12 Kelebihan dan Kekurangan POCO M5s

Dulunya merupakan sub-brand Xiaomi, POCO kini menjadi brand independen yang punya ciri khas tersendiri. Di antara ponsel POCO series lainnya, POCO M5s hadir sebagai salah satu ponsel termurah yang pernah diluncurkan.

POCO M5s diluncurkan bersamaan dengan POCO M5 untuk pasar global pada 5 September 2022. Kedua HP ini punya spesifikasi dan desain yang berbeda. Misalnya, POCO M5 hadir dengan Helio G99 sedangkan POCO M5s dibekali Helio G95. Layarnya juga cukup berbeda lantaran POCO M5s ini gunakan AMOLED sementara POCO M5 pakai IPS LCD.

Baik POCO M5 maupun POCO M5s berusaha memeuhi kebutuhan yang spesifik. Rupanya POCO M5s punya kelebihan yang begitu melimpah ketimbang kekurangannya.

Nah, kini waktunya Kamu menyimak penjabaran dari poin-poin tersebut, sekaligus dengan spesifikasi dan juga harga rilisnya. Yuk, simak yang berikut ini!

Spesifikasi POCO M5s

12 Kelebihan dan Kekurangan POCO M5s

  • Layar Super AMOLED 6.43 inci
  • Chipset MediaTek Helio G95
  • RAM 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal 64 GB, 128 GB
  • Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan POCO M5s

Setelah melihat spesifikasi di atas, kini waktunya Kamu mencari tahu kelebihan POCO M5s yang bikin brand lain ketar-ketik. Yakni, sebagai berikut ini.

1. Panel Layar AMOLED yang Cerah dan Berwarna Luas

Di saat sebagian ponsel pesaingnya masih tawarkan panel IPS LCD, POCO M5s sudah selangkah lebih maju lantaran dibekali dengan AMOLED. Smartphone POCO ini memiliki bentang layar 6.43 inci pada resolusi Full HD+.

Ukuran layarnya memang di bawah rata-rata, mengingat sudah banyak yang pakai layar 6.5 inci. Meski demikian, setidaknya layar ini sudah mengusung desain punch hole alih-alih waterdrop notch.

Karena menggunakan panel layar AMOLED, reproduksi warnanya pun lebih bagus dan memanjakan indra visual. Bagaimana tidak? Ia kini menganut gamut warna DCI-P3 yang lebih mendekati warna asli di dunia nyata.

Layar ponsel juga diketahui mendukung kontras rasio 4.500.000:1 dan meraih peak brightness hingga 1100 nit.

Jika menilik dari pengakuan sang author di laman cgmagonline.com, layar ponsel ini sangat terasa nyaman digunakan di luar ruangan pada siang hari. Kecerahannya sungguh layak dan cukup terang untuk membaca tulisan di layar, meski di bawah terik matahari.

2. Ditenagai Chipset Bertenaga dari Hello G Series

POCO M5s rupanya tidak dibekali dengan chipset Dimensity dari MediaTek. Sebagai gantinya, ia dibekali dengan chipset lebih lawas yang jadi “pendahulu” bagi Dimensity, yakni Helio G series.

Ini sontak menjadi mixed bag tersendiri, karena Dimensity dinilai sebagai pilihan yang superior lantaran punya performa lebih tinggi dan fitur lengkap dibanding Helio.

Tapi jangan berkecil hati dulu. Pasalnya, POCO M5s disertai dengan Helio G95 yang kinerjanya begitu powerful untuk bermain gim dan menjalankan aktivitas berat. Helio G95 memang merupakan chipset yang berusia dua tahun saat artikel ini ditulis, namun masih tetap relevan di masa kini.

SoC keluaran tahun 2020 ini juga dilengkapi sejumlah fitur tambahan. Contohnya seperti teknologi MediaTek HyperEngine Gaming yang bisa kerahkan performa ekstra, AI Super Resolution untuk tingkatkan kecepatan saat video call, MediaTek MiraVision yang mengoptimisasi pengalaman menonton di layar, dan masih banyak lagi.

