Beginilah Cara Download Video YouTube Dengan Mudah

Youtube merupakan penyedia layanan video streaming paling populer yang ada pada saat ini.

Sayangnya, menonton video secara online kadang menyita banyak waktu sehingga banyak orang yang memutuskan untuk mendownload video tersebut untuk ditonton di lain waktu. Untungnya kini terdapat banyak cara download video YouTube yang bisa Kamu coba.

Ya, kini mendownload video Youtube merupakan hal yang cukup mudah karena sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur tersebut.

Tidak hanya satu, namun Kamu juga dapat mengunduh semua video yang ada pada satu channel secara sekaligus. Berikut adalah pilihan aplikasinya.

4K Video Downloader (Cross-platform)

Salah satu cara mengunduh video dari YouTube secara langsung adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti 4K Video Downloader.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah ketersediaanya untuk semua sistem operasi, baik itu Windows, Mac, dan juga Linux.

Aplikasi 4K Video Downloader ini dapat digunakan secara gratis untuk mengunduh satu video ataupun untuk mengunduh playlist yang berisi maksimal 25 video.

Dengan begitu, jika pada suatu channel youtube yang Kamu sukai memiliki playlist yang berisi kurang dari 25 video, maka Kamu dapat mengunduhnya secara langsung tanpa biaya dengan aplikasi ini.

Jika Kamu ingin mengunduh semua video tersebut tanpa batasan, maka Kamu harus membeli lisensinya seharga USD 9.95. Untuk mengunduh video menggunakan aplikasi ini, Kamu hanya tinggal menyalin URL nya, baik itu URL video, playlist, ataupun channel.

Setelah itu Kamu tinggal memilih kualitas video serta jenis filenya, kemudian download semuanya.

Free YouTube Download (Windows)

Free Youtube Download merupakan aplikasi yang serupa dengan aplikasi 4K Video Downloader. Bedanya, aplikasi ini sepenuhnya gratis namun hanya tersedia untuk sistem operasi Windows saja sehingga pengguna Linux dan Mac mungkin akan kecewa.

Cara menggunakannya juga cukup serupa, Kamu hanya tinggal menyalin URL nya, baik itu URL video, playlist, ataupun channel. Setelah itu tunggulah satu hingga dua menit untuk menunggu aplikasi ini mengkonfigurasikan filenya.

Setelah itu Kamu dapat mengatur video mana yang ingin Kamu unduh dan video mana yang ingin Kamu lewati. Kamu juga dapat memilih format video serta kualitas dari video yang akan Kamu unduh tersebut sebelum mengunduhnya.

Setelah itu Kamu dapat melihat berapa ukuran keseluruhan dari video yang akan Kamu unduh tersebut. Jika semuanya telah sesuai dengan keinginan, maka Kamu hanya tinggal menekan tombol download dan tunggu semuanya hingga selesai.

BYTubeD dan FlashGot (Firefox)

Aplikasi yang selanjutnya bukanlah aplikasi yang berdiri sendiri, melainkan sebuah add-on untuk browser Firefox.

Oleh karena itu, cara yang ketiga ini sangat cocok untuk Kamu yang tidak merasa keberatan untuk melakukan langkah-langkah pengaturan yang lebih rumait dibanding dua aplikasi sebelumnya.

Trik ini dapat mengunduh semua video pada channel secara gratis, baik melalui aplikasi Bulk YouTube Downloader maupun aplikasi FlashGot.

Untuk menggunakannya, cukup buka video ataupun channel yang ingin Kamu unduh dengan menggunakan Firefox, kemudian buka aplikasi Bulk YouTube Downloader dari menu tools di Firefox.

Aplikasi tersebut kemudian akan mengumpulkan semua video yang ada pada channel tersebut. Setelah itu Kamu dapat memilih video yang ingin Kamu download dan juga memilih format video serta kualitasnya.

Selanjutnya Kamu dapat langsung megunduhnya melalui aplikasi Bulk YouTube Downloader, namun tentunya akan memakan waktu yang lama jika jumlah videonya sangat banyak.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Kamu untuk mengunduhnya menggunakan aplikasi FlashGot agar dapat mengunduhnya secara lebih cepat dan lebih banyak.

Jika Kamu tertarik untuk mencoba mengaplikasikan trik ini, maka Kamu dapat mengunduh aplikasinya di sini untuk FlashGot.

Freemake Video Downloader

Cara download video YouTube yang terakhir adalah dengan menggunakan software Freemake Video Downloader. Software ini sangat mudah digunakan karena Kamu hanya tinggal menyalin URL dari videonya saja.

Software ini juga memiliki add-on khusus untuk pengguna browser Firefox. Dengan add-on tersebut, Kamu hanya tinggal klik kanan saja untuk menguduh video YouTube.

Fitur lainnya yang dimiliki oleh software ini di antaranya adalah video converter dan bandwidth management untuk mengatur kecepatan download-nya.

Nah itulah beberapa cara download video YouTube dengan mudah dan juga cepat. Dengan begitu, Kamu tidak perlu lagi bingung jika tidak ada waktu untuk menonton video tersebut secara online karena kini Kamu dapat menyimpan dan menontonnya kembali kapanpun Kamu mau.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News