Yuk Intip, Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 5G

Muncul pada Maret 2021, Redmi Note 10 5G siap meramaikan industri ponsel pintar lewat teknologi yang dibawanya terlebih jaringan 5G.

Perangkat mobile garapan Xiaomi ini terlahir dengan dimensi bodi 161.8 mm x 75.3 mm, yang ketebalannya mencapai 8.9 mm. Bertubuh 190 gram, Redmi ini diracik oleh bahan plastik untuk area belakang dan sisinya, sedangkan depannya dari Gorilla Glass 3.

Hadir dalam beberapa sentuhan warna meliputi Chrome Silver, Graphite Gray, Nighttime Blue, dan Aurora Green, Redmi Note 10 5G siap meluncur ke pasaran mulai dari Rp 2,5 jutaan hingga Rp 3,6 jutaan.

Lantas, fitur apa saja yang didapatkan dari Redmi Note 10 5G dengan harga tersebut? Kamu bisa menelisik spesifikasi dari ponsel tersebut berikut ini:

Spesifikasi Redmi Note 10 5G

Yuk Intip, Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 5G

  • Layar: IPS LCD 6.5 inci
  • Chipset: MediaTek Dimensity 700
  • RAM: 4 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Kamera: 48 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Redmi Note 10 5G

Jika kamu jeli setelah membaca spesifikasi di atas, maka kamu akan menemukan kelebihan dari Redmi Note 10 5G dalam beberapa aspek. Salah satu yang terpampang jelas adalah sumber daya baterainya.

Sebenarnya tidak hanya itu saja masih ada kelebihan lain dari perangkat ini. Oleh karena itu, mari kita kupas bersama kelebihannya lewat pembahasan di bawah ini:

1. Layar dengan Kontras yang Baik

Yuk Intip, Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 5G

Layar ponsel ini berukuran 6.5 inci yang telah dilapisi oleh proteksi dari Corning Gorilla Glass 3, mampu memberikan ketahanan pada layar dari goresan sampai 35% dan tiga kali lebih kuat dibanding generasi sebelumnya.

Beresolusi 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20:9, ponsel ini mempunyai rasio layar banding bodi sebesar 83.7% sehingga bazel-nya lebih kecil.

Dengan begitu, pengguna dapat lebih asyik melakukan eksplorasi saat bermain gim karena layarnya terbilang lega dan lebar. Kerapatan layarnya yang berjumlah 405 ppi juga sangat memukau sehingga kualitas gambar tampak lebih tajam.

Tidak ketinggalan kalau layar dari ponsel ini diusung oleh panel berteknologi IPS LCD yang diklaim dapat memberikan sudut pandang yang baik dan mengkonsumsi daya lebih irit.

Lalu, untuk menggulirkan animasi secara halus layar dari perangkat Redmi ini menghadirkan laju penyegaran dinamis sebesar 90Hz dan dapat melakukan auto-ganti ke 30Hz, 50Hz atau 60Hz tergantung kontennya.

Pengguna juga tidak perlu cemas jika layar dari perangkat ini terkena pantulan cahaya Matahari, karena layar dari Redmi Note 10 5G sudah disodorkan oleh tingkat kecerahan yang mencapai 400 nits. Dengan begitu, pengguna masih tetap melihat dengan jelas dan tidak silau ketika membuka perangkat di luar ruangan.

2. Berlandasan Sistem MIUI 12

Redmi Note 10 5G berjalan di atas Android 11 yang berpijak pada MIUI 12, mempersembahkan fitur terbaru seperti mode Gelap, penawaran aplikasi keamanan untuk menghalau malware, dan dua kolom pull down (kiri untuk notifikasi dan kanan untuk Control Center).

Redmi Note 10 5G datang dengan menggandeng MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G yang ber-fabrikasi 7 nanometer. Chip-nya diusung oleh CPU yang terbilang baik terdiri dari Octa-core berjumlah dua inti Cortex-A76 dengan kecepatan 2.2 GHz dan enam buah Cortex-A55 yang melaju hingga 2.0 GHz, siap mendongkrak aktivitas multitasking.

Dalam memberikan tampilan visual yang mumpuni dan maksimal, perangkat ini berkolaborasi dengan GPU bernama Mali-G57 MC2.

Selanjutnya, dalam mendukung urusan penyimpanannya disokong oleh teknologi UFS 2.2 yang mampu bekerja gesit untuk RAM berkapasitas 4 GB dan 6 GB, sedangkan memori internal berukuran 64 GB dan 128 GB. Pengguna bisa juga dapat memasang microSDXC.

3. Sunguhan Kamera yang Memukau

Kamera dari perangkat ini pula telah diberkati oleh fitur Dual-LED dual-tone flash, HDR, dan panorama untuk menunjang aktivitas fotografi.

