Murah Berkualitas, Simak Kelebihan dan Kekurangan POCO C55

POCO C55 resmi diluncurkan secara Global pada Februari 2023. HP ini menjadi Hp kedua yang dirilis oleh POCO di tahun 2023 setelah POCO C50. POCO C50 dirilis lebih awal yaitu pada Januari 2023. Masih sama seperti POCO C50, POCO C55 ini juga diluncurkan sebagai HP kelas entry-level dengan harga yang sangat terjangkau.

Meski berada di kelas yang sama dengan POCO C50, POCO C55 ini dibekali sejumlah spesifikasi yang sedikit lebih unggul. Hal ini tentu saja membuatnya cukup menarik bagi sebagian orang. Salah satu sektor yang membuatnya lebih menarik lagi adalah desain, performa dari chipset yang unggul, kamera, dan sebagainya.

Nah, jika Kamu masih penasaran dengan POCO C55 ini, tak usah khawatir. Kali ini, tim Xiaomi sudah merangkum beberapa kelebihan yang dimiliki oleh POCO C55. Bahkan, kami juga sudah menyiapkan kekurangan dan Kelebihan sebagai bahan pertimbangan untuk Kamu. Yuk simak berikut ini.

Spesifikasi POCO C55

Murah Berkualitas, Simak Kelebihan dan Kekurangan POCO C55

  • Layar IPS LCD 6.71 inci
  • Chipset MediaTek Helio G85
  • RAM 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal 64 GB, 128 GB
  • Kamera 50 MP (wide) 0.8 MP (depth)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan POCO C55

Jika melihat dari spesifikasi yang dibawanya, terlihat beberapa hal yang cukup menarik. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh POCO C55. Silakan simak sampai habis agar tidak ada yang ketinggalan.

1. Desain Menarik ala POCO

Murah Berkualitas, Simak Kelebihan dan Kekurangan POCO C55

Jika Kamu sering mengikuti perkembangan HP dari Xiaomi, mungkin Kamu akan merasa familier dengan susunan kamera di POCO C55 ini.

Dengan menempatkan dua lensa kamera secara vertikal, kemudian di tengahnya disematkan LED flash dan sebuah lingkaran bertuliskan “AI”. Di dekat kameranya juga terdapat sensor pemindai sidik jari.

Untuk bodi bagian belakangnya, POCO C55 ini menggunakan material polikarbonat premium. Dengan material premium, HP ini mampu memberikan tekstur unik layaknya kulit. Bodinya ini semakin terlihat premium dengan adanya garis seperti jahitan di bagian tengah yang cukup terasa.

Dengan tekstur yang diberikan, bodi bagian belakangnya ini tentu akan lebih awet. Noda sidik jari, goresan, atau bahkan lecet menjadi lebih sulit dialami selama penggunaan.

Kamu juga bisa lebih mudah dan nyaman ketika menggenggamnya. Sebab teksturnya yang unik membuatnya tidak licin serta ukuran bodinya yang pas.

Bodi POCO C55 ini bisa dibilang cukup ringan. Bobot yang dimilikinya hanya 192 gram saja. Sementara untuk dimensinya yaitu 168,8 x 76,4 x 8,8 mm. Ketebalannya sudah pas untuk digenggam dalam penggunaan sehari-hari.

2. Adanya Sertifikasi IP52

Salah satu hal yang menarik perhatian soal bodi POCO C55 ini adalah ketahanannya. Untuk bagian depan, layar POCO C55 sudah dilindungi oleh Panda Glass. Sedangkan bagian belakangnya dilindungi oleh eco Leather premium.

Namun, bukan itu yang menarik dari POCO C55 ini, melainkan adanya sertifikasi IP. Benar, dengan adanya sertifikasi tersebut, POCO C55 ini menjadi salah satu HP murah yang tahan terhadap debu dan percikan air.

Sertifikasi yang disematkan kepada HP ini adalah IP52. Dengan adanya sertifikasi ini, Kamu bisa lebih tenang jika HP berada di bawah hujan ringan sekalipun. Namun, bukan berarti HP ini bisa berlama-lama di bawah hujan, apalagi sampai dimasukkan ke dalam air.