Ponsel juga diujicobakan bermain gim PUBG Mobile pada pengaturan Smooth – Extreme dan hasilnya begitu memuaskan tanpa lag. Semakin membuang rasa ragu terhadap performa gim di HP ini, bukan?

Untuk diketahui juga, POCO M5s dilengkapi dengan tiga opsi memori yaitu RAM 4 GB + 64 GB, RAM 6 GB + 64 GB, dan RAM 6 GB + 128 GB. Jenis RAM-nya adalah LPDDR4x, disandingkan dengan memori internal UFS 2.2.

Setelah diujikan, POCO M5s ternyata memiliki kemampuan transfer daya yang cepat. Kecepatan tulis sequential-nya mencapai 363.28 MB/detik, sedangkan baca sequential-nya mencapai 507.4 MB/detik. Adapun untuk baca dan tulis acaknya, mencapai kecepatan 114 MB/detik dan 104.98 MB/detik.

3. Konfigurasi Kamera Lengkap, Ada Perekam 4K

Bukan hanya unggul untuk menunjang kebutuhan gaming, POCO M5s pun benar-benar akan memanjakan para penggiat mobile photography berkat spek kameranya yang luar biasa.

Seperti yang kita ketahui, dunia sempat merasakan isu kelangkaan chipset sehingga memengaruhi ke berbagai hal lainnya. Salah satu yang terdampak adalah kapabilitas smartphone untuk hasilkan video 60 FPS pada resolusi Full HD+.

Sejumlah ponsel 2 jutaan keluaran 2021 dan 2022 hanya mentok di 30 FPS, sebut saja Infinix Hot 12, Redmi 10, dan Redmi Note 11. Bahkan, POCO M4 Pro yang notabene merupakan pendahulunya hanya dukung 30 FPS saja.

Nah, inilah yang justru bikin POCO M5s tampak begitu bersinar. Tidak hanya mendukung resolusi 1080p di 60 FPS, smartphone besutan POCO tersebut juga bisa merekam hingga resolusi 4K! Dengan begini, ponsel pun cocok dipakai untuk keperluan kreasi konten.

Adapun untuk konfigurasi kameranya, POCO M5s menunjukkan keempat lensa belakang yang bukan kaleng-kaleng. Terdapat kamera utama 64 MP wide-angle dengan apertur f/1.8, focal length 28 mm, dan ukuran sensor 1/19.7 inci.

Selain itu, kamera utama tersebut didampingi oleh tiga sensor lainnya yaitu kamera ultrawide 8 MP (punya FOV 118 derajat), sensor 2 MP makro, dan sensor kedalaman (depth) 2 MP.

Perekaman videonya diketahui mencapai resolusi 4K pada 30 FPS, diikuti dengan resolusi lainnya yakni 1080p di 30/60/120 FPS dan 720p di 960 FPS (slow motion).

Untuk bagian depannya, terdapat kamera punch hole 13 MP (f/2.4) yang berfungsi untuk menunjang aktivitas selfie ataupun video call. Belum bisa merekam 60 FPS melalui kamera depan, karena hanya mendukung 1080p di 30 FPS saja.

4. Punya Stereo dengan Kualitas Terbaik di Kelasnya

POCO M5s hadir dengan stereo speaker yang akan memanjakan telinga pengguna, baik saat mendengarkan lagu ataupun menonton film. Bahkan, stereo speaker di HP ini termasuk salah satu yang terbaik di harganya.

Hal ini diungkapkan oleh laman AndroidHeadlines.com, yang turut menyatakan bahwa suaranya sungguh kencang. Meski kencang, ketika meraih di atas volume 80%, Kamu akan mendengar sedikit distorsi.

Tapi kalau fenomena satu ini sih wajar ya untuk rata-rata smartphone. Apalagi di harga segini. Kalau tidak mau cempreng ya jangan dimaksimalkan volume-nya.

Yang lebih asyik lagi, ponsel juga sudah dibekali dengan port 3.5mm audio jack supaya pengguna tidak perlu repot gunakan adapter saat ingin pakai earphone kabel.

