Simak Tuntas! Kelebihan dan Kekurangan HP Redmi Note 10s

Menurut versi kami, Xiaomi Redmi Note 10s memiliki Kelebihan yaitu desain stylish dan tahan air, tampilan layar yang bagus dengan DC dimming, dan performa andal dalam berbagai hal.

Sedangkan yang menjadi kekurangan dari hp Redmi Note 10s adalah tidak tersedianya dukungan hight refresh rate, dan masih terdapat beberapa isu overheat.

Nah, pada artikel kali ini kami akan mengupas tuntas berbagai kelebihan dan kekurangan Redmi Note 10 untuk menjawab penasaran Kamu. Namun sebelum itu baca dulu spesifikasi menarik Redmi Note 10 di bawah ini:

Spesifikasi Redmi Note 10s

Simak Tuntas! Kelebihan dan Kekurangan HP Redmi Note 10s

 

  • Layar: Super AMOLED 6.43 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G95
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Kamera: 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Kelebihan Redmi Note 10s

Penasaran apa saja kelebihan yang ditawarkan hp Xiaomi Redmi Note 10s? Yuk simak selengkapnya pada poin – poin berikut:

1. Desain Cantik dan Tahan Cipratan Air

Simak Tuntas! Kelebihan dan Kekurangan HP Redmi Note 10s

Memiliki bodi yang tipis menjadi salah satu kelebihan Redmi Note 10s. Dimensinya adalah 160,5 x 74,5 x 8,3 mm dan bobotnya relatif ringan: 178,8 gram. Bagian bodi belakangnya menggunakan plastik yang diklaim lebih tahan dari pada kaca.

Selain itu, modul kamera belakang yang inovatif menambah estetika. Xiaomi Note 10s memiliki varian warna Onyx Grey, Pebble White, dan Ocean Blue. Ponsel ini juga cantik karena tidak ada tulisan aneh kecuali Redmi yang menghiasi sampul belakang ponsel.

Ditambah lagi Xiaomi Redmi Note 10s memiliki sensor sidik jari yang nyaman terintegrasi dengan tombol daya. Fitur berikutnya adalah bagian depan ponsel yang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3. Ponsel ini juga tahan debu dan air bersertifikat IP53.

2. Tampilan Sip dengan DC Dimming

Selain desain, tampilan layar juga menjadi salah satu kelebihan Xiaomi Redmi Note 10s. Ia mendukung layar panel AMOLED dan menjadikannya salah satu yang terbaik berkat tampilan dalam hal reproduksi warna. Layar 6,43 inci Full HD+ (1080 x 2400 piksel) Redmi Note 10S punya kedalaman warna luas.

Hal itu tidak mengherankan lantaran kedalaman warnanya masuk dalam rentang DCI-P3. Kemudian, layarnya punya kontras warna 4,5 juta:1. Artinya, untuk mengungkap satu warna, misalnya biru, ada 4,5 juta pilihan warna biru.

Soal kecerahan, layar Redmi Note 10s masih jadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Sebab, level kecerahan yang dijanjikan adalah 700 nit (di luar ruangan) dengan puncak 1100 nit (untuk konten HDR). layar ponsel ini bisa mengeluarkan warna yang sip. Kendati demikian, ada beberapa warna yang berubah ketika layar dilihat dari sudut berbeda.

Yang menarik dari layar Redmi Note 10s adalah fitur DC Dimming alias Anti Flicker. Fitur ini akan berguna bagi orang yang suka memakai ponsel menjelang tidur pada malam hari. Sebab, DC Dimming akan mengurangi kedipan layar ketika level kecerahan diturunkan.

Dengan demikian, mata Kamu tidak akan lelah menatap tampilan layar. Layar Redmi Note 10s bahkan lebih ramah di mata karena telah menerima sertifikat radiasi cahaya biru rendah dari lembaga inspeksi Swiss SGS (Société Générale de Surveillance).

3. Kamera Cukup Oke

Simak Tuntas! Kelebihan dan Kekurangan HP Redmi Note 10s

Redmi Note 10s mendapat peningkatan karena resolusi kamera utamanya 64 MP, dengan ukuran sensor 1/1,97 inci. Redmi Note 10 memakai resolusi lebih kecil, 48 MP dengan ukuran sensor 1/2 inci.