3. Ukuran Layar Lebar

Beralih ke kemampuan layarnya, POCO C55 ini dibekali ukuran layar yang cukup lebar. Dengan panel IPS LCD, layar yang dimilikinya memiliki ukuran hingga 6,71 inci.

Hanya saja, refresh rate yang dimilikinya hanya berada di angka 60 Hz saja. Namun, sensitivitas sentuhan layarnya didukung oleh touch sampling rate-nya yang mencapai 120 Hz.

Layar yang Layar yang memiliki ukuran lebar ini sudah mampu mencapai kualitas HD Plus atau 720 x 1650 piksel. Meski begitu, Kamu tidak akan menemukan pikselasi pada layar selama penggunaan. Sebab kerapatan pikselnya sudah cukup baik yaitu 268 ppi. Setidaknya untuk kelas harganya.

Pada sektor layar ini, POCO C55 juga mengalami peningkatan soal kecerahannya. Jika POCO C50 atau POCO C40 hanya memiliki kecerahan 400 nit, POCO C55 ini sudah mampu mencapai 500 nit.

Hal ini tentu saja membuatnya tetap nyaman ketika digunakan di luar ruangan. Hanya saja, Kamu harus menaikkan kecerahannya sampai maksimal.

4. Performa Helio G85 yang Unggul di Kelasnya

Dengan harga yang murah, tentu tidak seharusnya kita berharap performa yang tinggi. Namun, POCO C55 ini sudah menarik dengan menggunakan chipset dari MediaTek yaitu Helio G85. Bisa dibilang, chipset ini memiliki performa yang cukup unggul di kelasnya.

Soal performa, POCO C55 ini sudah bisa diandalkan dalam penggunaan sehari-hari. Bahkan, Kamu juga bisa memainkan game populer yang tidak terlalu berat di HP ini, misalnya Asphalt 9, Call of Duty, Free Fire, hingga Mobile Legends. Hanya saja, Kamu harus tetap menyesuaikan grafik yang digunakan.

Lantas, bagaimana dengan skor hasil pengujiannya? Berdasarkan situs resminya, POCO C55 ini diklaim mampu mencapai skor AnTuTu 9 hingga 260 ribuan. Skor tersebut jelas berada di atas chipset lain di kelasnya seperti UNISOC T612 hingga MediaTek Helio P35.

5. Kapasitas RAM Luas

Untuk membantu meningkatkan performanya, POCO C55 dibekali kapasitas RAM yang cukup luas. Untuk kapasitasnya, Kamu ditawarkan dua varian RAM yaitu 4 GB dan 6 GB. Menariknya, POCO C55 ini sudah dibekali fitur Turbo RAM yang bisa memperluas kapasitas RAM.

Fitur Turbo RAM ini memiliki sistem kerja yang sama dengan fitur Extended RAM, DRE (Dynamic RAM Expansion), RAM Plus, dan sebagainya. Dengan kata lain, kapasitas RAM POCO C55 ini bisa diperluas dengan meminjam kapasitas dari penyimpanan internal.

Sementara untuk penyimpanan internalnya, POCO C55 menawarkan dua varian. Terdapat varian penyimpanan dengan kapasitas 64 GB dan 128 GB. Jenis penyimpanan yang digunakan adalah eMMC 5.1.

Jika masih merasa kurang dengan kapasitas penyimpanan internal. Kamu bisa memperluasnya menggunakan microSD. Sebab POCO C55 sudah menyediakan slot khusus untuk microSD hingga 1 TB.

6. Kamera Utama 50 MP

Berbeda dari HP entry-level lainnya, POCO C55 hadir dengan kamera utama 50 MP. Ukuran tersebut cukup membuat tertarik sebagian orang, terutama yang sedang mencari HP dengan harga murah. Selain kamera utamanya, POCO C55 juga dibekali lensa sensor kedalaman 0,08 MP.

Kamera utama yang dimilikinya sudah didukung oleh fitur PDAF. Selain itu, terdapat fitur lain seperti HDR yang membuat hasil gambar lebih tajam dan detail. Jika beralih ke bagian depan, terdapat kamera selfie 5 MP dengan HDR.

Soal perekaman videonya, baik kamera belakang atau depan, keduanya sudah mampu mencapai kualitas 1080p dengan 30 fps. Hasil video yang dihasilkan sudah cukup bagus, terutama untuk kamera belakang.

