Cara Update MIUI dari Versi Lama ke Versi Baru

MIUI merupakan antarmuka pengguna yang dikembangkan Xioami. Antarmuka ini jadi ciri khas berbagai perangkat Xiaomi seperti telepon cerdas atau komputer tablet.

MIUI dikenal dengan berbagai fitur yang menarik. Tiap tahunnya MIUI juga punya versi terbaru, yang biasanya tawarkan hal-hal baru dibanding versi sebelumnya.

Di 2022 misalnya, Xiaomi hadirkan MIUI 13. Berbagai HP merek Xiaomi yang rilis di 2022 banyak yang sudah menawarkan MIUI 13. Sementara HP yang rilis sebelum 2022, hadirkan versi MIUI 12 atau lebih rendah. Namun, beberapa HP Xiaomi tersebut biasanya punya dukungan untuk memperbarui sistem ke MIUI 13.

Malah mungkin saja ada HP pengguna yang memakai Xiaomi dan masih berkutat di MIUI 11. Bisa jadi mereka tidak tahu kalau HP tersebut mendapat dukungan ke sistem yang lebih baru. Karena itu, pada kesempatan kali ini, bakal dibahas cara update MIUI dari versi lama ke versi baru.

Sebagai contoh tutorial di artikel ini, penulis memakai HP Xiaomi Redmi Note 10S. Saat pertama rilis, HP tersebut hadirkan MIUI 12.5 berbasis Android 11. HP tersebut menjadi salah satu HP yang dapat dukungan ke MIUI 13 versistable.

Sebagai informasi, MIUI 13 versi stable terbaru ini sudah berbasis pada sistem operasi atau OS Android 12. Dengan kata lain, ketika perangkat di-update ke MIUI 13 dari MIUI 12, sistem operasi yang dimilikinya juga akan secara otomatis ter-update ke Android 12.

Tidak ada yang berbeda dari cara yang digunakan, sebab update ini bisa dilakukan untuk perangkat Xiaomi apa saja dengan cara yang sama. Berikut ini adalah langkah-langkah update HP Xiaomi dari MIUI versi lama ke versi baru.

Cara Update MIUI Melalui Fitur Pembaruan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan update ke MIUI adalah dengan menggunakan fitur pembaruan jika tersedia.

Benar, Xiaomi telah menyediakan fitur pembaruan untuk setiap perangkat secara bertahap. Jika perangkat Kamu telah mendapat pembaruan, maka Kamu hanya perlu melakukan update tersebut secara langsung.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka “Setelan” atau “Settings” di HP Xiaomi Kamu, baik melalui aplikasinya langsung atau melalui bar notifikasi.
  • Pada bagian atas terdapat menu “Tentang Ponsel”, pilih menu tersebut.
  • Setelah itu, tekan menu “Versi MIUI” dengan logo angka dari versi yang sedang digunakan.
  • Jika perangkat Kamu telah mendapatkan pembaruan, di bawahnya akan terdapat tulisan “Download Update”
  • Namun, perangkat penulis telah ter-update ke versi 13 sehingga sudah tidak ada lagi update yang bisa diunduh.
  • Silakan tunggu proses update MIUI hingga selesai.
  • Jika terdapat tulisan “Reboot Now”, tekan pilihan tersebut agar HP melakukan reboot atau restart untuk menerapkan pembaruan yang telah dilakukan.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai dan HP menjalankan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI 13.

Perlu diperhatikan, sebelum melakukan update atau pembaruan, periksa terlebih dahulu koneksi internet dan daya baterainya.

Diharapkan internet memiliki koneksi yang stabil dan data yang cukup. Serta baterai setidaknya di atas 80 persen agar tidak ada kendala yang terjadi ketika melakukan update.

Cara Update MIUI Melalui Firmware Updater

Cara sebelumnya memang bisa dibilang cukup mudah dan praktis, tetapi cara sebelumnya hanya tersedia untuk beberapa HP saja.

Nah, bagaimana untuk HP yang tidak mendapatkan pembaruan seperti tadi? Tidak perlu khawatir, karena masih ada cara yang bisa dilakukan yaitu dengan meng-update secara manual.

Update MIUI secara manual juga tidak terlalu sulit. Selain itu, cara ini juga dilakukan tanpa root atau sebagainya yang membahayakan HP, jadi aman untuk dilakukan.

Meskipun aman, Kamu juga harus benar-benar memahami setiap langkah yang diambil agar tidak ada yang salah ketika melakukan praktiknya.

Agar tidak ada kesalahan apapun ketika melakukannya, berikut beberapa informasi yang mesti diperhatikan.

1. Jenis MIUI yang Digunakan

Sebelum melakukan update secara manual, pastikan dulu Kamu mengetahui jenis MIUI yang sedang digunakan oleh perangkat Kamu.

Sebab, agar proses update-nya berjalan lancar, file yang akan digunakan harus memiliki jenis MIUI yang sama seperti yang sedang digunakan.

