Perlu Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 Pro 5G

Pada kuartal pertama tahun 2023, POCO pun merilis anggota berikutnya pada POCO X series, yaitu POCO X5 dan POCO X5 Pro. Keduanya dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan performa yang kuat, baterai tahan lama, serta konfigurasi kamera yang canggih.

POCO X5 5G hadir terlebih dahulu di Indonesia pada 24 Fberuari 2023. Saat rilis, banyak orang yang mempertanyakan kehadiran resmi POCO X5 Pro 5G. Namun, POCO Indonesia belum mengamini kehadiran POCO X5 Pro 5G.

Ternyata POCO X5 Pro 5G rilis 5 bulan kemudian. Tepatnya, pada 27 Juni 2023, berbarengan dengan POCO 5G. Kehadiran POCO X5 Pro 5G ini tentu menarik karena HP-nya cukup dinantikan kehadirannya. n

Terlebih POCO, sebagai sub-brand dari Xiaomi ini senantiasa mengedepankan sisi value for money pada setiap produk yang dirilis. Kamu akan menemukan spesifikasi yang unggul pada harga bersahabat, bahkan tidak jarang ponsel-ponsel di bawah naungan POCO memiliki fitur yang lebih bagus dari HP di kelas atas.

Kali ini, Tim Xiaomi mau bahas kelebihan dan kekurangan POCO X5 Pro 5G yang merupakan varian lebih canggih dari POCO X5 reguler. Ponsel ini berada di kelas harga menengah atau mid-range. Berikut adalah poin-poin kelebihan dan kekurangan yang bisa disimak terlebih dahulu.

Spesifikasi POCO X5 Pro 5G

 Perlu Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 Pro 5G

  • Layar Super AMOLED 6.67 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
  • RAM 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB
  • Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan POCO X5 Pro 5G

Mulai dari pemilihan chipset ang bertenaga, kamera yang mengalami peningkatan fitur dari generasi sebelumnya, hingga konektivitas, hampir semua aspek di POCO X5 Pro 5G bisa dianggap yang terbaik. Yuk, simak poin-poin kelebihan di bawah ini!

1. Kualitas Layar Mirip HP Flagship

Untuk urusan layar, jelas POCO X5 Pro 5G tidak boleh diremehkan. Layar ponsel ini sudah mendukung sertifikasi HDR seperti Dolby Vision dan HDR10+, sehingga dapat meningkatkan tampilan visual saat menikmati konten HDR di platform YouTube.

Layar yang berjalan pada resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) ini juga memiliki aspek rasio 20:9 dengan kerapatan piksel sekitar 395 ppi.

Agar bisa semakin memanjakan indra visual pengguna, POCO membekali layar dengan refresh rate 120 Hz. Ini supaya pergerakan di layar bisa terlihat dua kali lipat lebih mulus ketimbang 60 Hz konvensional.

Bagi yang suka bermain gim kompetitif, layar POCO X5 Pro 5G juga dihadirkan dengan touch sampling rate hingga 240 Hz sehingga pengguna dapat meluncurkan serangan lebih dulu ketimbang lawan.

Supaya mata pengguna tidak cepat lelah saat pencerahan layar rendah, layar ponsel pun mendukung 1920 Hz PWM Dimming. Fitur ini dapat mengurangi intensitas flicker yang biasanya sering muncul ketika layar berada dalam low brightness.

Omong-omong soal kecerahan, POCO X5 Pro 5G memiliki tingkat kecerahan tipikal hingga 500 nit serta kecerahan puncak mencapai 900 nit.

Klaim ini sesuai dengan pengujian layar yang dilakukan GSM Arena, yang menyebutkan ponsel meraih 912 nit saat mode auto dan meraih 491 nit ketika slider dimaksimalkan.

2. Performa Memukau dengan Chipset Snapdragon 778G

Chipset yang mengotaki POCO X5 Pro 5G adalah Snapdragon 778G yang memiliki jaringan 5G serta fabrikasi 6 nm TSMC. SoC ini merupakan pilihan yang cukup umum dimiliki oleh HP kelas menengah, karena menawarkan performa gim yang mutakhir disertai dukungan jaringan koneksi yang stabil.

Kehadiran Snapdragon 778G di POCO X5 Pro 5G merupakan peningkatan yang cukup signifikan ketimbang Snapdragon 695 pada POCO X4 Pro.

Perangkat ini turut dibekali dengan sistem pendinginan yang andal untuk menghindari untuk meminimalisir kemungkinan throttling dan overheating. Maka dari itu, tidak heran kalau POCO X5 Pro 5G punya hasil memuaskan pada pengujian stabilitas.