Selebihnya, setup kamera yang dipakai sama. Mulai dari kamera ultrawide 8 MP, f/2.2; kamera makro 2 MP, f/2.4, sensor kedalaman 2 MP, f/2.4; dan kamera selfie 13 MP, f/2.45.

Menurut Pratik Pandey dari 91 Mobile, kelebihan Redmi Note 10s cukup andal untuk menggantikan kamera saku di berbagai situasi. Prateek mengatakan kamera utama ponsel menangkap detail luar biasa dengan rentang dinamis yang lebar dan nada yang bagus.

Hal yang sama berlaku saat menggunakan kamera utama untuk mengambil gambar dalam cahaya rendah. Namun pemrosesan lanjutan oleh penyedia Internet (pengolah gambar) sedikit meningkatkan ketajaman gambar.

Bagaimana dengan gambar kamera lainnya? Singkatnya tidak buruk tapi juga tidak bagus. Hanya dua kamera yang berfungsi dengan baik. Seperti kamera ultra-wide dan kamera selfie.

Hasil kamera ultra-wide Redmi Note 10s mampu memberikan detail hingga ke sudut-sudut gambar. Sehingga kamera selfie memberikan hasil yang lebih baik saat berada di bawah sinar matahari. Kamera belakang ponsel ini mampu merekam video dengan resolusi maksimal 4K 30fps, sedangkan kamera depan 1080p 30fps.

4. Performa Dapat Diandalkan

Redmi Note 10s sudah didukung oleh hipset MediaTek Helio G95. Pada dasarnya chipset ini memiliki fitur yang seimbang jika dibandingkan dengan prosesor Snapdragon 678.

Secara teori, Helio G95 punya kemampuan grafis yang lebih oke ketimbang Snapdragon 678. Pasalnya, GPU Mali-G76 3EEMC4 yang ia kandung punya kecepatan lebih tinggi daripada Adreno 612 milik Snapdragon 678 (900 MHz vs 800 MHz). Karena itu, seharusnya Redmi Note 10s bisa memberi performa yang lebih andal saat dipakai main gim.

Sehingga Redmi Note 10s akan mampu menghadirkan performa yang lebih baik saat digunakan untuk bermain game. Ponsel ini dapat menjalankan PUBG Mobile dengan sangat lancar. Bahkan bisa mendapatkan gambar 60 fps terus menerus.

Game Genshin Impact juga tetap bisa dimainkan dengan setting grafis minimal 60 fps. Selain itu, ponsel ini juga tidak mengalami masalah saat membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

5. Baterai Awet dan Speaker Stereo

Redmi Note 10s mempertahankan kapasitas baterai 5000 mAh yang diusung Redmi Note 10. Tidak ada penguji yang mengeluhkan ketahanannya. Chetan Nayak, Ershad Kaleebullah, dan Prateek Pandey mengaku puas. Sebab, dengan pamakaian berat, ponsel ini bisa melayani lebih dari satu hari.

Jika hanya digunakan untuk pemakaian ringan sperti sosial media dan browsing, Redmi Note 10s bisa menyala sampai 2 hari dalam sekali cas. Menariknya lagi, pengisian baterainya cukup cepat berkat adaptor 33 W yang disertakan dalam paket penjualan.

Kamu hanya butuh 1 jam 20 menit untuk mengisi daya dari 0% hingga 100%. Namun sayangnya, belum ada protokol pengisian balik di ponsel ini guna mengecas perangkat lain.

Daya tahan baterai  Redmi Note 10s yang baik adalah kabar baik bagi para gamer. Ponsel ini menggunakan dual speaker stereo untuk membuat pengalaman bermain game lebih menyenangkan. Speaker utama terletak di sebelah port USB C.

Kedua speaker terintegrasi dengan lubang suara. Sementara bagian atas bezel memiliki lubang terpisah di sebelah jack audio 3.5mm dan mikrofon sekunder. Ponsel ini memiliki output suara yang bagus untuk kisaran harga. Itu juga dapat menghubungkan audio 24-bit/192kHz resolusi tinggi.

6. Memori Lega

Xiaomi pun menawarkan sebuah solusi dengan Redmi Note 10s yang mempunyai RAM lebih lega. Varian RAM 6 GB ponsel ini dipasangkan dengan storage 64 GB, sedangkan varian RAM 8 GB dipadu dengan memori internal 128 GB.

