Cara Ganti Password WiFi Di Modem Telkom Speedy

Sebagian besar penyedia layanan internet di Indonesia saat ini sudah menyediakan modem yang dilengkapi dengan wireless router.

Artinya selain dengan kabel, kita juga bisa mengakses internet dengan jaringan WiFi di rumah kita.

Salah satu yang menyediakannya adalah Telkom Speedy. Salah satu ISP terbesar di Indonesia tersebut kini sudah memberikan kepada pelanggannya modem yang memiliki wireless router.

Dengan jaringan WiFi tersebut kita dapat mengakses internet dari berbagai perangkat, seperti smartphone, tablet, dan lainnya.

Namun ingat, WiFi merupakan salah satu jaringan yang rawan diretas atau bahasa gaulnya di hack.

Jika sudah diretas maka bisa jadi berbagai data pribadi Kamu akan dicuri dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Nah, salah satu cara untuk mencegah hal tersebut adalah dengan merubah password WiFi secara berkala.

Maka dari itu kali ini Xiaomi akan mengulas beberapa cara mengganti password WiFi di berbagai jenis mode Telkom Speedy seperti TP-Link, ZTE, dan Huawei. Berikut langkah-langkahnya:

Modem Speedy TP-Link

Sebenarnya ada banyak tipe modem TP-Link yang digunakan oleh Telkom Speedy saat ini. Namun hampir semuanya memiliki cara pengaturan yang serupa. Nah, berikut adalah langkah-langkah merubah nama dan password di modem TP-Link:

  • Hubungan laptop atau PC Kamu ke modem TP-Link dengan menggunakan kabel LAN ataupun jaringan WiFi.
  • Buka browser (Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, atau Opera) kemudian ketik 192.168.1.1 di address bar, lalu tekan enter.
  • Selanjutnya akan muncul sebuah pop up yang mengharuskan Kamu untuk login. Jika Kamu belum pernah mengubahnya, maka silahkan isi kolom username dengan “admin” dan kolom password juga dengan “admin”. Setelah itu klik Login.
  • Setelah login Kamu akan masuk ke tampilan pengaturan modem TP-Link. Silahkan klik tab Interface Setup lalu pilih tab Wireless di bawahnya.

Cara Ganti Password WiFi Di Modem Telkom Speedy

  • Setelah terbuka scroll ke bawah hingga Kamu menemukan kategori WPS Settings. Silahkan isi atau ganti kolom SSID dengan nama yang Kamu inginkan. Nama ini kemudian akan menjadi nama jaringan WiFi Kamu.
  • Selanjutnya pada kategori WPA2-PSK, silahkan isi atau ganti kolom Pre-Shared-key dengan password yang baru. Password inilah yang kemudian akan menjadi password jaringan WiFi Kamu.
    Setelah selesai silahkan save pengaturan tersebut.

Kini nama dan password jaringan WiFi Kamu telah berubah. Jika ada perangkat yang sedang terkoneksi dengan jaringan ini, maka koneksinya akan langsung diputuskan. Silahkan hubungkan kembali dengan menggunakan password yang baru tersebut.

Jika Kamu kesulitan untuk masuk menu pengaturan di atas, silahkan restart komputer dan modem TP-Link Kamu. Setelah komputer menyala, hidupkan kembali modem TP-Link lalu cobalah untuk kembali mengulangi langkah-langkah di atas.

Modem Speedy Huawei

Jenis modem selanjutnya yang banyak digunakan oleh Telkom Speedy adalah buatan Huawei. Pengaturannya agak sedikit berbeda dengan modem TP-Link. Nah berikut adalah cara mengganti password WiFi pada modem Huawei:

  • Hubungan modem Huawei ke laptop atau PC Kamu dengan menggunakan jaringan WiFi atau kabel LAN.
  • Selanjutnya buka browser di komputer Kamu seperti Chrome, Internet Explorer, Firefox, atau Opera lalu tulis 192.168.1.254 di address bar, dan tekan enter.
  • Dashboard pengaturan modem Huawei kemudian akan terbuka. Silahkan isi kolom username dengan “admin” dan password juga dengan “admin”. Jika Kamu pernah merubahnya, maka silahkan masukkan username dan password yang telah Kamu ubah tersebut.

Cara Ganti Password WiFi Di Modem Telkom Speedy

  • Setelah masuk silahkan pilih menu WLAN di bawahnya.
  • Selanjutnya silahkan masukkan nama jaringan WiFi Kamu yang baru di kolom SSID.
  • Di bawahnya silahkan masukkan password WiFi Kamu yang baru di kolom WPA pre-shared key.
    Setelah selesai silahkan klik tombol submit.

Modem Speedy ZTE

 

Modem terakhir yang juga digunakan oleh Telkom Speedy adalah modem buatan ZTE. Menariknya meskipun berbeda merek, namun Speedy menggunakan tampilan antarmuka pengaturan yang mirip dengan tampilan dari modem TP-Link.

Tidak hanya tampilannya, namun cara pengaturannya juga sama seperti modem TP-Link. Oleh karena itu, untuk mengganti password WiFi di modem ini Kamu hanya tinggal mengikuti langkah-langkah seperti pada modem TP-Link di atas.

Nah itulah dia beberapa cara mengganti password WiFi pada jaringan Telkom Speedy yang menggunakan modem TP-Link, Huawei, dan ZTE. Lakukanlah penggantian password secara berkala untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan.

Agar semakin aman, buatlah password yang sulit untuk ditebak oleh orang lain. Gunakanlah kombinasi huruf keci, huruf kapital, angka, dan juga simbol.

Jangan membuat password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, bulan lahir, dan sebagainya.

Untuk memudahkan aksesnya, catatlah password yang baru Kamu buat tersebut. Hal ini dilakukan sebagai tindakan antisipasi jika suatu saat Kamu lupa dengan password baru tersebut.

Jangan lupa pula untuk mencatat username dan password untuk login ke pengaturan modem tersebut. Kini, Kamu sudah dapat mengakses jaringan WiFi dengan aman menggunakan berbagai perangkat. Selamat mencoba!

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News