Ketika diujikan CPU Throttling Test oleh GSM Arena selama 60 menit, kinerja terendah yang berhasil dipertahankan adalah 90% dari peak performance.

Apa artinya jika diterjemahkan ke penggunaan langsung? Well, perangkat jadi bisa memainkan gim berat pada durasi panjang tanpa membuat HP panas, atau tanpa mengalami penurunan performa.

3. Fitur Kamera yang Lengkap

Di saat banyak produsen memangkas fitur fotografi untuk menghemat biaya pengeluaran di tengah-tengah kelangkaan chipset, POCO X5 Pro 5G masih dikemas dengan fitur kamera yang komplit.

Ponsel ini memiliki tiga kamera di belakang dengan resolusi utama 108 MP (wide-angle), sensor 8 MP (ultrawide), serta kamera 2 MP (makro).

Di balik kamera ini, perangkat juga sanggup melakukan perekaman video 4K di 30 FPS, serta perekaman 1080p di frame rate 60 FPS. Tidak tertera fitur gyro-EIS dari laman spesifikasi GSM Arena. Namun, ulasan dari sumber yang sama menyatakan bahwa ponsel membawakan fitur always-on stabilization pada setiap mode perekaman.

Kamera utama pada HP ini merupakan sensor 108 MP Samsung ISOCELL HM2 pada ukuran 1/1.52 inci, kamera yang juga digunakan pada POCO X4 Pro. Sementara itu, kamera ultrawide-nya menggunakan Samsung S5K4H7 ISOCELL Slim.

Barulah pada kamera ketiganya merupakan sensor makro 2 MP OmniVision 02B10 dengan apertur f/2.4, dapat memotret foto secara close up pada jarak 4 cm.

Pada kamera depannya menggunakan sensor OmniVision OV16A1Q pada resolusi 16 MP dan ukuran sensor 1/3.06 inci. Kamera depan ini menggunakan filter quad bayer dengan fixed focus.

4. Baterai Tahan Lama + Fast Charging Ngebut

POCO X5 Pro 5G dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. POCO menyebutkan bahwa smartphone ini sanggup bertahan hingga 28 jam pada pemakaian telepon, 14 hari pada mode siaga, 20 jam pemutaran video, serta 21 jam membaca dokumen.

POCO X5 Pro 5G turut dilengkapi dengan fast charging 67 W, dan charger-nya pun sudah termasuk di dalam boks penjualan.

Ponsel ini disebutkan mendapatkan durasi pengisian dari 0-100% dalam waktu 50 menit. Lebih cepat ketimbang POCO X3 Pro dengan fast charging 33 W yang bisa dicas hingga 1 jam 8 menit.

5. Konektivitas Komplit

POCO X5 Pro 5G dilengkapi dengan konektivitas yang sangat lengkap, mencakup infrared port yang bisa digunakan sebagai remote universal pada TV dan AC.

Kamu juga dapat merasakan konektivitas NFC di HP ini. NFC tersebut merupakan sarana yang dapat menyalin data dari satu perangkat ke perangkat lainnya, asalkan berdekatan. Sehingga pengguna pun dapat melakukan pengecekan saldo eMoney atau eToll tanpa harus melalui ATM atau kasir minimarket.

Bukan itu saja, POCO X5 Pro 5G juga dilengkapi dengan dukungan Wi-Fi 6 untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih unggul. Ini merupakan pertama kali seri POCO X series mendukung Wi-Fi 6, setelah sebelumnya hanya mendukung Wi-Fi 5 saja pada POCO X4 Pro dan POCO X3 Pro.

6. Desain Bodi Tidak Begitu Mencolok, Punya Ketahanan Percikan Air

 Perlu Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 Pro 5G

Desain pada POCO X5 Pro 5G menampilkan bentuk kamera yang menyerupai mayoritas HP lainnya, dengan modul berbentuk persegi yang menampung tiga kamera beserta satu lensa LED Flash.

Yang membuatnya unik adalah keberadaan aspek visual persegi yang menjadi ekstensi dari modul kamera, menampung sebuah tulisan bernama “POCO”. Sebagaimana HP POCO pada umumnya, HP ini memiliki opsi warna kuning yang ikonik.

Terdapat juga varian warna lainnya yaitu hitam dan biru. Pada opsi warna biru, modul kameranya memiliki tone yang selaras dengan keseluruhan bodi. Ini cocok untuk pengguna yang menginginkan varian unik ketimbang modul kamera yang umumnya selalu berwarna hitam.

Perangkat juga cocok digunakan di daerah dengan curah hujan cukup tinggi, karena sudah ada sertifikasi IP53. Dengan begini, ponsel akan condong tahan meski terkena tumpahan air minum atau tetesan air gerimis.

