Disimak Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 7

Redmi, yang kini merupakan sub-brand dari Xiaomi meluncurkan HP terbarunya yakni Redmi Note 7.

Kemunculan Redmi Note 7 sendiri sempat membuat geger para pecinta gadget, khususnya Xiaomi, karena dikabarkan memiliki kamera dengan resolusi tinggi, yakni 48 MP.

Kali ini, Xiaomi akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari HP Redmi Note 7 ini. Kamu penasaran, bukan? Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

Spesifikasi Redmi Note 7

Disimak Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 7

  • RAM & Memori : 3/32GB, 4/64GB, 4/128GB
  • Layar : IPS 6.3 inchi, 1080 x 2340 piksel
  • OS : Android Pie 9.0
  • Chipset : Snapdragon 660 AIE (14 nm)
  • Kamera : 48MP + 5MP
  • Baterai : Li-Po 4000 mAh, fast charging 18W

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Redmi Note 7

1. Punya Desain Menarik

Disimak Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 7

Dilansir dari GadgetIn, Redmi Note 7 yang tampil sangat elegan ini dilapisi bahan kaca di bagian belakang bodinya. Tidak tanggung-tanggung, HP yang banyak dicari ini sudah menggunakan corning Gorilla Glass 5, baik di bagian depan untuk melapisi layarnya, maupun di bagian belakang bodinya.

HP dengan ukuran layar 6.3 inci ini mengikuti tren smartphone masa kini, yakni tampil dengan bezel tipis dan notch atau poni di bagian tengah atas layar yang berbentuk water drop.

Seperti kebanyakan HP saat ini, bodi bagian belakang Redmi Note seri terbaru ini punya tiga varian warna nyentrik dengan gradasi, yakni yakni fantasy blue, black dan twilight gold.

2. Kualitas Kamera Bagus

Sektor kamera utama dari Redmi Note 7 dibekali dengan dua lensa. Satu lensa kameranya beresolusi 48 MP dan satu lagi ada lensa tambahan berukuran 5 MP khusus untuk menghadirkan efek background blur alias bokeh pada foto.

Kamu tentu penasaran, bagaimana HP yang dijual di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau ini bisa memiliki kamera dengan resolusi yang terbilang cukup tinggi untuk sebuah kamera smartphone.

Terlebih Redmi Note 7 menggunakan chipset Snapdragon 660 yang belum bisa mendukung lensa di atas 25 MP.

Sebenarnya, lensa kamera utama dari HP besutan vendor ternama asal Tiongkok ini berukuran 12 MP.

Namun, dalam aplikasi kamera HP ini terdapat mode pro yang memungkinkan Kamu dapat memotret gambar dengan kualitas setara lensa 48 MP.

David dari GadgetIn menyampaikan bahwa hasil gambar yang ditangkap, baik dengan menggunakan mode normal maupun pro, memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda.

Hal senada juga diutarakan oleh Yugatech. Jika dilihat sekilas, gambar yang dihasilkan seperti sama-sama dipotret menggunakan lensa 12 MP saja.

Namun, Yugatech juga menuturkan bahwa foto yang dia diambil dengan menggunakan mode pro atau mode 48 MP terlihat sedikit lebih tajam dan memiliki detail yang lebih baik ketimbang yang diambil dengan menggunakan mode normal 12 MP.

3. Performa Lancar

Dari sektor kamera, beralih ke sektor dapur pacunya. Redmi Note 7 dibekali dengan chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 660 yang biasa ditemukan pada HP kelas menengah.

Secara keseluruhan, performa HP ini tentu bisa dikatakan lancar dan tergolong bagus untuk HP di kelasnya, terutama jika Kamu hanya menjalankan aplikasi seperti sosial media Instagram, atau streaming video via YouTube.

Nah, buat Kamu yang hobi bermain game, tenang, meski menggunakan chipset kelas menengah, HP ini cocok untuk digunakan bermain game.

Salah satunya PUBG. Ya, Kamu dapat memainkan game populer ini di Redmi Note 7 meski dengan setting grafis medium.

4. Layar Besar dan Jernih

Redmi Note 7 mengusung layar berukuran 6.3 inci dengan rasio 19:9. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Redmi Note 7 tampil dengan bezel tipis yang membuatnya tampil elegan dan kekinian.

HP ini memiliki ukuran rasio layar ke bodi sekitar 81.4%, tidak heran jika layar dari HP ini terasa semakin luas.

Meski masih menggunakan panel IPS dan bukan OLED, layar dari Redmi Note 7 ini tentu memiliki tampilan yang jernih dan jelas.

