Beginilah Cara Menambah Kapasitas RAM di HP Xiaomi

Jika Kamu punya HP Xiaomi dengan RAM yang masih terasa kurang, tidak usah khawatir.

Pasalnya, di seri HP Xiaomi, Redmi, dan POCO, ada fitur untuk menambah RAM dengan memakai kapasitas dari memori internal atau storage.

Hanya saja fitur ini hanya hadir untuk HP yang menawarkan antarmuka MIUI 12.5 ke atas.

Adapun fitur tersebut bernama Memory Extension. Lantas, bagaimana cara memakai fitur ini? Silakan simak artikel cara menambah RAM di HP Xiaomi beserta cara mengatur RAM di HP Xiaomi.

Sebagai informasi, HP yang digunakan untuk kebutuhan artikel ini adalah HP Xiaomi Redmi Note 10S. HP ini berbasis Android 13 dengan antarmuka MIUI 14.0.2. Namun, cara ini bisa diterapkan ke HP Xiaomi lainnya.

Cara Menambah RAM Menggunakan fitur Memory Extension

Jika HP Xiaomi Kamu telah menjalankan MIUI 12.5 ke atas dan tertarik menggunakan fitur Memory Extension, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama, pastikan HP Xiaomi Kamu telah menjalankan MIUI 12.5 ke atas, lalu buka aplikasi “Settings”.
  • Setelah itu, buka menu “Additional settings”
  • Silakan pilih menu “Memory extension”.
  • Setelah itu, Kamu bisa langsung memilih berapa kapasitas yang akan digunakan sebagai RAM virtual.
    Kamu bisa memilihnya mulai dari 2 GB, 3 GB, dan 5 GB.
  • Setelah berhasil, silakan restart HP Xiaomi Kamu untuk menyegarkan perubahan dan RAM HP Kamu akan secara otomatis bertambah.

Mengatur Penggunaan RAM Melalui Developer Options

Selain menggunakan fitur untuk meminjam RAM virtual dari memori internal, Kamu juga bisa menggunakan cara lainnya.

Salah satunya adalah dengan membatasi proses latar belakang di HP melalui fitur developer options. Hal ini dilakukan agar kinerja RAM lebih optimal tanpa adanya lag atau lemot.

Namun, sebelumnya Kamu harus mengaktifkan fitur developer mode terlebih dahulu. Untuk melakukannya, silakan simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi “Settings”
    Setelah itu, pilih menu “About phone” di paling atas
  • Di dalam tampilan tentang ponsel, banyak pilihan menu yang terlihat, tetapi kamu hanya perlu fokus kepada “MIUI version” dan ketuk sebanyak tujuh kali hingga muncul tulisan yang berisi informasi jika mode pengembang atau developer telah aktif.
  • Setelah berhasil mengaktifkan mode pengembang, silakan kembali ke halaman awal settings dan pilih menu “Additional settings”
  • Setelah itu, di bagian bawah terdapat pilihan “Developer options” yang bisa Kamu pilih.
  • Di dalam developer options ini banyak pilihan dan menu yang bisa Kamu gunakan untuk mengatur HP Xiaomi Kamu. Namun, karena tujuan kita untuk membatasi latar belakang dari aplikasi, maka Kamu harus mencari pilihan “Background process limit” di bagian APL seperti yang tertera di gambar.
  • Jika sudah ketemu, silakan klik menu tersebut dan pilih “No background processes” untuk memaksimalkan kinerja RAM yang Kamu miliki.
  • Setelah berhasil mengikuti langkah-langkah tersebut, silakan restart HP Xiaomi Kamu agar perubahan bisa diterapkan dengan baik.

Tindakan membatasi penggunaan RAM dengan membatasi proses latar belakang ini tidak berbahaya sama sekali.

Justru, RAM yang Kamu miliki bisa bekerja lebih optimal karena hanya fokus pada aplikasi yang sedang dibuka saja. HP Xiaomi Kamu menjadi lebih lancar saat digunakan tanpa adanya masalah seperti lag atau lemot.

Seperti yang disebutkan di awal, semakin banyak sistem operasi dan aplikasi yang terpasang ada sebuah ponsel, maka semakin banyak juga kapasitas RAM yang terpakai.

Lalu, jika kapasitas RAM telah penuh bahkan melebihi batas, perangkat Android Kamu tentu saja akan mengalami penurunan performa seperti sering lag, kinerja lambat, dan tidak stabil.

Karena hal tersebut, fitur penambah RAM ini mulai banyak diperkenalkan berbagai produsen. Tidak hanya Xiaomi, berbagai produsen ponsel besar di Indonesia juga banyak yang punya fitur ini.

Nah, sampai sini dulu pembahasan kali ini dan selamat mencoba.

 

 

 

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News