6 Cara Untuk Mencegah Para Stalker Facebook

Belakangan ini marak sekali kasus penculikan dan kasus kejahatan lain yang terjadi di Facebook.

Hal tersebut bukan tidak lain terjadi karena kelalaian kita dalam menjaga keamanan Facebook sehingga para penjahat tersebut dapat dengan mudah melihat berbagai macam aktivitas kita.

Walaupun di kalangan anak muda sekarang ini istilah stalker lebih condong mengarah kepada seseorang yang memata-matai akun Facebook milik seseorang yang disukainya, namun sebenarnya stalker Facebook ini lebih mengarah ke orang-orang yang lebih berbahaya dari pada itu.

Contohnya seperti para penculik atau para penjahat tidak bermoral yang bisa saja sewaktu-waktu menculik Kamu ketika sedang berada di suatu tempat.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Xiaomi akan mengulas 6 buah cara yang dapat Kamu gunakan untuk mencegah kehadiran para stalker Facebook tersebut, berikut ulasannya.

Periksa pengaturan keamanan Kamu

Facebook memiliki sistem keamanan yang lengkap sehingga dapat membantu melindungi akun Kamu dari stalker. Kamu dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi dan status Kamu , apakah itu semua orang, teman Kamu , atau orang lain.

Jika Kamu benar-benar ingin menghindari kehadiran para stalker tersebut, sebaiknya posting semua informasi ini secara eksklusif untuk teman-teman Kamu saja.

Privasi Status

Hal lain yang harus benar-benar Kamu perhatikan adalah privasi dari status yang Kamu update. Sekarang ini Facebook telah menyediakan pilihan privasi status tersebut di bawah kolom status sehingga Kamu dapat dengan mudah mengaturnya.

Kamu dapat mengatur apakah status yang Kamu tulis tersebut dapat dilihat oleh umum, oleh teman-teman Kamu , atau pun juga hanya Kamu sendiri yang dapat melihatnya.

Terima Permintaan Pertemanan Hanya Dari Orang Yang Kamu Kenal.

Beberapa penelitian mengatakan jika banyak pengguna Facebook yang memiliki kecenderungan untuk menambahkan teman sebanyak-banyaknya.

Oleh karena itu Kamu mungkin sering melihat permintaan pertemanan dari orang yang sama sekali tidak Kamu kenal. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya Kamu tidak menerima permintaan pertemanan dari orang-orang tersebut.

Periksa Baik Orang yang Sudah Menjadi Teman Kamu

Jika Kamu sudah terlanjur menerima permintaan pertemanan dari banyak orang, maka sekarang saatnya Kamu untuk memeriksa kembali orang-orang tersebut.

Kamu harus dapat memastikan bahwa semua orang yang menjadi teman Kamu di Facebook adalah orang-orang yang Kamu kenal dan bukan seorang stalker Facebook.

Jika Kamu menemukan orang yang tidak dikenal, maka jangan segan-segan untuk menghapusnya dari daftar teman Kamu . hal ini semata-mata dilakukan untuk menjaga keamanan Facebook Kamu .

Membuat Daftar Teman

Setelah Kamu yakin jika teman-teman yang ada di Facebook Kamu merupakan orang-orang yang Kamu kenal, maka sekarang saatnya Kamu membuat daftar dan mengelompokkan mereka.

Kamu dapat mengelompokkan teman-teman Kamu ke berbagai kategori, seperti teman kantor, teman kuliah, tetangga rumah, teman SMA, dan lainnya.

Hal ini sangatlah penting karena akan memudahkan Kamu ketika ingin membuat status tertentu yang hanya ingin dilihat oleh orang-orang tertentu.

Sebagai contoh, jika Kamu ingin membuat status yang mengabarkan reuni SMA, maka Kamu dapat dengan mudah mengatur siapa saja yang bisa melihatnya yaitu dengan memilih teman-teman SMA Kamu saja.

Selalu Ingat Jika Berbagai Hal di Internet Tidak Ada Yang 100% Aman.

Ya, walaupun Kamu telah melakukan berbagai pengaturan keamanan secara mendetail, namun Kamu jangan merasa bahwa Facebook Kamu sekarang sudah aman 100%.

Pasalnya Kamu harus benar-benar mengerti bahwa apapun yang ada di internet tidaklah aman. Sebagai contoh, jika Kamu memposting foto yang hanya diperuntukkan bagi teman-teman SMA Kamu , maka bisa saja salah satu dari teman SMA Kamu tersebut adalah stalker Facebook lalu menyalin foto tersebut dan kemudian menyebarkannya ke teman-teman Kamu yang lain.

Oleh karena itu, ada satu prinsip yang harus Kamu perhatikan dengan baik. Jika suatu hal yang bersifat rahasia dan Kamu tidak ingin jika hal tersebut diketahui oleh banyak orang, maka jangan sekali-kali Kamu mengutarakan hal tersebut di internet, baik itu Facebook, Twitter, blog, dan lainnya.

Maka dari itu, cukuplah bagi Kamu untuk menuliskannya di buku saja.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News