Berikut ini Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Flashdisk merupakan media penyimpanan praktis berukuran kecil. Media penyimpan yang satu ini merupakan jenis media penyimpanan atau storage yang banyak dimiliki pengguna komputer Indonesia.

Perangkat ini mampu menyimpan berbagai data, bahkan dalam ukuran besar, selama kapasitasnya mencukupi.

Tidak aneh, jika banyak pengguna yang mengandalkan perangkat ini untuk menyimpan data penting mereka, mungkin termasuk Kamu . Sayangnya, perangkat ini juga ternyata rentan rusak.

Namun, jangan khawatir, karena masalah yang terjadi pada flasdisk sebenarnya bisa diatasi. Bagaimana caranya? Berikut akan Xiaomi jelaskan cara memperbaiki flashdisk yang rusak dengan langkah yang tepat.

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab yang membuat flasdisk menjadi rusak.

Ada yang disebabkan karena flasdisk sering dicabut paksa dari komputer sehingga tidak bisa terbaca, ada juga flasdisk yang rusak tiba-tiba sehingga menjadi error dan tidak bisa diformat.

Kedua permasalahan ini bisa diperbaiki dengan beberapa trik. Namun jika flasdisk Kamu terkena korslet karena air yang masuk ke bagian dalam flashdisk, langkah yang dilakukan sedikit berbeda. Permasalahan-permasalahan tadi akan dijelaskan secara lengkap berikut ini.

Cara Memperbaiki Flasdisk yang Rusak Total

Berikut ini Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Flasdisk yang error biasanya ditandai dengan tidak terbacanya oleh sistem operasi. Penyebab utama masalah ini kemungkinan besar adalah tidak melakukan safely remove saat mencabut flasdisk. Kamu mungkin pernah melakukannya juga.

Jika Kamu tidak mau flasdisk cepat rusak, sebaiknya mulai sekarang Kamu harus sering melakukan safely remove sebelum mencabut flasdisk dari komputer. Lantas, bagaimana dengan flasdisk yang sudah terlanjur error? Ini dia tipsnya.

  • Pertama, colok Flasdisk ke port USB komputer atau perangkat sejenis.
  • Setelah itu, Kamu harus mengetik “compmgmt.msc” di bagian run. Untuk lebih mudah Kamu cukup menekan tombol Windows + R. Atau Kamu juga bisa klik “Start”, kemudian pilih “Run”
  • Akan tampil Computer Management seperti pada gambar berikut ini.
  • Pilihlah “Storage” dan kemudian pilih “Disk Management”. Nantinya, flasdisk Kamu akan terdeteksi di bagian ini.
  • Setelah itu klik kanan dan pilih Create partition lalu tunggulah sampai proses partisi selesai.
    Flashdisk Kamu pun akan terbaca kembali.

Jika cara tersebut tidak berhasil, cobalah cara kedua. Cara kedua adalah dengan membuka menu “Add Hardware” yang ada di Control Panel. Kamu kemudian pilih “Next” dan nanti akan muncul tulisan “Yes, I have already connected the hardware”.

Jika Flasdisk Kamu dapat terdeteksi, maka Flasdisk Kamu normal kembali. Tanda ketika FlashDisk dikenal biasanya muncul hal-hal berikut ini, yakni:

  • ikon Removable hardware pada system tray,
  • adanya menu autorun, atau
  • ada drive baru di Windows Explorer.
  • Jika sudah ada, Kamu cukup memilih Cancel saja.

Apabila cara ini masih juga belum berhasil, maka Kamu bisa menggunakan program pihak ketiga. Program tersebut adalah HDD low level format dan Repair 2.9.1.1. Berikut penjelasan kedua program ini.

  • HDD Low Level Format Tool

HDD Low Level Format Tool merupakan program ringan yang bisa Kamu andalkan. Kamu bisa menggunakan program ini karena navigasinya yang mudah. Program ini memiliki kemampuan format ulang dan juga repair yang baik.

Tidak hanya untuk flashdisk tetapi juga dapat digunakan untuk media penyimpanan lainnya. Sayangnya, dalam proses formatnya, program ini sedikit lambat. Kamu bisa mendapatkan program ini di situs resminya di hddguru.com secara gratis.