7. Kualitas Audio Terdengar Bagus, Ada Stereo Speaker

POCO X5 Pro 5G adalah opsi smartphone dengan pengalaman visual dan audio yang menyenangkan. Ponsel ini disertai dengan sertifikasi Dolby Vision dan Dolby Atmos sehingga sudah memenuhi standar kualitas yang baik.

Ponsel ini dilengkapi dengan konfigurasi stereo speaker yang dapat mengeluarkan kualitas suara imersif. Bahkan, HP ini tidak hanya mengandalkan earpiece sebagai kanal audio kedua melainkan terdapat speaker grille yang terletak di atas.

Ponsel ini menggunakan mode enhancement Dolby Atmos yang menyala secara kondisi awal. Peningkatan mode ini terasa cukup signifikan dalam meningkatkan bass, volume, serta kejernihan suara yang matang. Suara dari perangkat ini mendapatkan predikat skor very good dengan angka -24.9 LUFS.

8. Harga yang Ditawarkan Sangat Menggiurkan

Hal yang sangat menarik adalah soal harga POCO X5 Pro 5G adalah harganya. Di pasar global, POCO X5 Pro 5G memiliki harga rilis mulai dari 299 dolar AS atau sekitar Rp4,5 jutaan.

Untuk pasar Indonesia, ternyata harga jualnya sangat murah.

Harga POCO X5 Pro 5G ternyata dimulai di harga Rp3 jutaan. Harga banderol ini malah membuat POCO X5 5G jadi kurang menarik. Pasalnya, POCO X5 5G dijual dengan harga Rp3 jutaan juga. Memang tidak persis sama tetapi mendekati.

POCO X5 Pro 5G yang dijual di Indonesia dijual dengan harga Rp3.799.000 untuk RAM 6 GB storage 128 GB.

Sementara varian RAM 8 GB storage 256 GB dijual dengan harga Rp4.299.000. Harga ini jelas sangat menggiurkan jika menilik spesifikasi yang ditawarkan.

Kekurangan POCO X5 Pro 5G

Meskipun hadir dengan segudang fitur menarik sebagai kelebihannya, POCO X5 Pro 5G tetap tidak luput dari kekurangan. Yakni, sebagai berikut ini.

1. Tidak Ada Slot Memori Eksternal

POCO X5 Pro 5G memiliki opsi kapasitas penyimpanan internal 128 GB dan 256 GB pada standar UFS 2.2. Pada opsi RAM-nya, perangkat membawakan kapasitas 6 GB dan 8 GB pada jenis LPDDR4x.

Yang disayangkan, ponsel ini tidak dibekali dengan slot memori eksternal sama sekali.

Keberadaan slot memori eksternal dinilai penting untuk dapat memindahkan kartu memori eksternal dari HP lama ke HP baru, sehingga dapat mempermudah proses memindahkan data.

2. MIUI 14 yang Lebih Ringan, tetapi Masih Ada Iklan

Dari sisi software-nya, POCO X5 Pro 5G mendapatkan antarmuka MIUI 14 yang menawarkan peningkatan dibanding versi sebelumnya, Disebutkan bahwa arsitektur sistemnya telah diperbaharui agar dapat mengalokasikan daya ke CPU, GPU, dan RAM dengan lebih baik.

Ukuran sistem firmware-nya juga disebutkan lebih ringan dari sebelumnya, serta mengurangi penggunaan memori secara keseluruhan. Pada intinya, MIUI 14 akan memberikan performa yang lebih cepat dan ringan, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna.

Tapi yang disayangkan, khas ponsel Xiaomi dan POCO, ada iklan atau bloatware yang ada di POCO X5 Pro 5G. Namun, iklan ini harus dimaklumi juga mengingat harga yang ditawarkan untuk produk ini sudah tergolong menarik.

Kesimpulan

Melihat dari segudang kelebihannya, POCO X5 Pro 5G merupakan seri lanjutan yang layak menyandang nama POCO X. Sisi value for money-nya benar-benar dapat, dibekali dengan performa kencang dan fitur kamera yang serba canggih.

Agak sulit menemukan kekurangan dari HP ini. POCO X5 Pro 5G hanya memiliki bobot bodi yang cenderung agak berat dibanding pesaingnya, tapi tidak juga terlalu berat sehingga mengganggu kenyamanan pengguna.

Ya, absennya slot memori eksternal memang di sayangkan. Tapi dengan penyimpanan internal cukup lega di opsi 128 GB dan 256 GB, serta keberadaan fitur penyimpanan cloud, sebagian orang tidak akan kehilangan slot tersebut.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News