Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Android & Speedy

Internet menjadi salah satu komponen yang cukup penting bagi masyarakat modern saat ini. Pasalnya, internet bisa digunakan untuk memperoleh berbagai informasi penting dan tak jarang pula yang menggunakannya untuk menjalankan bisnis.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui software mempercepat koneksi internet agar tidak lambat.

Koneksi internet yang terlalu lambat akan membuat aktifitas Kamu menjadi terganggu. Tentu saja hal tersebut akan membuat Kamu dirugikan, apalagi jika Kamu melakukan aktifitas bisnis menggunakan internet.

Apabila akses internet yang Kamu gunakan berjalan cepat, maka akan memberi keuntungan yang besar dalam melakukan aktifitas tersebut.

Oleh karena itu, pada ulasan kali ini Xiaomi akan memberikan tips dan trik untuk mempercepat koneksi internet yang Kamu miliki. Tips serta trik ini dapat diterapkan bagi Kamu yang terhubung ke internet menggunakan Android, modem Telkom Speedy, ataupun warnet.

Tips Mempercepat Koneksi Internet Android

Perangkat Android merupakan alat komunikasi yang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat saat ini. Apalagi harga smartphone dan tablet Android saat ini sangat murah sehingga masyarakat tidak membutuhkan biaya yang besar untuk membelinya.

Dalam perangkat Android terdapat berbagai aplikasi canggih yang akan mempermudah Kamu dalam melakukan berbagai aktifitas.

Koneksi internet sangat di perlukan untuk menjalankan berbagai aplikasi pada Android. Akses internet yang cepat akan membuat Kamu lebih mudah dalam menggunakan berbagai aplikasi tersebut.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat akses internet pada Android semakin cepat, antara lain:

1. Memilih operator yang tepat

Koneksi internet sangat bergantung pada kualitas jaringan yang ada pada suatu daerah. Maka dari itu, Kamu harus menggunakan operator yang sudah memiliki jaringan yang baik pada daerah Kamu tinggal. Pastikan operator tersebut sudah menggunakan jaringan minimal 3G.

2. Instal software internet booster

Menginstal sebuah software internet booster bisa membuat Android Kamu mengakses internet dengan lebih cepat. Tersedia banyak aplikasi internet booster di Play Store yang dapat Kamu gunakan.

Pastikan Kamu memilih aplikasi yang memiliki rating tinggi agar hasilnya tidak mengecewakan.

3. Gunakan browser hemat bandwidth

Gunakan browser yang hemat bandwidth agar akses internet menjadi lebih cepat. Ada beberapa browser yang memang membuat aktifitas browsing menjadi cepat berkat proses compressing seperti Opera Mini dan UCweb.

Namun yang terbaik tetaplah Google Chrome karena browser tersebut juga memiliki opsi “bandwidth saver”.

4. Hapus cache

Menghapus cache yang sudah memenuhi browser yang Kamu gunakan juga dapat mempercepat akses terutama jika cache tersebut sudah berusia lama. Dengan begitu, akses internet untuk browsing tidak akan mengalami loading yang lama.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Speedy

Speedy merupakan layanan internet yang disediakan oleh Telkom. Karena terintegrasi dengan kabel telepon, maka tidak mengherankan jika banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan layanannya.

Berikut adalah dua langkah mudah yang dapat dilakukan untuk membuat koneksi internet pada speedy lebih cepat, antara lain:

1. Menggunakan tool NameBench

Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengunduh dan menginstal software mempercepat koneksi internet bernama NameBench.

Setelah Kamu menginstalnya dan dapat membukanya, Kamu harus mengganti angka 250 di Number of Queries dengan angka. Setelah itu carilah DNS tercepat menggunakan aplikasi tersebut.

2. Mengatur setting Local Area Connection di PC

Setelah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, selanjutnya Kamu harus mempercepat koneksi internet secara manual di PC. Caranya, bukalah menu Control Panel kemudian pilih Network and Internet.

Setelah itu klik network and Sharing Center lalu pilihlah opsi Change Adapter Settings di sebelah kiri.

Carilah koneksi Ethernet atau Local Area Connection yang Kamu gunakan kemudian klik kanan dan pilih Properties. Setelah itu pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu klik opsi Properties di bawahnya.

Terakhir, gantilah Preferred DNS dan juga Alternative DNS dengan menggunakan DNS yang sudah diberikan oleh tool NameBench.

Kedua langkah mempercepat koneksi internet Speedy di atas dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Meskipun Kamu membutuhkan beberapa langkah yang harus dilakukan dengan penuh ketelitian, namun hasilnya pasti akan memuaskan.

Trik di atas juga dapat digunakan untuk modem Smartfren, Tri, XL, Telkomsel, Indosat, dan lainnya.

Trik Mempercepat Koneksi Internet pada Warnet

Beberapa tahun yang lalu warnet menjadi bisnis yang cukup mumpuni untuk dijalankan. Banyak orang yang tidak memiliki perangkat keras untuk menjalankan komputer, sehingga memilih pergi ke warnet untuk menggunakan akses internet.

Sayangnya, banyak warnet yang memiliki kecepatan akses internet yang lambat.

Hal ini tentu sangat menjengkelkan apabila Kamu sedang memerlukan koneksi yang stabil atau sedang bermain game.

Nah maka dari itu, berikut adalah beberapa trik sederhana yang dapat Kamu coba untuk menaikkan kecepatan internet di warnet.

1. Menggunakan proxy

Sama halnya seperti trik DNS pada Speedy, merubah proxy juga dapat mempercepat koneksi yang lambat.

Caranya, instal aplikasi pengubah proxy semacam Elite Proxy Switcher. Setelah itu, masukanlah proxy yang memiliki akses internet yang cepat.

Kamu dapat menemukan berbagai macam proxy yang bagus di situs HideMyAss. Selain bisa mempercepat koneksi, mengubah proxy juga dapat membuka situs yang diblokir oleh operator ataupun oleh jaringan Nawala dan Internet Positif.

2. Mengubah Port

Mengubah setingan port juga dapat mempercepat akses yang lambat. Caranya, bukalah Control Panel kemudian pilih menu Hardware and Sound lalu pilih opsi Device Manager.

Setelah itu klik Port (COM & LPT) dan lakukan double klik pada setiap port. Pada tab Port Setting, Kamu harus mengubah settingan pada bits per second menjadi 128000.

Selain itu, Kamu juga harus mengubah Flow Control menjadi Hardware. Kamu harus melakukan hal tersebut pada setiap port yang tersedia. Dengan cara mengubah bit per second dari jumlah 115200 menjadi sebesar 128000 akan membuat kecepatannya naik hingga 10%.

3. Mengubah Bandwidth

Trik yang terakhir ini tidak selalu bisa diterapkan di setiap warnet karena keterbatasan akses yang diizinkan bagi pengguna.

Untuk menggunakan trik ini, bukalah Run kemudian ketik “gpedit.msc” dan klik OK. Setelah itu pilih Configuration lalu klik Administrative Templates dan pilih QoS Packet Scheduler.

Lakukanlah double klik pada menu Limit Reservable Bandwidth. Setelah itu, pilih menu Enable dan isilah Bandwidth limit dengan angka 0. Tahap terakhir, Kamu harus melakukan restart pada komputer tersebut.

Itulah beberapa cara dan software mempercepat koneksi internet pada Android, modem Speedy, dan warnet. Tentunya tips dan trik tersebut dapat Kamu lakukan sendiri tanpa harus mengundang teknisi komputer. Selamat mencoba!

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News