Pertama, ada kamera makro yang beresolusi 2 MP Hynix Hi-259 dengan lebar piksel 1.75 µm, sementara aperture-nya sebesar f/2.4.

Kehadiran sensor makro sangat berguna untuk membidik sebuah objek kecil. Hasil dari bidikan kamera makro ponsel ini mampu memproduksi gambar yang detail, indah, dengan taburan warna yang mencolok dan kontras yang memadai.

Selanjutnya, perangkat Redmi ini disertai oleh kamera monokrom 2 MP yang bertugas sebagai sensor kedalaman. Pada sensor ini dilengkapi oleh diafragma berukuran f/2.4.

Sensor terakhir sekaligus yang utama pada kamera belakang dari Redmi Note 10 5G adalah berukuran 48 MP dengan aperture f/1.8 yang besar pikselnya 0.8µm dilengkapi oleh filter Quad-Bayer dan PDAF.

Selain itu, pada sensor ini pula terdapat mode Malam. Hebatnya lagi pengguna dapat mengurangi ukuran resolusi ke 12 MP untuk menghasilkan jepretan yang natural.

Beralih ke kamera depan, telah tersemat sensor berukuran 8 M yang memiliki bukaan f/2.0. Berkat konfigurasi kamera depannya ini pengguna dapat memperoleh gambar dengan suguhan warna yang menawan, kontras yang berkecukupan, dan ketajaman yang akurat.

Pada mode malamnya, gambar yang dihasilkan terlihat lebih cerah dan lebih baik di layar ponsel. Namun, apabila pengguna ingin membidik foto yang lebih cerah dengan saturasi warna lebih baik dan tidak ingin kehilangan unsur detail maka sebaiknya menggunakan mode AI (kecerdasan buatan).

4. Masa Hiddup Baterai yang Panjang

Ponsel garapan Xiaomi ini ditenagai oleh baterai Li-Po berkekuatan 5.000 mAh yang disertai dukungan pengisian cepat hingga 18W. Dengan sistem baterainya tersebut perangkat ini mempunyai masa hidup yang lumayan panjang. Hal tersebut dibuktikan dengan endurance rating yang mampu tembus hingga 121 jam.

Dalam pengujiannya, baterai dari Redmi ini mampu bekerja hingga 32 jam 51 menit untuk melakukan aktivitas menelepon, 18 jam 47 menit untuk berselancar di internet, dan 16 jam 03 menit untuk memutar video.

Kemudian, untuk mendapatkan daya penuh perangkat ini hanya perlu membutuhkan waktu sekitar dua jam dan 33% daya untuk pengisian selama 30 menit dari baterai kosong.

5. Lengkapnya Fitur Konektivitas

Aspek lain yang mengesankan pada Redmi Note 10 5G adalah konektivitasnya. Pada aspek ini diberkati oleh banyak fitur seperti WLAN yang terdiri dari Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, dan hotspot, membuat pengguna tidak perlu risau saat mencari koneksi internet di ruang publik atau ketika ingin mengaktifkan mode tethering.

Diteruskan dengan teknologi Bluetooth edisi 5.1 yang sudah terintegrasi dengan IoT (Internet of Things). Bluetooth versi ini menyuguhkan kecepatan transfer lebih kencang hingga 2 Mbps.

Pengguna dapat dengan mudah mengirimkan data yang berkapasitas besar secara akurat. Selain itu, Bluetooth pada ponsel ini dapat menjangkau transmisi lebih luas sampai 240 meter.

Bagi pengguna yang sering melakukan transaksi secara digital kini akan dipermudah dengan kehadiran fitur NFC (Near-field Communication) pada Redmi Note 10 5G.

Kegunaan lain dari teknologi ini adalah mampu mengirimkan data, mengakses informasi dari Smart Card, menentukan atau menandai suatu lokasi, dan masih banyak lagi.

6. Bertabur Sensor yang Fungsional

Yuk Intip, Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 5G

Keunggulan terakhir dari Redmi Note 10 5G yang dapat dibanggakan adalah kemunculan berbagai sensor untuk mendukung aktivitas mobile penggunannya.

Mulai dari sensor pemindai sidik jari yang lokasinya sangat strategis dan mudah diakses yaitu berada di pinggir atau bingkai, pastinya ini sangat berguna untuk fitur keamanan ponsel dan beberapa aplikasi.

Adapun akselerometer yang bertugas untuk mendeteksi orientasi dari Redmi Note 10 5G. Sensor ini sangat berguna ketika penggunanya bermain gim karena dengan mudah dapat mengubah layar dari portrait ke landscape dan sebaliknya.

Lalu, sensor giroskop yang tugasnya hampir mirip dengan akselerometer yaitu memberikan informasi orientasi merujuk pada prinsip momen sudutnya.

