Wajib Disimak, Kelebihan dan Kekurangan dari HP POCO F5

POCO F5 diperkenalkan ke pasar global pada 9 Mei 2023. Namun, untuk pasar Indonesia, ponsel ini hadir pada 27 Juni 2023. Smartphone ini merupakan kelanjutan dari POCO F4. Di Tiongkok, POCO F5 dijual dengan nama Redmi Note 12 Turbo.

Jika dibandingkan POCO F4, ada hal berbagai hal baru yang ditawarkan POCO pada HP ini. Namun, yang paling mencuri perhatian adalah SoC Snapdragon 7 Plus Gen 2 pada sektor dapur pacu.

Konon, SoC ini punya kemampuan yang hampir menyaingi SoC Snapdragon 8 Series keluaran 2022. Hal ini tentunya merupakan lompatan besar untuk SoC Snapdragon 7 Series.

Kendati demikian, POCO F5 tidak melulu soal performa tinggi. Ada kelebihan dan kekurangan yang dipunyai sang ponsel. Pemaparan soal detail POCO F5 dapat Kamu temui di setiap poinnya. Berikut adalah spesifikasi utama sang ponsel yang dapat Kamu simak terlebih dahulu.

Spesifikasi POCO F5

Wajib Disimak Kelebihan dan Kekurangan dari HP POCO F5

  • Layar AMOLED 6.67 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2
  • RAM 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal 256 GB
  • Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan POCO F5

Sederet kelebihan yang dimiliki mempertegas jati diri POCO F5 sebagai HP kelas menengah atas. Ada banyak fitur dan kemampuan yang cocok bagi semua orang. Namun, HP ini juga punya fitur-fitur ala HP flagship yang membuatnya makin menarik.

1. Desain Bodi yang Ringan dan Enak Digenggam

Wajib Disimak, Kelebihan dan Kekurangan dari HP POCO F5

Jika sebelumnya HP POCO selalu menggunakan modul pada deretan kamera belakang, kini modul dihilangkan. Imbasnya penampilan POCO F5 jadi terlihat minimalis.

Tonjolan lensa dari tiga kamera belakang HP ini terlihat begitu saja. Kesan minimalis juga dapat dilihat dari bezel layarnya yang cukup tipis.

Walaupun penutup belakang dan rangkanya memiliki desain flat (rata). Hal lain yang membuat HP ini enak digenggam adalah dimensi dan bobotnya. POCO F5 terbilang cukup tipis dan ringan karena ketebalannya hanya 7,9 mm, sedangkan bobotnya ada di angka 181 gram.

Adapun POCO F5 tersedia dalam tiga pilihan warna yakni Hitam, Biru, dan Putih. Yang paling menarik adalah varian Putih karena memiliki corak seperti embun es. HP ini telah mendapatkan sertifikasi IP53, sehingga tahan terhadap debu serta percikan air.

2. Layar Cerah dan Didukung Speaker Stereo

POCO F5 dibekali layar 6,67 inci dengan panel AMOLED. Resolusi layar tersebut adalah Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel. Layar ini mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz.

POCO mengeklaim, layar HP ini mampu mengeluarkan warna sesuai standar DCI-P3, dan bisa mencapai level kecerahan 1000 nit (HBM).

Tampilan layarnya oke untuk konsumsi konten, main game, dan masih terlihat jelas di luar ruangan. Layar ini pun dilapisi Corning Gorilla Glass 5 sebagai proteksi dari gesekan benda tajam.

Terdapat speaker dengan konfigurasi stereo (ganda) pada POCO F5 untuk menambah asyik aktivitas menonton video dan main game. Speaker utama ada di sisi bawah, sedangkan speaker sekunder merangkap earpiece berada di bezel atas layar.

3. Performa Ngebut Snapdragon 7+ Gen 2

Dalam dapur pacu POCO F5, Snapdragon 7 Plus Gen 2 didukung RAM 8 GB atau 12 GB LPDDR5, dengan memori internal 256 GB UFS 3.1. Tidak ada opsi untuk memperbesar ruang simpan karena HP ini tak punya slot microSD. Yang ada adalah fitur penambah RAM (Dynamic RAM) up to 8 GB.

Lalu bagaimana dampak dari SoC ini pada performa POCO F5. Singkatnya luar biasa. Dalam pengujian yang dilakukan Gizmochina, HP ini meraih skor AnTuTu 9 di angka 978.264.

Untuk skor GeekBench 5, kanal YouTube Dhiarcom mendapatkan skor 1225 pada skenario single-core, serta 3999 pada skenario multi-core.

POCO F5 dapat menjalankan game tersebut secara mulus pada setelan grafis mentok kanan “highest-60 fps”. Selama diuji selama 15 menit, rata-rata frame rate yang dicatatkan HP ini adalah 54 fps. Temperatur maksimalnya ada di angka 45 derajat celcius, sehingga tidak terlalu panas.