7. Kapasitas Baterai Besar dan Awet

Sebagai salah satu produk POCO, sudah barang pasti POCO C55 ini dibekali baterai yang cukup besar. Kamu bisa merasakan ketahanan baterai dengan kapasitas 5000 mAh ini. Meski terlihat standar, jika dibandingkan dengan harganya yang murah, kapasitas ini sudah lebih dari cukup.

Bahkan, POCO C55 sendiri mengeklaim bahwa baterai miliknya ini mampu bertahan cukup lama. Jika Kamu berada di luar atau bepergian, Kamu tidak perlu repot mencari colokan.

Menurut klaimnya, POCO C55 ini mampu bertahan dalam mode siaga hingga 28 hari. Sedangkan untuk aktivitas harian seperti menelepon bisa bertahan selama 39 jam, memutar video berulang hingga 27 jam, dan bermain game bisa hingga 10 jam 30 menit.

Kekurangan POCO C55

Setelah selesai membahas mengenai kelebihan-kelebihan dari POCO C55. Kali ini, kita akan masuk ke hal-hal yang bisa saja menjadi kekurangannya.

Namun, kekurangan ini tetap bisa diwajarkan untuk sebagian orang. Namun, kekurangan ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi Kamu. Silakan simak sampai habis, ya.

1. Kamera Selfie Biasa Saja

POCO C55 ini memang berhasil menarik perhatian dengan kamera utamanya dengan resolusi 50 MP. Gambar yang dihasilkan kameranya juga sudah cukup baik di kelasnya.

Namun, hal itu tidak berlaku untuk kamera depannya. Pasalnya, kamera depan atau kamera selfie POCO C55 ini hanya beresolusi 5 MP saja. Gambar yang dihasilkan juga tidak begitu baik, juga tidak buruk. Padahal sudah dibekali fitur HDR di dalamnya.

Hasil yang kurang memuaskan semakin Kamu rasakan ketika memotret di dalam ruangan. Apalagi ketika digunakan malam hari.

2. Tanpa Stereo Speaker

Hal lain yang mesti Kamu perhatikan adalah soal speakernya. Benar, POCO C55 ini hadir dengan speaker tunggal yang disimpan di bagian bawah bodi. Speaker ini berada di samping port lain seperti jack 3,5 mm dan pengisian daya.

Keberadaan speaker ini menjadi hal penting untuk sebagian orang. Apalagi untuk yang sering menonton tanpa earphone dan sebagainya. Jumlah speaker yang hanya satu ini menjadi perhatian yang cukup besar.

3. Tanpa Refresh Rate Tinggi

Beralih ke bagian layar, meski memiliki layar yang lebar dengan resolusi menarik. POCO C55 ini masih memiliki kekurangan soal refresh rate yang disematkan. Bukan 90 Hz, POCO C55 justru memiliki refresh rate 60 Hz saja. Hal ini tentu menjadi hal yang mesti diperhatikan.

Apalagi jika Kamu sudah terbiasa dengan HP yang memiliki refresh rate tinggi. Kamu pasti akan merasakan perbedaan yang cukup signifikan. Pergerakan animasi atau ketika scrolling terasa lebih berat dari biasanya.

Kesimpulan

POCO C55 ini memang menjadi salah satu HP POCO menarik di kelas entry-level tahun 2023. Dengan beberapa peningkatan yang dimilikinya seperti pada bagian desain, performa yang lebih unggul, hingga kamera 50 MP. Hal itu menjadi daya tarik utama bagi HP dengan harga terjangkau ini.

Di balik itu, masih terdapat hal-hal yang mesti diperhatikan seperti kamera selfie yang kurang, tanpa stereo speaker, hingga tingkat refresh rate yang terlalu kecil. Hal-hal seperti ini bisa menjadi pertimbangan sebelum Kamu menentukan untuk membelinya.

Meski begitu, jika melihat harganya yang cukup terjangkau, POCO C55 cukup menarik. Apalagi untuk digunakan sehari-hari sebagai HP pendamping.

Kamu bisa membeli POCO C55 dengan harga 9.499 Rupee atau sekitar Rp1,7 jutaan untuk varian RAM 4/64 GB. Sedangkan untuk varian RAM 6/128 dijual dengan harga 10.999 Rupee atau sekitar Rp2 jutaan saja.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News