Sensor lain yang turut diundang di Redmi Note 10 5G adalah proksimiti, fungsinya sebagai mencegah layar dari sentuhan yang tidak sengaja tersentuh seperti ketika pengguna menelepon dan mendekatkan perangkat ke telinga maka layar akan otomatis redup.

Terakhir, sensor kompas yang sudah jelas manfaatnya untuk menentukan arah sangat membantu ketika ingin mencari arah kiblat.

Kekurangan Redmi Note 10 5G

Di balik kelebihan yang dimiliki oleh Redmi Note 10 5G, ternyata perangkat besutan Xiaomi ini menyimpan kekurangan di dalamnya pada beberapa aspek. Untuk itu Xiaomi akan mengupasnya juga pada artikel ini. Penasaran kekurangan Redmi Note 10 5G apa saja? Berikut jawabannya!

1. Sajian Videografi Kurang Mendukung

Sangat disayangkan kalau konfigurasi dari videografi Redmi Note 10 5G belum disertai oleh resolusi 4K. Bisa dikatakan gambar dalam sebuah video 4K (2160p) merupakan standar generik untuk layar atau konten yang mempunyai horizontal sampai 4000 piksel.

Sebuah kamera ponsel dengan fitur 4K memiliki kemampuan untuk merekam video 4K lebih rinci dibandingkan video HD biasa. Selain itu, kualitas rekaman kamera ponsel berkonfigurasi 4K seperti sama halnya hasil dari sebuah kamera DSLR.

Maka tidak heran kalau kamera yang dibekali dengan resolusi video 4K sangat cocok untuk digunakan kegiatan vlog. Bagaimana pun, pengguna dari Redmi Note 10 5G masih bisa merekam dengan modul videografinya yang beresolusi 1080p@30fps.

Kekurangan lainnya di aspek videografi pada ponsel ini adalah tidak disertai oleh teknologi keseimbangan seperti gyro-OIS ataupun gyro-EIS.

Kehadiran teknologi tersebut cukup penting dalam dunia videografi, yang berguna untuk mengurangi terjadinya goyangan dan blur saat merekam objek. Jadi, sebaiknya pengguna ponsel ini disarankan memakai penyangga agar hasilnya bagus dan stabil.

2. Belum Mendukung Stereo Speaker

Saat ini banyak vendor ponsel pintar berlomba-lomba untuk menyisipkan loudspeaker dengan kualitas audio yang mumpuni.

Namun, tidak dengan Xiaomi pada produk Redmi Note 10 5G-nya, produk ini tidak dukung oleh Stereo Speaker bahkan Dolby Atmos.

Dalam aspek ini, perangkat garapan Xiaomi tersebut hanya menyodorkan konfigurasi audio yang standar.

3. Tidak Ada Teknologi Pengisian Nirkabel

Jangan terlalu menaruh ekspektasi tinggi pada sistem baterai dari Redmi Note 10 5G. Hal ini mengingat kalau perangkat terbaru dari Xiaomi tersebut belum menghadirkan fitur pengisian nirkabel atau pengisian balik. Padahal jika menengok produk lain di kelas yang sama, kemunculan dari fitur tersebut sudah lazim terpasang.

Pengisian nirkabel atau dalam bahasa Inggrisnya Wireless Charging merupakan sebuah fitur pengisian daya baterai pada ponsel yang berlandaskan induksi magnetik.

Pengguna cukup menaruh ponselnya di atas Wireless Charger dan daya pun akan mengalir ke sistem baterai ponsel secara otomatis. Fitur ini memberikan kemudahan bagi pengguna supaya tidak repot menjinjing kabel charger-an.

Tidak hanya itu, kekurangan lain pada sistem baterai dari ponsel ini adalah tidak didukung oleh fitur pengisian balik.

Fitur ini memungkinkan perangkat untuk dapat mengisi daya perangkat lain atau bisa dibilang perangkat tersebut seolah-olah seperti sebuah power bank. Fitur tersebut biasanya sering dijumpai pada perangkat yang punya kapasitas baterai yang besar.

Kesimpulan

Itulah tadi pemaparan tentang kelebihan dan kekurangan dari Redmi Note 10 5G. Ponsel dari Xiaomi ini menyuguhkan banyak kelebihan salah satunya daya baterai yang melimpah. Namun, ada pula kekurangannya seperti belum mendapatkan dukungan fitur Stereo Speaker.

Nah, kira-kira kamu mau membungkus ponsel Redmi terbaru ini tidak? Coba jelaskan alasanmu di kolom komentar kenapa kamu berminat atau tidak membeli ponsel pintar ini! Terus ikuti Xiaomi supaya kamu tidak ketinggalan berita tentang teknologi dan gawai terbaru, yah!

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News