Perlu Tahu Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Kalau ada yang tanya kenapa Xiaomi terkenal? Jawaban mudahnya adalah HP Xiaomi umumnya memiliki nilai harga yang berimbang dengan spesifikasi yang ditawarkan. Xiaomi juga dikenal sebagai distributor ponsel cerdas terbesar ke-3 di Dunia

Alasan lain juga karena ponsel ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan produk dari vendor lain.

Akan tetapi, Xiaomi juga bukan tanpa kekurangan. Perusahaan teknologi yang tergolong memiliki perkembangan cepat ini punya kelebihan dan kekurangan.

Xiaomi akan menjabarkan kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi. Langsung cek poin pembahasannya berikut ini mulai dari kelebihan atau keunggulan dari HP Xiaomi berikut ini.

Kelebihan HP Xiaomi

Yuk ketahui terlebih dahulu kelebihan HP Xiaomi dan apa yang membuat HP Xiaomi menarik di mata konsumen.

1. Harga Terjangkau

Kelebihan HP Xiaomi yang pertama adalah soal harganya yang terjangkau. Handphone Xiaomi memiliki harga yang beragam, tergantung dari seri, tipe, dan spesifikasinya.

Perusahaan elektronik dari Tiongkok ini umumnya akan menawarkan harga yang lebih rendah dibanding merek lain meskipun memiliki spesifikasi yang hampir sama.

Pada tahun 2018, Xiaomi Global menegaskan bahwa mereka tidak mengambil keuntungan yang besar.

Hal ini juga disesuaikan dengan target pasar Xiaomi, yaitu menengah kebawah. Meskipun harganya relatif rendah, bukan berarti kualitas produk Xiaomi murahan. Desain modern yang dirancang untuk handphone Xiaomi cukup menarik.

2. Garansi

Kelebihan HP Xiaomi yang kedua adalah soal garansi. Xiaomi memberikan garansi selama 2 tahun, berbeda dengan garansi handphone biasanya.

Dengan ini, mereka yakin dan percaya bahwa handphone yang mereka produksi berkualitas tidak murahan terlepas adanya kesalahan produksi.

3. Terus Berinovasi

Kelebihan HP Xiaomi yang ketiga adalah soal inovasinya. Perkembangan Xiaomi bisa dibilang termasuk cepat. Dalam kurun 13 tahun, Xiaomi sudah memiliki banyak tipe produk.

Xiaomi juga menjadi panutan di perkembangan dunia teknologi. Xiaomi menjadi salah satu perusahaan yang masuk ke dalam daftar perusahaan paling inovatif di tahun 2016.

Tidak hanya inovatif dalam soal produk, namun juga pada cara pemasarannya. Sehingga, tidak menutup kemungkinan bahwa Xiaomi akan bergerak ke pasar kelas atas juga.

Bahkan, Xiaomi punya seri Redmi Note, tipe handphone note yang tidak dimiliki oleh semua perusahaan elektronik.

4. MIUI

Kelebihan HP Xiaomi yang kelima adalah soal MIUI. MIUI adalah sistem operasi dengan basis Android yang dikembangkan oleh Xiaomi dan hanya dimiliki oleh handphone Xiaomi.

5. Child Mode

Meskipun handphone tidak untuk anak-anak, ada juga yang memberikan handphone untuk anaknya. Selain itu, mungkin saja anak dapat mengambil handphone kita diluar sepengetahuan kita.

Mungkin, fitur child mode dapat dibilang cukup penting terutama untuk yang sudah berkeluarga.

Xiaomi merupakan salah satu handphone pelopor fitur child mode. Fitur ini dapat diaktifkan dan dimatikan sesuai yang diinginkan pada pengaturan.

Fitur child mode tersedia mulai dari MIUI 7 dan seterusnya. Redmi 9C adalah salah satu yang mendukung fitur ini.

