10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11 Pro yang Perlu Kamu Tahu

Selain menghadirkan Redmi Note 11 dan Redmi Note 11 Pro 5G di pasaran Indonesia, Xiaomi juga turut berikan varian yang hanya gunakan jaringan seluler 4G. Terlepas memiliki generasi seluler yang inferior, namun Redmi Note 611 Pro 4G juga termasuk ke dalam salah satu HP “buas” di harga 3 jutaan.

Beberapa hal membuatnya sungguh menarik, terlebih di mata para penggemar fotografi dan pekerja lapangan yang membutuhkan baterai unggul. Namun, tidak mustahil pula ada beberapa orang yang justru dikecewakan dengan HP ini.

Nah, agar dapat mengetahui Kamu termasuk di kalangan yang mana, Xiaomi telah menyiapkan beragam poin kelebihan serta kekurangan Redmi Note 11 Pro yang dijamin dapat mempercepat Kamu dalam pengambilan keputusan. Yuk, Simak yang berikut ini!

Spesifikassi Redmi Note 11 Pro

10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11 Pro yang Perlu Kamu Tahu

  • Layar: AMOLED 6.67 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G96
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Kamera: 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Redmi Note 11 Pro 4G

Redmi Note 11 Pro, seperti kebanyakan ponsel Redmi pada umumnya, turut menyediakan sisi konektivitas yang unggul seperti infrared, USB Type-C, serta NFC. Ingin tahu kelebihan lainnya? Ketahui pada poin-poin di bawah ini.

1. Layar Memukau

10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11 Pro yang Perlu Kamu Tahu

Melihat spesifikasi layar Redmi Note 11 Pro, Kamu akan langsung tahu kalau HP ini dirancang untuk memberikan pengalaman visual yang menyenangkan.

Dengan balutan panel Super AMOLED berukuran 6,67 inci pada resolusi Full HD+, mata pengguna akan senantiasa dimanjakan saat menonton film, menikmati konten, ataupun sekadar menjelajahi web.

Redmi Note 11 Pro ini juga hadirkan tampilan animasi yang dua kali lipat lebih mulus saat layar di-scroll, berkat kehadiran refresh rate 120 Hz.

Efek 120 Hz ini akan terasa ketika Kamu melakukan pengguliran saat menjelajahi web di peramban (browser), ataupun saat memainkan beberapa gim yang mendukung laju penyegaran tinggi.

Bicara soal bermain gim, layar memiliki responsivitas yang sangat baik terhadap sentuhan yang diberikan, memberikan Kamu sebuah advantage di medan tempur ketika berhadapan dengan musuh. Ini karena layar mendukung touch sampling rate hingga 360 Hz sehingga mampu merekam sentuhan jari di layar secara lebih instan.

Selain itu, layar juga mendukung tingkat kecerahan puncak yang mencapai 1200 nit. Sebagai pelindung layar, Xiaomi menyematkan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5 yang sanggup menjaga layar dari keretakan akibat terjatuh dari ketinggian hingga 1,2 meter.

2. Daya Tahan Baterai yang Awet

Kapasits baterai yang dimiliki Redmi Note 11 Pro terbilang standar, berada di angka 5.000 mAh. Namun mengingatkan ia hadir dengan panel super AMOLED yang lebih hemat daya dibandingkan IPS LCD, Kamu bisa merasakan ketahanan baterai lebih baik, terlebih saat berada pada mode gelap setiap saat.

Selain itu, Redmi Note 11 Pro juga menyediakan fitur fast charging dengan daya 67 W yang dapat mengecas hingga 51 persen dalam waktu 15 menit.

Redmi Note 11 Pro sudah menyertakan casan 67 W di dalam boks penjualannya. Artinya, Kamu tidak perlu membeli casan secara terpisah. Hasil pengujian GSM Arena pun mengatakan smartphone ini hanya membutuhkan waktu 48 menit untuk mengisi daya dari kosong hingga full.

Secara perbandingan, ini adalah peningkatan yang drastis ketimbang Redmi Note 10 Pro dengan fast charging 33 W yang butuh waktu 1 jam 21 menit untuk mengisi daya dari nol hingga penuh.

3. Hadirkan dengan Stereo Speaker dan Audio Port Jack

Kualitas suara akan senantiasa menjadi salah satu pertimbangan saat memilih smartphone. Suara yang bagus akan membantu Kamu menikmati aktivitas menonton dan mendengarkan lagu sekalipun sedang tidak membawa earphone.

Untungnya, Redmi Note 11 Pro termasuk dalam salah satu HP yang hadirkan kualitas suara mengagumkan pada setup dual stereo speaker.

Situs mobiledrop.in mengatakan kalau kualitas suara yang dihasilkan speaker Redmi Note 11 Pro terbilang sangat bagus. Selain itu, ponsel juga diketahui memiliki mikrofon dengan fitur noise cancellation yang dapat membantu pengguna melakukan panggilan telepon atau video meeting dengan optimal.