  • Repair 2.9.1.1

Repair 2.9.1.1 juga merupakan program ringan yang bisa Kamu andalkan selain HDD Low Level Format. Program ini hanya berukuran 492kb. Ukurannya kecil tetapi kemampuannya sangat luar biasa.

Program ini ternyata bisa memperbaiki kerusakan flashdisk secara otomatis setelah dilakukan scan. Berbeda dengan HDD Low Level Format yang lambat dalam proses perbaikannya, program ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam urusan repair-nya.

Selain kedua program tersebut, sebenarnya masih ada program lain yang memiliki fungsi yang sama dan bisa Kamu gunakan.

Program-program sejenis ini umumnya tidak hanya memperbaiki flashdisk Kamu tetapi jenis storage lainnya. Kamu bisa melakukan pencarian di Google untuk mengetahui program lainnya.

Ingat satu hal bahwa cara ini adalah cara agar flashdisk Kamu terbaca kembali. Jika Kamu menyimpan data penting di flashdisk, data tersebut akan benar-benar hilang karena semua tips yang diinformasikan memerlukan proses format yang berarti menghapus semua data yang ada.

Tips Memperbaiki Flashdisk yang Terkena Air

Berikut ini Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Jika Flasdisk Kamu rusak karena terkena air, maka Kamu tidak bisa menggunakan cara sebelumnya. Cara mengembalikan flasdisk yang terkena air ini sedikit berbeda.

Kamu tidak perlu khawatir jika flasdisk Kamu terkena air. Kamu bisa menyelamatkannya dengan mudah.

Bahkan, ada kemungkinan bukan hanya flashdisk Kamu yang kembali terbaca tetapi juga data di dalam flashdisk tersebut ada kemungkinan masih bisa diselamatkan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tetap Tenang dan Jangan Panik

Flashdisk Kamu mungkin terkena air dan hal ini akan membuat Kamu panik. Apalagi jika Kamu menyimpan berbagai data penting di Flasdisk.

Kamu perlu tetap tenang meskipun flashdisk Kamu misalnya ada dalam saku celana yang kemudian tercuci. Tidak perlu khawatir akan hal ini.

  • Keringkan Flasdisk

Flasdisk yang terkena air atau bahkan ikut terendam air, bisa diselamatkan dengan cara menjemurnya. Begitu Kamu tahu flasdisk Kamu basah, segera jemur sampai kering. Dengan cara ini, flasdisk Kamu akan terhindar dari korslet.

Langkah ini sebenarnya bisa dilakukan juga di perangkat elektornik lainnya. Misalnya, jika monitor Kamu terkenal air, Kamu bisa mengeringkannya, atau paling tidak, Kamu tidak menggunakannya sampai benar-benar kering.

  • Jangan Hubungkan Ke Komputer

Selama flashdisk Kamu dalam keadaan basah, Kamu tidak boleh mencolokannya ke komputer. Jika Kamu melakukannya, flasdisk Kamu akan mengalami kerusakan karena arus listriknya.

Sabarlah dengan mengeringkan flasdisk Kamu paling tidak selama 180 menit lebih atau sampai benar-benar kering.

  • Tes di Komputer

Setelah kering, Kamu bisa mencolokan flashdisk Kamu di komputer. Teslah apakah flasdisk Kamu terdeteksi atau tidak.

Jika terdeteksi, maka Kamu perlu menyalin data-data yang ada. Langkah backup data ini sangat penting dilakukan. Bukan tidak mungkin, jika flasdisk Kamu nantinya benar-benar rusak suatu saat.

Yang penting Kamu bisa lega terlebih dahulu karena data penting Kamu terselamatkan.

Yah, syukur juga jika memang flashdisk Kamu pun tidak mengalami kerusakan ke depannya. Jika pada test ini, flashdisk Kamu belum terbaca juga, Kamu bisa melakukan langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Demikianlah langkah-langkah atau cara memperbaiki flashdisk yang rusak, baik rusak karena tidak terbaca maupun karena kerusakan lain. Xiaomi juga menghadirkan tips untuk Kamu yang pernah mengalami flashdisk kesayangannya terkena air.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News