Mari Kenali Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 Pro

Redmi Note 10 Pro menjadi salah satu anggota seri Redmi Note 10 yang paling banyak dibicarakan, hingga kini ponsel ini selalu menjadi incaran para gamer karena spesifikasinya yang unggul dan dominan.

Seberapa spesial ponsel yang satu ini, dan apakah ada kekurangannya? Pertanyaan tersebut akan Kami jawab dalam artikel ini. Jika Kamu sama sekali belum mengenal Redmi Note 10 Pro, ada baiknya membaca spesifikasinya di bawah ini.

Spesifikasi Redmi Note 10 Pro

Mari Kenali Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 Pro

  • Rilis Maret 2021
  • Layar 6.67 AMOLED 120Hz HDR10 ~395 ppi
  • Chipset Qualcomm SM7150 Snapdragon 732G (8 nm)
  • GPU Adreno 618
  • Internal 4/64 GB, 8/128GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5020 mAh, Fast charging 33W

Kelebihan Redmi Note 10 Pro

Redmi Note 10 Pro membuat penegasan seperti apa seharusnya sebuah smartphone kelas menengah premium. Beberapa poin berikut akan menjelaskan mengapa ponsel ini punya daya tarik lebih.

1. Desain Totalitas

Mari Kenali Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 Pro

Pasalnya, dalam kesempatan ini, Xiaomi berhasil menggabungkan material premium dan murah menjadi satu. Benar, kaca berlabel Corning Gorilla Glass 5 di bagian layar dan kaca lengkung di kover belakang disatukan oleh frame plastik beraksen glossy.

Redmi Note 10 punya ukuran 164 x 76,5 x 8,1 mm dengan bobot 193 g. Ukuran tersebut berarti bahwa Redmi Note 10 Pro lebih pendek, lebih singset, dan lebih tipis dari kakaknya, Redmi Note 9 Pro. Bahkan ia juga 16 gram lebih enteng daripada Redmi Note 9 Pro.

Ukuran layar kedua ponsel padahal sama-sama 6,67 inci. Lalu, apa yang membuat Redmi Note 10 Pro bisa menampung layar besar dengan dimensi ringkas. Alasan pertama adalah ukuran bezel yang sedikit lebih kecil, kecuali bagian dagu (bawah).

Kedua, diameter kamera depan bergaya punch-hole juga makin menciut. Menurut situs resmi Xiaomi, diameter kamera tersebut berukuran 2,96 mm. Xiaomi mengklaim, semakin kecil diameter kamera depan, semakin tidak terganggu pengalaman pengguna.

Selanjutnya ke bagian belakang, Xiaomi merancang modul kamera belakang Redmi 10 Pro secara bertingkat. Tingkat pertama diisi lampu flash, laser autofocus, serta semacam sensor, yang didampingi oleh tulisan “ULTRA” dan “PREMIUM. Sementara itu, tingkat kedua jadi tempat bernaung empat lensa yang disusun dengan formasi 1-2-1 vertikal.

Hal keren selanjutnya tentu penutup belakang berbahan kaca yang melengkung ke arah frame dan bertuliskan “Redmi” di pojok kanan bawah. Penutup belakang ini menarik karena bisa menampilkan efek gradasi ketika mendapat terpaan cahaya atau dilihat dari sudut yang berbeda.

Mari Kenali Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 Pro

Macam warna penutup belakangnya ada tiga: Gradient Bronze, Onyx Gray (glossy), Glacier Blue. Lanjut ke bagian samping, ada tombol volume dan power yang menyatu dengan sensor sidik jari di frame bagian kanan.

Bergerak ke bagian bawah ada port USB tipe C, mikrofon, dan speaker. Di samping kiri ada slot dua nano-SIM plus satu microSD (tidak hybrid). Sedang di atas ada jack audio 3,5 mm, mikrofon, infrared blaster, dan speaker lagi (menyatu dengan earpice). Ya, ponsel ini punya dua speaker. Adapun bagian layarnya berupa kaca dengan tepi melengkung (2.5 D).

Secara ergonomi, GSM Arena menilai, menggenggam Redmi Note 10 Pro menimbulkan pengalaman yang menyenangkan. Cover belakangnya mungkin sedikit licin, lebih-lebih jika tangan Kamu berkeringat. Namun, frame yang tipis disertai kaca lengkung di depan dan belakang membuat cengkeraman tangan terhadap si ponsel jadi oke.

Xiaomi sepertinya merancang desain Redmi Note 10 Pro secara totalitas. Hal itu membuatnya menjadi ponsel yang tidak hanya enak dipandang, tapi juga enak dipegang.

Jangan lupa juga bahwa ada sertifikasi tahan percikan air dan debu IP53 yang membuat Kamu kini tak perlu khawatir ketika gerimis hujan mengenai si ponsel.

2. Performa Kencang

Redmi Note 10 Pro kebagian SoC (System on Chip) kelas menengah premium terbaru dari Qualcomm. Yakni Snapdragon 732G yang diproses dengan fabrikasi 8 nm. Chipset ini terdiri atas 2 CPU Kryo 470 Gold berbasis Cortex A76 (2,3 GHz), 6 CPU Kryo 465 Silver berbasis Cortex A55 (1,8 GHz), serta GPU Adreno 618 (810 MHz).