Cara mengeceknya juga cukup mudah, Kamu hanya perlu membuka menu “Tentang Ponsel” yang ada di Setelan HP Kamu. Setelah itu masuk ke “Keseluruhan Spesifikasi”.

Meskipun memiliki nama “MIUI Global”, jenis yang digunakannya adalah MIUI Indonesia. Terdapat beberapa jenis MIUI dengan nama berbeda sesuai negaranya, misalnya SKLIDXM untuk Indonesia dengan kode ID, SKLMIXM untuk Global dengan kode MI, SKLINXM untuk India dengan kode IN, SKLEUXM untuk wilayah Eropa dengan kode EU, dan sebagainya.

2. Jenis File Firmware

Sapa seperti jenis MIUI sebelumnya, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai file Firmware ini. Pada dasarnya, file Firmware ini memiliki tiga jenis, yaitu Recovery, Fastboot, dan Block OTA.

File Firmware berjenis Recovery merupakan file yang bisa digunakan untuk meng-update tanpa harus memiliki angka yang berurutan.

Dengan kata lain, Kamu bisa bebas melakukan update MIUI ke versi mana saja tanpa harus berurutan. Namun, jika menggunakan file ini ada baiknya dilakukan di wipe data agar lebih aman dan stabil.

Sedangkan file Fastboot ini memiliki fungsi untuk memperbaiki masalah eror yang terjadi pada versi MIUI. Selain itu, dalam melakukan prosesnya biasanya harus memerlukan bantuan PC atau laptop dan masuk ke mode fastboot di HP.

Sementara itu, jenis file yang direkomendasikan untuk digunakan adalah file Block OTA. File ini memiliki ukuran yang lebih kecil.

Selain itu, jika menggunakan file ini,maka update yang dilakukan harus berurutan. Meskipun begitu, menggunakan langkah ini dianggap paling aman dibandingkan file lainnya.

Jika Kamu sudah memahami beberapa informasi yang telah disampaikan, Kamu bisa mengikuti langkah selanjutnya. Berikut ini adalah cara atau langkah-langkah yang bisa diikuti untuk melakukan update manual menggunakan file Firmware.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh file Firmware terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduhnya di halaman web resminya yaitu Xiaomi Firmware Updater.

Cara Update MIUI dari Versi Lama ke Versi Baru

  • Setelah itu, Kamu bisa langsung mencari nama perangkat yang sedang digunakan di kolom pencarian.
  • Setelah itu, silakan nama perangkat Kamu dengan versi MIUI yang dituju.
  • Kemudian tekan “Download” yang ada di sebelah kanan.

Cara Update MIUI dari Versi Lama ke Versi Baru

  • Setelah benar, silakan gulir ke bawah sampai menemukan tombol berwarna kuning dengan tulisan “Incremental Update” dan tekan.
  • File yang akan diunduh ini disebut juga dengan file Block OTA yang memiliki ukuran tidak terlalu besar, mirip seperti pembaruan yang tersedia di menu Setelan ketika mendapatkan pembaruan.

Cara Update MIUI dari Versi Lama ke Versi Baru

  • Tunggu hingga file berhasil diunduh dan tersimpan di penyimpanan.
  • Setelah proses pengunduhan selesai, silakan buka menu “Setelan” melalui aplikasinya langsung atau melalui bar notifikasi.
  • Pada bagian atas terdapat menu “Tentang Ponsel”, pilih menu tersebut.
  • Setelah itu, tekan menu “Versi MIUI” dengan logo angka dari versi yang sedang digunakan.
  • Seharusnya, di dalam titik tiga sebelah kanan atas terdapat pilihan “Pilih paket pembaruan”.
  • Namun, jika belum ada, silakan tekan beberapa kali di bagian logo versi MIUI hingga muncul notifikasi “Tambahan fitur pembaruan hidup”.
  • Setelah itu, silakan tekan titik tiga di bagian kanan atas dan pilih “Pilih paket pembaruan”.
  • Cari dan pilih file Block OTA yang sebelumnya telah diunduh.
  • Jika berhasil, Kamu bisa langsung melakukan update atau pembaruan dengan menekan tombol Update.
  • Tunggu proses update hingga selesai.
  • Sama seperti sebelumnya, sebelum melakukan update atau pembaruan, periksa terlebih dahulu koneksi internet dan daya baterainya. Diharapkan internet memiliki koneksi yang stabil dan data yang cukup. Serta baterai setidaknya di atas 80 persen agar tidak ada kendala yang terjadi ketika melakukan update.

Nah, itulah beberapa cara melakukan update atau upgrade MIUI terbaru yang bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, kedua cara tersebut aman dilakukan karena menggunakan file langsung dari halaman web resmi Xiaomi.

Jika Kamu tertarik dan ingin mencoba berbagai fitur MIUI 13 terbaru, Kamu bisa langsung mencobanya, loh. Selamat mencoba.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News