Jika dana Kamu terbatas, tidak masalah jika mengambil varian 6/64 GB. Masalah memori internal yang kecil bisa diatasi dengan ekspansi ruang simpan ke microSD. Slot khusus (tidak hybrid) microSD di Redmi Note 10s bisa menampung kartu microSD hingga 512 GB.

7. Sensor, Port, dan Konektivitas Lengkap

Sensor dan ketersediaan port Redmi Note 10s mencakup akselerometer, cahaya, giroskop, IR Blaster, kompas, sidik jari, dan proksimiti. Selain itu, ia juga dilengkapi Linear vibration motor yang memberikan pengalaman haptic feedback lebih baik.

Haptic feedback sederhananya adalah getaran yang ditimbulkan ketika Kamu menyentuh layar si ponsel. Adapun untuk port-nya, selain ada USB C yang mendukung USB OTG, ada juga jack audio 3,5 mm. Dengan demikian, Kamu bisa menghubungkan headset kabel sembari mengecas HP.

Selain itu, kelebihan Redmi Note 10s memiliki keunggulan konektivitas yang tidak dimiliki pendahulunya (Redmi Note 10 NFC)

Kekurangan Redmi Note 10s

Sementara itu, ada beberapa kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s yang perli Kamu ketahui. Jadi, sebelum membeli ponsel ini pastikan Kamu mempertimbangkan beberapa kekurangan berikut:

1. MIUI 12.5

Redmi Note 10s menjadi HP Redmi pertama yang memakai MIUI 12.5 sejak dalam kardus. kata Ershad Kaleebullah antarmuka ini tidak membuat Redmi Note 10s mengalami stutter ketika melakukan aktivitas multitasking. Bloatware tetap ada, tetapi bisa di-uninstall.

Sayangnya , MIUI 12.5 yang disertakan di Redmi Note 10s adalah versi interim alias sementara.

Versi interim ini belum membawa fitur-fitur utama yang seharusnya ada di MIUI 12.5. Misalnya, menghapus system apps seperti notes, screen recorder, voice recorder, weather, dan kompas. Karena itu, Anda harus menunggu untuk memperoleh update yang ‘sesungguhnya’.

2. Belum Mendukung High Refresh Rate

Layar AMOLED Redmi Note 10s terbukti tidak memiliki masalah dalam hal reproduksi warna, kecerahan, dan sudut pandang. Ia juga cukup responsif dalam membaca sentuhan mengingat touch sampling rate-nya tembus 180 hz, baik untuk kegiatan gaming.

Hanya saja, layar sebesar 6,43 inci tersebut belum mendukung high refresh rate alias laju penyegaran tinggi. Refresh rate-nya standar, 60 Hz.

Alhasil, pengalaman scrolling media sosial yang lebih mulus masih belum bisa dirasakan pengguna. Begitu juga dengan memainkan gim pada setelan 90 fps atau 120 fps.

3. Isu Overheat

GSM Arena bilang bahwa chipset Helio G95 membuat Redmi Note 10s jadi cepat panas, khususnya jika digunakan di daerah beriklim tropis. Ponsel segera menghangat baik digunakan saat menjepret gambar atau main gim. Sebetulnya, panas adalah hal yang biasa. Masalahnya adalah, panas bikin performa HP menurun.

Ershad Kaleebullah pun membuktikannya ketika dites langsung untuk main gim. Saat ia memainkan Call of Duty: Mobile selama 30 menit, suhu permukaan ponsel sudah lebih dari 40 °C. Sementara itu, Chris G. mendapatkan suhu 46 °C (layar) dan 43 °C (dekat kamera belakang), setelah memainkan gim Genshin Impact selama satu jam.

Kesimpulan

Mengutip beberapa ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10s, ponsel ini memiliki banyak keunggulan seperti performa gaming yang baik, tampilan layar yang bagus, dan daya tahan baterai yang kuat.

Sayangnya ponsel ini memiliki kelemahan seperti ponsel cepat panas jika digunakan bermain game di cuaca panas. Selain itu, ada beberapa masalah dengan MUIU 12.5.

 

 

 

 

 

 

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News