Kinerjanya turut dibantu oleh kehadiran ruang penyimpanan lega pada Redmi Note 10 Pro dengan pilihan RAM 6 GB atau 8 GB yang dipasangkan bersama memori internal 64 GB dan 128 GB.

Di sisi lain, tinjauan skor benchmark sintetis saja tidak cukup untuk menggambarkan performa Redmi Note 10 Pro dalam kondisi nyata alias dalam pemakaian sehari-hari.

Bermain Game Zwift, PUBG Mobile, dan South Park: Phone Destroyer, bisa dijalankan dengan mulus.Apalagi kalau cuma dipakai untuk menonton video di YouTube, browsing, atau scrolling di media sosial. Ponsel ini tak pernah memperlihatkan penurunan performa atau lag.

3. Kamera Unggul di Kelasnya

Mari Kenali Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 Pro

Kamera utama 108 MP, f/1.9-nya dibekali sensor Samsung ISOCELL HM2 dengan ukuran 1/1,52 inci. Kamera ini punya enam elemen lensa (6p) dan setiap piksel yang dibuat punya ukuran 0,7 µm. Gambar yang bisa dihasilkan dari kamera ini sebetulnya mentok di resolusi 12 MP.

Lanjut ke kamera ultrawide 8 MP, kamera ini diperkuat sensor Sony IMX355, bukaan f/2.2, fixed focus, dan bisa mengambil foto dengan sudut 118˚.

Di sektor kamera makro, ponsel ini ditenagai sensor 5 MP OmniVision OV5675 dengan ukuran 1/5 inci dan berdiafragma f/2.4. Kamera makro ini punya fitur auto focus yang aktif bekerja pada jarak 3-10 cm.

Kamera terakhir di sisi belakang adalah sensor kedalaman 2 MP berlabel GC02M1. Balik ke depan ada kamera swafoto 16 MP, f/2.45, fixed focus, yang punya focal length lensa 20 mm dan sensor Sony IMX471 berukuran 1/3 inci.

4. Baterai, Speaker, dan Sensor Mantap

Redmi Note 10 Pro masuk dalam jajaran smartphone kekinian dengan baterai badak berkapasitas 5.020 mAh. Baterai yang dikemasnya dapat diisi ulang dengan cepat berkat dukungan teknologi pengisi daya fast charging hingga 33W yang telah disertakan oleh Xiaomi.

Komponen pendukung selanjutnya yang keren di ponsel ini adalah speaker stereo dan sensor-sensornya. Untuk masalah speaker, Andrew Williams menyebut Redmi Note 10 Pro adalah yang terbaik di kelas harganya.

Bunyi yang dikeluarkannya lantang dan elemen bass-nya terdengar meski samar-samar. GSM Arena mengatakan hal yang sama seperti Andrew Williams bahwa bass di speaker ponsel ini memang masih kurang. Meski demikian, kelantangannya sangat bagus, mencapai -25,7 LUFS (Loudness Unit Full Scale).

Selanjutnya, untuk masalah sensor, tidak ada satu pun yang terlewat di ponsel ini. Akselerometer, cahaya, giroskop, kompas (elektronik) ada. Sensor infra merah khas HP Xiaomi pun ada. Jangan lupa bahwa HP ini juga punya NFC.

Terakhir, Redmi Note 10 Pro juga mengadopsi dinamo getar terbaru seperti pendahulunya, yaitu Z-axis linear vibration motor (LVM). LVM – yang punya prinsip kerja memproduksi getaran berdasarkan gerakan dinamo naik-turun – menawarkan vibrasi lebih baik dan umur lebih panjang ketimbang dinamo getar ERM.

Kekurangan Redmi Note 10 Pro

1. Belum Mendukung Reverse Charging

Ponsel masa kini biasanya dilengkapi dengan pengisian balik atau reverse charging yang dapat memungkinkan penggunanya untuk berbagai daya baterai.

Sayangnya fitur canggih dan efisien tersebut tidak dapat kalian temui pada Redmi Note 10 Pro yang belum mendukung reverse charging. Padahal, sudah sewajarnya smartphone Rp 3 jutaan membawa dukungan fitur tersebut lho!

2. Low Light dan Perekaman Video

Mari Kenali Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 Pro

Di kelas harganya, Redmi Note 10 Pro cukup bagus dalam mengambil gambar di kondisi kurang cahaya (low light). Namun, karena tidak punya OIS, kualitasnya tetap saja medioker. Tanpa OIS, hasil gambar tetap saja kurang tajam alias soft. Selain itu, mode malam hanya dapat digunakan untuk kamera utama. Artinya, kamera ultrawide dan makro tidak bisa memakai mode malam. Masalah soal kamera berlanjut ke perekaman video.

Penstabil gyro-EIS memang ada untuk mengurangi guncangan. Hanya saja, fitur itu cuma bisa dipakai pada resolusi 1080p di 30 fps atau 60 fps. Sehingga, jika Kamu merekam video di ponsel ini dengan resolusi terbesarnya, 4K di 30 fps, hasilnya sudah pasti goyang.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan Redmi Note 10 Pro yang wajib Kamu ketahui. Sebagai ponsel masa kini, Redmi Note 10 Pro sudah tergolong mumpuni dan worth it to buy. Dua kekurangannya di atas tentu saja dapat ditoleransi apabila kalian fokus kepada kelebihan-kelebihan Redmi Note 10 Pro yang cocok untuk para pencari smartphone mumpuni dengan harga ramah di kantong.

 

 

 

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News