 8 atau 12 GB LPDDR4X dan memori internal 256 GB UFS 2.2. Kombinasi RAM dan penyimpanan tersebut adalah varian yang tersedia di pasar Tiongkok.

Soal kemampuan gaming, HP ini juga mumpuni. Gim PUBG Mobile dapat dimainkan pada setelan grafik “smooth” dengan frame rate “extreme“. Satu hal yang sama-sama dirasakan oleh Dhiar dan Adhikari adalah temperatur bodi si ponsel yang tetap adem pasca menjalankan gim.

6. Kamera Utama 200 MP dengan OIS

Redmi Note 12 Pro+ menggunakan tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Tiga kamera depan itu terdiri atas kamera utama, kamera ultrawide, dan kamera makro. Yang paling menarik dari ketiga kamera tersebut adalah kamera utamanya.

Sebab kamera utama si ponsel menggunakan resolusi 200 MP. Hal itu berarti HP ini memaksimalkan dukungan SoC Dimensity 1080.

Resolusi 200 MP didapat dari sensor Samsung ISOCELL HPX yang dipakainya. Kamera ini mempunyai bukaan lensa f/1.65, autofokus, dan punya OIS!

Untuk kamera lainnya, terdapat kamera ultrawide 8 MP, f1/9; lalu kamera makro 2 MP, f/2.4. Deretan kamera belakang ini dilengkapi juga dengan lampu flash ganda. Di sisi muka, ada kamera depan atau kamera selfie 16 MP yang bukaannya tidak diungkap.

Hal yang perlu Kamu tahu mengenai kamera utama Redmi Note 12 Pro+ adalah tangkapan fotonya secara default mempunyai resolusi 12,5 MP. Jika mode 200 MP diaktifkan, detail akan meningkat. Namun, ukuran tiap fotonya jadi 20-an MB.

Terkait hasil tangkapan, kamera utama Redmi Note 12 Pro+ mampu melaksanakan tugasnya dengan. Baik. foto yang dihasilkan lebih detail dan penangan kontrasnya lebih akurat.

Demikian seperti yang dituturkan Pratima Adhikari. Kemampuan low light kamera ini juga oke. OIS membantu menstabilkan kamera saat mode malam aktif.

7. Baterai Besar yang Diperkuat Pengisian Cepat 120W

Baterai yang dikandung Redmi Note 12 Pro+ memiliki kapasitas 5000 mAh. Adapun baterai 5000 mAh Redmi Note 12 Pro+ didukung pengisian cepat 120W. Teknologi pengisian tersebut diklaim mampu membuat baterai kosong si ponsel jadi penuh dalam tempo 19 menit saja.

8. Paket Penjualan Masih Lengkap

Sama seperti para pendahulunya, Redmi Note 12 Pro Plus masih dibekali dengan paket penjualan yang relatif lengkap. Di dalam boks penjualan si ponsel terdapat SIM ejector, soft case bening, kabel USB C, kepala charger 120W, dan screen protector yang sudah terpasang di layar.

Adanya kepala charger 120W dalam paket penjualan merupakan kabar yang membahagiakan. Pasalnya, konsumen tak perlu mengeluarkan dana lagi guna mencari kepala charger dengan daya yang sesuai.

Kekurangan Redmi Note 12 Pro Plus

Redmi Note 12 Pro Plus punya banyak kelebihan. Namun demikian, HP ini tentu saja bukanlah smartphone yang sempurna. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi kekurangan si ponsel.

1. Bodi yang Berat, Kaca Proteksi Tidak Diketahui

Pratima Adhikari mengaku bahwa bobot Redmi Note 12 Pro+ terbilang berat. Ya, bobot HP ini mencapai 208,4 gram.

Ponsel mana pun dengan bobot lebih dari 200 gram sudah pasti menimbulkan kesan berat. Meski demikian, Adhikari memberi saran kepada pengguna untuk lebih terbiasa dengan HP ini.

Sisi positifnya,Redmi Note 12 Pro+ punya build quality yang bagus. Bodinya dipegang mantap karena distribusi bobotnya merata. Hal lain yang patut Kamu perhatikan dari HP ini adalah kaca yang digunakan.

Redmi tidak menyebut kaca apa yang digunakan untuk penutup belakang maupun layarnya. Oleh karena itu, pengguna tidak bisa memperkirakan seberapa kuat bagian depan dan belakang ponsel ketika menerima goresan dan benturan.

2. Gimmick 200 MP dan Guncangan pada Perekam Video

Kanal YouTube Sami Luo melakukan uji coba dengan membandingkan tangkapan kamera utama 200 MP milik Redmi Note 12 Pro, dengan kamera utama 50 MP Redmi Note 12 Pro. Hasilnya ternyata di luar dugaan.

Foto tangkapan kamera utama Redmi Note 12 Pro+ ternyata sama buriknya dengan Redmi Note 12 Pro saat diperbesar hingga 4, 5, hingga 6x. Megapiksel yang lebih besar ternyata tidak mampu memberikan detail ekstra. Bahkan, dalam momen tertentu, tangkapan foto Redmi Note 12 Pro malah lebih jelas dan tidak overexposed.

Sami Luo pun mempertanyakan apakah resolusi 200 MP hanya sekadar gimmick. Namun, yang jelas, sensor kamera utama kedua ponsel memang beda. Redmi Note 12 Pro+ memakai ISOCELL HPX bikinan Samsung, sedangkan Redmi Note 12 Pro menggunakan IMX766 rancangan Sony.

Masalah kedua yang ada pada kamera Redmi Note 12 Pro+ adalah guncangan. Berdasarkan pengalaman Pratima Adhikari, fitur penstabil hanya aktif saat resolusi yang dipakai adalah 1080p 30 fps. Hal ini membuat perekaman 4K 30 fps dan 1080 60 fps di kamera utama terasa tidak stabil.

Demikian juga dengan resolusi 1080p 60 fps di kamera selfie. Ketiadaan fitur penstabil di resolusi tinggi bisa jadi merupakan imbas dari keterbatasan SoC.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News