Tips Instal Aplikasi Android Lollipop di OS Jelly Bean dan KitKat

Sistem operasi Android 5.0 Lollipop sudah resmi dirilis dan beberapa produsen sudah mengumumkan jadwal update untuk perangkatnya.

Namun jika Kamu tidak memiliki perangkat Nexus ataupun perangkat flagship, maka Kamu harus menunggu cukup lama untuk bisa merasakan kecanggihan fitur dan aplikasi Android Lollipop.

Nah, bagi Kamu yang sudah tidak sabar untuk mencoba berbagai macam aplikasi dari Android Lollipop, kini Xiaomi akan mengulas trik untuk menginstal beberapa aplikasinya. Aplikasi-aplikasi ini dapat diinstal pada sistem operasi Android KitKat dan juga Jelly Bean.

Namun ingat, beberapa aplikasi ini mungkin ada yang tidak kompatibel di perangkat Kamu sehingga berjalan kurang lancar atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Selain itu, gunakanlah jaringan WiFi untuk mendownload beberapa aplikasi ini karena ukurannya yang cukup besar dan akan memakan banyak kuota internet Kamu .

Wallpaper Android 5.0 Lollipop

Seperti beberapa sistem operasi sebelumnya, Google selalu memberikan wallpaper khusus yang sangat cantik. Pada Android Lollipop ini semua wallpapernya sangat kental dengan Material Design.

Material Design sendiri merupakan gaya desain terbaru yang dirilis Google untuk Android Lollipop ini.

Dengan begitu semua wallpaper tersebut akan tampak serasi dengan desain dari sistem operasi Android Lollipop.

Namun meskipun Kamu menggunakannya pada OS Android KitKat dan Jelly Bean, wallpaper tersebut tetap tampak stylish dan enak dipandang.  Download 

Android 5.0 Lollipop Messenger

Pada OS Android Lollipop Google memperkenalkan aplikasi SMS dan MMS terbaru yang tampil dengan Material Design.

Messenger hadir dengan tampilan yang lebih rapi dan juga lebih mudah digunakan dibandingkan aplikasi Hangouts. Namun aplikasi Messenger ini tidak menggabungkan pesan dari Hangouts di dalamnya.

Artinya pada sistem operasi Android 5.0 Lollipop Google kembali memisahkan aplikasi pengolah pesannya. Jika di KitKat semua pesan dapat dikirim dan di terima melalui Hangouts, maka di Lollipop semuanya di pisahkan.

Pesan SMS dan MMS akan menggunakan Messenger sedangkan pesan yang dikirim melalui jaringan internet akan menggunakan Hangouts.

Keyboard Android 5.0 Lollipop

Sebenarnya keyboard Android Lollipop sudah tersedia semenjak perhelatan Google I/O beberapa bulan yang lalu. Namun keyboard tersebut hanya bisa diinstal pada perangkat yang sudah diroot.

Kini semua perangkat Android sudah bisa mencobanya berkat bantuan dari salah seorang anggota forum XDA Developer.

Untuk memasang keyboard ini pertama-tama Kamu harus menghapus aplikasi Google Keyboard yang lama jika Kamu sedang menggunakannya saat ini. Setelah itu barulah Kamu instal keyboard yang baru ini.

Setelah diinstal Kamu akan diberikan panduan lengkap mengenai cara pengaturan dan penggunaannya.

Panduan tersebut juga akan membimbing Kamu mengenai cara aktivasinya, cara menjadikannya sebagai keyboard utama, serta cara mengganti bahasanya. Terdapat dua desain yang dapat Kamu pilih untuk keyboard ini yakni Material Dark dan Material Light. Download 

Nova Launcher

Berbagai aplikasi di atas sangat berguna bagi kita yang ingin mencoba satu atau dua fitur dari Android Lollipop saja. Namun bagaimana jika kita malas mengunduh serta memasangnya satu persatu dan ingin langsung mencoba semuanya? Nova Launcher jawabannya.

Ya, Nova Launcher menghadirkan berbagai macam fitur yang sangat mirip dengan Android Lollipop.

Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah Circle Folder Animations, scroll indicator, icon themes untuk aplikasi calculator, clock, contacts, downloads, email, dialer, settings, dan SMS.

Jika terdapat fitur yang dirasa kurang memuaskan, maka Kamu dapat menggantinya dengan masing-masing APK di atas.

Atau jika mau, Kamu juga bisa mengkombinasikan APK dari aplikasi Android Lollipop tersebut dengan fitur yang disuguhkan oleh Nova launcher. Selamat mencoba!

Google Play Store Versi 5

Google Play Store sebenarnya sudah memberikan update Material Design secara bertahap semenjak beberapa waktu yang lalu.

Sayangnya, belum semua pengguna Android mendapatkan update tersebut. Nah bagi Kamu yang belum mendapatkannya, Kamu dapat langsung menginstal aplikasinya ini.

Google Play Store Versi 5 menyuguhkan Material Design dengan perubahan besar-besaran pada tampilannya. Pada versi ini semua icon dibuat lebih datar. Berbagai animasi dan kombinasi warna terbaru juga hadir pada versi ini. Download

Audio Android 5.0 Lollipop

Setelah memiliki tampilan dan juga aplikasi Android Lollipop, belum lengkap rasanya jika kita tidak menambahkan audio khas Lollipop.

Maka dari itu, silahkan unduh aplikasi audio ini untuk membuat perangkat Kamu memiliki nada dering, nada notifikasi, dan nada-nada lainnya seperti Android Lollipop. Download

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News