Warna yang dihasilkan juga tergolong bagus. Sehingga, masih nyaman untuk digunakan streaming video via YouTube maupun bermain game.

Oh ya, layar HP Redmi Note 7 ini sudah dilengkapi dengan corning Gorilla Glass 5, sehingga membuatnya tahan terhadap goresan dan Kamu tak perlu lagi memasang anti gores tambahan.

5. Baterai Tahan Lama

Tidak cuma bagus di sektor performa, kamera dan layar saja, HP ini juga punya baterai berkapasitas 4000 mAh dengan daya tahan yang bagus.

Berdasarkan battery test yang dilakukan GSMArena, baterai Redmi Note 7 ini mampu bertahan hingga 108 jam lamanya, dengan rincian 32:35 jam untuk 3G talk time, 14:04 jam untuk berselancar internet dan 14:12 jam untuk menonton video.

Redmi Note 7 juga sudah dilengkapi dengan fitur Quick Charge 4 sehingga Kamu tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya baterai ponsel.

6. Menggunakan Port USB-C

Kelebihan lain dari Redmi Note 7 adalah, HP ini sudah dilengkapi dengan port USB tipe C yang kekinian.

Ya, Redmi Note 7 sudah menggunakan port USB yang dapat membantu mempercepat proses pengisian daya maupun transfer data yang marak digunakan pada HP saat ini.

GadgetIn bahkan menyebutkan bahwa Redmi Note 7 merupakan salah satu HP yang sudah menggunakan port USB tipe C namun dibanderol dengan harga terjangkau.

7. Sensor Biometrik yang Tergolong Cepat

Redmi Note 7 dibekali dengan dua sensor biometrik yakni sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang bodinya serta teknologi face unlock atau pengenalan wajah untuk menjaga keamanan ponsel.

Berdasarkan pengalaman dari Dhiarcom, kedua sensor biometrik yang dimiliki HP ini dapat membuka kunci layar dalam beberapa detik saja.

Selain sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari dan teknologi face unlock, Redmi Note 7 juga dilengkapi dengan sensor lainnya seperti gyroscope, accelerometer, proximity, dan compass.

Kekurangan Redmi Note 7

1. Tidak Tahan Air dan Debu

Nah, kalau Kamu menginginkan HP yang tahan terhadap air dan debu, sayangnya Redmi Note 7 ini bukanlah pilihan yang tepat.

Yup, karena HP ini termasuk kedalam jajaran HP yang tidak tahan air dan debu. Wajar saja, karena Redmi Note 7 ini dibanderol dengan harga cukup terjangkau dan tak mengantongi sertifikasi IP.

2. Tidak Ada NFC

Selain tidak tahan air dan debu, HP Redmi Note 7 juga tak memiliki fitur NFC atau Near Field Communication. Pada smartphone, teknologi NFC ini dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai yang biasa dipakai untuk alat pembayaran.

Ya, dengan NFC, Kamu dapat melakukan pembayaran dengan sekali tap saja. Selain itu, NFC juga dapat digunakan untuk mentransfer data dengan lebih mudah, hingga menjalankan sebuah aplikasi secara otomatis.

3. Tidak Dilengkapi Mode Perekaman 4K

Meski telah mengantongi chipset Snapdragon 660 yang mampu melakukan perekaman video beresolusi 4k, sayangnya Redmi Note 7 belum mendukung perekaman video dengan resolusi 4K.

Redmi Note 7 hanya mampu merekam video beresolusi 1080p @30fps dan 1080p @60fps.

Meski tidak dilengkapi mode perekaman 4K, hasil rekaman videonya masih terbilang baik walaupun kualitas rekamannya memburuk ketika perekaman video dilakukan dalam kondisi kurang cahaya.

Ringkasan

Jika Kamu membutuhkan HP dengan performa lancar, baik digunakan untuk menjalankan aplikasi umum seperti sosial media maupun streaming video via YouTube yang punya desain cantik, layar lebar dan jernih hingga kamera mumpuni, Kamu dapat memilih HP satu ini.

Tentu jika Kamu tidak keberatan dengan beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Redmi Note 7 ini.

Redmi Note 7 dibanderol dengan harga yang tak terlalu mahal dan masih termasuk wajar tentunya. Ya, HP yang membuat banyak orang penasaran berkat membawa embel-embel resolusi tinggi pada sektor kameranya ini dibanderol dengan kisaran harga 3 jutaan rupiah saja per-unitnya.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News