Kekurangan HP Xiaomi

Tentu saja tidak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu juga dengan ponsel-ponsel besutan Xiaomi. Meski memiliki banyak keunggulan atau kelebihan, ponsel yang diproduksi Xiaomi memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Merek

Perlu Tahu Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Kekurangan HP Xiaomi yang pertama adalah soal merek. Perusahaan Xiaomi mempunyai lini produk handphone dengan 4 merek. Nama dari 4 merek tersebut adalah POCO, Redmi, Xiaomi, dan Black Shark.

POCO adalah merek yang berfokus sebagai handphone dengan performa yang baik dibanderol dengan harga yang lebih rendah.

Awalnya, Redmi adalah salah satu seri Xiaomi yang ditujukan untuk kelas lebih rendah. Namun, perusahaan memutuskan untuk membuat Redmi menjadi merek sendiri.

Handphone Xiaomi sama dengan seri Mi yang ditujukan untuk kelas yang lebih diatas.

Black Shark dikhususkan sebagai handphone untuk bermain game. Dari desain bodinya sudah dapat terlihat bahwa spesifikasi yang ada dirancang khusus untuk gaming.

Sebenarnya, tidak ada masalah pada hal ini. Namun, tidak ada persamaan menonjol yang dapat menjadi ciri khas dan dapat membuat orang menjadi bingung.

Contohnya produk Apple dan Samsung, kita bisa melihat semua produknya dapat dibedakan dengan spesifik.

2. Iklan

Kekurangan HP Xiaomi yang kedua adalah soal iklan. Karena Xiaomi tidak banyak mengambil keuntungan, cara mereka untuk mendapatkan dana adalah dengan iklan.

Namun, iklan yang muncul tidak terlalu mengganggu karena merupakan bagian dari MIUI.

Bagi beberapa orang mungkin sangat disayangkan jika sudah membeli handphone harga jutaan tapi ada iklan di dalamnya. Munculnya iklan sebenarnya relatif tergantung pada seri dan jenis handphone yang dibeli.

3. Harga Jual Rendah

Kekurangan HP Xiaomi yang ketiga adalah soal harga jual yang rendah. Harga jual handphone Xiaomi bekas termasuk rendah karena mengalami penurunan yang lumayan jauh.

Sebenarnya, perlu dilihat kembali intensitas pemakaian pengguna dan kondisi komponen di dalam handphone itu.

Hal ini juga mungkin dapat dikarenakan handphone lama seringkali tidak dapat mendukung aplikasi yang lebih baru.

Namun, kamu perlu berhati-hati juga jika ingin membeli handphone Xiaomi second. Karena harganya yang dapat dibilang rendah, banyak penipu yang memanfaatkan kesempatan ini.

Baik handphone baru maupun second, handphone Xiaomi dapat didistribusikan secara illegal, menyebabkan pembelinya tidak mendapatkan garansi.

Maka itu, kamu perlu untuk mencari toko terpercaya yang menjual produk second berkualitas.

4. Produk Dari Tiongkok

Kekurangan HP Xiaomi yang keempat adalah soal produk yang berasal dari Tiongkok. Produk yang dibuat dari Tiongkok dikenal cepat rusak.

Beberapa orang masih memiliki mindset akan ini, meskipun Xiaomi adalah barang elektronik yang disertakan dengan garansi.

5. Kompetitor Lebih Kuat

Kekurangan HP Xiaomi yang kelima adalah soal perbandingannya dengan competitor di pasar Indonesia.

Jika bicara soal handphone, pasti yang terbayang dibenak orang adalah Apple atau Samsung untuk Android. Kalaupun untuk kelas menengah, masih ada merek Oppo.

Bukan berarti Xiaomi tidak terkenal, hanya saja mereknya kurang kuat dibanding yang lain.

Jadi, apakah kamu tertarik dengan Xiaomi dan menjadi Mi Fans? Kamu dapat menjadi bagian dari komunitas Xiaomi.Dimana pun kamu membeli Xiaomi atau handphone lainnya, pastikan tokonya terpercaya dan memberikan garansi.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News