Ketahui, Cara Instal Windows 8 dengan CD dan Flashdisk

Windows 8 merupakan salah satu OS atau operating sistem yang banyak digunakan oleh para pengguna komputer, baik komputer untuk pribadi maupun untuk bisnis.

Cara instal Window 8 juga cukup mudah sehingga banyak digunakan pada netbook, ultrabook, dan juga laptop/notebook.

Sebenarnya OS untuk komputer tidak hanya windows saja tapi masih banyak yang lainnya seperti Mac dan Linux. Namun Windows banyak digunakan karena memang cara penggunaannya yang mudah dan juga simpel.

Untuk orang yang tidak terlalu akrab dengan dunia komputer tentunya lebih baik menggunakan windows dari pada sistem operasi lainnya.

Perusahaan Microsoft yang mengelola dan mengeluarkan windows sekarang sudah berhasil mengembangkan windows sampai ke Windows 8.

Windows 8 sendiri saat ini sudah diupdate menjadi Windows 8.1 dengan berbagai macam perubahan.

Jika Kamu berencana untuk menginstal Windows 8 atau 8.1 di komputer dan laptop Kamu, berikut Xiaomi akan mengulas langkah-langkahnya:

Syarat Spesifikasi Komputer

Sebelum masuk ke cara instalasi Windows 8, sebaiknya Kamu perlu mengetahui beberapa hal dan harus Kamu siapkan sebelum melakukan instalasi.

Tidak semua komputer bisa menggunakan Windows 8, jika Kamu ingin menggunakan Windows 8, sebaiknya komputer Kamu harus memenuhi spesifikasi berikut ini:

1. Kapasitas harddisk kosong 20GB

Partisi kosong pada drive komputer Kamu minimal harus 20 GB. Jika kurang dari ini, Windows 8 tidak dapat terinstall dengan baik. Lebih baik partisi yang kosong lebih banyak agar kerja Windows 8 tidak lemot.

2. RAM minimal 1GB

Komputer Kamu minimal harus mempunyai kapasitas RAM 1 GB. Komputer yang hanya mempunyai RAM 512 MB saja tidak akan kuat untuk menginstall Windows 8.

RAM 1 GB juga terkadang masih lemot, sehingga sebaiknya pasang RAM sebesar 2 GB untuk versi 32-bit dan 4 GB untuk 64-bit.

3. Resolusi minimal 1366×768 pixels

Untuk mendukung interface windows 8 pada komputer Kamu, minimal resolusi monitor Kamu 1366 x 768 pixels.

4. Mendukung Directx 9

Syarat yang terakhir agar komputer bisa terinstall window 8 dengan baik yaitu mempunyai kartu grafis yang sudah mendukung Directx 9. Untuk kebutuhan spesifikasi lebih lengkapnya, silahkan kunjungi situs Microsoft ini.

Cara Instal Windows 8 dengan CD atau Flashdisk

Jika komputer Kamu sudah memenuhi persyaratan di atas, Kamu kini bisa dengan mudah menginstall Windows 8. Jika Kamu menggunakan Windows 7 Kamu bisa langsung melakukan upgrade.

Namun Kamu lebih disarankan untuk melakukan clean install untuk menghindari masalah pada saat upgrade.

Berikut adalah langkah-langkah clean install Windows 8 dengan menggunakan CD/DVD ataupun flashdisk. Langkah-langkah ini juga dapat diterapkan untuk menginstal Windows 8.1.

1. Backup data

Sebelum memulai instalasi, pastikan Kamu sudah melakukan backup semua data penting. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan ketika proses instalasi.

Jika Kamu berencana untuk menginstal di Drive C, maka pindahkanlah semua data penting yang ada di Drive tersebut.

2. Lepaskan semua perangkat yang tersambung

Lepaskanlah semua perangkat keras yang tersambung ke komputer Kamu seperti mode, printer, scanner, dan lainnya agar proses instalasi tidak terganggu.

3. Siapkan CD atau flashdisk untuk instalasi

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan file instalasi Windows 8.

Kamu bisa membelinya dalam bentuk DVD melalui Microsoft ataupun melalui toko ritel terdekat. Selain itu Kamu juga dapat mengunduhnya langsung melalui Microsoft.

File instalasi yang diunduh tersebut dapat diinstal secara langsung atau disimpan ke dalam bentuk DVD.

Kamu juga dapat menyimpannya ke dalam flashdisk jika tidak ingin repot melakukan burning ke dalam DVD.

4. Restart

Setelah semuanya siap, kini masukan DVD atau flashdisk tersebut dan restart komputer Kamu.

