Google Play Store Error? Begini Cara Mengatasinya!

Setiap pengguna perangkat Android pasti pernah mengalami aplikasi Google Play nya mengalami masalah (error), entah itu tidak bisa mendownload aplikasi ataupun mengalami crash.

Hal tersebut tentu sangat mengganggu karena Google Play Store merupakan salah satu aplikasi paling penting di perangkat Android.

Jika Kamu sering mengalami kejadian Google Play error tersebut, berikut Xiaomi akan memberikan beberapa tips untuk mengatasinya.

Kosongkan Cache

Pada kebanyakan kasus, masalah pada Google Play bisa diselesaikan dengan membersihkan cache.

Cache merupakan tempat penyimpanan data sementara yang membuat Google Play dapat berjalan dengan cepat, namun terkadang menimbulkan masalah.

Untuk membersihkannya, Kamu hanya tinggal menuju menu setting kemudian pilih bagian aplikasi. Carilah aplikasi Google Play Store di bagian “All”, kemudian pilih dan tekan tombol “Empty Cache”.

Setelah itu, coba periksa apakah Google Play Kamu sudah kembali pulih seperti semula.

Hapus Data

Jika langkah di atas tidak membuahkan hasil, maka cobalah untuk menghapus semua data yang ada di aplikasi Play Store tersebut.

Cara ini akan mengembalikan Play Store seperti semula dan juga menghapus semua data yang tersimpan. Caranya sama seperti di atas, namun kini Kamu harus menekan tombol “Delete Data”

Uninstall Update Play Store

Update Google Play Store memang sangat penting, namun terkadang terdapat masalah yang menjadikan Google Play error. Oleh karena itu, mencoba untuk melakukan uninstal update-nya adalah hal yang masuk akal. Caranya sama seperti di atas, tetapi sekarang Kamu harus menekan tombol “Uninstall Updates”.

Google Play Services

Google Play Kamu masih bermasalah juga? Sekarang cobalah untuk menghapus cache yang terdapat pada aplikasi Google Play Services. Caranya sama seperti di atas, tapi kali ini carilah aplikasi Google Play Services kemudian tekan tombol “Empty Cache”.

Aktifkan Download Manager

Hal lainnya yang biasanya membuat Google Play berhenti bekerja adalah Download Manager yang tidak aktif.

Oleh karena itu Kamu harus kembali mengaktifkan aplikasi ini dengan cara mengklik tombol “Active” pada aplikasi Download Manager tersebut.

Jika yang terdapat adalah tombol “Deactivate”, berarti tidak ada masalah pada aplikasi Download Manager ini.

Hapus Google Account

Cara selanjutnya yang bisa Kamu lakukan adalah dengan menghapus Google account kemudian menambahkannya kembali.

Caranya, masuk ke setting kemudian ke menu Account, lalu pilih Google Account dan klik tombol remove Setelah itu restart perangkat Android Kamu dan masukkan kembali Google Account Kamu dengan cara masuk ke menu Settings > Accounts > Add Account > Google.

Lakukan Factory Data Reset

Jika semua cara di atas telah Kamu lakukan namun tetap tidak membuahkan hasil, maka cara terakhir yang bisa Kamu lakukan adalah melakukan Factory Reset.

Tidak hanya untuk Android, Factory Reset juga selalu menjadi cara ampuh untuk mengatasi masalah pada perangkat iOS.

Cara ini akan menghapus semua data yang ada dan perangkat Kamu akan menjadi seperti baru lagi. Oleh karena itu sangat disarankan bagi Kamu untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Untuk melakukan factory Reset ini, masuklah ke menu setting, pilih ‘Backup and Reset’ dan kemudian pilih ‘Factory Data Reset’.

Dengan cara ini perangkat Kamu akan menjadi seperti baru lagi dan semua Google Play Store yang ada di dalamnya juga akan kembali bekerja dengan normal.

Edit Hosts File

Jika Kamu memiliki perangkat Android yang sudah diroot, maka terdapat trik mudah untuk mengatasinya.

Caranya hanyalah dengan mengedit beberapa bagian dari Hosts file. Pertama-tama, bukalah aplikasi file manager semacam Root Explorer, lalu buka folder system/etc/hosts.

Editlah file tersebut dengan cara menambahkan hashtag (#) pada awal baris kedua dari angka yang tertera di sana.

Sebagai contoh, jika pada baris kedua terdapat angka 127.0.0.1 maka ubahlah menjadi #127.0.0.1. Setelah itu simpan dan restart perangkat Android Kamu . Silahkan masukkan kembali Google account untuk memastikan masalahnya telah berhasil diatasi.

Semoga semua tips di atas dapat menyelesaikan masalah Google Play error pada perangkat Android Kamu .

Jika Kamu mempunyai cara lain yang tidak tercantum di sini, silahkan bagikan kepada para pembaca lainnya melalui kolom komentar di bawah ini.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News