GSM Arena pun turut berikan pujian pada smartphone ini. Menurutnya, ponsel memiliki suara yang sedikit lebih pelan pada bagian atas ketimbang bagian bawah.

Akan tetapi, hasil suara yang dihasilkan tetap terdengar seimbang dan mampu memperdengarkan banyak jenis suara ketika mendengarkan lagu atau menonton video, baik pada orientasi potret maupun lanskap.

Redmi Note 11 Pro mendapatkan skor kelantangan suara -24,4 LUFS dan memiliki predikat Very Good dari GSM Arena. Namun entah mengapa, Redmi Note 11 Pro tidak memiliki enhancement dari Dolby Atmos seperti varian 5G-nya.

4. Fitur-fitur Sistem Operasi yang Beragam

Redmi Note 11 Pro hadir dengan antarmuka MIUI 13 yang bawakan beragam fitur menarik, serta membuat pengalaman pengguna menjadi lebih praktis. Salah satunya adalah Smart Sidebar yang berlaku sebagai shortcut bagi aplikasi dan perintah yang bisa Kamu kustomasi.

Jika Kamu sedang membuka aplikasi multimedia seperti YouTube dan Gallery, Kamu juga disuguhkan Video Toolbox yang menampilkan opsi untuk mengambil tangkapan layar, merekam layar, cast untuk tampilkan video di monitor eksternal atau TV, serta pilihan untuk tetap memutar video sekalipun layar dalam kondisi mati.

Hal menarik lainnya dari antarmuka HP ini adalah laman informasi baterai yang diperbaharui. Kini, Kamu dapat melihat informasi sisa waktu ketahanan baterai, baik itu saat kondisi normal, ketika battery saver diaktifkan, atau saat ultra battery saver digunakan.

Di laman ini, Kamu juga dapat mengakses fitur penghematan daya untuk aplikasi, serta menjadwalkan kapan ponsel mati dan hidup. Adapun ketika pengguna mengambil screenshot, antarmuka akan menampilkan beragam opsi pada laman editor seperti menambahkan tulisan, brush, penghapus, alat penyeleksi, dan lain sebagainya.

MIUI 13 juga memiliki fitur-fitur keren lainnya seperti mode Always On Display yang memiliki beragam kustomasi, optimasi memori dan performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya, floating window, RAM Extension hingga 3 GB, dan masih banyak lagi.

5. Bodi yang Terasa Nyaman Digenggam + IP53

10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11 Pro yang Perlu Kamu Tahu

Desain Redmi Note 11 Pro dirancang agar lebih nyaman ketika digenggam, mengusung jenis desain flat side sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman grip yang nyaman.

Sensor sidik jari yang diletakkan di samping juga sungguh mengkomplemen desain flat side tersebut, memberikan pengalaman membuka kunci layar yang natural sekaligus membiarkan bodi belakangnya tetap terlihat bersih tanpa memperlihatkan indentation (ceruk) sebagai sensor sidik jari.

Selain itu, bodi ponsel juga memiliki bobot sebesar 202 gram dengan dimensi 164.2 x 76.1 x 8.1 mm. Untuk berikan peace of mind kepada pengguna, Redmi Note 11 Pro juga dibekali dengan sertifikasi IP53 yang menjadikannya tetap awet sekalipun terkena debu dan percikan air.

6. Kamera Utama 108 MP dengan Hasil Foto Berkualitas

Smartphone kelas menengah ini hadirkan sensor utama Samsung ISOCELL HM2 108 MP (f/1.9) dengan focal length 26 mm dan ukuran sensor 1/1.52 inci serta pixel size 0.7µm.

Kamera utama ini menggunakan teknologi pixel binning 9-in-1 sehingga menghasilkan output gambar 12 MP. Namun, Kamu juga tentunya dapat mengakses mode resolusi penuh 108 MP sekalipun hasil fotonya memiliki ukuran segede gaban. Imbas positifnya, Kamu bisa melakukan zoom dan melalukan crop sebagai pengganti telefoto zoom.

Kemudian untuk sensor pendampingnya, tersedia kamera 8 MP (f/2.2) ultrawide yang mendukung FOV (field of view) sebesar 118 derajat. Selain itu tersedia dua kamera berkekuatan 2 MP dengan fungsi makro dan depth sensor.

Sementara untuk kemampuan perekaman videonya, ponsel ini sanggup merekam hingga resolusi 1080p di kecepatan 30 FPS. Cukup disayangkan ponsel di kelas menengah ini tidak mendukung resolusi 4K.

Lanjut, di bagian depannya juga tersedia kamera selfie berkekuatan 16 MP pada bukaan f/2.5, ukuran sensor 1/3.06 inci, dan pixel size 1.0µm. Sama seperti kamera belakang, kamera depan juga mendukung maksimal resolusi perekaman hingga 1080p pada frame rate 30 FPS.