Setelah itu, Kamu akan masuk dalam sistem booting dan akan tampak perintah Press any key to boot from CD or DVD… jika Kamu menggunakan CD/DVD atau Press any key to boot from external device… jika Kamu menggunakan flashdisk.

Silahkan tekan sembarang tombol pada keyboard. Setelah itu akan muncul jendela hitam dan gambar simbol Windows 8, tunggu sampai proses loading ini selesai.

5. Setting bahasa, waktu, dan keyboard

Setelah proses loading selesai akan muncul jendela yang memunculkan setingan awal untuk menginstall windows yaitu pengaturan bahasa, input keyboard dan juga waktu.

Masukkan sesuai dengan keinginan Kamu. Untuk menuju tahapan yang selanjutnya klik tombol ‘Next’.

6. Masukan product key

Pada layar selanjutnya klik tombol ‘Install Now’. Kamu akan diminta untuk memasukkan kode yang merupakan product key atau serial number. Product key ini wajib Kamu isi.

Product key atau nomor seri ini Kamu dapatkan satu paket dengan DVD yang Kamu beli atau melalui email jika Kamu mengunduhnya.

Setelah memasukkan nomor seri atau product key klik ‘Next’. setelah itu akan muncul license terms, centang pada kotak “I accept the license” kemudian klik ‘Next’.

Setelah itu akan muncul jendela yang mengharuskan kita untuk memilih tipe instalasi. Ada dua pilihan yaitu custom atau upgrade. Karena kita akan melakukan clean install, maka pilih “custom: install windows only (advance)”.

7. Membuat partisi harddisk

Pada langkah selanjutnya Kamu akan diminta untuk membuat partisi harddisk. Jika sudah tersedia Kamu tinggal klik dan pilih saja partisi tempat Kamu ingin menginstal Windows 8.

Tapi jika HDD belum terpartisi maka Kamu harus membuatnya terlebih dahulu.

Caranya klik tombol ‘drive options’ yang ada pada bagian bawah, kemudian klik ‘New’ untuk membuat partisi baru. Tentukan ukuran partisi yang akan dibuat dan kemudian klik tombol ‘apply’ pada bagian bawah. Jika muncul peringatan, klik saja tombol ‘Ok’.

Setelah itu pilihlah partisi yang baru Kamu buat tersebut dan kemudian klik tombol ‘Next’ untuk memulai proses instalasi. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama.

Setelah proses instalasi selesai, komputer akan secara otomatis melakukan restart beberapa kali dan mengkonfigurasi Windows 8 yang sudah terinstall.

8. Personalisasi dan pengaturan lainnya

Setelah proses instalasi selesai, akan muncul layar pengaturan personalisasi. Dalam setting ini Kamu diminta untuk mengisi nama komputer dan juga setting warna background untuk komputer Kamu.
Hampir semua warna dapat Kamu pilih untuk warna background. Kemudian klik tombol ‘Next’.

Kamu akan diminta untuk memilih setting dalam komputer. Pilih ‘Use Express Setting’ untuk melakukan pengaturan secara otomatis.

Tetapi jika Kamu ingin memodifikasi setting Windows 8 secara lebih rinci, silahkan pilih opsi ‘customize’.

9. Sign in ke akun Microsoft

Langkah selanjutnya adalah melakukan sign in. Kamu bisa sign ini dengan akun Microsoft jika Kamu mempunyainya, jika tidak Kamu bisa pilih local account. Isikan nama dan juga password Kamu kemudian klik ‘Finish’

10. Finish

Jendela yang muncul kemudian adalah tutorial singkat mengenai penggunaan Windows 8, bagaimana cara menggunakan menu bar yang ada dan beberapa cara standar dalam penggunaan.

Jika cara instal Windows 8 ini berhasil maka start screen windows 8 akan muncul dan Kamu sudah siap untuk menggunakan Windows 8 dalam komputer Kamu.

Bagaimana mudah bukan cara instal windows 8? Yang terpenting spesifikasi komputer Kamu memenuhi persyaratan dan juga Kamu mempunyai DVD atau file instalasi Windows 8 yang asli, maka semua proses instalasi akan berjalan lancar.

Jika dilihat dari interface yang ada dalam windows 8 ini sebenarnya sangat cocok untuk komputer touchscreen tapi juga bagus jika diinstal untuk komputer yang biasa.

Menggunakan Windows 8 akan memberikan kemudahan dalam bekerja dengan komputer.

Kamu bisa melakukan beberapa hal sekaligus dengan menggunakan Windows 8. Aplikasi lebih banyak dan tentu saja menarik dan memudahkan penggunanya. Selamat mencoba cara instal Windows 8 dan Windows 8.1 di atas.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News