Keputusan untuk memilih POCO M5s tentu akan semakin bulat setelah Anda mendengar fakta kalau saudaranya, POCO M5, hanya dibekali dengan single speaker.

5. Ada IP Rating Tahan Percikan Air

POCO M5s sudah dibekali sertifikasi tahan air bernama IP53. Berkat sertifikasi ini, Kamu dapat mengurangi risiko kemungkinan rusak saat ponsel terkena tumpahan air gerimis ataupun tetes air minum.

Selain itu, layar ponsel juga sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya tidak rentan baret. Melihat dari hal ini, POCO M5s merupakan salah satu ponsel yang sungguh cocok untuk driver ojek daring.

6. Antarmuka MIUI 12 yang Menyenangkan

Tahukah Kamu? POCO M5s merupakan smartphone yang punya fitur kaya. Tidak hanya dilihat dari spek hardware, melainkan juga dari software-nya. Ini karena HP tersebut dirilis menggunakan Android 12 berselimutkan antarmuka MIUI 13.

MIUI 13 sudah dikenal sebagai antarmuka yang mulus, lancar, dan juga cepat. Bukan hanya itu, HP ini juga dilengkapi dengan POCO Launcher yang membuat pengalaman penggunaan jadi mirip-mirip HP Pixel.

7. Baterai Tahan Lama dengan Fast Charging 33 W

Siapa pun yang super sibuk dipastikan akan terbantu oleh kelebihan POCO M5s yang satu ini. Ya, kapasitas baterainya mengusung 5.000 mAh yang begitu awet. Pihak POCO mengklaim kalau HP ini bisa bertahan selama 11 jam untuk dipakai gaming, 19 jam untuk menonton video. dan 37 hari melakukan panggilan telepon.

Di bawah bodinya, terdapat port pengecasan USB Type-C 2.0 yang mendukung pengecasan cepat (fast charging) sebesar 33 W. POCO mengklaim bahwa HP ini dapat meraih angka baterai 64% setelah 30 menit pengecasan.

Berdasarkan pengujian oleh author di AndroidHeadlines.com, POCO M5s ini memiliki ketahanan screen-on time antara 4 hingga 5 jam lamanya. Lanjut lagi, dikatakan juga bahwa ponsel dapat terisi dari 0-100% dalam waktu setengah jam.

8. Konektivitas Lengkap

Untuk Kamu yang hidup di ibukota atau di kota-kota besar lainnya, tentu memerlukan NFC. Ini agar pengguna dapat melakukan pengecekan dan pengisian saldo eMoney hanya dari ponsel saja, tanpa harus mengunjungi ATM terdekat.

POCO M5s merupakan salah satu dari segelintir HP budget yang punya fitur NFC tersebut. Kendati demikian, ketersediaan NFC di HP ini tergantung dari wilayah pemasarannya. Belum diketahui apakah POCO M5s varian Indonesia akan dipasarkan dengan NFC juga.

Konektivitas lain yang dimiliki POCO M5s juga beragam, bahkan terbilang lebih banyak dari ponsel kebanyakan lainnya. Misalnya saja fitur IR Blaster yang dapat menjadikan ponsel sebagai remote TV atau AC tanpa harus terhubung ke internet.

Ponsel juga sudah dibekali dengan WiFi Dual Band 5 GHz, Bluetooth 5.0, serta sensor pemindai sidik jari di samping. Sementara untuk kelengkapan sensor, POCO M5s hadir dengan akselerometer, gyro, kompas, dan juga virtual proximity sensing.

Terdapat pula protokol GPS yang beragam seperti A-GPS, GLONASS, GALILEO, dan juga BDS. Agar pengguna bisa mendengarkan radio kesukaan sambil beraktivitas, POCO M5s juga telah dibekali fitur FM Radio.

Kekurangan POCO M5s

Terlepas dari kelebihan di atas, nyatanya POCO M5s tidak luput dari sejumlah kekurangan. Simak beberapa poin kekurangan di bawah sebelum beli, ya.

1. Tanpa Refresh Rate Tinggi

12 Kelebihan dan Kekurangan POCO M5s

Ada dua alasan utama yang membuat ketahanan baterai POCO M5s begitu lama. Pertama, karena hadir dengan layar AMOLED yang punya efisiensi daya tinggi, serta berjalan dalam refresh rate standar 60 Hz.