Kekurangan Redmi Note 11 Pro

1. Belum Hadirkan Android 12 dari Pabrikannya

Redmi Note 11 Pro dilengkapi dengan MIUI 13 sebagai antarmukanya. Namun, antarmuka ini hanya berbasiskan pada Android 11, belum Android 12 seperti kebanyakan ponsel menengah lainnya yang dirilis di waktu yang sama.

Oleh karena itu, ada beberapa fitur yang tidak tersedia pada Redmi Note 11 Pro, contohnya seperti Privacy Dashboard tingkat atas, mode satu tangan yang ditingkatkan, algoritma Face Unlock yang diperbaharui, dan lain sebagainya.

Bukan itu saja, usia update versi Android di HP ini juga hanya dua tahun yang artinya kemungkinan ia hanya akan bisa di-upgrade hingga Android 13 saja. Meski dapat di-update secara manual ke Android 12, tetap saja akan lebih praktis jika Android 12 sudah tersedia dari pabrikannya.

2. Chipset Helio G96 yang Kurang Gahar di Kelasnya

MediaTek Helio G96 merupakan chipset yang menopang dapur pacu Redmi Note 11 Pro. Sebenarnya ia bukan chipset yang terbilang buruk, Kamu tetap mampu melakukan aktivitas harian dengan lancar jaya seperti saat membuka aplikasi, berselancar di dunia maya, dan sebagainya.

Ditambah, optimasi antarmuka MIUI 13 yang unggul juga semakin membuat performa ponsel jadi lancar. Hanya saja, jika dibandingkan dengan Snapdragon 732G yang mengotaki Redmi Note 10 Pro, Helio G96 terbilang kalah saing.

Sebab, dilansir dari NanoReview, skor AnTuTu v9 yang diraih Helio G96 hanyalah 335.705 ketimbang Snapdragon 732G dengan skor 350.018.

Helio G96 sendiri merupakan sebuah peningkatan dari Helio G95. Tidak hadirkan perbedaan dari sisi performa, tapi Helio G96 mendukung sisi multimedia yang lebih unggul seperti layar FHD+ dan laju penyegaran 120 Hz di waktu bersamaan, serta kamera yang bisa mencapai resolusi 108 MP.

Jika Redmi Note 11 Pro ini dirilis beberapa tahun sebelumnya, mungkin kami bisa maklumi ia hanya dibekali Helio G96. Namun di 2022 saat ponsel ini dirilis, sudah begitu banyak pesaingnya yang tawarkan chipset lebih baik seperti realme 9 Pro 5G dengan Snapdragon 695 (skor AnTuTu sekitar 400 ribuan).

3. Tampilan Bodi yang Tidak Terlihat Premium

Umumnya, salah satu ciri desain bodi yang bagus adalah ketika kita bisa mengenali merk dan tipe ponsel berkat keunikan bodinya. Sayangnya, hal ini tidak begitu terasa pada Redmi Note 11 Pro. Desain ini mengikuti varian 5G-nya, dengan modul kamera persegi panjang yang keseluruhannya berwarna hitam.

Padahal jika melirik desain pendahulunya yang bernama Redmi Note 10 Pro, kita akan menemukan desain bodi yang dibuat cukup unik. Bagian kamera utamanya dikelilingi oleh aksen warna metalik, menyerupai Xiaomi Mi 11. Itu mengapa tampilan Redmi Note 10 Pro memang terlihat lebih premium ketimbang Redmi Note 11 Pro.

Tentu saja ini kembali lagi ke selera. Toh yang terpenting, bodi ponsel ini mampu berikan pengalaman grip yang nyaman seperti yang sudah dijelaskan di salah satu poin kelebihan di atas. Redmi Note 11 Pro sendiri tersedia dalam varian warna Graphite Gray, Polar White, dan Star Blue.

4.Tanpa 5G, Membuatnya Kalah Saing dengan Mayoritas Rivalnya

Tampaknya ini sebuah informasi yang kentara, bahwa Redmi Note 11 Pro memang hanya dibekali dengan dukungan jaringan seluler generasi keempat.

Memang, hingga artikel ini ditulis, konektivitas 5G belum begitu merata di Indonesia. Toh, hanya tiga provider besar yang menyediakan 5G yakni Telkomsel, Indosat, dan juga XL.

Kendati begitu, tetap saja embel-embel “5G” akan menjadi daya tarik sendiri di masyarakat, apalagi mereka yang berdomisili di daerah yang jaringan 5G-nya sudah “beres”.

Pada tahun 2022, ponsel dengan konektivitas 5G di harga terjangkau sudah menjamur, sebut saja Redmi Note 11 Pro 5G, realme 9 Pro 5G, POCO M4 Pro 5G, Samsung Galaxy A22 5G, dan lain sebagainya.

 

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News