4. Tangkapan Kamera Utama Bisa Diandalkan

POCO F5 memiliki tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Tiga kamera belakangnya terdiri atas kamera utama 64 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2; FoV 120 derajat), dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Sementara itu, kamera depannya punya resolusi 16 MP.

Fitur autofokus dan OIS ada di kamera utama. Kamera utama pun jadi satu-satunya kamera yang bisa merekam video hingga resolusi 4K 30 fps.

Khususnya kamera utama. Foto terlihat memiliki detail tinggi dengan rentang dinamis yang luas. Warnanya pun cukup natural.

Untuk perekaman video, kamera utama ponsel ini juga mampu menghasilkan video yang stabil, baik di resolusi 1080 30 fps, 1080p 60 fps, ataupun 4K 30 fps.

5. Daya Tahan Baterai Bagus

POCO F5 memiliki daya tahan baterai 5000 mAh. Menurut Gizmochina, untuk penggunaan ringan tanpa main game, POCO F5 dapat bertahan hingga dua hari dalam sekali cas.

Baterai 5000 mAh mungkin sudah lumrah dan dapat dijumpai di banyak smartphone. Akan tetapi, kapasitas besar tidak sama dengan daya tahan baik.

Selain awet, baterai POCO F5 juga dapat terisi dengan cepat berkat dukungan fast charging 67W. POCO mengeklaim, mengecas baterai dari kondisi kosong sampai penuh hanya memerlukan waktu 46 menit.

6. Ada Audio Jack dan Infrared

POCO F5 memang sudah meiliki kombinasi yang ideal untuk aktivitas multimedia, yakni layar AMOLED dan speaker stereo.

Namun, jika pengguna masih ingin merasakan dentuman suara yang lebih terasa, ada audio jack 3,55 mm yang bisa dimanfaatkan.

Adapun POCO F5 tak meninggalkan ciri khas yang dimiliki HP keluarga Xiaomi yaitu fitur infrared blaster. Fitur ini menjadi jalan untuk mengubah ponsel jadi remote universal. Berbagai barang elektronik dari macam-macam merek dapat dikendalikan oleh satu ponsel.

7. Paket Penjualan Disertai Charger

Paket penjualan POCO F5 masih cukup lengkap. Aksesori yang disediakan di dalam boks meliputi SIM ejector (pencongkel laci kartu SIM), softcase transparan, kepala charger 67W, dan kabel USB C. Melihat fakta tersebut, konsumen tidak perlu dipusingkan lagi untuk membeli softcase dan charger secara terpisah.

8. Harganya Murah Jika Menilik Spesifikasi yang Ditawarkan

Pasalnya, POCO Indonesia menawarkan POCO F5 mulai harga Rp4,7 jutaan. Ini harga yang sangat menarik bahkan tergolong murah. Lebih murah dari POCO F4.

Harga untuk varian RAM 8 GB storage 256 GB dijual dengan harga Rp4.799.000.

Sementara varian RAM 12 GB dengan storage yang sama, hanya Rp5.299.000. Ini sangat menguntungkan, terlebih karena spesifikasi dari segala sisi, POCO F5 lebih unggul.

Kekurangan POCO F5

POCO F5 mungkin jadi HP yang diidam-idamkan banyak orang di kelasnya. Namun, HP ini hadir bukan tanpa pengecualian. Beberapa poin yang akan Xiaomi jelaskan di bawah ini bisa jadi merupakan kelemahan sang ponsel. Simak dengan baik-baik!

1. Noda Sidik Jari Mudah Menempel

Penutup belakang POCO F5 menggunakan finishing glossy pada varian warna hitam dan putih. Finishing glossy di satu sisi memberi kesan mewah karena kemampuannya dalam memantulkan cahaya (reflektif). Di sisi lain, penutup belakang glossy mudah sekali terlihat dekil setelah terkena minyak dan noda sidik jari.

Efeknya akan lebih terlihat pada varian warna hitam. Pengguna mesti sering-sering mengelap bodi HP ini untuk menghilangkan noda dan minyak yang menempel. Jika tak mau ribet, pasang saja softcase yang tersedia dalam paket penjualan.

2. Tangkapan Kamera Ultrawide dan Kamera Depan Biasa Saja

Selain punya kamera utama 64 MP, POCO F5 juga memiliki kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera depan 16 MP (f/2.45). Kualitas tangkapan kamera-kamera tersebut sebenarnya lumayan, kecuali kamera makro yang detailnya kurang.

Namun, jika dibandingkan dengan HP lain di kelasnya, memang terlihat biasa-biasa saja. Beberapa penguji menyebut masalah yang dihadapi kamera ultrawide dan kamera depan POCO F5 yakni soal inkonsistensi.

 

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News