Cara Mudah Screenshot di Laptop Windows dan Macbook

Screenshot, print screen, atau screen capture merupakan salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari-hari.

Banyak hal yang menuntut kita untuk mengambil screenshot, mulai dari tugas kampus, pekerjaan, dan lainnya.

Maka dari itu, kali ini Xiaomi akan mengulas beberapa cara screenshot di laptop dan komputer, baik itu Windows ataupun Mac.

Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengambil screenshot di komputer Windows ataupun Mac.

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan kombinasi tombol pada keyboard. Sedangkan cara yang lainnya adalah dengan menggunakan program khusus atau tool screen capture online.

Cara Screenshot di Laptop Windows

Mengambil screenshot di laptop atau PC bersistem operasi Windows sangatlah mudah. Pasalnya, hampir semua keyboard untuk Windows sudah menyertakan tombol khusus untuk mengambil print screen. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Mudah Screenshot di Laptop Windows dan Macbook

  • Tekan tombol “PrtScn” untuk mengambil gambar dari seluruh layar atau tekan tombol “Alt” dan “PrtScn” untuk mengambil gambar dari jendela yang sedang terbuka saja.
  • Buka program Paint, Photoshop, Microsoft Office, atau program lainnya yang ingin Kamu tempatkan gambar tersebut di dalamnya.
  • Tekan tombol “Ctrl” dan “V” untuk menaruhnya di program tersebut.

Cara Print Screen di Laptop Mac

Mengambil screenshot di laptop atau komputer bersistem operasi Mac juga tidak jauh berbeda. Hanya saja, kombinasi tombol yang digunakan lebih banyak jika dibandingkan dengan Windows. Berikut adalah beberapa caranya:

Cara Mudah Screenshot di Laptop Windows dan Macbook

  • Untuk mengambil screenshot dari keseluruhan layar, tekan tombol “Command” + “Shift” + “3” secara bersamaan.
    Sedangkan untuk mengambilnya dari jendela atau area tertentu saja, silahkan tekan tombol “Command” + “Shift” + “4” secara bersamaan.

Dengan menggunakan dua cara di atas, gambar screenshot yang diambil akan disimpan secara otomatis di desktop dengan nama file seperti “Screen shot 2015-10-8 at 08.25.00 PM.png”. Jika Kamu tidak ingin menyimpannya secara otomatis di desktop, silahkan ikuti langkah-langkah ini:

  • Tekan tombol “Control” berbarengan dengan kombinasi tombol di atas.
  • Buka program yang ingin Kamu gunakan untuk menaruh gambar screenshot.
  • Tekan tombol “Command” dan “V” untuk menaruhnya.

Download Screen Capture Software

Selain menggunakan kombinasi tombol di atas, cara screenshot di laptop juga dapat dilakukan dengan menggunakan software khusus.

Berbagai software ini tersedia untuk Windows dan juga Mac dengan fitur dan kelebihannya masing-masing. Berikut adalah pilihan aplikasinya:

  • Snipping Tool

Snipping Tool merupakan program yang ada di semua komputer bersistem operasi Windows 7 ke atas.

Dengan program ini Kamu dapat mengambil screenshot secara mudah di berbagai area layar. Setelah diambil, screenshot tersebut dapat diedit terlebih dahulu.

Setelah itu, Kamu tinggal menyimpannya dengan berbagai macam pilihan format gambar populer.

  • Preview

Sama halnya seperti Snipping Tool, Preview juga merupakan aplikasi bawaan yang ada setiap komputer bersistem operasi Mac.

Dengan aplikasi Preview ini Kamu dapat mengambil screenshot dari seluruh layar, dari sebuah jendela, atau dari area tertentu saja. Kamu juga dapat menyimpan screenshot tersebut ke berbagai format seperti JPG, TIFF, PDF, dan lainnya.

  • FastStone Capture

Seperti nama yang diusungnya, FastStone Capture dapat mengambil screenshot dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini dapat mengambil screenshot dari area tertentu, multiple windows, hingga multi-level menu.

Setelah diambil, Kamu bisa langsung mengunggahnya ke server FTP, mengirimkannya via Email, atau memasukannya ke aplikasi yang lainnya.

Beberapa fitur editing juga disediakan oleh aplikasi ini. Salah satu yang paling menarik adalah fitur audio input serta fitur untuk memasukkan berbagai caption secara sekaligus.

Aplikasi FastStone Capture ini hanya tersedia untuk Windows dan Kamu harus membelinya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

  • Jing

Cara screenshot di laptop yang selanjutnya dapat menggunakan aplikasi Jing. Dengan aplikasi buatan TechSmith ini Kamu dapat mengambil screenshot kemudian menggunggahnya secara langsung ke berbagai situs populer seperti Flickr, YouTube, dan lainnya.

Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk laptop Windows dan juga Macbook.

  • Skitch

Sama seperti Jing, Skitch juga merupakan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Bedanya, aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Mac saja.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang user friendly sehingga sangat mudah untuk digunakan. Berbagai macam fungsi editing juga sudah disediakan bagi Kamu yang ingin mengedit gambarnya terlebih dahulu sebelum menyimpannya.

  • Snagit

Aplikasi screen grabber yang terakhir adalah Snagit. Tidak hanya dapat mengambil gambar yang diam saja, namun aplikasi ini dapat mengambil screenshot dari video atau gambar yang bergerak juga.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya seperti tool editing dan upload ke internet.

Menggunakan Screen Grabber Online

Jika Kamu hanya ingin mengambil screenshot dari sebuah website, maka Kamu tidak perlu repot menggunakan berbagai aplikasi di atas. Pasalnya kini Kamu dapat mengambilnya dengan mengunjungi situs Capture Full Page saja.

Di situs tersebut Kamu dapat mengambil screenshot dari berbagai halaman web dengan mudah.

Caranya, Kamu hanya tinggal memasukkan alamat web tersebut kemudian klik tombol “Take Screenshot”. Kamu juga dapat mengatur ukuran dari gambar tersebut beserta dengan jenis filenya.

Itulah cara screenshot di laptop dengan menggunakan berbagai metode. Silahkan pilih cara yang Kamu anggap paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News