8 Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu dengan Mudah

Cara cek HP Xiaomi asli atau palsu wajib dipahami sebelum kamu memutuskan membeli gadget tersebut. Namun jika Kamu masih belum mengetahui cara cek HP Xiaomi asli atau palsu, Kamu tidak perlu khawatir.

Pasalnya, untuk mementukan apakah sebuah Hp tersebut asli atau palsu adalah hal yang mudah. Terlebih lagi pada artikel ini akan menjelaskannya secara lengkap.

Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone ternama yang produknya sudah beredar luas di pasar Indonesia.

Saking populernya HP Xiaomi, permintaan akan HP ini cukup tinggi. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Mereka melakukan hal yang tidak benar dengan cara menjual HP Xiaomi palsu, alias tiruan, atau KW.

Oleh Karena itu, sebelum membeli Hp Xiaomi pastikan terlebih dahulu asli atau palsu, untuk mengetahuinya, maka Kami akan menjelaskan perbedaan Hp Xiaomi asli dengan yang palsu

1. Cek Fisik HP Xiaomi

8 Cara Terbaru Cek Hp Xiaomi Asli atau Palsu Dengan Mudah dan Akurat

Cara pertama yaitu dengan mengecek fisik Hp Xiaomi. Secara umum cara ini dapat dilihat dengan mudah dengan melihat bagian belakang casingnya saja.

Pada Xiaomi asli, akan terlihat sertifikasi replacement, garansi, serta kode keamanan. Sedangkan pada bagian belakang Hp Xiaomi palsu akan terlihat blur

Selain itu, tidak adanya sertifikasi dan kode keamanaan seperti Xiaomi asli, hal itulah yang melambangkan bahwa HP Xiaomi tersebut palsu. Xiaomi palsu juga biasanya memiliki ujung bagian kotak yang tidak tajam dan juga kartu garansi yang terlihat murahan.

2. Mengecek Secara Online

Cara termudah untuk mengetahui apakah Xiaomi yang Kamu beli asli atau palsu yaitu dengan mengecek lewat situs Mi Verification yang dapat diakses melalui browser di PC atau browser diperangkat seluler.

Aplikasi ini bisa Kamu unduh melalui play store, setelah terinstal kembali ke Mi Verification, Sebaiknya Kamu mengakses dengan menggunakan laptop atau PC Desktop.

Lakukan dengan scan kode QR di situs tersebut untuk memulai. jika sudah, maka website tersebut akan memberikan infromasi mengenai validitas smartphone Xiaomi anda.

3. Mengecek dengan Factory Reset

Jika Kamu membeli HP Xiaomi tipe tertentu dengan harga sangat murah, Kamu harus memastikan bahwa Hp tersebut memenuhi spesifikasi yang diberikan.

Untuk mengidentifikasi HP Xiaomi seperti ini, Kamu harus melakukan factory reset agar aplikasi yang terinstal saat Kamu beli terhapus.

Setelah melakukan factory reset, instal aplikasi seperti Antutu, CPU-Z, dan Sensor Box untuk melihat detail internal HP. periksa apakah benar sesuai dengan tipe yang ditulis di kotak penjualan atau tidak.

4. Mengecek Baterai

8 Cara Terbaru Cek Hp Xiaomi Asli atau Palsu Dengan Mudah dan Akurat Kamu juga perlu mengecek baterai yang digunakan pada Hp Xiaomi. Baterai Hp Xiaomi asli berwarna orange dan dilengkapi dengan barcode tertentu.

Jika didapatkan baterai pada Hp Xiaomi berwarna lain, teks di stiker yang tidak rapi, permukaan di kutub baterai agak kasar, dan tidak lupa untuk memastikan kapasitas baterainya apa sudah sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan atau tidak.

Jika tidak sesuai, maka patut Kamu ragukan keasliannya.

5. IMEI dan Serial Number

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah indentitas yang memuat informasi smartphon, mulai dari model, merek, tahun pembuatan, nomer seri, dan lain-lain.

Cara pengecekan nomer IMEI bisa dilakukan dengan cara mengetik *#06# pada Hp Xiaomi dan dapat dilihat dari kardus Hp. Untuk memastikan keaslinya, maka harus dicek secara online. Berikut cara mengeceknnya.

1. Buka situs web cek IMEI Xiaomi
2. Masukkan nomer IMEI
3. Masukkan captcha
4. Klik Verify
5. Jika muncul nomer IMER terdaftar, maka Hp tersebut asli

6. Bagian Layar

8 Cara Terbaru Cek Hp Xiaomi Asli atau Palsu Dengan Mudah dan Akurat

Ponsel Xiaomi palsu memiliki layar yang berbeda dengan layar Xiaomi asli. pada ponsel Xiaomi asli, layarnya akan terlihat cerah dan jernih. Sedangkan Hp Xiaomi palsu biasanya memiliki layar kekuning-kuningan.

Kamu juga bisa mencoba dengan menonton video yang memiliki kontras warna. perhatikan, jika warnannya kekuning-kuningan, kemungkinan besar Hp Xiaomi tersebut palsu.

7. Cek Dengan Mi Recovery

Cara cek Hp Xiaomi asli atau palsu lainnya yaitu dengan mengakses Mi Recovery. Akses Mi Recovery biasanya dilakukan pada saat Hp sedang mati dengan menekan tombol volumen up dan power secara bersamaan. selanjutnya kamu akan masuk ke menu Mi Recovery. Pada Hp Xiaomi asli akan menampilkan pemilihan bahasa.

Jika Kamu langsung masuk ke dalam Mi Recovery tanpa melalui proses pemilihan bahasa, kemungkinan besar Hp Xiaomi tersebut palsu.

8. Sistem Operasi MIUI

Biasanya sistem operasi MIUI asli meiliki versi yang stabil. pembaruan juga sangat sering muncul, bahkan ketika ponsel  terhubung ke Internet, program pembaruan secara otomatis memperbarui MIUI.

Untuk memastikannya, Kamu dapat membuka pengaturan di ponsel Anda dan mengecek About. Jika versi MIUI dengan tulsan Beta, maka sudah di pastikan sistem operasi tersebut palsu.

Nah berikut 8 perbedaan Xiaomi asli dengan palsu. Penting bagi Kamu untuk berhati-hati dalam membeli produk Xiaomi, terutama yang online yang berhubungan langsung dengan penjual tanpa perantara. Semoga membantu dan menambah pengetahuan.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News