Ya, POCO M5s memang tidak menyediakan laju penyegaran 90 Hz atau 120 Hz seperti mayoritas HP pesaingnya di tahun 2022. Padahal, di tahun tersebut, laju penyegaran tinggi di segmen HP murah sedang marak-maraknya.

Untuk diketahui, refresh rate mengacu pada berapa kali layar melakukan refresh atau penyegaran setiap detiknya. Mirip dengan FPS (frame per second). Tanpa 90 Hz atau 120 Hz, artinya pengguna tidak akan merasakan pergeseran layar yang lebih mulus, baik saat menggulir (scrolling) ataupun bermain gim.

Jika Kamu berpindah dari ponsel yang menyediakan 90 Hz, kembali ke ponsel 60 Hz tentu jadi hal tidak menyenangkan. Kamu akan merasakan perbedaan pada 60 Hz jika sebelumnya sudah terbiasa dengan refresh rate lebih tinggi.

2. Tidak Ada Night Mode di Lensa Ultrawide

Kekurangan yang satu ini bisa jadi deal-breaker bisa juga tidak. POCO M5s hanya menyediakan Night Mode pada kamera utamanya saja.

Jika Kamu gunakan mode ultrawide saat pemotretan malam hari, kualitas fotonya akan lebih buruk lantaran tidak tersedia night mode.

3. Tanpa 5G

Terlepas dari berbagai spesifikasi tinggi yang HP ini punya, nyatanya POCO M5s tidak bisa dianggap future-proof. Penggunaan chipset Helio G series alih-alih Dimensity atau Snapdragon menandakan HP ini tidak mendukung 5G.

Memang, saat HP ini diluncurkan, 5G di Indonesia belum sepenuhnya merata. Bahkan hanya segelintir provider saja yang mendukung jaringan 5G, sebut saja Telkomsel, Indosat, dan XL.

Akan tetapi, jika Kamu berniat memiliki HP dalam jangka panjang, penulis sih merekomendasikan membeli HP yang sudah ada 5G-nya. Toh, HP 5G sekarang sudah murah-murah, bahkan di harga Rp2 jutaan pun sudah ada.

4. Ponsel Hasil Recycle

Spesifikasi dari POCO M5s murni 100% “menjiplak” dari Redmi Note 10s yang duluan hadir setahun sebelumnya, yakni di tahun 2021. Mulai dari penggunaan chipset Helio G95, konfigurasi Quad Camera 64 MP, hingga spesifikasi layarnya. Tidak ada yang berbeda.

Malahan, desain bodinya pun dibuat sama persis dengan sedikit sentuhan. Kini di bodi POCO M5s tidak lagi terlihat tulisan Redmi, tapi diganti dengan tambahan aksen geometri pada modul kameranya yang bertuliskan POCO. Ini tentu dibuat agar lebih sesuai dengan bahasa desain POCO series.

Satu-satunya alasan yang Kamu punya untuk membeli POCO M5s ketimbang Redmi Note 10s adalah software-nya. Karena POCO M5s lebih baru, ia dirilis dengan versi Android dan MIUI yang lebih kekinian.

POCO M5s juga punya fitur eksklusif POCO (seperti POCO Launcher) dan akan mendukung masa update versi Android yang lebih panjang.

Sebenarnya, kekurangan ini tidak perlu menjadi hal yang terlalu dipermasalahkan. Namun sebenarnya tidak ada salahnya juga bagi POCO untuk setidaknya menggunakan desain yang baru, atau menambahkan fitur tambahan sebagai pembedanya.

Misalnya seperti Redmi Note 10s yang pakai AMOLED tapi mentok di 60 Hz. Semestinya, ini bisa jadi kesempatan POCO untuk menambakan laju penyegaran tinggi 90 Hz.

Setiap ponsel selalu punya room for improvement, dan seharusnya ini jadi kesempatan POCO M5s untuk memperbaiki kekurangan yang ada di Redmi Note 10s.

 

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News